๐๐NASEHAT UNTUK HIZBUT TAHRIR TERKAIT HADITS NISHFU SYAโBAN
Alhamdulillah,
segenap puji hanya untuk Allah Subhaanahu Wa Taโala,
semoga sholawat dan salam senantiasa tercurah pada junjungan kita Nabi Muhammad shollallaahu โalaihi wasallam, keluarga, para Sahabat, dan seluruh kaum mukminin yang mengikuti beliau dengan baik sampai menjelang datangnya hari kiamat.
Terdapat tulisan dalam buletin Al-Islam yang diterbitkan Hizbut Tahrir Indonesia pada edisi 31/ tahun XVI berjudul :
Syaโban: Jembatan Meraih Keutamaan Ramadhan.
Pada tulisan tersebut juga dikupas tentang Malam Nishfu Syaโban.
(Untuk selanjutnya, kutipan di antara tanda โ[[ โฆโฆโฆ]]โ adalah isi tulisan dari buletin Al-Islam terbitan Hizbut Tahrir Indonesia).
Disebutkan dalam buletin Al-Islam tersebut:
[[
6. Malam Nishfu Syaโban.
Pada bulan Syaโban terdapat malam yang mulia dan penuh berkah, yaitu malam Nishfu Syaโban.
Pada malam ini Allah SWT mengampuni orang-orang yang meminta ampunan, mengasihi orang-orang yang minta belas kasihan, mengabulkan doa orang-orang yang berdoa, menghilangkan kesusahan orang-orang yang susah, memerdekakan orang-orang dari api neraka, dan mencatat bagian rezeki dan amal manusia.
Banyak hadis yang menerangkan keistimewaan malam Nishfu Syaโban ini, sekalipun di antaranya ada yang dhaโif (lemah).
Namun demikian, Al-Hafizh Ibn Hibban telah menyatakan kesahihan sebagian hadis-hadis tersebut, di antaranya, bahwa Nabi Muhammad saw. pernah bersabda,
โAllah melihat kepada semua makhluknya pada malam Nishfu Syaโban dan Dia mengampuni mereka semua kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.โ
(HR ath-Thabrani dan Ibnu Hibban).
Rasulullah saw. juga bersabda,
โJika tiba malam Nishfu Syaโban, shalatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena sesungguhnya Allah SWT menurunkan rahmatnya pada malam itu ke langit dunia, yaitu mulai dari terbenamnya matahari.
Lalu Dia berfirman:
Adakah orang yang meminta ampun, maka akan Aku ampuni?
Adakah orang meminta rezeki, maka akan Aku beri rezeki?
Adakah orang yang tertimpa musibah, maka akan Aku selamatkan?
Adakah begini atau begitu? Sampai terbitlah fajar.โ
(HR Ibnu Majah).
]]
โ Nasehat dan Koreksi:
1โฃKelemahan hadits riwayat Ibnu Majah Penulis buletin Al-Islam tersebut mengarahkan pemahaman pembaca bahwa memang di antara hadits-hadits yang menerangkan keistimewaan malam Nishfu Syaโban ada yang dhaif, namun ada juga yang shohih.
Hadits yang dianggap shohih oleh penulis buletin Al-Islam paling tidak ada 2, yaitu :
i) Riwayat Ath-Thabrani dan Ibnu Hibban, dan
ii) Riwayat Ibnu Majah.
Penulis buletin Al-Islam tersebut benar-benar menguatkan hadits riwayat Ibnu Majah bahkan pada paragraf pertama kalimat-kalimatnya bersumber dari hadits riwayat Ibnu Majah tersebut.
Coba kita perhatikan paragraf pertama, penulis menyatakan: โ Pada bulan Syaโban terdapat malam yang mulia dan penuh berkah, yaitu malam Nishfu Syaโban.
Pada malam ini Allah SWT mengampuni orang-orang yang meminta ampunan,
mengasihi orang-orang yang minta belas kasihan,
mengabulkan doa orang-orang yang berdoa,
menghilangkan kesusahan orang-orang yang susah,
memerdekakan orang-orang dari api neraka,
dan mencatat bagian rezeki dan amal manusiaโ.
Sisi pendalilan kalimat tersebut banyak diambilkan dari hadits riwayat Ibnu Majah.
Bagaimana kedudukan hadits riwayat Ibnu Majah tersebut?
Mari kita simak kajiannya.
Secara lafadz haditsnya adalah sebagai berikut:
ุญูุฏููุซูููุง ุงููุญูุณููู ุจููู ุนูููููู ุงููุฎููููุงูู ุญูุฏููุซูููุง ุนูุจูุฏู ุงูุฑููุฒููุงูู ุฃูููุจูุฃูููุง ุงุจููู ุฃูุจูู ุณูุจูุฑูุฉู ุนููู ุฅูุจูุฑูุงูููู ู ุจููู ู ูุญูู ููุฏู ุนููู ู ูุนูุงููููุฉู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุฌูุนูููุฑู ุนููู ุฃูุจูููู ุนููู ุนูููููู ุจููู ุฃูุจูู ุทูุงููุจู ููุงูู ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฅูุฐูุง ููุงููุชู ููููููุฉู ุงููููุตููู ู ููู ุดูุนูุจูุงูู ูููููู ููุง ููููููููุง ููุตููู ููุง ููููุงุฑูููุง ููุฅูููู ุงูููููู ููููุฒููู ูููููุง ููุบูุฑููุจู ุงูุดููู ูุณู ุฅูููู ุณูู ูุงุกู ุงูุฏููููููุง ููููููููู ุฃูููุง ู ููู ู ูุณูุชูุบูููุฑู ููู ููุฃูุบูููุฑู ูููู ุฃูููุง ู ูุณูุชูุฑูุฒููู ููุฃูุฑูุฒููููู ุฃูููุง ู ูุจูุชูููู ููุฃูุนูุงูููููู ุฃูููุง ููุฐูุง ุฃูููุง ููุฐูุง ุญูุชููู ููุทูููุนู ุงููููุฌูุฑู
(Ibnu Majah berkata):
telah mengkhabarkan kepada kami al-Hasan bin โAli al-Khollaal,
(dia berkata): telah mengkhabarkan kepada kami Abdurrazzaq,
(dia berkata): telah memberitahukan kepada kami Ibnu Abi Sabroh
dari Ibrohim bin Muhammad
dari Muโawiyah bin Abdillah bin Jaโfar
dari ayahnya
dari Ali bin Abi Tholib,
beliau berkata: Rasulullah shollallaahu โalaihi wasallam bersabda:
Jika datang malam pertengahan dari Syaโban maka bangunlah (lakukan qiyamul lail) pada malamnya dan shaumlah pada siang harinya karena Allah turun padanya ketika terbenam matahari ke langit dunia, kemudian Ia berkata:
Siapakah yang meminta ampunan aku akan ampuni,
siapa yang meminta rezeki aku akan beri rezeki,
siapakah yang terkena musibah aku akan berikan โafiat padanya,
adakah yang begini atau begini?
Demikian berlangsung sampai terbit fajarโ
(riwayat Ibnu Majah).
Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albaany โrahimahullah- menjelaskan panjang lebar sisi kelemahan hadits tersebut dalam Silsilah al-Ahaadits Ad-Dhaifah juz 5 halaman 131:
Sanad hadits ini disepakati kelemahannya, dan menurut saya ini adalah maudluโ (palsu), karena Ibnu Abi Sabroh dituduh oleh para Ulamaโ Ahlul hadits sebagai pemalsu (hadits), sebagaimana disebutkan dalam kitab AtTaqriib.
AlBushiri menyatakan dalam kitab Az-Zawaaid :
sanad hadits ini lemah karena kelemahan Ibnu Abi Sabroh, dan namanya adalah Abu Bakr bin Abdillah bin Muhammad bin Abi Sabroh.
Ahmad bin Hanbal dan Ibnu Maโain menyatakan tentangnya :
โia memalsukan haditsโ.
Ibnu Rajab menyatakan dalam kitab Lathaiful Maโarif halaman 143: sanad hadits ini lemah.
