SEBAB-SEBAB SESEORANG TERUS MENERUS DALAM KEBATHILAN SETELAH ADANYA PENJELASAN KEPADANYA
๐Asy-Syaikh Abdullah bin Abdirrahim Al-Bukhary hafizhahullah.
Segala pujian kesempurnaan hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Dan semoga shalawat dan salam terlimpah kepada Nabi kita Muhammad, keluarga beliau dan sahabat beliau semuanya. Wa baโdu;
๐ธโMaka sesungguhnya diantara apa-apa yang tidak ada keraguan padanya adalah apa yang Allah tetapkan dan Allah berikan taufik padanya, bahwasanya rujuk kepada al-haq itu lebih baik daripada terus menerus dalam kebatilan. Karena terus menerus dalam kebatilan itu menunjukkan kehinaan. Dan sesungguhnya seseorang itu terkadang terkena makar dengan hal itu.
๐Sebagaimana al-Imam Ibnul Qoyyim rahimahullah dalam kitab Al-Fawaaโid berkata :
โKehinaan adalah tatkala Allah menyerahkan urusan dirimu kepadamu.โ
โฌโฌDan sebab-sebab seorang terus menerus berada dalam kebatilan setelah adanya penjelasan kepadanya itu banyak, diantaranya:
๐ฅ1โฃ. CINTA KEKUASAAN DAN INGIN MENONJOL
๐Al-Imam Asy-Syathibi rahimahullah dalam kitab Al-Iโtisham berkata:
โ Perkara terakhir yg turun dari hati-hatinya orang-orang shalih adalah cinta kekuasaan dan ingin menonjol/ tampil.โ
๐Ibrahim bin Adham rahimahullah berkata:
โTidak jujur kepada Allah seorang yang cinta ketenaranโ.
๐โฌAl-haafizh Adz-Dzahabi mengomentari perkataan ini:
โTanda orang yang ikhlas yang terkadang cinta ketenaran dan ia tidak menyadarinya adalah jika dia dicela (ditegur) dalam perkara itu, dia tidak merajuk (mutung) dan tidak membela dirinya, bahkan dia akan mengakui (kesalahannya) dan mengatakan: โSemoga Allah merahmati seseorang yang menunjukkan aib-aibku kepadaku.โ Dan dia tidak ujub dengan dirinya, tidak merasakan aib-aibnya, apalagi dia tidak merasa kalau dirinya tidak merasa (memiliki salah). Karena sesungguhnya ini adalah penyakit yang parahโ.
(Siyar aโlaam an- Nubala karya Adz-dzahabi 7/393)
๐Dan Ibnu Abdil Barr rahimahullah menyenandungkan sebuah syair dalam kitab Jamiโ bayaani al-ilmi 1/ poin 975);
โCinta kepemimpinan adalah penyakit yg mencukur dunia dan menjadikan kecintaan tersebut memerangi orang yang mencintainya. Membelah tenggorokan dan rahim-rahim dan memutusnya, maka tidak ada harga diri yg tersisa tidak pula agama.
Barang siapa yg menjadi hina dengan kejahilan atau belum mumpuni maka tidaklah tersisa kecuali menjadi musuh bagi orang-orang yg benar. Mencoreng ilmu dan membenci ahlinya karena hasad. Berlomba-lomba dalam hal itu bersama musuh-musuh para nabi.โ
๐Abu Nuโaiim rahimahullah berkata:
โDemi Allah tidaklah ada orang yang binasa kecuali karena sebab cinta kepemimpinan.โ
(Jami bayan al-ilmi 1/570)
๐ฅ2โฃSOMBONG DAN ENGGAN MENERIMA KEBENARAN
๐Al-Imam Sufyan bin Uyainah rahimahullah berkata:
โBukanlah orang yang berakal itu adalah orang yang mengetahui kebaikan dan kejelekkan, akan tetapi orang yang berakal adalah orang yang jika ia melihat kebaikan ia mengikutinya dan jika melihat kejelekkan ia menjauhinya.โ
( Al-Hilyah 8/339)
๐Al-Imam Ibnul Qoyyim rahimahullah dalam kitab Al- Fawaid h 155 berkata:
๐นโDiantara tanda-tanda kebahagiaan dan keberuntungan adalah :
๐Tatkala seorang hamba itu setiapkali bertambah ilmunya akan bertambah sifat rendah hatinya dan rahmatnya.
๐ Setiapkali bertambah amalnya, bertambah rasa takut dan kehati-hatiannya.
๐ Setiapkali bertambah umurnya semakin berkurang semangat dunianya,
๐ Setiapkali bertambah hartanya semakin bertambah kemurahan dan kedermawanannya,
๐ Setiapkali bertambah martabat dan kedudukannya semakin bertambah kedekatannya dengan manusia dan semakin menunaikan hajat mereka dan merendah kepada manusiaโ.
๐ฅDan tanda-tanda kecelakaan:
๐โSetiapkali bertambah ilmunya, semakin bertambah kesombongan dan keangkuhannya.
๐Setiapkali bertambah amalnya semakin membanggakan dirinya dan meremehkan manusia dan semakin berprasangka baik terhadap dirinya.
๐Setiapkali bertambah umurnya semakin bertambah semangat dunianya.
๐Setiapkali bertambah hartanya semakin bertambah kebakhilan dan kekikirannya.
๐Setiapkali bertambah kedudukan dan martabatnya, semakin bertambah kesombongan dan keangkuhannya.
Dan perkara-perkara ini adalah ujian dari Allah, yang Allah menguji dengannya para hambaNya.
Yang dengannya suatu kaum berbahagia dan dengannya pula suatu kaum lainnya akan celaka.โ
๐Abu Darda radhiyallahu โanhu berkata:
โTanda kebodohan itu ada tiga, bangga diri, banyak berbicara dalam perkara yg tidak ada manfaatnya dan melarang dari suatu perkara tapi dia sendiri yang mengerjakannya.โ
๐Dari Ali bin Abi Tholib radhiyallahu โanhu berkata:
โBangga diri (ujub) adalah penyakitnya pikiran.โ
๐Yang lainnya berkata:
โBangganya seseorang terhadap dirinya adalah tanda kalau akalnya itu lemah.โ
๐Mereka berkata:
โTidaklah engkau melihat sifat bangga diri kecuali ia akan meminta kepemimpinan.โ
(Lihat Jami bayan al-ilmi 1/570-571)
โโSeorang itu harus mengetahui sepenuhnya, bahwasanya Allah itu selalu mengawasi dirinya mengetahui pandangan mata yang khianat dan apa-apa yang tersembunyi dalam dada, bahwasanya hati para hamba itu ada diantara dua jari dari jari jemarinya Dzat Yang Maha Pengasih, Dia membolak-balikkan sesuai kehendak-Nya.
๐Ibnu Abi Haatim rahimahullah membawakan dalam kitab Az-Zuhd halaman 49 dari Al-Hasan al-Bashry rahimahullah berkata:
โSesungguhnya hati ini lebih mudah terbang terbolak -balik dari pada bulu pada hari yang berangin kencang.โ
๐ฆ๐น Semoga Allah mengakhiri hidup kita dan kalian dengan kebaikan. Dan shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Nabi kita Muhammad, keluarga beliau dan sahabat beliau.
Alih bahasa : Ustadz Abu Hafs Umar al-Atsary
Sumber : http://www.sahab.net/home/?p=739
โโโโโโโโโโโโโโโโโโโโโ
ุฃุณุจุงุจ ุชู ุงุฏู ุงูู ุฑุก ูู ุงูุจุงุทู ุจุนุฏ ุจูุงูู ูู
ุงูุดูุฎ ุนุจุฏ ุงููู ุจู ุนุจุฏ ุงูุฑุญูู ุงูุจุฎุงุฑู โ ุญูุธู ุงููู โ : ุงูุญู ุฏ ููู ุฑุจ ุงูุนุงูู ูู ูุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู ุนูู ูุจููุง ู ุญู ุฏู ูุขูู ูุตุญุจู ุฃุฌู ุนููุ ูุจุนุฏุุ ูุฅููู ู ู ุง ูุง ุดูู ููู ู ุง ูุฑุฑู ูููู ุงููู ู ู ุฃููู ุงูุฑุฌูุน ุฅูู ุงูุญู ุฎูุฑู ู ู ุงูุชู ุงุฏู ูู ุงูุจุงุทูุ ูุฃููู ุงูุชููู ุงุฏู ูู ุงูุจุงุทู ุฏูููู ุนูู ุงูุฎุฐูุงูุ ูุฃููู ุงูู ุฑุก ูุฏ ู ููุฑ ุจูุ ูู ุง ูุงู ุงูุฅู ุงู ุงุจู ุงูููู ูู (ุงูููุงุฆุฏ): โูุงูุฎุฐูุงู ุฃู ูููู ุงููู ุฅูู ููุณูโ.
