1 Kajian Fiqih
Bacaan Basmalah
▪️Rasulullah Shollallahu'alaihi wasallam mengucapkan:
بسم اللّٰه الرحمن الرحيم
tanpa mengeraskan suara, sebagaimana dipahami dari hadits Anas bin Malik Rodhiyallohu'anhu yang memiliki banyak jalan dengan lafadz yang berbeda beda, dan semua menunjukkan bahwa Nabi Shollallohu 'alaihi wasallam tidak mengeraskan suara ketika mengucapkan basmalah.
▪Salah satu jalannya adalah dari Syu'bah, dari Qotadah, dari Anas Rodhiyallohu'anhu, ia berkata:
أن النبي صلى اللّٰه عليه وسلم وأبا بكر وعمر رضي اللّٰه عنهم كنوا يفتتحون الصلاة ب( الحمد لله رب العلمين ).
Sesungguhnya Nabi Shollallohu'alai wasallam, Abu Bakr dan Umar Rodhiyallohu'anhum, membuka (bacaan dengan suara keras) dalam sholat mereka dengan Alhamdulillahi Rabbil 'Alamin. (HR.Al Bukhariy No.743 dan Muslim No.888).
▪Al Imam As Shon'ani Rohimahulloh menyatakan, Hadits diatas menunjukkan bahwa Nabi Shollallohu 'Alaihi Wasallam, Abu Bakar dan Umar tidak memperdengarkan kepada makmum (orang yang sholat dibelakang mereka) ucapan Basmalah dengan suara keras saat membaca Al Fatihah (dalam sholat jahriyyah).
Mereka membacanya dengan sirr/perlahan (Subulus salam 2/191).
▪Adapun ucapan Anas, Mereka membuka (bacaan dengan suara keras) dalam sholat mereka dengan Alhamdulillah...tidak mesti dipahami bahwa mereka tidak membaca basmalah secara sirr. (Fathul Bari, 2/294).
▪️Al Imam Asy Syafi'i Rohimahulloh mengatakan, Makna hadits ini adalah Nabi Shollallohu'Alaihi Wasallam, Abu Bakar, Umar dan Utsman Rodhiyallohu'anhum, mengawali bacaan Al Qur'an dalam sholat dengan (membaca) Fathihatul Kitab sebelum membaca surah lainnya.
Bukan maknanya mereka tidak mengucapkan Bismillahir rahmanir rahim. (Sunan At Tirmidzi), 1/156).
▪️Ulama berselisih pandang dalam menJahr Kan (mengucapkan dengan keras) ucapan Basmalah ataukah tidak dalam sholat jahriyyah.
▪Sebetulnya semua ini beredar dan bermula dari perselisihan apakah basmalah termasuk ayat dalam surah Al Fatihah atau bukan. juga, apakah Basmalah adalah ayat yang berdiri sendiri pada setiap permulaan surah Al Qur'an selain Surah Al Baro'ah (At Taubah), ataukah bukan ayat sama sekali kecuali dalam ayat 30 surah An Naml❓
👍🏿 In Syaa Allah pembaca bisa melihat keterangannya pada Artikel selanjutnya.
▪️Apakah Basmalah termasuk Ayat dari Surah Al Fatihah❓.
▪️Kami penulis dalam hal ini berpegang dengan pendapat mayoritas ulama yang menyatakan BASMALAH DI BACA DENGAN SIRR.
Wallohu'alam Bish Showab.
▪️Al Imam At Tirmidzi Rohimahulloh berkata yang diamalkan mayoritas ulama dari kalangan Sahabat Nabi diantara mereka Abu Bakr, Umar, Utsman, dan selainnya dan para ulama setelah mereka dari kalangan tabi'in, serta pendapat yang dipegang Sufyan Ats Tsauri, Ibnul Mubarok, Ahmad, dan Ishaq, bahwasannya ucapan Basmalah Tidak Di Jahrkan, mereka mengatakan, orang yang sholat mengucapkannya dengan perlahan, cukup didengarnya sendiri (Sunan At Tirmidzi,1/155).
▪️Guru Besar kami, Asy Syaikh Al Muhaddits Muqbil bin Hadi Al Wadi'i Rohimahulloh, dalam kitab beliau, Al Jami'us Shohih mimma Laisa fish Shahihain (97/2) menyatakan bahwa riwayat hadits hadits yang menyebutkan Basmalah dibaca secara Sirr itu lebih Shahih/kuat daripada riwayat yang menyebutkan bacaan basmalah secara jahr.
▪️Adapun Imam Asy Syafi'i Rohimahulloh dan pengikut Madzhabnya, juga sebelum mereka beberapa sahabat, diantaranya Abu Hurairoh, Ibnu Umar, Ibnu Abbas, dan Ibnu Zubair Rodhiyallohu'anhum, serta kalangan tabi'in, berpendapat bahwa bacaan Basmalah di jahrkan. (Sunan At Tirmidzi,1/155).
2⃣ Kajian Fiqih
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
📡 Bacaan Basmalah 📡
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
▪️APAKAH BASMALAH TERMASUK AYAT DARI AL FATIHAH❓
▪Sebagaimana telah dikemukakan sebelumnya, para ulama berselisih pandang dalam masalah ini. Kita akan melihat perselisihan mereka dari beberapa sisi.
▪️Apakah Basmalah Termasuk Ayat Al Qur'an❓
Dalam hal ini ada tiga pendapat ulama.
1⃣. Basmalah bukan bagian dari Al Qur'an kecuali ayat ke 30 pada surat An Naml.
▪ini pendapat Imam Malik dan sekelompok ulama Hanafiyah, juga dinukilkan oleh sebagian pengikut Al Imam Ahmad dalam sebuah riwayat dari beliau bahwa ini Madzhab Beliau.
2⃣. Basmalah adalah ayat dari setiap surah atau sebagian surah.
▪Ini pendapat Imam Syafi'i dan yang mengikuti Madzhab beliau.
Akan tetapi dalam sebuah penukilan dari beliau disebutkan bahwa Basmalah bukan ayat dipermulaan setiap surah kecuali Al Fatihah, Sedangkan surah lainnya dibuka dengan Basmalah untuk tabarruk (Mencari Berkah).
3⃣. Basmalah adalah bagian dari Al Qur'an, namun dia bukan termasuk bagian surah, tetapi Ayat yang berdiri sendiri dan dibaca diawal setiap surah Al Qur'an kecuali surah At Taubah, sebagaimana Nabi Shollallohu'alaihi wasallam membacanya ketika diturunkan kepada beliau surah Al Kautsar seperti yang diriwayatkan Al Imam Muslim Rohimahulloh didalam Kitab Shohihnya.
▪Ini merupakan pendapat Al Imam Abdullah Ibnul Mubarok, Al Imam Ahmad, dan Abu Bakar Ar Razi beliau menyebutkan inilah yang di inginkan oleh Madzhab Abu Hanifah.
▪inilah pula pendapat para Muhaqqiq (Peneliti) dalam masalah ini.
Kami lebih condong pendapat yang No ke 3 terakhir ini.
▪️Apakah Basmalah Itu Ayat Pertama Al Fatihah❓
Ada dua pendapat tentang hal ini.
1⃣.Basmalah bagian dari surah Al Fatihah, namun bukan bagian surah yang lain,
👉🏿Sehingga wajib membacanya ketika membaca Al Fatihah.
2⃣. Tidak dibedakan antara Al Fatihah dan surah yang lainnya dalam Al Qur'an,
👉🏿sehingga membaca Basmalah di awal surah yang lainnya (karena Basmalah adalah ayat yang berdiri sendiri).
👉🏿Pendapat ini bersesuaian dengan Hadits yang Shohih, dan inilah pendapat yang rajih (kuat) menurut Penulis.
▪️Bacaan Basmalah Dalam Sholat.
Ada tiga pendapat ulama tentang hal ini.
1⃣. Wajib seperti wajibnya membaca Al Fatihah.
▪Ini merupakan pendapat Al Imam Asy Syafi'i, sebuah riwayat dari Al Imam Ahmad dan sekelompok Ahlul Hadits. Pendapat ini dibangun berdasar anggapan bahwa Basmalah itu bagian dari Al Fatihah.
2⃣. Makruh (dibenci) baik secara sirr maupun jahr.
▪Pendapat ini masyhur dari Madzhab Al Imam Malik.
3⃣. Boleh, bahkan mustahabbah (disenangi)
▪Ini pendapat yang Masyhur dari Al Imam Ahmad, Abu Hanifah, dan kebanyakan ulama ahlul hadits. Ini pula pendapat yang Kami Pilih.
▪Pendapat ini juga dipegangi oleh orang yang berpendapat boleh membacanya ataupun tidak karena berkeyakinan bahwa kedua hal tersebut adalah Qiro'ah/bacaan Al Qur'an yang diperkenankan.
▪️Apakah Basmalah Di baca Jahr Atau Sirr❓
Dalam hal ini juga ada perbedaan pendapat.
1⃣. Disunnahkan membacanya secara Jahr.
▪Ini adalah pendapat Al Imam Asy Syafi' dan ulama lainnya.
2⃣. Disunnahkan membacanya secara Sirr.
▪Ini merupakan pendapat Jumhur ulama ahlul hadits dan ahli ra'yu, serta pendapat mayoritas Fuqoha didunia.
3⃣. Seorang bisa memilih Secara Jahr Atau Sirr.
▪Pendapat ini diriwayatkan dari Al Imam Ishaq bin Rahwaih. Ini juga pendapat Al Imam Ibnu Hazm dan lainnya. (Majmu' Fatawa, 22/435-437)
Bersambung...
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
🌠 Sumber, Asy Syariah No 61/VI/1431H/2010
Oleh Al Ustadz Muslim Abu Ishaq Al Atsari Hafizhohullohu.
🌎 www.Salafymedia.com
✍.Bandung 30 Safar 1437H/12 Desember 2015
🌐www.salafymedia.com
📡 Publikasi:
📚 WA Fadhlul Islam Bandung
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Tidak ada komentar:
Posting Komentar