AlMundziri juga mengisyaratkan pada hal yang demikian dalam kitab AtTarghib (2/81).
2โฃKesalahan dalam menerjemahkan hadits riwayat Ibnu Majah.
Kita lihat penulis buletin Al-Islam Hizbut Tahrir Indonesia juga salah dalam menerjemahkan hadits riwayat Ibnu Majah tersebut.
Dia menerjemahkan:
โkarena sesungguhnya Allah SWT menurunkan rahmatnya pada malam itu ke langit dunia, yaitu mulai dari terbenamnya matahariโ
Diartikan bahwa Allah menurunkan rahmatNya pada malam tersebut, padahal sebenarnya, lafadz haditsnya adalah:
ููุฅูููู ุงูููููู ููููุฒููู ูููููุง
โ karena sesungguhnya Allah turun padanyaโ
Kesalahan menerjemahkan ini bukanlah kesalahan yang ringan, tapi dilatarbelakangi kekeliruan aqidah dalam Asmaโ Was Sifat.
Penulis buletin Al-Islam telah melakukan takwil yang batil terhadap dzhahir nash, yang nash tersebut dianggapnya sebagai hadits yang shahih.
3โฃTidak disampaikannya pemahaman yang benar terhadap hadits yang shohih tentang Nishfu Syaโban.
Hadits yang diisyaratkan oleh penulis buletin Al-Islam yang diriwayatkan oleh AtThabarani dan Ibnu Hibban, sebagian Ulama menshahihkannya.
Di antaranya Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albaany dalam Silsilah al-Ahaadits AshShohiihah. Beliau menguatkan jalur-jalur periwayatan yang banyak terkait hadits tersebut.
Terjemahan hadits riwayat AtThabarany dan Ibnu Hibban tersebut adalah:
โAllah melihat kepada semua makhluknya pada malam Nishfu Syaโban dan Dia mengampuni mereka semua kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.โ
Jika kita cenderung pada Ulamaโ yang menshahihkan hadits ini, hadits tersebut memberikan faidah bagi kita:
Menjauhi kesyirikan, sehingga kita termasuk yang Allah ampuni pada malam Nisfu Syaโban tersebut.
b) Tidak melakukan permusuhan dengan sesama muslim dalam urusan pribadi, agar kita juga termasuk orang yang Allah ampuni pada malam Nisfu Syaโban.
Tidak ada hadits-hadits shahih terkait malam Nisfu Syaโban yang menganjurkan kita melakukan amalan ibadah tertentu
(Sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Rajab dalam Lathaiful Maโarif).
Hadits riwayat AtThabarani dan Ibnu Hibban tersebut sebenarnya mirip dengan hadits tentang keutamaan hari Senin dan Kamis sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahihnya:
ุนููู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ุชูููุชูุญู ุฃูุจูููุงุจู ุงููุฌููููุฉู ููููู ู ุงููุงุซููููููู ููููููู ู ุงููุฎูู ููุณู ููููุบูููุฑู ููููููู ุนูุจูุฏู ููุง ููุดูุฑููู ุจูุงูููููู ุดูููุฆูุง ุฅููููุง ุฑูุฌูููุง ููุงููุชู ุจููููููู ููุจููููู ุฃูุฎูููู ุดูุญูููุงุกู ููููููุงูู ุฃูููุธูุฑููุง ููุฐููููู ุญูุชููู ููุตูุทูููุญูุง ุฃูููุธูุฑููุง ููุฐููููู ุญูุชููู ููุตูุทูููุญูุง ุฃูููุธูุฑููุง ููุฐููููู ุญูุชููู ููุตูุทูููุญูุง
Dari Abu Hurairah
bahwasanya Rasulullah shollallaahu โalaihi wasallam bersabda:
Dibukakan pintu surga pada hari Senin dan Kami, maka diampunilah semua hamba yang tidak berbuat syirik terhadap Allah sedikitpun, kecuali seorang laki-laki yang ada kebencian antara dirinya dengan saudaranya.
