๐กTanda-Tanda Salib Yang Terlarang๐
๐Fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin ุฑุญู ู ุงููู
ูุชูู ุงูุดูุฎ ุงุจู ุนุซูู ูู ุฑุญู ู ุงููู ุญูู ุฃููุงุน ุงูุตููุจ
ุงูุณุคุงู: ูุถููุฉ ุงูุดูุฎ! ููุซูุฑูุช ุฃููุงุนู ุงูุตูุจุงู ูู ุงูู
ูุงุจุณ ูุงูุจุถุงุฆุนุ ููุง ุฃุฏุฑู ูู ููุงู ุตููุจู ู
ุญุฏุฏู ุชุฌุจ ุฅุฒุงูุชูุ ูุฅุฐุง ูุงู ูุง ูู
ูู ุฃู ูุฒุงู ูุฐุง ุงูุตููุจ ุฅูุง ุจุชูู ุฌุฒุก ู
ู ูุฐู ุงูุนูู ุฃู ุฌู
ูุน ูุฐู ุงูุจุถุงุนุฉุ ููู ุชุฌุจ ุฅุฒุงูุชูุ ููุฐูู ู
ุง ูุชุนูู ุจุงููุฌู
ุฉ ุงูุณุฏุงุณูุฉุ ูู ูุฌุจ ุฃูุถุงู ุฅุฒุงูุชูุง ุฃู
ู
ุงุฐุงุ
ุงูุฌูุงุจ: ุฃููู -ุจุงุฑู ุงููู ููู-
ุฃููุงู: ูุงุจุฏ ุฃู ูุนูู
ุฃู ูุฐุง ุตููุจุ ูุฃู ุจุนุถ ุงูุฃุดูุงุก ูุธููุง ุจุนุถ ุงููุงุณ ุตูุจุงูุงู ูููุณุช ูุฐูู.
ุซุงููุงู: ุฃู ูุนูู
ุฃูู ููุถูุน ูุฃูู ุตููุจ ูุง ููููู ููุดุงู ูู ุงูุซูุจ ู
ุซูุงู ูุฃู ุงููุตุงุฑู ูุนุธู
ูู ุงูุตููุจุ ููุง ูู
ูู ุฃู ูุฌุนููุง ููุดููุงู ูู ุซูุจุ ุฅูู
ุง ูุถุนููู ู
ูุถุน ุงูุงุญุชุฑุงู
.
ููุงุจุฏ ู
ู ูุฐูู ุงูุฃู
ุฑููุ ูุฅุฐุง ุชุญูููุง ุฃูู ุตููุจ ูุฅู ุงููุงุฌุจ ุชู
ุฒููู ุฃู ุนูู ุงูุฃูู ุงูุณูุฉ ุชู
ุฒููู ููููุงุทุน ูุฐู ุงูุซูุงุจ ูุฅุฐุง ูุงุทุนูุงูุง ููู
ูุณุชูุฏ ุงูุชุฌุงุฑ ู
ููุง ูุงุทุนููุง ุฃูุถุงู.
ููุฐูู ููุงู ูู ุงููุฌู
ุฉ ุงูุณุฏุงุณูุฉ ุงูุชู ููุงู: ุฅููุง ุดุนุงุฑ ุงููููุฏ ูุญูู
ูุง ุญูู
ุงูุตููุจุ ูุฅู ูุงู ุงููููุฏ ูุง ูุชุฎุฐูููุง ุนูู ุณุจูู ุงูุนุจุงุฏุฉ ููููุง ู
ุฎุชุตุฉ ุจูู
.
