Rabu, 07 Januari 2015

Larangan Mengingkari Kemungkaran Dengan Menggunakan Kekuatan, Karena Biasanya Menyebabkan Kemungkaran Yang Lebih Dahsyat

Larangan Mengingkari Kemungkaran Dengan Menggunakan Kekuatan, Karena Biasanya Menyebabkan Kemungkaran Yang Lebih Dahsyat💥💥
➖➖➖➖➖➖➖➖

🔺ﻗﺎﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻘﻴِّﻢ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ‏:

🔲 ﺇﻥَّ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠَّﻢ ﺷﺮﻉ ﻷﻣَّﺘﻪ ﺇﻳﺠﺎﺏ ﺇﻧﻜﺎﺭ ﺍﻟﻤﻨﻜﺮ ﻟﻴﺤﺼﻞ ﺑﺈﻧﻜﺎﺭﻩ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ﻣﺎ ﻳﺤﺒُّﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ، ﻓﺈﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺇﻧﻜﺎﺭ ﺍﻟﻤﻨﻜﺮ ﻳﺴﺘﻠﺰﻡ ﻣﺎ ﻫﻮ ﺃﻧﻜﺮ ﻣﻨﻪ ﻭﺃﺑﻐﺾ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ؛ ﻓﺈﻧﻪ ﻻ ﻳﺴﻮﻍ ﺇﻧﻜﺎﺭﻩ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻳُﺒﻐﻀﻪ ﻭﻳﻤﻘﺖ ﺃﻫﻠﻪ،

🔲 ﻭﻫﺬﺍ ﻛﺎﻹﻧﻜﺎﺭ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻠﻮﻙ ﻭﺍﻟﻮﻻﺓ ﺑﺎﻟﺨﺮﻭﺝ ﻋﻠﻴﻬﻢ؛ ﻓﺈﻧﻪ ﺃﺳﺎﺱ ﻛﻞِّ ﺷﺮٍّ ﻭﻓﺘﻨﺔٍ ﺇﻟﻰ ﺁﺧِﺮ ﺍﻟﺪﻫﺮ،

🔲 ﻭﻗﺪ ﺍﺳﺘﺄﺫﻥ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠَّﻢ ﻓﻲ ﻗﺘﺎﻝ ﺍﻷﻣﺮﺍﺀ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﺆﺧِّﺮﻭﻥ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻦ ﻭﻗﺘﻬﺎ، ﻭﻗﺎﻟﻮﺍ : ﺃﻓﻼ ﻧﻘﺎﺗﻠﻬﻢ ؟ ﻓﻘﺎﻝ:

✅ ‏« ﻻَ، ﻣَﺎ ﺃَﻗَﺎﻣُﻮﺍ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓَ‏» ، ﻭﻗﺎﻝ: ‏

✅ «ﻣَﻦْ ﺭَﺃَﻯ ﻣِﻦْ ﺃَﻣِﻴﺮِﻩِ ﻣَﺎ ﻳَﻜْﺮَﻫُﻪُ ﻓَﻠْﻴَﺼْﺒِﺮْ ﻭَﻻَ ﻳَﻨْﺰِﻋَﻦَّ ﻳَﺪًﺍ ﻣِﻦْ ﻃَﺎﻋَﺘِﻪِ ‏»،

🌅 ﻭﻣﻦ ﺗﺄﻣَّﻞ ﻣﺎ ﺟﺮﻯ ﻋﻠﻰ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﺘﻦ ﺍﻟﻜﺒﺎﺭ ﻭﺍﻟﺼﻐﺎﺭ ﺭﺁﻫﺎ ﻣﻦ ﺇﺿﺎﻋﺔ ﻫﺬﺍ ﺍﻷﺻﻞ ﻭﻋﺪﻡ ﺍﻟﺼﺒﺮ ﻋﻠﻰ ﻣﻨﻜﺮٍ، ﻓﻄﻠﺐ ﺇﺯﺍﻟﺘﻪ ﻓﺘﻮﻟَّﺪ ﻣﻨﻪ ﻣﺎ ﻫﻮ ﺃﻛﺒﺮ ﻣﻨﻪ؛

🌅 ﻓﻘﺪ ﻛﺎﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠَّﻢ ﻳﺮﻯ ﺑﻤﻜَّﺔ ﺃﻛﺒﺮ ﺍﻟﻤﻨﻜﺮﺍﺕ ﻭﻻ ﻳﺴﺘﻄﻴﻊ ﺗﻐﻴﻴﺮﻫﺎ، ﺑﻞ ﻟَﻤَّﺎ ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻜَّﺔ ﻭﺻﺎﺭﺕ ﺩﺍﺭ ﺇﺳﻼﻡٍ ﻋﺰﻡ ﻋﻠﻰ ﺗﻐﻴﻴﺮ ﺍﻟﺒﻴﺖ ﻭﺭﺩِّﻩ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﺍﻋﺪ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ، ﻭﻣﻨﻌﻪ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ - ﻣﻊ ﻗﺪﺭﺗﻪ ﻋﻠﻴﻪ - ﺧﺸﻴﺔُ ﻭﻗﻮﻉ ﻣﺎ ﻫﻮ ﺃﻋﻈﻢ ﻣﻨﻪ ﻣﻦ ﻋﺪﻡ ﺍﺣﺘﻤﺎﻝ ﻗﺮﻳﺶٍ ﻟﺬﻟﻚ ﻟﻘﺮﺏ ﻋﻬﺪﻫﻢ ﺑﺎﻹﺳﻼﻡ ﻭﻛﻮﻧﻬﻢ ﺣﺪﻳﺜﻲ ﻋﻬﺪ ﺑﻜﻔﺮٍ،

❗✔ ﻭﻟﻬﺬﺍ ﻟﻢ ﻳﺄﺫﻥ ﻓﻲ ﺍﻹﻧﻜﺎﺭ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﻣﺮﺍﺀ ﺑﺎﻟﻴﺪ؛ ﻟﻤﺎ ﻳﺘﺮﺗَّﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻦ ﻭﻗﻮﻉ ﻣﺎ ﻫﻮ ﺃﻋﻈﻢ
ﻣﻨﻪ ﻛﻤﺎ ﻭُﺟﺪ ﺳﻮﺍﺀً.

📚‏« ﺇﻋﻼﻡ ﺍﻟﻤﻮﻗّﻌﻴﻦ ‏» ‏( 3/ 4‏)

🔺Al Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:

🔲 “Bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mensyariatkan kepada umatnya kewajiban mengingkari kemungkaran agar terwujud melalui pengingkaran tersebut suatu kebaikan (ma’ruf) yang dicintai Allah dan Rasul-Nya. Jika ingkarul mungkar mengakibatkan terjadinya kemungkaran yang lebih besar darinya dan lebih dibenci oleh Allah dan Rasul-Nya, maka tidak boleh dilakukan walaupun Allah membenci kemungkaran tersebut dan pelakunya.

🔲 Hal ini seperti pengingkaran terhadap para raja dan penguasa dengan cara memberontak, sungguh yang demikian itu adalah sumber segala kejahatan dan fitnah hingga akhir masa

🔲 Dan sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah meminta izin untuk memerangi para penguasa yang menunda-nunda shalat hingga keluar waktunya. Mereka berkata: apa tidak lebih baik bila kita memerangi mereka? Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjawab:

ﻻ، ﻣﺎ ﺃﻗﺎﻣﻮﺍ ﺍﻟﺼﻼﺓ

✅ tidak, selama mereka masih mendirikan sholat. Beliau juga bersabda:

« ﻣﻦ ﺭﺃﻯ ﻣﻦ ﺃﻣﻴﺮﻩ ﻣﺎ ﻳﻜﺮﻫﻪ ﻓﻠﻴﺼﺒﺮ ﻭﻻ ﻳﻨﺰﻋﻦ ﻳﺪﺍ ﻣﻦ ﻃﺎﻋﺘﻪ »

✅ Barang siapa melihat pada pemimpinnya apa yang dia membencinya, hendaknya ia (bersabar (menahan diri), dan jangan mencabut ketaatan kepadanya.

🌅 Dan barangsiapa merenungkan apa yang terjadi pada (umat) Islam dalam berbagai fitnah yang besar maupun yang kecil, niscaya akan melihat bahwa penyebabnya adalah mengabaikan prinsip ini dan tidak sabar atas kemungkaran, sehingga berusaha untuk menghilangkannya namun akhirnya justru muncul kemungkaran yang lebih besar darinya.”

🌅 Sungguh, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah menyaksikan kemungkaran terbesar di Makkah, namun beliau  tidak dapat mengubahnya. Bahkan, sekalipun Makkah telah dibukakan oleh Allah untuk beliau dan menjadi negeri Islam, ditambah keinginan kuat beliau untuk mengubah letak Ka’bah dengan mengembalikannya pada posisi fondasi Ibrahim. Akan tetapi, itu semua beliau urungkan, padahal beliau mampu. Beliau khawatir hal itu akan menimbulkan kemungkaran yang lebih parah, yaitu penolakan dari Quraisy, sementara mereka baru saja masuk ke dalam Islam dan baru beberapa saat terlepas dari kekafiran.

❗✔Berdasarkan hal itu, beliau tidak mengizinkan ummatnya untuk mengingkari kemungkaran dengan menggunakan kekuatan, karena biasanya menyebabkan kemungkaran yang lebih dahsyat.

📚I'laamul Muwaqqi'in 3/4
_________________

📄➧ASAF

📜✪WhatsApp Syarhus Sunnah
🔰✪منتدى شرح السنة

Tidak ada komentar:

Posting Komentar