Mengambil Upah Atas Akad Wakalah
أخذ الأجرة على الوكالة:
🔩الفتوى رقم (20788)
🚟س: بعض الوكلاء على رواتب الموظفين يأخذ خصما على راتب الموكل مقداره مثلا عشرون ريالا، فإذا كان راتب ذلك الموظف (الموكل) 2500 فأخذ الوكيل على راتبه عشرين ريالا مثلا مقابلا للخدمة التي يقوم بها، وإذا تأخر الراتب عن موعد الصرف يقوم الوكيل بصرف الراتب للموكل من عنده على أن يأخذ الخصم المذكور سابقا. فما الحكم في ذلك حفظكم الله؟
📢ج: ما يأخذه الوكيل من راتب الموظف الموكل بعد استلام الراتب وتسليمه له جائز شرعا إذا اتفقا على ذلك، وعلى قدر الأجرة التي يأخذها؛ لأن ذلك في مقابل المنفعة التي قام بها للموكل.
⚡أما إن تأخر الراتب وصرف الموكل له من عنده بعد الخصم أجرة وكالته من راتبه ثم استلم بعد ذلك الراتب كاملا فإن ذلك ربا يحرم التعامل به؛ لأن حقيقة ذلك أنه أقرضه مالا واسترد أكثر منه مالا، وذلك عين الربا، وكل قرض جر نفعا فهو ربا.
وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
📋اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
🍃الرئيس: عبدالعزيز بن عبدالله بن باز
عضو: عبدالله بن غديان
عضو: صالح الفوزان
عضو: بكر أبو زيد
🎁Fatwa Nomor: 20788
📬Pertanyaan:
Sebagian orang menjadi perantara dalam mengambilkan gaji para pegawai dengan memungut komisi sebesar 20 riyal, misalnya. Sehingga apabila gaji seorang pegawai 2.500 riyal, maka perantara tersebut akan mengambil 20 riyal sebagai imbalan jasanya. Apabila gaji pegawai terlambat turun, maka perantara akan memberikan talangan terlebih dahulu untuk menggantikannya setelah dikurangi imbalan jasa. Apakah hukum kasus seperti ini? Semoga Allah senantiasa menjaga Anda.
📝Jawaban:
💵Upah yang diperoleh perantara dari gaji pegawai yang mewakilkan kepadanya, setelah dia melakukan pengambilan dan menyerahkan kepada pegawai tersebut adalah dibolehkan menurut syariat,
👍asalkan keduanya bersepakat akan hal itu dan sama-sama setuju terhadap besaran upah untuk perantara. Sebab, status upah tersebut adalah imbalan bagi jasa yang dia lakukan untuk orang yang mewakilkan kepadanya.
❗Namun apabila gaji pegawai terlambat turun lalu perantara memberi talangan terlebih dahulu dengan potongan imbalan jasa, dan ketika gaji turun perantara menerimanya secara utuh, maka ini adalah riba yang diharamkan.
✅Karena dalam permasalahan ini, pada hakikatnya perantara tersebut memberi pinjaman pada pegawai, kemudian dia mengambil pelunasannya dalam jumlah lebih, dan ini adalah riba. Sebab, setiap hutang yang membawa keuntungan adalah riba.
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.
🍊Al-Lajnah Ad-Daimah Lilbuhutsil Ilmiyyah wal Ifta'
🌴Ketua: Samahatusy Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Anggota: Asy-Syaikh Abdullah bin Ghudayyan, Asy-Syaikh Shalih al-Fauzan, Asy-Syaikh Bkr Abu Zaid
📊WhatsApp Al-Ukhuwwah
🌐🌏🌐🌏🌐🌏
Tidak ada komentar:
Posting Komentar