Kemudian dikatakan:
Beri tangguhlah 2 orang tersebut samapai mereka berdamai,
beri tangguhlah keduanya sampai mereka berdamai,
beri tangguhlah mereka sampai mereka berdamai
(H.R Muslim).
Yang sedikit membedakan adalah
bahwa pada hari Senin dan Kamis juga disunnahkan untuk melakukan shaum sunnah, karena adanya hadits shahih lain yang memerintahkannya,
sedangkan malam nishfu syaโban tidak ada hadits yang shahih yang mensunnahkan ibadah khusus padanya.
Terkait puasa hari Senin, disebutkan dalam hadits:
ููุณูุฆููู ุนููู ุตูููู ู ููููู ู ุงููุงุซููููููู ููุงูู ุฐูุงูู ููููู ู ููููุฏูุชู ููููู ููููููู ู ุจูุนูุซูุชู ุฃููู ุฃูููุฒููู ุนูููููู ููููู
โ dan Rasul ditanya tentang shaum pada hari Senin, beliau berkata:
Itu adalah hari aku dilahirkan,
hari aku diutus,
dan hari diturunkannya wahyu padakuโ
(H.R Muslim dari Abu Qotadah)
Demikian juga shaum pada hari Senin dan Kamis, disebutkan dalam suatu hadits:
ุนููู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ุชูุนูุฑูุถู ุงููุฃูุนูู ูุงูู ููููู ู ุงููุงุซููููููู ููุงููุฎูู ููุณู ููุฃูุญูุจูู ุฃููู ููุนูุฑูุถู ุนูู ูููู ููุฃูููุง ุตูุงุฆูู ู
Dari Abu Hurairah
bahwa Rasulullah shollallaahu โalaihi wasallam bersabda:
Ditunjukkan amalan-amalan hamba (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku ditunjukkan dalam keadaan aku shaum(puasa)
(H.R AtTirmidzi, AnNasaaโi, dan Ahmad)
โ PENUTUP
Demikianlah sedikit koreksi terhadap isi buletin Al-Islam yang juga menyinggung masalah Nisfu Syaโban, sekedar sebagai nasehat bagi kaum muslimin.
Sebenarnya, pemahaman terhadap hadits tersebut juga menunjukkan sisi lain kerancuan aqidah Hizbut Tahrir dalam masalah hadits.
Mereka menganggap hadits ahad sekalipun shahih tidak bisa dianggap sebagai hujjah dalam aqidah,
namun di sini hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah tersebut sebenarnya mengandung 2 hal sekaligus: aqidah dan hukum.
Dari sisi aqidah, mereka akan meyakini bahwa Allah pada malam tersebut akan berkata:
Siapa yang memohon ampun akan Aku ampuni, dan seterusnya.
Sedangkan dari sisi hukum, hadits itu sebagai dalil bahwa semestinya disunnahkan bagi seseorang untuk qiyamul lail pada malam harinya, dan shaum pada siang harinya.
Terbukti dari kajian kita bahwa hadits Ibnu Majah itu tidaklah shohih, Namun, sekalipun hadits itu adalah lemah, tetap saja dijadikan dalil pendukung oleh mereka.
Lihatlah kontradiksi yang nampak jelas ini.
Kami nasehatkan kepada Hizbut Tahrir untuk mengkaji Dien ini dengan pemahaman Salafus Sholih,
mengkaji hadits-hadits yang shahih dengan pemahaman para Ulamaโ Ahlul hadits,
memahami ayat dan hadits dengan pemahaman para Sahabat Nabi dan para Ulamaโ yang mengikuti jejak para Sahabat tersebut.
Semoga Allah Subhaanahu Wa Taโala senantiasa memberikan hidayahNya kepada kita semua.
Ditulis oleh Abu Utsman Kharisman untuk situs www.darussalaf.or.id,
Dimuat di http://www.darussalaf.or.id/hadits/nasehat-untuk-hizbut-tahrir-terkait-hadits-nishfu-syaban/ tertanggal 15 September 2012.
๐ก๐ก๐๐๐ก๐ก
WA al-I'tishom
Tidak ada komentar:
Posting Komentar