Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

PARA PEMBAWA ILMU di masa Khalifah AbdulMalik bin Marwan

PARA PEMBAWA ILMU DI DALAM ISLAM INI KEBANYAKAN MEREKA BERASAL DARI ORANG AJAM (NON ARAB)

Adalah peletak ilmu nahwu (Sibawaih, Az-zajjaj dan Al-farisi) semua mereka ialah orang ajam dan demikian pula para pembawa hadits dan kebanyakan ahli tafsir, sebab orang arab disibukkan oleh jabatan di masa daulah abbasiyah.

✍ berkata Al-hafidz Ibnu Sholah di dalam mukaddimahnya: 

"Kami meriwayatkan secara sanad dari Az-Zuhri ia berkata: aku datang kepada Abdul Malik bin Marwan lalu ia bertanya: dari manakah engkau datang wahai Zuhri? aku menjawab: dari Mekkah. Ia bertanya: siapakah yang engkau angkat sebagai penggantimu yang memimpin penduduknya? aku menjawab: 'Atha bin Abi Rabah. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan orang arab ataukah dari kalangan mawali (baca: bekas budak/orang ajam)? Ia (Az-Zuhri) bertutur: aku menjawab: dari kalangan mawali. Ia bertanya: dengan apakah ia memimpin mereka? aku menjawab: dengan agama dan riwayat (ilmu). Ia berkata: Sesungguhnya ahli agama dan ahli ilmu sepantasnya merekalah yang memimpin. Ia bertanya: siapakah yang memimpin penduduk Yaman? Ia (Az-Zuhri) bertutur: aku menjawab: Thawus bin Kaisan. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan arab ataukah dari kalangan mawali? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: dari kalangan mawali. Ia bertanya: dengan apakah ia memimpin mereka? aku menjawab: dengan apa yang 'Atha memimpin mereka. Ia berkata: Sesungguhnya ia lah yang pantas. Ia bertanya: siapakah yang memimpin penduduk Mesir? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: Yazid bin Abi Habib. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan arab ataukah dari kalangan mawali? aku menjawab: dari kalangan mawali. Ia bertanya: siapakah yang memimpin penduduk Syam? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: Makhul. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan arab ataukah dari kalangan mawali? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: dari kalangan mawali yaitu Abdu Nubi ia telah dimerdekakan oleh seorang wanita dari Hudzail. Ia bertanya: siapakah yang memimpin penduduk jazirah? aku menjawab: Maimun bin Mihran. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan arab ataukah dari kalangan mawali? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: dari kalangan mawali. Ia bertanya: siapakah yang memimpin penduduk Khurasan? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: Adh-dhahhak bin Muzahim. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan arab ataukah dari kalangan mawali? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: dari kalangan mawali. Ia bertanya: siapakah yang memimpin penduduk Bashrah? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: Al-hasan bin Abil Hasan. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan arab ataukah dari kalangan mawali? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: dari kalangan mawali. Ia bertanya: wailak (celaka engkau) siapakah yang memimpin penduduk Kufah? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: Ibrahim An-nakha'i. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan arab ataukah dari kalangan mawali? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: dari kalangan arab. Ia berkata: celaka engkau wahai Zuhri engkau telah menghilangkan kesulitanku demi Allah sungguh para mawali ini (baca: bekas budak/orang ajam) akan memimpin orang arab hingga ia pun berkhutbah di atas mimbar dalam keadaan orang arab berada di bawahnya.

Ia (Az-zuhri) bertutur: aku bertanya: wahai amirul mukminin? Sesungguhnya itu ialah urusan Allah dan agama-Nya barang siapa menjaganya ialah yang memimpin dan barang siapa yang mengabaikannya ialah yang terjatuh."

📚[muqaddimah tuhfatil ahwadzi syarh jami' tirmidzi, hlm: 65]

🔸 حملةُ العلمِ في الإسلامِ أكثرُهم من العجم 🔸

كان صاحبُ صناعة النحو ( سيبويه والزجّاج والفارسي ) وكلهم عجمٌ ، 
وكذلك حملةُ الحديث وعلماءُ أصولِ الفقه وأكثرُ المفسرين
إذْ العرب قد أشغلتهم الرياسة في الدولة العباسية .
وقال الحافظ ابن الصلاح في مقدمته :

روينا عن الزهري قال : قدمت على عبد الملك بن مروان فقال : من أين قدمت يا زهري ؟ قلت : من مكة .
قال : فمن خلفت بها يسود أهلها ؟ قلت : (عطاء بن أبي رباح) . قال : فمن العرب أم من الموالي ؟ قال : قلت : من الموالي . قال : وبم سادهم ؟ قلت : بالديانة والرواية . قال : إن أهل الديانة الرواية لينبغي أن يسودوا .
قال : فمن يسود أهل اليمن ؟ قال : قلت : ( طاووس بن كيسان ) . قال : فمن العرب أم من الموالي ؟ قال : قلت : من الموالي . قال : وبم سادهم ؟ قلت : بما سادهم به عطاء . قال : إنه لينبغي .
قال : فمن يسود أهل مصر ؟ قال : قلت : ( يزيد بن أبي حبيب ) . قال : فمن العرب أم من الموالي ؟ قال : قلت : من الموالي .
قال : فمن يسود أهل الشام ؟ قال : قلت : مكحول . قال : فمن العرب أم من الموالي ؟ قال : قلت : من الموالي عبد نوبي أعتقته امرأة من هذيل .
قال : فمن يسود أهل الجزيرة ؟ قلت : ( ميمون بن مهران ) . قال : فمن العرب أم من الموالي ؟ قال : قلت : من الموالي .
قال : فمن يسود أهل خراسان ؟ قال : قلت : ( الضحاك بن مزاحم ) . قال : فمن العرب أم من الموالي ؟ قال : قلت : من الموالي .
قال : فمن يسود أهل البصرة ؟ قال : قلت : ( الحسن بن أبي الحسن ) . قال : فمن العرب أم من الموالي ؟ قال : قلت : من الموالي .
قال : ويلك فمن يسود أهل الكوفة ؟ قال : قلت : ( إبراهيم النخعي ) . قال : فمن العرب أم من الموالي ؟ قال : قلت : من العرب . 
قال : ويلك يا زهري فرجت عني والله لتسودن الموالي على العرب حتى يخطب لها على المنابر والعرب تحتها . 
قال : قلت : يا أمير المؤمنين ؟ إنما هو أمر الله ودينه من حفظه ساد ومن ضيعه سقط "

مقدمة تحفة الأحوذي بشرح جامع الترمذي ص ٦٥

___________________________

📶https://telegram.me/salafykolaka

0 Response to "PARA PEMBAWA ILMU di masa Khalifah AbdulMalik bin Marwan"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo