KEUTAMAAN BERPUASA DI BULAN MUHARRAM
Oleh : Al-Ustadz Abu Karimah Askary
__________________ โ
๐ ๐
Bulan muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan didalam islam. Sebelum diwajibkan berpuasa pada bulan ramadhan, tanggal 10 muharram atau yang disebut hari Asyuraโ merupakan puasa yang diwajibkan bagi kaum muslimin.
Berkata Aisyah radhiallahu anha:
ููุงูู ููููู ู ุนูุงุดููุฑูุงุกู ุชูุตููู ููู ููุฑูููุดู ููู ุงููุฌูุงูููููููุฉู ุ ููููุงูู ุงููููุจูููู โ ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู โ ููุตููู ููู ุ ููููู ููุง ููุฏูู ู ุงููู ูุฏููููุฉู ุตูุงู ููู ููุฃูู ูุฑู ุจูุตูููุงู ููู ุ ููููู ููุง ููุฒููู ุฑูู ูุถูุงูู ููุงูู ุฑูู ูุถูุงูู ุงููููุฑููุถูุฉู ุ ููุชูุฑููู ุนูุงุดููุฑูุงุกู ุ ููููุงูู ู ููู ุดูุงุกู ุตูุงู ููู ุ ููู ููู ุดูุงุกู ููู ู ููุตูู ููู
โhari Asyuraโ adalah puasa yang dilakukan kaum Qurays pada masa jahiliyyah,dan Nabi Shallallahu alaihi wa-aalihi wasallam berpuasa.Tatkala Beliau tiba di Madinah beliau tetap berpuasa, dan Beliau memerintahkan untuk berpuasa padanya.Maka tatkala turun (kewajiban puasa) ramadhan, maka ramadhan menjadi wajib, dan ditinggalkan (kewajiban) puasa Asyuraโ, maka siapa yang ingin silahkan dia berpuasa, dan siapa yang ingin boleh untuk tidak berpuasa.โ (Muttafaq alaihi)
Dan dari Abu Musa Al-Asyโari radhiallahu anhu bahwa Beliau berkata:
โharu Asyuraโ adalah merupakan hari yang bangsa Yahudi menganggap itu sebagai hari raya. Maka Rasulullah Shallallahu alaihi wa aalihi wasallam bersabda:
ยซ ููุตููู ูููู ุฃูููุชูู ู ยป
โBerpuasalah kalian padanya.โ (HR. Bukhari: 2005)
Secara umum, berpuasa pada bulan muharram merupakan amalan yang disunnahkan oleh Nabi kita Shallallahu Alaihi wasallam, pada waktu dan tanggal yang mana saja dibulan muharram, dianjurkan berpuasa. Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari hadits Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam bersabda:
ยซ ุฃูููุถููู ุงูุตููููุงู ู ุจูุนูุฏู ุฑูู ูุถูุงูู ุดูููุฑู ุงูููููู ุงููู ูุญูุฑููู ู ููุฃูููุถููู ุงูุตูููุงูุฉู ุจูุนูุฏู ุงููููุฑููุถูุฉู ุตููุงูุฉู ุงูููููููู ยป
โPuasa yang paling afdhal setelah ramadhan adalah puasa dibulan Allah โMuharramโ, dan shalat yang paling afdhal setelah shalat wajib adalah shalat lailโ. (HR. Muslim)
Hadits ini menunjukkan bahwa bulan muharram secara umum, disunnahkan untuk berpuasa dihari yang mana saja, tanpa tertentu waktu dan tanggalnya.Namun lebih dianjurkan dan ditekankan berpuasa pada tanggal 10 muharram, yang disebut hari Asyuraโ. disebut Asyuraโ dari kata โaasyirah, yang berarti malam kesepuluh. Lalu kemudian menjadi satu nama bagi hari kesepuluh tersebut. Meskipun terjadi silang pendapat dikalangan para ulama tentang apa yang dimaksud hari asyuraโ, namun mayoritas para ulama menetapkan bahwa yang dimaksud adalah hari kesepuluh dibulan muharram.
(Fathul bari, Ibnu Hajar: 6/280, maktabah syamilah).
Dalam riwayat Muslim, Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam ditanya tentang berpuasa asyuraโ, maka Beliau menjawab:
ยซ ูููููููุฑู ุงูุณููููุฉู ุงููู ูุงุถูููุฉู ยป
โMenghapus kesalahan setahun yang lalu.โ (HR. Muslim: 2804)
Dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam bersabda:
ููุตูููุงู ู ููููู ู ุนูุงุดููุฑูุงุกู ุฃูุญูุชูุณูุจู ุนูููู ุงูููููู ุฃููู ูููููููุฑู ุงูุณููููุฉู ุงูููุชูู ููุจููููู
โBerpuasa pada hari Asyuraโ , aku berharap Allah Azza wajalla menghapus kesalahan setahun yang lalu.โ (HR.Muslim)
Sehingga Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam senantiasa menjaga untuk memelihara puasanya pada hari Asyuraโ, dan Beliau berusaha untuk tidak meninggalkannya. Berkata Ibnu Abbas Radhiallahu anhuma:
ู ูุง ุฑูุฃูููุชู ุงููููุจูููู โ ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู โ ููุชูุญูุฑููู ุตูููุงู ู ููููู ู ููุถูููููู ุนูููู ุบูููุฑููู ุ ุฅููุงูู ููุฐูุง ุงููููููู ู ููููู ู ุนูุงุดููุฑูุงุกู ููููุฐูุง ุงูุดููููุฑู . ููุนูููู ุดูููุฑู ุฑูู ูุถูุงูู
โAku tidak pernah melihat Nabi Shallallahu alaihi wasallam menjaga satu puasa yang Beliau lebih mengutamakan diatas yang lainnya, kecuali hari ini yaitu hari Asyuraโ, dan bulan ini yaitu bulan ramadhan.โ (Muttafaq alaihi)
Demikian pula pada tanggal Sembilan dari bulan muharram ditekankan pula untuk berpuasa padanya, berdasarkan hadits dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma berkata:
ูุฆู ุจููุช ุฅูู ูุงุจู ูุฃุตูู ู ุงูุชุงุณุน
โJika aku masih hidup dimasa mendatang,aku akan berpuasa pada hari kesembilan.โ (HR. Muslim:1134)
Dalam riwayat lain dengan lafazh :
ุฅู ุนุดุช ุฅู ุดุงุก ุงููู ุฅูู ูุงุจู ุตู ุช ุงูุชุงุณุน ู ุฎุงูุฉ ุฃู ูููุชูู ููู ุนุงุดูุฑุงุก
โJika aku insya Allah masih hidup dimasa mendatang, aku akan berpuasa pada hari kesembilan, karena khawatir aku tertinggal berpuasa pada hari asyuraโ.โ
(HR. Thabarani dari hadits Ibnu Abbas radhiallahu anhuma,dishahihkan Al-Albani dalam Ash-Shahihah: 350)
Sebagian juga ada yang menyebutkan anjuran berpuasa pada tanggal sebelas, berdasarkan hadits Ibnu Abbas radhiallahu anhuma bahwa RAsulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:
ยซ ุตููู ููุง ููููู ู ุนูุงุดููุฑูุงุกู ููุฎูุงูููููุง ููููู ุงูููููููุฏู ุตููู ููุง ููุจููููู ููููู ุงู ุฃููู ุจูุนูุฏููู ููููู ุงู ยป
โBerpuasalah pada hri asyuraโ,dan selisihilah bangsa yahudi, berpuasalah sebelumnya satu hari dan setelahnya satu hari.โ
(HR.Ahmad (5/217),Ibnu Khuzaimah (3039),Al-Baihaqi (2/443)
Namun hadits ini sanadnya lemah,dalam sanadnya ada seorang perawi yang bernama Muhammad bin Abdurrahman bin Abi Laila Al-Anshari, dia sangat buruk hafalannya. Demikian pula Dawud bin Ali Al-Qurasyi Al-Hasyimi, terdapat kelemahan padanya. Sehingga hadits ini tidak dapat dijadikan sebagai hujjah.
๐ด๐ด
Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata:
ููุนูููู ููุฐูุง ููุตูููุงู ุนูุงุดููุฑูุงุก ุนูููู ุซูููุงุซ ู ูุฑูุงุชูุจ : ุฃูุฏูููุงููุง ุฃููู ููุตูุงู ู ููุญูุฏููู ุ ูููููููููู ุฃููู ููุตูุงู ุงูุชููุงุณูุนู ู ูุนููู ุ ูููููููููู ุฃููู ููุตูุงู ู ุงูุชููุงุณูุนู ููุงููุญูุงุฏูู ุนูุดูุฑู ููุงููููููู ุฃูุนูููู ู
Berdasarkan hal ini maka berpuasa hari asyuraโ ada tiga tingkatan: yang terendah adalah berpuasa hanya pada hari kesepuluh, kemudian diatasnya adalah berpuasa pada hari kesembilan bersamanya,dan diatasnya adalah berpuasa pada hari kesembilan dan kesebelas, wallahu aโlam.
(fathul bari:6/280)
Namun sebagaimana yang telah kita jelaskan, bahwa hadits yang menyebutkan sehari setelahnya adalah hadits yang lemah.Namun tetap dibolehkan berpuasa pada hari tersebut berdasarkan keumuman hadits tentang anjuran berpuasa pada bulan muharram.
Hanya saja, puasa muharram sama seperti puasa sunnah lainnya, yang tidak diperbolehkan menyendirikan satu puasa pada hari jumโat, namun hendaknya dibarengi dengan puasa sehari sebelum atau sesudahnya. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa aalihi wasallam bersabda:
ยซ ูุงู ููุตููู ูููู ุฃูุญูุฏูููู ู ููููู ู ุงููุฌูู ูุนูุฉู ุ ุฅููุงูู ููููู ูุง ููุจููููู ุฃููู ุจูุนูุฏููู ยป
โJangan sekali-kali salah seorang kalian berpuasa pada hari jumโat,kecuali jika dia berpuasa sehari sebelumnya atau setelahnya.โ
(HR. Bukhari dari Abu Hurairah radhiallahu anhu)
Kecuali puasa Dawud Alaihis salaam, karena adanya riwayat-riwayat yang shahih yang menjelaskan bahwa puasa Dawud adalah puasa yang paling utama. Wallahul Muwaffiq.
๐๐ฝโคต
http://salafybpp.com/index.php/fiqh-islam/248-keutamaan-berpuasa-di-bulan-muharram
๐ TIS | ุทูุจ ุงูุนูู
ุงูุดุฑ ุนู
Tidak ada komentar:
Posting Komentar