ุงูุณุงุฆู: ูููู ุงูุตูุจุงู -ูุง ุดูุฎ- ุนูู ุฃููุงุน ู
ุฎุชููุฉุ ุฃุนูู: ูู ูู ุตููุจ ูุงุจุฏ ุฃู ุฃุชุฃูุฏ ุฃูู ุตููุจุ
ุงูุดูุฎ: ูุญู ุณุฃููุง ุนููุง ุงููุตุงุฑู ุงูุฐูู ุฃุณูู
ูุง ููุงููุง: ุฅู ุงูุตููุจ ุนูุฏูุง ูู ุงูุตููุจ ุงูู
ุนุฑููุ ุฃู ูููู ุฎุทุงูุ ุฃุญุฏูู
ุง ููุน ุนุฑุถุงู ูุงูุซุงูู ุทููุงูุ ููููู ุงูุทููููู ู
ูู ุฌุงูุจู ุฃุทููู ู
ู ุงูุซุงูู. ุญุชู ุฃููุง ุณุฃููุงูู
ุนู ุณุงุนุฉ ุงูุตููุจ ูุฐู ุงูุชู ูุณู
ูููุง ุณุงุนุฉ ุงูุตููุจ ููุงููุง: ูุฐู ูุง ูุฑุงุฏ ุจูุง ุงูุตููุจุ ูุฐู ุนูุงู
ุฉ ุงูุดุฑูุฉ ููุทุ ูุฃู ุงูุตููุจ ุนูุฏ ุงููุตุงุฑู ูููููู ุนูู: ุฅูู ุฎุท ู
ุฑุชูุน ุทูููุ ุซู
ุฎุท ุนุฑูุถูุ ูุฃุญุฏ ุงูุฌุงูุจูู ูู ุงูุฎุท ุงูุทููู ุฃุทูู ู
ู ุงูุขุฎุฑุ ูุฃู ูุฐุง ูู ุงููุงูุนุ ูุงูุฅูุณุงู ุงูู
ุตููุจ ุชูุถุน ูู ุฎุดุจุฉู ุนุฑุถุงู ู
ู ุฃุฌู ุฃู ุชุฑุจุท ุจูุง ูุฏุงูุ ููู ูู
ูู ุฃู ุชููู ุงูุฎุดุจุฉู ุงูู
ูุถูุนุฉู ูููุฏูู ู
ูุถูุนุฉู ูู ุงููุตูุ! ูุง. ุจู ุชููู ูู ุงูุฃุนููุ ููุฐุง ูุญู ูู ุดู ู
ู ูุฐู ุงูุชู ููุดูุฑูุช ูุจู ุณูุชูู ุจุฃุดูุงู ู
ุฎุชููุฉุ ููุงููุง: ูุฐู ุตูุจุงู! ุซู
ุฅู ุนูุงู
ุฉ (+) ูู ูู ุตููุจุ ููุณุช ุตููุจุงู.
ุงูุณุงุฆู: ูููููู
ูุดูููู ุฃุดูุงูุงูู ูุตูุฑุงู ุนูู ุฃุดูุงู ุงูุตููุจ!
ุงูุดูุฎ: ูุง. ูู
ูููููู: ูุฐุง ููุณ ุตููุจุงูุ ููุฏ ุญุฏููุซูู ุฅูุณุงู ู
ุณูู
ููุงู ูุตุฑุงููุงูุ ููุงู: ูุฐุง ูู ุงูุฐู ุนูุฏูุง. ูุฐูู ููุฌุฏ ููู
ุง ุณุจู ุงูุฏูุงุก ุงูุชู ููุฑูุน ุจูุง ุงูู
ุงุก ู
ู ุงูุจุฆุฑุ ูู ุฃุนูุงูุง ุดูุก ููุณู
ู: (ุงูุนูุฑููุงุช)ุ ุนุจุงุฑุฉ ุนู ุฎุดุจุชููุ ุฅุญุฏุงูู
ุง ุนูุฑูุถููุฉ ูุงูุฃุฎุฑู ุทูููุฉุ ูู
ูู ูุฐู ุงูุฃุดูุงุก ููุณุช ุตููุจุงู. ูุงูุดูุก ุงูุตููุจ ูู ุงูุฐู ููุถุน ุนูู ุฃูู ุตููุจ.
ุงูููุงุก 21 ู ู ููุงุก ุงูุจุงุจ ุงูู ูุชูุญ
๐ฝ๐
http://www.ibnothaimeen.com/all/sound/article_15624.shtml
๐ป๐
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=89784
๐ฌPertanyaan:
Wahai syaikh yang mulia! Berbagai jenis salib ada pada pakaian dan barang , namun saya tidak tahu apakah disana ada salib tertentu yang wajib dihilangkan? Lalu jika keberadaan salib tersebut hanya mungkin dihilangkan dengan merusak bagian yang terdapat salib atau seluruh barang, apakah wajib dihilangkan?
Demikian juga terkait dengan bintang segi enam apakah juga wajib dihilangkan atau bagaimana?
๐ฉJawaban:
Saya katakan- barakallahu fik-:
Pertama: Kita harus mengetahui bentuk salib yang sebenarnya karena sebagian barang dikira oleh sebagian orang sebagai salib padahal tidaklah demikian.
Kedua: Hendaknya kita mengetahui sebab peletakannya karena ada salib yang tidak dijadikan untuk hiasan pada pakaian sebagai contoh orang-orang Nasrani yang mereka mengagungkan salib maka tidak mungkin mereka menjadikannnya hanya hiasan pada pakaian, namun mereka meletakkannya sebagai tempat penghormatan.
Jadi harus ada dua perkara ini. Sehingga jika kita memastikannya sebagai salib yang sebenarnya maka yang wajib dilakukan adalah merobeknya atau minimal hukumnya sunnah untuk merobeknya dan hendaknya kita memboikot pakaian tersebut.
Kemudian jika kita sudah memboikotnya sehingga para pedagang tidak mendapat manfaat darinya maka mereka pun berhenti juga (menjualnya)
Demikian juga ditanyakan tentang bintang segi enam yang dinyatakannya sebagai syiar orang-orang Yahudi. Maka hukumnya sama dengan hukum salib meskipun orang-orang Yahudi tidak menjadikannya sebagai jalan ibadah namun hal itu menjadi kekhususan mereka.
Penanya: Tetapi salib itu-wahai syaikh- bermacam-macam jenisnya maksud saya apakah setiap salib harus kita tetapkan sebagai salib yang sesungguhnya?
Syaikh: Kami sudah bertanya tentang salib kepada orang Nasrani yang telah masuk Islam lalu merekapun menjawab ,
'Sesungguhnya salib yang kami miliki adalah salib yang dikenal, bentuknya berwujud dua garis. Garis yang pertama terletak melintang sedangkan garis yang kedua terletak membujur namun garis membujur lebih panjang dari garis yang melintang'. Kami bertanya pula tentang jam yang memilki salib ,' inilah yang dinamai dengan jam salib. Lalu merekapun menjawab: "Tanda ini tidak dimaukan sebagai salib, namun hanya sebagai merk dagang saja sebab salib itu menurut orang-orang Nasrani adalah garis yang naik membujur dan garis yang melintang sedangkan pada salah satu sisinya garis membujur lebih panjang dari garis melintang , inilah bentuk hakikat salib. Sehingga seorang yang tersalib dimana ia ditaruh pada kayu yang melintang untuk mengikat kedua tangannya, mungkinkah kayu yang diletakkan untuk kedua tangan terletak di tengah?! Tidak. Tapi tentunya berada di bagian yang paling tinggi. Oleh karenanya kami ragu tentang tanda salib ini yang ditunjukkan dua tahun yang lalu dengan berbagai bentuk lalu mereka pun berkata:" Ini salib!" kemudian tanda (+) termasuk tanda salibkah? Bukan termasuk tanda salib.
Penanya: Namun mereka membuat bermacam-macam lukisan dan gambar yang berbentuk salib!
Syaikh: Tidak. Mereka menyatakan: " Ini bukanlah salib. Seorang muslim telah bercerita kepadaku sedang dulunya ia seorang Nasrani. Lalu ia berkata: "Inilah salib yang kami miliki." Demikian juga terdapat di awal timba yang berfungsi agar air dari sumur terangkat. Pada bagian paling atasnya ada sesuatu yang namanya 'arqat yakni ungkapan tentang dua kayu yang melintang pada timba. Kayu yang satunya melintang sedang kayu yang lain membujur.
Jadi barang-barang ini tidak termasuk salib sedangkan yang disebut salib adalah sesuatu yang diletakkan dengan tujuan sebagai salib
๐Liqa' al-bab al-maftuh, liqa' 21
๐Abu Zulfa
๐WhatsApp Al-Ukhuwwah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar