Selasa, 23 Juni 2015

LATIHLAH ANAK- ANAK ANDA UNTUK BERPUASA

๐Ÿผ๐Ÿฏ๐Ÿซ LATIHLAH ANAK- ANAK ANDA UNTUK BERPUASA

----------------

โš  Sengaja kami ketengahkan pembahasan ini, karena kami sering mendengar sebagian orang tua melarang anak-anaknya yang belum baligh untuk ikut bershaum di bulan Ramadhan. Dengan alasan karena mereka belum baligh dan dalam rangka menjaga kesehatan mereka.

Untuk itu kami akan menampilkan beberapa contoh dan teladan dari para shahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, sekaligus kami sertakan beberapa pernyataan para โ€˜ulama tentang hal itu.

โ˜‘ Perlu diketahui bahwa Al-Imam Al-Bukhari telah meletakkan bab khusus dalamKitabush Shaum dari Shahihil Bukhari dengan judul :
...........................
๐Ÿšช ุจุงุจ : ุตูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุตู‘ูุจู’ูŠูŽุงู†ู
๐Ÿšช Bab : Tentang Shaum bagi anak-anak kecil
..............................
Kemudian beliau menyebutkan hadits dari shahabat Ar-Rubayyiโ€™ binti Muโ€™awwidz tentang awal disyariโ€™atkannya shaum โ€˜asyura, dengan lafazh :
ุฃูŽุฑู’ุณูŽู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุบูŽุฏูŽุงุฉูŽ ุนูŽุงุดููˆุฑูŽุงุกูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ู‚ูุฑูŽู‰ ุงู„ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑู ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุตู’ุจูŽุญูŽ ู…ููู’ุทูุฑู‹ุง ููŽู„ู’ูŠูุชูู…ู‘ูŽ ุจูŽู‚ููŠู‘ูŽุฉูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูู‡ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุตู’ุจูŽุญูŽ ุตูŽุงุฆูู…ู‹ุง ููŽู„ูŠูŽุตูู…ู’ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ููŽูƒูู†ู‘ูŽุง ู†ูŽุตููˆู…ูู‡ู ุจูŽุนู’ุฏู ูˆูŽู†ูุตูŽูˆู‘ูู…ู ุตูุจู’ูŠูŽุงู†ูŽู†ูŽุง ูˆูŽู†ูŽุฌู’ุนูŽู„ู ู„ูŽู‡ูู…ู ุงู„ู„ู‘ูุนู’ุจูŽุฉูŽ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุนูู‡ู’ู†ู ููŽุฅูุฐูŽุง ุจูŽูƒูŽู‰ ุฃูŽุญูŽุฏูู‡ูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุทู‘ูŽุนูŽุงู…ู ุฃูŽุนู’ุทูŽูŠู’ู†ูŽุงู‡ู ุฐูŽุงูƒูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽูƒููˆู†ูŽ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ุฅููู’ุทูŽุงุฑู

๐Ÿ”Ž Bahwa Rasulullah shalallahu โ€˜alaihi wasallam mengutus (utusannya) ke kampung-kampung kaum anshar pada pagi hari โ€˜Asyura (yaitu hari ke-10 bulan Muharram) (dengan pesan) : โ€œBarangsiapa yang memasuki pagi hari ini dalam keadaan dia tidak bershaum, maka hendaknya dia menyempurnakan waktu yang tersisa dari hari tersebut (dengan bershaum),  dan barangsiapa yang memasuki pagi hari ini dalam keadaan bershaum, maka hendaknya dia melanjutkan shaumnya.โ€
๐Ÿ”… Kemudian dia (Ar-Rubayyiโ€™) berkata : โ€œSehingga sejak hari itu kami melakukan shaum pada hari tersebut (โ€˜Asyura) dan MEMERINTAHKAN ANAK-ANAK KAMI UNTUK BERSHAUM.
๐Ÿ”นUntuk itu kami membuat mainan (anak-anak) yang terbuat dari wol. Jika salah satu di antara anak-anak kecil tersebut menangis karena ingin makan, kami berikan kepada dia mainan tersebut hingga datangnya waktu ifthar (berbuka).โ€

Dalam riwayat Muslim (1136) dengan lafazh :
ููŽุฅูุฐูŽุง ุณูŽุฃูŽู„ููˆู†ูŽุง ุงู„ุทู‘ูŽุนูŽุงู…ูŽ ุฃูŽุนู’ุทูŽูŠู’ู†ูŽุงู‡ูู…ู ุงู„ู„ู‘ูุนู’ุจูŽุฉูŽ ุชูู„ู’ู‡ููŠู‡ูู…ู’ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูุชูู…ู‘ููˆุง ุตูŽูˆู’ู…ูŽู‡ูู…ู’
โ†ช Jika mereka (anak-anak kami) meminta makanan maka kami berikan kepada mereka mainan tersebut dalam rangka melalaikan mereka (dari makanan yang mereka minta) hingga mereka menyumpurnakan shaumnya (pada hari itu).

Ketika menjelaskan hadits di atas, Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata :
๐Ÿ“ต โ€œJumhur (โ€˜ulama) berpendapat bahwasanya shaum tidak wajib atas anak-anak yang belum baligh. Namun segolongan โ€˜ulama dari kalangan salaf berpendapat bahwa hukumnya MUSTAHAB, di antara mereka Al-Imam Ibnu Sirin dan Az-Zuhri.
โžก Pendapat ini adalah pendapat yang dipilih oleh Al-Imam Asy-Syafiโ€™i, bahwa anak-anak kecil yang belum baligh DIPERINTAHKAN untuk bershaum dalam rangka berlatih jika memang mereka mampu.
โ–ช Para โ€˜ulama dari madzhab Asy-Syafiโ€™i memberi batasan  umur dengan tujuh atau sepuluh tahun.
โ–ซ Al-Imam Ishaq (bin Rahawaih) memberi batasan umur dengan dua belas tahun.
โ–ช Sementara Al-Imam Ahmad โ€“dalam salah satu riwayatโ€“ memberi batasan dengan sepuluh tahun. โ€ฆ
... dahulu (Khalifah) โ€˜Umar bin Al-Khaththab mengatakan kepada orang-orang dewasa  yang tidak bershaum di bulan Ramadhan, dalam rangka mencela mereka : โ€œBagaimana anda tidak bershaum sementara anak-anak kecil kami bershaum?!โ€ โ€ฆ Ibnul Majisyun dari madzhab Maliki berpendapat dengan pendapat yang aneh, bahwa jika anak-anak kecil tersebut mampu melakukan shaummaka harus diwajibkan kepada mereka. Jika mereka tidak bershaum (di siang hari Ramadhan) tanpa alasan, maka wajib atas mereka untuk mengqadhaโ€™ (di hari lain).โ€
๐Ÿ“˜ Fathul Bari syarh hadits no. 1960.

........................
Kemudian beliau (Al-Hafizh Ibnu Hajar) menegaskan :

๐ŸŒ…๐Ÿš€ โ€œdalam hadits di atas terdapat hujjah tentang disyariโ€™atkannya pelatihan shaum bagi anak-anak kecil, sebagaimana telah lalu penjelasannya. Karena seseorang yang berada pada umur tersebut tidaklah dia tergolong seorang yang terbebani hukum syariโ€™at  (mukallaf). Namun hal itu hanyalah dilakukan dalam rangka pelatihan. ... "
๐Ÿ“” Fathul Bari syarh hadits no. 1960.

๐Ÿ’ป http://manhajul-anbiya.net

โ€ขโ€ขโ€ขโ€ขโ€ขโ€ขโ€ขโ€ขโ€ขโ€ขโ€ขโ€ขโ€ขโ€ขโ€ขโ€ขโ€ข
๐ŸŒ ๐Ÿ“ Majmu'ah Manhajul Anbiya

~~~~~~~~~~~~~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar