💺📊 5⃣
〰〰〰
🔰 Silsilah Fiqih Mu'amalah 🔰
〰〰〰〰〰〰〰〰〰
📚 Bab Pertama: Tentang Jual-beli, dan padanya ada beberapa permasalahan:
〰〰
5⃣👉 Masalah Kelima: Syarat-syarat Jual-beli:
Dipersyaratkan dalam jual beli beberapa syarat berikut:
✏️Pertama: Saling ridha diantara penjual dengan pembeli. Allah Ta'ala berfirman:
(يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ ۚ وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا) [سورة النساء 29]
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu." [Qs. An-Nisaa: 29]
Dan dari Abu Sa'id Al-Khudri rodhiallohu 'anhu bahwa Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda:
إنما البيع عن تراض
"Sesungguhnya jual beli itu dari keridhoan". [1]
Maka tidak sah jual beli apabila salah satunya dipaksa dengan tanpa hak, namun jika paksaan tersebut dengan hak, seperti seorang hakim yang memaksa seseorang untuk menjual sesuatu untuk melunasi hutangnya, maka sah (jual belinya).
✏️Kedua: Keadaan orang yang melangsungkan akad adalah orang yang boleh melakukan jual beli, seperti orang yang telah baligh, berakal, merdeka dan lurus.
✏️Ketiga: Haruslah penjual merupakan pemilik barang dagangan, atau orang yang menduduki kedudukan sebagai pemilik barang, seperti wakil, dan washiy (yang mendapatkan mandat untuk menjual), dan wali, serta nazhir (pengelola). Maka tidak sah seseorang menjual sesuatu yang tidak dia miliki; berdasarkan sabda beliau shollallohu 'alaihi wa sallam kepada Hakim bin Hizam rodhiallohu 'anhu:
لا تبع ما ليس عندك.
"Jangan engkau menjual apa yang tidak ada padamu". [2]
✏️Keempat: Haruslah barang dagangan termasuk dari barang yang dibolehkan kemanfaatannya (sekalipun) tidak ada hajat (padanya), seperti makanan, dan minuman, dan pakaian, dan kendaraan, dan tanah atau bangunan, dan semisal itu, maka tidak sah menjual apa yang diharamkan kemanfaatannya, seperti khomer, babi, bangkai, alat-alat permainan, alat-alat musik.
Berdasarkan hadits Jabir rodhiallohu 'anhu beliau berkata: bersabda Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam:
إن الله حرم بيع الخمر، الخنزير، والأصنام.
"Sesungguhnya Allah mengharamkan jual beli khomer, babi, dan berhala"[3].
Dan dari Ibnu Abbas rodhiallohu 'anhuma bahwa Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda:
إن الله إذا حرم على قوم أكل شيء حرم ثمنه.
"Sesungguhnya Allah apabila telah mengharamkan atas suatu kaum memakan sesuatu maka haram (juga) harganya" [4].
Dan tidak boleh menjual anjing, berdasarkan hadits Abu Mas'ud rodhiallohu 'anhu, beliau berkata:
نهى رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - عن ثمن الكلب.
"Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam telah melarang dari harga anjing" [5].
✏️Kelima: Haruslah barang dagangan memungkinkan untuk diterima; karena barang yang tidak dapat diperkirakan dapat diserahkan seperti barang yang tidak ada, maka tidak sah jual belinya; dimana hal itu masuk kedalam jual beli yang mengandung ghoror (6), karena pembeli telah menyerahkan (uang) seharga barang namun tidak mendapatkan barang dagangan, maka tidak boleh menjual beli ikan di dalam air, dan tidak pula biji bunga kurma, dan tidak juga burung di udara, tidak juga susu dalam tetek, dan tidak juga janin yang ada dalam perut ibunya, dan tidak juga hewan yang kabur.
Berdasarkan hadits Abu Huroiroh rodhiallohu 'anhu beliau berkata:
نهى رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - عن بيع الغرر.
"Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam melarang dari jual beli ghoror" [7].
✏️Keenam: Haruslah barang dagangan telah dikenal bagi setiap masing-masing dari keduanya dengan penglihatannya dan persaksiannya ketika akad, atau memberikan gambaran barangnya dengan sifat yang dapat dibedakan dari yang lainnya; karena ketidaktahuan akan sifat barang adalah ghoror, dan ghoror terlarang darinya, maka tidak sah membeli sesuatu yang belum pernah dia lihat, atau dia pernah melihatnya namun tidak tahu wujudnya, dimana barang tidak ada di majlis akad.
✏️Ketujuh: Haruslah harganya diketahui, dengan batasan harga barang yang biasa dijual, dan dikenal harganya.
____________
(1) HR. Ibnu Majah no. (2185), dan Ibnu Hibban (11/340), dan Baihaqi (6/17). Dan dishahihkan oleh Albani, lihat Irwaa Al-Gholil (5/125).
(2) HR. Ahmad (3/402), dan Abu Daud (3503), dan An-Nasaai (7/289), dan Tirmidzi no. (1232), dan Ibnu Majah no. (2187) dan dishahihkan Albani, lihat Irwaa Al-Gholil (5/132).
(3) Muttafaq 'alaih: HR. Bukhari no. (2236) dan Muslim no. (1581).
(4) HR. Ahmad (1/247), dan Abu Dawud no. (3488), dan dishahihkan Al-Arnauth di dalam Hasyiah Al-Musnad (4/95).
(5) Muttafaq 'alaih: HR. Bukhari no. (2237), dan Muslim no. (1567).
(6) Jual beli ghoror ialah yang secara zhahir (lahiriah) akan merugikan pembeli, dan batinnya majhul (tidak dikenal).
(7) HR. Muslim no. (1513)
📚 Al-Fiqh Al-Muyassar Fi Dhow Al-Kitab wa As-Sunnah [juz 1/ hlm. 214-215]
📝 Alih Bahasa:
Al-Ustadz Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh حفظه الله
〰 Teks Arabic 〰
كتاب المعاملات
الباب الأول: في البيوع، وفيه مسائل:
المسألة الخامسة: شروط البيع:
يشترط لصحة البيع الشروط الآتية:
أولاً: التراضي بين البائع والمشتري. قال تعالى: (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ) [النساء: 29].
وعن أبي سعيد الخدري - رضي الله عنه - أن النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قال: (إنما البيع عن تراض) (1).
فلا يصح البيع إذا أكره أحدهما بغير حق، فإن كان الإكراه بحق، كأن يكره الحاكم شخصاً على بيع شيء لسداد دينه، صح.
ثانيا: كون العاقد جائز التصرف، بأن يكون بالغاً عاقلاً حراً رشيداً.
ثالثاً: أن يكون البائع مالكاً للمبيع، أو قائماً مقام مالكه، كالوكيل والوصيّ والولي والناظر. فلا يصح أن يبيع شخصٌ شيئاً لا يملكه؛ لقوله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - لحكيم بن حزام - رضي الله عنه -: (لا تبع ما ليس عندك) (2).
رابعاً: أن يكون المباع مما يباح الانتفاع به من غير حاجة، كالمأكول، والمشروب، والملبوس، والمركوب، والعقار، ونحو ذلك، فلا يصح بيع ما يحرم الانتفاع به، كالخمر، والخنزير، والميتة، وآلات اللهو، والمعازف.
لحديث جابر - رضي الله عنه - قال: قال رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: (إن الله حرَّم بيع الخمر، والميتة، والخنزير، والأصنام) (3).
وعن ابن عباس رضي الله عنهما أن النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قال: (إن الله إذا حَرَّم على قوم أكل شيء حرَّم ثمنه) (4).
ولا يجوز بيع الكلب، لحديث أبي مسعود - رضي الله عنه -، قال: (نهى رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - عن ثمن الكلب ... ) (5).
خامساً: أن يكون المعقود عليه مقدوراً على تسليمه؛ لأنَّ غير المقدور عليه كالمعدوم، فلا يصح بيعه؛ إذ هو داخل في بيع الغَرَرِ (6)، فإن المشتري قد يدفع الثمن ولا يحصل على المبيع، فلا يجوز بيع السمك في الماء، ولا النوى في التمر، ولا الطير في الهواء، ولا اللبن في الضرع، ولا الحمل الذي في بطن أمه، ولا الحيوان الشارد.
لحديث أبي هريرة - رضي الله عنه - قال: (نهى رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - عن بيع الغرر) (7).
سادساً: أن يكون المعقود عليه معلوماً لكل منهما برؤيته ومشاهدته عند العقد، أو وصفه وصفاً يميزه عن غيره؛ لأن الجهالة غرر، والغرر منهي عنه، فلا يصح أن يشتري شيئاً لم يره، أو رآه وجهله، وهو غائب عن مجلس العقد.
سابعاً: أن يكون الثمن معلوماً، بتحديد سعر السلعة المبيعة، ومعرفة قيمتها.
-------------------
(1) رواه ابن ماجه برقم (2185)، وابن حبان (11/ 340)، والبيهقي (6/ 17). وصححه الألباني، انظر إرواء الغليل (5/ 125).
(2) رواه أحمد (3/ 402)، وأبو داود (3503)، والنسائي (7/ 289)، والترمذي برقم (1232) وابن ماجه، برقم (2187) وصححه الألباني، انظر إرواء الغليل (5/ 132).
(3) متفق عليه: رواه البخاري برقم (2236)، ومسلم برقم (1581).
(4) رواه أحمد (1/ 247)، وأبو داود برقم (3488)، وصححه الأرناؤوط في حاشية المسند (4/ 95).
(5) متفق عليه: رواه البخاري برقم (2237)، ومسلم برقم (1567).
(6) بيع الغرر: ما كان له ظاهر يَغُرُّ المشتري، وباطن مجهول.
(7) رواه مسلم برقم (1513).
📚 الفقه الميسر في ضوء الكتاب والسنة [جزء 1 / صفحة 214-215]
🌎 http://shamela.ws/browse.php/book-22726/page-230
〰〰〰〰〰〰〰
📚 WA Salafy Kendari 📡
0 Response to "Syarat syarat Jual-beli"
Posting Komentar