〰🔊🔘 HUKUM DZIKIR JAMAAH SETELAH SHALAT
📢Asy Syaikh Shalih Fauzan bin Abdillah al Fauzan حفظه الله
📪 Soal: Aku seorang pemuda, telah ada penugasanku sebagai imam sebuah masjid di negaraku. Jamaah masjid tersebut bermadzhab Hanafy, sehingga pada bulan Ramadhan mereka shalat witir 3 roka’at yang bersambung (tanpa dipisah salam, pent) dengan dua tasyahud, seperti sholat maghrib. Maka apakah aku boleh shalat dengan mereka? Dan juga tata cara shalat yang ada pada mereka, setelah setiap dua roka’at (shalat taraweh), jamaah berdzikir untuk bershalawat kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam?
🔓 Jawab: Dzikir berjamaah ini adalah bid’ah. Dzikir berjamaah di antara salam-salam pada shalat taraweh seperti ini adalah bid’ah, jangan engkau menyetujui mereka atas perkara ini. Akan tetapi jelaskan pada mereka dengan kelemah-lembutan dan keluwesan bahwa ini tidak boleh. Dan kalian sedang mengelilingkan/mengedarkan pahala. Jelaskan pada mereka dengan bijak dan dengan nasehat yang baik.
🔄 Dan adapun tentang masalah witir, maka ini adalah masalah ijtihadiyah yang tidak menyelisihi. Masalah ijitihadiyah yang tidak memudharatkan bahwasanya engkau menggabungkan 3 roka’at dengan satu salam tidak mengapa, atau dengan dua salam maka ini lebih utama.
📚 http://alfawzan.af.org.sa/node/14696
📝 Alih bahasa: Syabab Forum Salafy
💻💡Sumber: http://forumsalafy.net/?p=10709
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
ما حكم الذكر الجماعي بعد الصلوات؟
السؤال:
أنا شاب تم توظيفي إمام مسجد في بلادنا، وأهل ذلك المسجد على المذهب الحنفي، ففي رمضان يصلون الوتر ثلاث ركعات متصلات بتشهدين كصلاة المغرب، فهل أصلي بهم؟ والصفة أيضا عندهم بعد كل ركعتين ذكر جماعي في الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم؟
الجواب: ذكر الجماعي هذا بدعة، ذكر الجماعي بين تسليمات التراويح هذا بدعة لا توافقهم عليه؛ لكن بين لهم بالرفق واللين أن هذا ما يجوز، وأنتم تدورون الأجر، بين لهم بحكمة وموعظة حسنة، وأما مسألة الوتر هذه مسألة اجتهادية ما يخالف، مسألة اجتهادية ما يضر أنك تجمع الثلاث بسلام واحد لا بأس أو بسلامين هذا أفضل.
🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
Tidak ada komentar:
Posting Komentar