ู ุฃุณุจุงุจ ุชู ุงุฏู ุงูู ุฑุก ูู ุงูุจุงุทู ุจุนุฏ ุจูุงูู ูู ุนุฏูุฏุฉ ู ููุง:
1/ ุญุจูู ุงูุณูููุทุฉ ูุงูุชููุตุฏุฑ. ูุงู ุงูุนูุงู ุฉ ุงูุดุงุทุจู ุฑุญู ู ุงููู ูู (ุงูุงุนุชุตุงู ): โุขุฎุฑ ุงูุฃุดูุงุก ูุฒููุงู ู ู ูููุจ ุงูุตููุงูุญูู: ุญุจูู ุงูุณูููุทุฉ ูุงูุชููุตุฏุฑโ.
ูุงู ุฅุจุฑุงููู ุจู ุฃุฏูู : โู ูุง ุตูุฏู ูุงูููู ุนูุจุฏู ุฃูุญูุจูู ุงูุดูููุฑุฉ โ
ูุงู ุงูุญุงูุธ ุงูุฐูุจู ู ุนููููุง: ููุช: ุนููุงูู ูุฉ ูุงูู ูุฎููุตู ุงูุฐู ูุฏ ููุญูุจูู ุดููุฑูุฉูุ ููุง ูุดุนุฑู ุจูุงุ ุฃููู ุฅุฐุง ุนููุชุจ ูู ุฐูู ูุง ููุญูุฑูุฏู ููุง ููุจูุฑููุฆู ููุณูููุ ุจู ูุนุชุฑู ููููู: ุฑุญู ู ุงููู ู ู ุฃูุฏู ุฅูููู ุนูููุจูุ ููุง ูููููู ู ูุนูุฌุจุงู ุจููุณููุ ูุง ูุดุนุฑู ุจุนููุจูุงุ ุจู ูุง ูุดุนุฑ ุฃููู ูุง ูุดุนุฑุ ูุฅูู ูุฐุง ุฏุงุกู ู ุฒู ูู
[ ุณูุฑ ุฃุนูุงู ุงููุจูุงุก ููุฐูุจู 7 / 393 ]
ู ุฃูุดุฏ ุงุจู ุนุจุฏุงูุจุฑ ูู (ุฌุงู ุน ุจูุงู ุงูุนูู ) (1 / ุฑูู 975):
โุญุจูู ุงูุฑุฆุงุณูุฉ ุฏุงุกู ูุญูููู ุงูุฏููุง ููุฌุนู ุงูุญุจูู ุญุฑุจุงู ููู ุญุจููุง
ููุฑู ุงูุญูุงููู ูุงูุฃุฑุญุงู ููุทููุนูุง ููุง ู ุฑูุกุฉ ูุจููุง ู ูุง ุฏูููุง
ู ููู ุฏุงู ุจุงูุฌูู ุฃู ูุจู ุงูุฑุณูุฎ ูู ุง ุชูููููู ุฅูุงูู ุนูุฏูุงู ููู ุญูููุง
ูุดูุง ุงูุนููู ููููู ุฃูููุง ุญุณููุฏุงู ุถุงูู ุจุฐูู ุฃุนุฏุงุกู ุงููุจูููุงโ
ููุงู ุฃุจู ูุนูููู : โูุงููู ู ุง ููู ู ููู ูููู ุฅูุงูู ุจุญุจูู ุงูุฑููุฆุงุณุฉโ (ุฌุงู ุน ุจูุงู ุงูุนูู ) (1 / ุต 570).
2/ ุงูุงุณุชูุจุงุฑ ู ุงูุฅุจุงุก ุนู ูุจูู ุงูุญูููุ ูุงู ุงูุฅู ุงู ุณููุงู ุจู ุนูููุฉ: โููุณ ุงูุนุงูู ุงูุฐู ูุนุฑู ุงูุฎูุฑ ูุงูุดุฑุ ูุฅูู ุง ุงูุนุงูู ุงูุฐู ุฅุฐุง ุฑุฃู ุงูุฎูุฑ ุงุชุจุนู ูุฅุฐุง ุฑุฃู ุงูุดุฑ ุงุฌุชูุจูโ (ุงูุญููุฉ) (8 / 339).
ููุงู ุงูุฅู ุงู ุงุจู ุงูููู ูู (ุงูููุงุฆุฏ) (ุต 155): โู ู ุนูุงู ุงุช ุงูุณุนุงุฏุฉ ูุงูููุงุญ: ุฃููู ุงูุนุจุฏ ูููููู ุง ุฒูุฏู ูู ุนูููู ูู ุฒูููุฏู ูู ุชูุงุถุนูู ูุฑูุญูู ูุชูููุ ููููููู ุง ุฒููุฏู ูู ุนู ููู ุฒููุฏู ูู ุฎููููููู ูุญุฐูุฑูููุ ููููููู ุง ุฒููุฏู ูู ุนู ุฑูู ููููุตู ู ููู ุญูุฑูุตูููุ ููููููู ุง ุฒููุฏู ูู ู ุงููู ุฒูููุฏู ูู ุณูุฎูุงุฆููู ูุจุฐูููุ ููููููู ุง ุฒูุฏู ูู ููุฏูุฑููู ููุฌูุงูููู ุฒูุฏู ูู ููุฑูุจููู ู ููู ุงููููุงุณู ููุถุงุกู ุญูุงุฆุฌูู ูุงูุชูููุงุถุน ููู .
ูุนูุงู ุงุช ุงูุดูููุงูุฉ: ุฃูููู ูููููู ุง ุฒูุฏู ูู ุนูููู ููู ุฒูุฏู ูู ููุจูุฑููู ูุชูููููููุ ููููููู ุง ุฒูุฏู ูู ุนูู ููููู ุฒูุฏู ูู ููุฎูุฑููู ูุงุญุชูุงุฑููู ูููููุงุณู ูุญุณู ุธูููู ุจููุณููุ ููููููู ุง ุฒูุฏู ูู ุนูู ุฑูู ุฒูุฏู ูู ุญุฑุตููุ ููููููู ุง ุฒูุฏู ูู ู ุงููู ุฒูุฏู ูู ุจูุฎููููู ูุฅู ูุณูุงูููุ ููููููู ุง ุฒูุฏู ูู ููุฏูุฑููู ูุฌูุงูููู ุฒูุฏู ูู ููุจูุฑูู ูุชูููููููุ ููุฐู ุงูุฃู ูุฑู ุงุจุชูุงุกู ู ููู ุงููู ูุงู ุชุญุงูู ูุจูุชูู ุจูุง ุนุจูุงุฏูู ูููุณูุนุฏู ุจูุง ุฃููุงู ู ูููุดูููู ุจูุง ุฃููุงู ูโ.
ูุงู ุฃุจูุงูุฏุฑุฏุงุก ุฑุถู ุงููู ุนูู: โุนูุงู ุฉ ุงูุฌููู ุซูุงุซุฉ: ุงูุนุฌุจูุ ููุซุฑุฉ ุงูู ูุทู ููู ุง ูุง ูุนูููุ ูุฃูู ูููู ุนู ุดูุกู ููุฃุชููโ
ูุนู ุนูู ุจู ุฃุจู ุทุงูุจ ุฑุถู ุงููู ุนูู ูุงู: โุงูุฅุนุฌุงุจ ุขูุฉ ุงูุฃูุจุงุจโ.
ููุงู ุบูุฑู: โุฅุนุฌุงุจ ุงูู ุฑุก ุจููุณู ุฏูููู ุนูู ุถุนู ุนูููโ
ููุงููุง: โูุง ุชุฑู ุงูู ุนุฌุจ ุฅูุงูู ุทุงูุจุงู ููุฑุฆุงุณุฉโ.
ููุธุฑ: (ุฌุงู ุน ุจูุงู ุงูุนูู ) (1 / 570-571).
ูุงูู ุฑุก ูุง ุจุฏูู ุฃู ูุฏุฑู ุชู ุงู ุงูุฅุฏุฑุงู ุฃููู ุงููู ู ุทูุนู ุนููู ูุนูู ุฎุงุฆูุฉ ุงูุฃุนูู ูู ุง ุชุฎูู ุงูุตุฏูุฑุ ูุฃููู ุงููููุจ ุจูู ุฃุตุจุนูู ู ู ุฃุตุงุจุน ุงูุฑุญู ุงู ูููุจูุง ููู ุดุงุก ุณุจุญุงููุ ุฃุณูุฏ ุงุจู ุฃุจู ุญุงุชู ูู (ุงูุฒูุฏ) (ุต 49) ุนู ุงูุญุณู ุฑุญู ู ุงููู ูููู: (ุฅููู ุงูููุจ ูุฃุดุฏ ุทูุฑูุฑุฉ ู ู ุงูุฑูุดุฉ ูู ููู ู ุนุงุตูู).
ุฎุชู ุงููู ููุง ูููู ุจุฎูุฑุ ูุตูู ุงููู ุนูู ูุจููุง ู ุญู ุฏ ูุขูู ูุตุญุจู ูุณูู .
โโโโโโโโโโโโโโโโโ-
sumber: WSI/ http://forumsalafy.net/?p=12163
~~~~~~๐๐๐๐๐~~~~~~
--------------------
turut mempublikasikan: ๐นsyarhus sunnah lin nisaa`
๐ป๐Mar'atus Sholhah๐๐ป
๐ฟใฐ๐ธใฐ๐ธ๐ธใฐ๐ธใฐ๐ฟ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar