MAKNA MEMURNIKAN TAUHID
โMemurnikan Tauhid adalah Membersihkan Tauhid dari segala hal yang mengotorinya, berupa Kesyirikan (baik kecil atau besar), Bidโah, maupun Kemaksiatan (disarikan dari penjelasan Syaikh Abdurrahman as-Saโdi Rahimahullah).
๐ Dalil :
ุฅูููู ุฅูุจูุฑูุงูููู ู ููุงูู ุฃูู ููุฉู ููุงููุชูุง ูููููู ุญููููููุง ููููู ู ูููู ู ููู ุงููู ูุดูุฑูููููู
๐ Sesungguhnya Ibrahim adalah teladan yang baik, tunduk patuh kepada Allah, lurus, dan tidak pernah termasuk orang-orang yang berbuat kesyirikan. (Q.S anNahl:120).
โ๏ธ Penjelasan :
๐ Ayat ini menjelaskan bahwa Nabi Ibrahim Alaihis Salam adalah contoh orang yang Memurnikan Tauhidnya.
๐น Allah Subhaanahu Wa Ta'ala sebutkan 4 sifat Ibrahim dalam Ayat ini, yaitu:
1โฃ. Ummat : Teladan yang mengajarkan kebaikan.
ุนููู ู ูุณูุฑููููู ููุงูู : ููุฑูุฃูุชู ุนูููุฏู ุนูุจูุฏู ุงูููู ุจููู ู ูุณูุนูููุฏู ุฃูููู ุฅูุจูุฑูุงููููู ู ููุงูู ุฃูู ููุฉู ููุงููุชูุง ููููููู ููุงูู ููููุงูู ุงุจููู ู ูุณูุนูููุฏู : ุฅูููู ู ูุนูุงุฐูุง ููุงูู ุฃูู ููุฉู ููุงููุชูุง ููุงูู ููุฃูุนูุงุฏูููุง ุนููููููู ููุฃูุนูุงุฏู ุซูู ูู ููุงูู : ุฃูุชูุฏูุฑููููู ู ูุง ุงููุฃูู ููุฉู ุ ุงูููุฐูู ููุนููููู ู ุงููููุงุณู ุงููุฎูููุฑู ูู ุงููููุงููุชู ุงูููุฐูู ููุทูููุนู ุงูููู ููุฑูุณููููููู
๐ Dari Masruq beliau berkata: Aku membaca (ayat) di sisi Abdullah bin Masโud (surat anNahl:120) : Sesungguhnya Ibrohim adalah Ummat qoonitan lillah. Maka Ibnu Masโud berkata: Sesungguhnya Muadz adalah ummat qoonitan. Kemudian mereka mengulanginya dan beliau mengulanginya. Kemudian beliau berkata: Apakah kalian tahu apa ummat itu? Yaitu Orang yang mengajarkan Kebaikan kepada manusia. Dan Qoonit adalah yang Mentaati Allah dan RasulNya. (H.R al-Hakim, dinyatakan shahih sesuai syarat al-Bukhari dan Muslim, dan disepakati oleh adz-Dzahaby).
๐ Nabi Ibrohim adalah satu orang, namun disebut sebagai Ummat. Padahal kata ummat biasanya disebutkan untuk orang yang banyak jumlahnya.
๐ Hal ini untuk memberikan Semangat bagi orang yang mengikuti jejak beliau bahwa seakan-akan mereka tidak mengikuti satu orang saja, tapi seakan-akan mereka mengikuti suatu ummat atau sekelompok orang. Sehingga hal itu membuat pengikut beliau semakin berbesar hati dan tidak merasa minder (disarikan dari penjelasan Syaikh Sholih Aalusy Syaikh).
๐ท Demikian juga Nabi Shollallahu Alaihi Wasallam mendefinisikan kelompok yang selamat dan terlepas dari penyimpangan adalah al-Jamaah. al-Jamaah itu biasa dipahami sebagai sekelompok orang.
๐ Namun, secara istilah, Sahabat Nabi Ibnu Masโud Radhiyallaahu Anhu mendefinisikan makna al-Jamaah sebagai:
ุฅููููู ูุง ุงููุฌูู ูุงุนูุฉู ู ูุง ููุงูููู ุทูุงุนูุฉู ุงูููู ููุฅููู ููููุชู ููุญูุฏููู
๐ Al-Jamaah itu adalah yang sesuai dengan Ketaatan kepada Allah, meski engkau Sendirian. (riwayat al-Laalikaai dalam Syarh Ushul Iโtiqod Ahlissunnah wal Jamaah(1/108) dengan sanad yang shahih).
๐ฐ Karena itu, janganlah kita merasa berkecil hati jika meniti al-Haq meskipun sendirian.
2โฃ. Qaanit: Tunduk patuh kepada Allah. Sebagaimana penjelasan Ibnu Masโud di atas.
3โฃ. Haniif, menyimpang dari kesyirikan. Lurus di atas Tauhid.
4โฃ. Tidak pernah berbuat kesyirikan.
โถ๏ธ Nabi Ibrahim tidak pernah sekalipun berbuat kesyirikan. Karena itu ini adalah Dalil yang membantah anggapan sebagian orang bahwa Nabi Ibrahim pernah dalam keadaan tidak bertuhan, dan mengalami proses pencarian tuhan.
๐ต Sesungguhnya yang disebutkan dalam surat al-Anโaam ayat 76-78 adalah debat antara Nabi Ibrahim dengan kaumnya, seakan-akan Nabi Ibrahim ketika menunjuk ke bintang, bulan, dan matahari menyatakan: Apakah yang seperti ini layak menjadi Tuhanku. Untuk membantah keyakinan kaumnya. Bukannya Nabi Ibrahim dalam proses pencarian Tuhan. Demikian yang dijelaskan Ibnu Katsir dalam tafsirnya.
=====================
๐ Dikutip dari Draf Buku " Tauhid, Anugerah yang Tak Tergantikan "
โถ๏ธ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.
=====================
โ http://telegram.me/alistiqomah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar