Sabtu, 31 Desember 2016

Jangan Mencela Masa

Wahai Para Pencela Masa ❗️

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يُؤْذِينِى ابْنُ آدَمَ يَقُولُ يَا خَيْبَةَ الدَّهْرِ. فَلاَ يَقُولَنَّ أَحَدُكُمْ يَا خَيْبَةَ الدَّهْرِ. فَإِنِّى أَنَا الدَّهْرُ أُقَلِّبُ لَيْلَهُ وَنَهَارَهُ فَإِذَا شِئْتُ قَبَضْتُهُمَا

”Allah ’Azza wa Jalla berfirman: Anak Adam telah menyakitiku❗️
Dia mengatakan:Celaka lah masa.

Janganlah seseorang di antara kalian mengatakan: Celaka lah masa❗️

Karena Aku adalah (pengatur) masa. Aku-lah yang membalikkan malam dan siang. Jika Aku suka kan kugenggam keduanya.” 

📚HR. Muslim no. 6001

✒️Alih bahasa Abu Sufyan Al Musy Ghofarohullah
------------------------------------------------
         2 Robii'ul Akhir 1438
🌀 Daarul Hadits Al Bayyinah 🌀
                Sidayu Gresik
               Harrosahallah
🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹

Channel Telegram Ukhuwah Imaniyah :
http://bit.ly/uimusy

Kunjungi Website Kami MUSY   [Muslim Salafy]

www.musy.salafymedia.com
▪️▪️▪️▪️▪️▪️▪️▪️▪️▪️▪️

MENYIMPAN PAKAIAN-PAKAIAN SI MAYIT

MENYIMPAN PAKAIAN-PAKAIAN SI MAYIT

❓Asy-syeikh Shaleh Alu Fauzan hafizhahullah ditanya:

Bolehkah menyimpan pakaian-pakaian si mayit? Dan jika hal itu tidak boleh maka apakah yang lebih utama yang harus dilakukan?

✍🏻 beliau menjawab:

"Boleh mememanfaatkan pakaian-pakaian si mayit bagi orang yang memakainya dari kalangan keluarganya atau diberikan kepada orang yang mau memakainya dari kalangan orang yang membutuhkannya dan jangan disobek-sobek, bagaimanapun juga ia termasuk harta peninggalannya (harta waris), jika ia bernilai maka ia menjadi harta peninggalannya yang disertakan kepada harta peninggalannya dan menjadi milik ahli warisnya.

Dan menyimpannya untuk kenang-kenangan tidak boleh dan tidaklah pantas, terkadang bisa menjadi haram jika tujuannya ialah ngalap berkah dengan pakaian-pakaian tersebut dan yang semisal itu, kemudian juga terhadap hal ini ialah menyia-nyiakan harta karena harta harus dimanfaatkan dan tidak boleh dijadikan sesuatu yang tertahan yang tidak dimanfaatkan."

📚[al-muntaqa (2/287-288)]

🔖سئل الشيخ صالح آل فوزان حفظه الله تعالى ونفعنا بعلمه :

📝✍🏻هل يَجوز الاحتفاظ بِملابس الميت ؟ وإن لَم يكن ذلك جائزاً ، فما هو الأفضل أن يفعل بِهَا ؟

🔘 *فأجاب حفظه الله*:

▫يَجوز الانتفاع بِملابس الميت لِمن يلبسها من أسرته أو أن تعطى لِمن يلبسها من المُحتاجين ولا تهدر ، وعلى كل حال هي من التركة إذا كانت ذات قيمة فإنها تصبح من التركة تلحق بتركته وتكون للورثة.

▫والاحتفاظ بِهَا للذكرى لا يَجوز ولا ينبغي ، وقد يَحرم إذا كان القصد منها التبرك بهذه الثياب وما أشبه ذلك ، ثُمَّ أيضًا لِهذا إهدار للمال لأن المَال ينتفع به ولا يُجعل مَحبوسًا لا ينتفع به .

📚المنتقى ( 287- 288/ 2 )

_____________________________

📶 https://telegram.me/salafykolaka

USIRLAH AHLI BID'AH DARI BARISANMU WAHAI AHLUSSUNNAH

USIRLAH AHLI BID'AH DARI BARISANMU WAHAI AHLUSSUNNAH

📌 berkata Al-allamah Ibnu Utsaimin rahimahullah:

"Sepantasnya bagi ahli ilmu jika mereka melihat ada ahli bid'ah di dalam barisan mereka ialah mereka mengusirnya dari barisan mereka sebab ahli bid'ah keberadaannya di dalam ahlussunnah adalah keburukan, sebab bid'ah adalah bagaikan penyakit kangker yang tidak diharapkan kesembuhannya kecuali siapa yang dikehendaki oleh Allah".

