***************
๐โโกMENYELISIHI AL-FIRQAH AN-NAJIYAH (AHLUS SUNNAH) PADA SEBAGIAN MASALAH DAN MENCOCOKI PADA SEBAGIAN YANG LAIN BUKANLAH TERMASUK AL-FIRQAH AN-NAJIYAH (AHLUS SUNNAH).
-------โญ๐โญ--------
๐บ๐ ASY-SYAIKH SHALIH BIN FAUZAN BIN ABDILLAH AL-FAUZAN HAFIZHAHULLAAH.
โุงูุณุคุงู: ูฆูฃ
๐ง๐ ูู ู ู ุฎุงูู ุงููุฑูุฉ ุงููุงุฌูุฉุ ุงูุทุงุฆูุฉ ุงูู ูุตูุฑุฉุ ูู ู ุณุฃูุฉ ุงูู๏ปปุก ูุงูุจุฑุงุกุ ุฃู ูู ู ุณุฃูุฉ ุงูุณู ุน ูุงูุทุงุนุฉ ูู๏ปปุฉ ุง๏ปทู ูุฑุ ุจุฑูู ููุงุฌุฑูู ู ุง ูู ูุฃู ุฑูุง ุจู ุนุตูุฉุ ูุฎุฑุฌ ู ููุงุ ู ุน ู ูุงููุชู ููู ูู ุจุงูู ู ุณุงุฆู ุงูุนููุฏุฉ ุ
-------โญ๐โญ--------
โPERTANYAAN 6โฃ3โฃ
๐ง๐ Bagaimana keadaan orang yang menyelisihi AL-FIRQAH AN-NAJIYAH dan ATH-THAIFAH AL-MANSHURAH di dalam masalah al-Wala' wa al-Bara' atau dalam hal keharusan mendengar dan taat kepada para penguasa baik mereka zhalim maupun tidak zhalim selama mereka tidak menyuruh kepada kemaksiatan. Apakah orang semacam ini keluar dari AL-FIRQAH AN-NAJIYAH walaupun dalam masalah akidah dia sesuai dengan akidah AL-FIRQAH AN-NAJIYAH?
-------โญ๐โญ--------
โ ๐ป ุงูุฌูุงุจ:
๐ซ๐ฟ ูุนู ุ ุฅุฐุง ุฎุงูููู ูู ุดูุก ููุงูููู ูู ุดูุกุ ูุฅูู ๏ปป ูููู ู ููู ููู ุง ุฎุงูููู ูููุ ูู ููู ููู ุง ูุงุบููู ุนููู.
๐ฅ๐จ ูุนููู ูู ุฐูู ุฎุทุฑ ุนุธูู ุ ููุฏุฎู ูู ุงููุนูุฏ: ใูููู ูู ุงููุงุฑใุ ููุฏ ูุฏุฎู ุงููุงุฑ ุจุณุจุจ ูุฐู ุงูู ุฎููุฉุ ูุฅู ูุงูุช ู ุฎุงููุฉ ูู ู ุณุฃูุฉ ูุงุญุฏุฉ ูู ุงูุนููุฏุฉุ ูุฃู ูููู ุตูู ููู ุนููู ูุณูู :ใูููู ูู ุงููุงุฑใููุณ ู ุนูุงู: ุฃููู ูููู ูููุฑูู ููุฎูุฏูู ูู ุงููุงุฑุ ูุฅูู ุง ูุฏุฎููู ุงููุงุฑ ุจุญุณุจ ู ุฎุงููุชูู ุ
๐ฃ๐ด ๏ปทู ุงูู
ุฎุงููุฉ ูุฏ ุชููู ู
ุฎุฑุฌุฉ ู
ู ุงูู
ูุฉุ ููุฏ ุชููู ุบูุฑ ู
ุฎุฑุฌุฉ ู
ู ุงูู
ูุฉ.
-------โญ๐โญ--------
โ ๐ปJAWABAN
โโกBenar, apabila dia menyelisihi AL-FIRQAH AN-NAJIYAH pada sebagian perkara dan mencocoki perkara yang lain, maka dia bukan termasuk dari AL-FIRQAH AN-NAJIYAH di dalam hal-hal yang menyelisihinya dan dia termasuk dari AL-FIRQAH AN-NAJIYAH di dalam hal-hal yang dia mencocokinya.
๐ฆ ๐ฅ Kalau dalam keadaan seprti ini, maka dia berada dalam keadaan BAHAYA YANG BESAR dan masuk ancaman (("SEMUANYA DI DALAM NERAKA.")) Keadaan mereka itu masuk neraka disebabkan penyimpangan ini, walau penyimpangan itu dalam satu masalah saja, dalam masalah akidah. Karena Sabda beliau, "SEMUANYA DI NERAKA" itu bukan berarti bahwa mereka KAFIR DAN KEKAL DI DALAM NERAKA, akan tetapi mereka masuk neraka sesuai tingkat penyimpangannya.
๐ฃ๐ด Karena sesungguhnya penyimpangan itu kadang-kadang bisa MENGELUARKAN PELAKUNYA DARI ISLAM (murtad) dan kadang-kadang TIDAK MENGELUARKAN PELAKUNYA DARI ISLAM.
-----------------------
๐ Sumber: al-Ajwibah al-Mufidah 'An As-ilah al-Manahij al-Jadidah, Maktabah Daar as-Salaf
๐Alih Bahasa: Miqdad al-Ghifary hafizhahullaah.
โโโโโโโโ
๐ WhatsApp Riyadhul Jannah
๐ฆ๐๐ฆ๐๐ฆ๐๐ฆ๐
Tidak ada komentar:
Posting Komentar