Senin, 10 Agustus 2015

KECACINGAN Bagian 1

بسم الله الرحمن الرحيم

Senin,  18 Syawal 1436 H / 3 Agustus 2015 M

KECACINGAN Bagian 1

    🎈 Adakah anak-anak antum yang berat badannya sulit naik walaupun asupan makanan mencukupi ? Waspadailah beberapa penyakit yang menyebabkan gangguan tumbuh kembang pada anak, yang diantaranya adalah akibat kecacingan.

❓ Tahukah antum bahwa setiap satu cacing gelang memakan 0,14 gram karbohidrat dan 0,035 protein per hari, cacing cambuk menghabiskan 0,005 milimeter darah per hari dan cacing tambang minum 0,2 milimeter darah per hari dari tubuh kita ? Mari kita simak penjelasan singkat mengenai kecacingan di bawah ini.

❓Apa itu kecacingan

    🎈Kecacingan adalah penyakit dimana seseorang mempunyai cacing dalam tubuhnya dan menimbulkan gejala atau tanpa gejala.

🎈📉 Kecacingan menyebabkan turunnya daya tahan tubuh, terhambatnya tumbuh kembang anak, kurang gizi dan zat besi yang mengakibatkan anemia.

🎈📝 Cacing penyebab penyakit pada manusia terdiri dari :

👉 Cacing gelang (Askariasis lumbriocoides)

👉 Cacing cambuk (Trichuris sp)

👉 Cacing kremi (Entrobius vermicularia)

👉 Cacing tambang (Nekatoria dan ankilostomia)

👉 Cacing pita (Taenia sp)

🍄 Dalam siklus hidupnya, cacing-cacing tesebut memerlukan hidup dalam tubuh manusia untuk tumbuh dan berkembang biak. Pada saat inilah, gangguan kesehatan dapat timbul pada anak yang mengalami kecacingan. Sebagian besar cacing masuk kedalam tubuh manusia dalam bentuk telur yang tertelan. Telur cacing ini bisa terdapat di tanah yang terkontaminasi oleh tinja yang mengandung telur cacing yang telah dibuahi.

🍄 Ada juga jenis cacing tambang yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui kulit (dalam bentuk larva), biasanya pada orang-orang yang tidak menggunakan alas kaki saat bepergian.

❓Bagaimana kah gejala kecacingan ?

👉Sebagian besar kasus sering tidak menunjukkan gejala. Biasanya akan ditemukan gangguan terhadap penyerapan zat makanan dalam usus. Secara tidak langsung akan menimbulkan gangguan gizi yang selanjutnya berakibat gangguan pertumbuhan dan perkembangannya.

🍃Diantara gejala kecacingan secara umum adalah sebagai berikut :

🍄 Mengeluarkan cacing (baik itu berupa cacing yang besar atau pun cacing kecil yang mirip uget2/ulat buah) pada saat buang air besar atau muntah

🍄 Badan kurus dan perut buncit

🍄 Kehilangan nafsu makan, lemas, lelah, pusing, nyeri kepala, gelisah dan sukar tidur

🍄 Jika cacing dewasa di dalam usus jumlahnya sangat banyak, dapat berkumpul menjadi satu yang mengakibatkan sulit buang air besar/konstipasi. Pada kasus yang jarang, akan menimbulkan massa (gumpalan) yang menimbulkan sumbatan usus dan memerlukan tindakan operasi untuk mengambilnya.

🍄 Gatal-gatal disekitar dubur terutama malam hari.

🍄 Pada jenis cacing yang menghisap darah di usus dapat terjadi anemia

📊 Gejala spesifik untuk tiap jenis cacing adalah:

▶ Gejala penderita cacing kremi adalah rasa gatal sekitar anus terutama malam hari, gelisah dan sukar tidur.

▶ Gejala penderita cacing gelang adalah gangguan lambung, kejang perut diselingi diare, kehilangan berat badan dan demam. Cacing dewasa dapat bermigrasi (bergerak) ke organ lain seperti paru-paru dan mata.

▶ Gejala penderita cacing tambang adalah gangguan saluran cerna (mual, muntah, diare dan nyeri ulu hati), pusing nyeri kepala, lemah dan lelah, anemia, gatal di daerah masuknya cacing.

والله اعلم بالصواب

Bersambung In syaa Allah...

〰〰〰〰〰〰〰〰〰🍒
✒dr. Nurul Futuchah
Telah dikoreksi dr. Agustin Aisyah, Sp. PK, M. Kes

🍯Majmu'ah BIKUM🍯

Tidak ada komentar:

Posting Komentar