PARA PEMBAWA ILMU DI DALAM ISLAM INI KEBANYAKAN MEREKA BERASAL DARI ORANG AJAM (NON ARAB)
Adalah peletak ilmu nahwu (Sibawaih, Az-zajjaj dan Al-farisi) semua mereka ialah orang ajam dan demikian pula para pembawa hadits dan kebanyakan ahli tafsir, sebab orang arab disibukkan oleh jabatan di masa daulah abbasiyah.
โ berkata Al-hafidz Ibnu Sholah di dalam mukaddimahnya:
"Kami meriwayatkan secara sanad dari Az-Zuhri ia berkata: aku datang kepada Abdul Malik bin Marwan lalu ia bertanya: dari manakah engkau datang wahai Zuhri? aku menjawab: dari Mekkah. Ia bertanya: siapakah yang engkau angkat sebagai penggantimu yang memimpin penduduknya? aku menjawab: 'Atha bin Abi Rabah. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan orang arab ataukah dari kalangan mawali (baca: bekas budak/orang ajam)? Ia (Az-Zuhri) bertutur: aku menjawab: dari kalangan mawali. Ia bertanya: dengan apakah ia memimpin mereka? aku menjawab: dengan agama dan riwayat (ilmu). Ia berkata: Sesungguhnya ahli agama dan ahli ilmu sepantasnya merekalah yang memimpin. Ia bertanya: siapakah yang memimpin penduduk Yaman? Ia (Az-Zuhri) bertutur: aku menjawab: Thawus bin Kaisan. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan arab ataukah dari kalangan mawali? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: dari kalangan mawali. Ia bertanya: dengan apakah ia memimpin mereka? aku menjawab: dengan apa yang 'Atha memimpin mereka. Ia berkata: Sesungguhnya ia lah yang pantas. Ia bertanya: siapakah yang memimpin penduduk Mesir? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: Yazid bin Abi Habib. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan arab ataukah dari kalangan mawali? aku menjawab: dari kalangan mawali. Ia bertanya: siapakah yang memimpin penduduk Syam? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: Makhul. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan arab ataukah dari kalangan mawali? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: dari kalangan mawali yaitu Abdu Nubi ia telah dimerdekakan oleh seorang wanita dari Hudzail. Ia bertanya: siapakah yang memimpin penduduk jazirah? aku menjawab: Maimun bin Mihran. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan arab ataukah dari kalangan mawali? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: dari kalangan mawali. Ia bertanya: siapakah yang memimpin penduduk Khurasan? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: Adh-dhahhak bin Muzahim. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan arab ataukah dari kalangan mawali? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: dari kalangan mawali. Ia bertanya: siapakah yang memimpin penduduk Bashrah? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: Al-hasan bin Abil Hasan. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan arab ataukah dari kalangan mawali? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: dari kalangan mawali. Ia bertanya: wailak (celaka engkau) siapakah yang memimpin penduduk Kufah? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: Ibrahim An-nakha'i. Ia bertanya: apakah ia berasal dari kalangan arab ataukah dari kalangan mawali? Ia (Az-zuhri) bertutur: aku menjawab: dari kalangan arab. Ia berkata: celaka engkau wahai Zuhri engkau telah menghilangkan kesulitanku demi Allah sungguh para mawali ini (baca: bekas budak/orang ajam) akan memimpin orang arab hingga ia pun berkhutbah di atas mimbar dalam keadaan orang arab berada di bawahnya.
Ia (Az-zuhri) bertutur: aku bertanya: wahai amirul mukminin? Sesungguhnya itu ialah urusan Allah dan agama-Nya barang siapa menjaganya ialah yang memimpin dan barang siapa yang mengabaikannya ialah yang terjatuh."
๐[muqaddimah tuhfatil ahwadzi syarh jami' tirmidzi, hlm: 65]
๐ธ ุญู ูุฉู ุงูุนูู ู ูู ุงูุฅุณูุงู ู ุฃูุซุฑููู ู ู ุงูุนุฌู ๐ธ
ูุงู ุตุงุญุจู ุตูุงุนุฉ ุงููุญู ( ุณูุจููู ูุงูุฒุฌูุงุฌ ูุงููุงุฑุณู ) ููููู
ุนุฌู
ู ุ
ููุฐูู ุญู
ูุฉู ุงูุญุฏูุซ ูุนูู
ุงุกู ุฃุตููู ุงูููู ูุฃูุซุฑู ุงูู
ูุณุฑูู
ุฅุฐู ุงูุนุฑุจ ูุฏ ุฃุดุบูุชูู
ุงูุฑูุงุณุฉ ูู ุงูุฏููุฉ ุงูุนุจุงุณูุฉ .
ููุงู ุงูุญุงูุธ ุงุจู ุงูุตูุงุญ ูู ู
ูุฏู
ุชู :
ุฑูููุง ุนู ุงูุฒูุฑู ูุงู : ูุฏู
ุช ุนูู ุนุจุฏ ุงูู
ูู ุจู ู
ุฑูุงู ููุงู : ู
ู ุฃูู ูุฏู
ุช ูุง ุฒูุฑู ุ ููุช : ู
ู ู
ูุฉ .
ูุงู : ูู
ู ุฎููุช ุจูุง ูุณูุฏ ุฃูููุง ุ ููุช : (ุนุทุงุก ุจู ุฃุจู ุฑุจุงุญ) . ูุงู : ูู
ู ุงูุนุฑุจ ุฃู
ู
ู ุงูู
ูุงูู ุ ูุงู : ููุช : ู
ู ุงูู
ูุงูู . ูุงู : ูุจู
ุณุงุฏูู
ุ ููุช : ุจุงูุฏูุงูุฉ ูุงูุฑูุงูุฉ . ูุงู : ุฅู ุฃูู ุงูุฏูุงูุฉ ุงูุฑูุงูุฉ ูููุจุบู ุฃู ูุณูุฏูุง .
ูุงู : ูู
ู ูุณูุฏ ุฃูู ุงููู
ู ุ ูุงู : ููุช : ( ุทุงููุณ ุจู ููุณุงู ) . ูุงู : ูู
ู ุงูุนุฑุจ ุฃู
ู
ู ุงูู
ูุงูู ุ ูุงู : ููุช : ู
ู ุงูู
ูุงูู . ูุงู : ูุจู
ุณุงุฏูู
ุ ููุช : ุจู
ุง ุณุงุฏูู
ุจู ุนุทุงุก . ูุงู : ุฅูู ูููุจุบู .
ูุงู : ูู
ู ูุณูุฏ ุฃูู ู
ุตุฑ ุ ูุงู : ููุช : ( ูุฒูุฏ ุจู ุฃุจู ุญุจูุจ ) . ูุงู : ูู
ู ุงูุนุฑุจ ุฃู
ู
ู ุงูู
ูุงูู ุ ูุงู : ููุช : ู
ู ุงูู
ูุงูู .
ูุงู : ูู
ู ูุณูุฏ ุฃูู ุงูุดุงู
ุ ูุงู : ููุช : ู
ูุญูู . ูุงู : ูู
ู ุงูุนุฑุจ ุฃู
ู
ู ุงูู
ูุงูู ุ ูุงู : ููุช : ู
ู ุงูู
ูุงูู ุนุจุฏ ููุจู ุฃุนุชูุชู ุงู
ุฑุฃุฉ ู
ู ูุฐูู .
ูุงู : ูู
ู ูุณูุฏ ุฃูู ุงูุฌุฒูุฑุฉ ุ ููุช : ( ู
ูู
ูู ุจู ู
ูุฑุงู ) . ูุงู : ูู
ู ุงูุนุฑุจ ุฃู
ู
ู ุงูู
ูุงูู ุ ูุงู : ููุช : ู
ู ุงูู
ูุงูู .
ูุงู : ูู
ู ูุณูุฏ ุฃูู ุฎุฑุงุณุงู ุ ูุงู : ููุช : ( ุงูุถุญุงู ุจู ู
ุฒุงุญู
) . ูุงู : ูู
ู ุงูุนุฑุจ ุฃู
ู
ู ุงูู
ูุงูู ุ ูุงู : ููุช : ู
ู ุงูู
ูุงูู .
ูุงู : ูู
ู ูุณูุฏ ุฃูู ุงูุจุตุฑุฉ ุ ูุงู : ููุช : ( ุงูุญุณู ุจู ุฃุจู ุงูุญุณู ) . ูุงู : ูู
ู ุงูุนุฑุจ ุฃู
ู
ู ุงูู
ูุงูู ุ ูุงู : ููุช : ู
ู ุงูู
ูุงูู .
ูุงู : ูููู ูู
ู ูุณูุฏ ุฃูู ุงููููุฉ ุ ูุงู : ููุช : ( ุฅุจุฑุงููู
ุงููุฎุนู ) . ูุงู : ูู
ู ุงูุนุฑุจ ุฃู
ู
ู ุงูู
ูุงูู ุ ูุงู : ููุช : ู
ู ุงูุนุฑุจ .
ูุงู : ูููู ูุง ุฒูุฑู ูุฑุฌุช ุนูู ูุงููู ูุชุณูุฏู ุงูู
ูุงูู ุนูู ุงูุนุฑุจ ุญุชู ูุฎุทุจ ููุง ุนูู ุงูู
ูุงุจุฑ ูุงูุนุฑุจ ุชุญุชูุง .
ูุงู : ููุช : ูุง ุฃู
ูุฑ ุงูู
ุคู
ููู ุ ุฅูู
ุง ูู ุฃู
ุฑ ุงููู ูุฏููู ู
ู ุญูุธู ุณุงุฏ ูู
ู ุถูุนู ุณูุท "
ู ูุฏู ุฉ ุชุญูุฉ ุงูุฃุญูุฐู ุจุดุฑุญ ุฌุงู ุน ุงูุชุฑู ุฐู ุต ูฆูฅ
___________________________
๐ถhttps://telegram.me/salafykolaka
0 Response to "PARA PEMBAWA ILMU di masa Khalifah AbdulMalik bin Marwan"
Posting Komentar