📔[syarh Al-aqidah As-safariniyah (hlm. 183)]

💡قال العـلّامة ابن عثيمين : رحمه الله

•ينبغي لأهل العلم إذا رأوا في صفوفهم مبتدعا أن يطردوه عن صفوفهم .

•لأن المبتدع وجوده في أهل السنة شر ، لأن البدعة كالسرطان لا يرجى برؤه إلا أن يشاء الله

📚[شرح العقيدة السفارينية ص 183]

______________________________

📶 https://telegram.me/salafykolaka

HUKUM PENGAMBILAN GAMBAR DENGAN KAMERA DI DALAM ACARA LIVE siaran langsung

HUKUM PENGAMBILAN GAMBAR DENGAN KAMERA DI DALAM ACARA LIVE (siaran langsung)

✍ berkata Al-allamah Muqbil Bin Hadi Al-Wadi'i rahimahullah:

"Dan merupakan kemungkaran yang besar ialah seorang penceramah di dalam mesjid sedang menceramahi manusia dalam keadaan kamera menyorot kepadanya...

Dan siaran langsung (LIVE) masuk di dalam pengharaman, ia ini dinilai sebagai gambar dan manusiapun menamakannya sebagai gambar maka ia diharamkan".

📔[hukmu tashwir dzawatil arwah (70-71)

قال العلامة مقبل بن هادي الوادعي رحمه الله تعالى:

"ومنكر عظيم أن يقوم المحاضر في المساجد يحاضر الناس والمصورة -أي الكاميرا- موجهة إليه ..... والبث المباشر -أي النقل الحي- داخل في التحريم فهو يعتبر صورة والناس يسمونها صورة فهي محرمة".

[حكم تصوير ذوات الأرواح:٧٠؛٧١]

_____________________________

📶 https://telegram.me/salafykolaka

HUKUM MEMASUKI TEMPAT-TEMPAT YANG PADANYA TERDAPAT POHOH PERAYAAN TAHUN BARU

HUKUM MEMASUKI TEMPAT-TEMPAT YANG PADANYA TERDAPAT POHOH PERAYAAN TAHUN BARU

❓Tanya:

Bolehkah memasuki sebagian tempat-tempat yang padanya terdapat pohon yang diagungkan oleh orang-orang kafir? Secara khusus pada hari-hari ini, tidaklah engkau mendapati suatu tempat kecuali padanya terdapat pohon ini dengan dihiasi sebagian lampu-lampu (balon) kecil di atasnya.

❌ jawab:

Aku mendengar Syeikh (guru) kami yakni Musthafa Mabram hafizhahullah ta'ala menjawab dengan mengatakan:

"Tidak; tidak boleh menyaksikan tempat-tempat ini berdasarkan hadits Tsabit Bin Adh-dhahhak yang ada pada para pemegang kitab sunan dan selain mereka dan ia merupakan diantara hadits-hadits yang dicantumkan oleh Syeikhul Islam di dalam kitabnya yakni KITABUT TAUHID: "bahwa Nabi shallallahu alahi wasallam bersabda: apakah padanya terdapat berhala dari berhala-berhala jahiliyah yang disembah? Mereka (sahabat) menjawab: tidak ada; beliau bertanya: apakah padanya terdapat hari raya dari hari-hari raya mereka? Mereka menjawab: tidak ada; Rasulullah shallallahu alahi wasallam bersabda: tunaikanlah nazarmu karena sesungguhnya tidak boleh menunaikan nazar di dalam bermaksiat kepada Allah dan tidak pula pada apa yang tidak dimiliki oleh putera Adam (manusia).

Inti dari hadits ini bahwa tempat-tempat hari raya orang-orang kafir dan tempat-tempat ibadah mereka tidak dibolehkan bagi seorang muslim menyaksikan/menghadirinya; dan sungguh Syeikhul Islam telah menghikayatkan adanya ijma' (kesepakatan) atas (pengharaman) perkara tersebut dari kalangan ahli ilmu (ulama)."

📚[syarh al-aqidah al-washitiyah]

📌 ikuti channel fawaid beliau di👇

http://Telegram.me/fawaidmbrm

🔴 السؤال: هل يجوز دخول بعض الأماكن الَّتي تكون فيها الشَّجرة الَّتي يُعظِّمها الكفَّار؟ -خاصة في هذه الأيام ما تجد مكان إلاَّ وفيه هذه الشَّجرة مُزينة وعليها بعض المصابيح الصَّغيرة-.

🔸 سمعت شيخنا مصطفى مبرم حفظه الله تعالى يجيب قائلا:

🚫 لا؛  لا يجوز شُهود هذه الأماكن لحديث ثابت بن الضَّحاك -عند أصحاب السُّنن وغيرهم وهو من الأحاديث التي أودعها شيخ الإسلام -رحمه الله تعالى- كتابه "كتاب التَّوحيد": أن النبي صلى الله عليه وسلم قال:
((هَلْ كان فِيهَا وَثَنٌ مِنْ أَوْثَانِ الْجَاهِلِيَّةِ يُعْبَدُ؟ قَالُوا: لَا؛ قَال:َ هَلْ كان فِيهَا عِيدٌ مِنْ أَعْيَادِهِم؟ْ قَالُوا: لَا؛ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم: َأَوْفِ بِنَذْرِكَ فَإِنَّهُ لَا وَفَاءَ لِنَذْرٍ فِي مَعْصِيَةِ اللَّهِ وَلَا فِيمَا لَا يَمْلِكُ ابْنُ آدَمَ)) 👈 والشَّاهد من الحديث أنَّ مواطن أعياد الكفَّار ومواطن عبادتهم لا يجوز للمسلم أن يشهدها؛ وقد حكى شيخ الإسلام -رحمه الله تعالى- الإجماع على ذلك من أهل الإسلام.

📙 شرح العقيدة الواسطية



📚 لمتابعة قناة(فوائد ش/مصطفى مبرم) الرسمية على تليجرام:
Telegram.me/fawaidmbrm

مسائل الطهارة 98 باب السواك

مسائل الطهارة 98

باب السواك 💢
      (( الحديث السابع عشر ))
عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: <لولا أن أشق على أمتي لامرتهم بالسواك عند كل صلاة>.

🔴 قال الشيخ #زكريا_بن_شعيب العدني _حفظه الله_:

🌀 قوله <لامرتهم بالسواك..إلخ>
👈 فيه دليل على أن السواك ليس بواجب.

🌹قال الشافعي رحمه الله تعالى: لو كان واجبًا لأمرهم به، شق أو لم يشق، ونقل غير واحد على أن السواك سنة ليس بواجب في حال من الأحوال لا في الصلاة ولا في غيرها، وهو الصحيح.

✅ ولكن الإجماع غير صحيح فقد قال بوجوبه الماوردي وإسحاق بن راهوية
🔺وقالوا من تركه عمدًا بطلت صلاته،
🔺وقال داود الظاهري بأنه واجب وليس شرطًا، واستدلوا بأدلة لا ثبت منها شيء.

📜 انظر شرح مسلم(2/145-146) الفتح (2/457) الام (1/20) سبل السلام (1/159) إحكام الاحكام (1/107) الاستذكار (3/272).

🌀قوله: <عند كل صلاة>
🌹قال ابن دقيق العيد(1/108):
الحديث بعمومه يدل على استحباب السواك لكل صلاة فيدخل فيه إستحباب ذلك في الصلاتين الواقعتين بعد الزوال للصائم، ويستدل به من يرى ذلك، ومن يخالف في ذلك يحتاج إلى دليل خاص بهذا الوقت أهـ المراد.

🌀قوله (عند كل صلاة)
👈أي صلاة المقصودة بقوله (صلاة) يشمل كل صلاة سواء كانت فرضاً أو نفلا وحتى صلاة الجماعة لأنها صلاة,

💥وضابط الصلاة التي يطلق عليها صلاة ويشترط لها استقبال القبلة وستر العورة ويسن عندها السواك هي "كل صلاة تفتتح بالتكبير وتختتم بالتسليم " كما ذكر ذلك ابن القيم في كتاب تهذيب السنن
🔺وعل هذا إذا أراد الإنسان أن يصلي راتبة الظهر مثلاً يستاك للسنة الأولى ثم إذا أراد أن يصلي السنة الثانية يستاك
🔺وكذلك عند الفريضة يستاك و السنة البعدية يستاك وهكذا .
لأنه قال ( عند كل صلاة) وقوله هذا مفرد مضاف يعم كل صلاة,
👈وعل هذا مثلاً فسجود التلاوة وسجدة الشكر ونحوه ليس بصلاة لأنها على الصحيح لا تفتتح بالتكبير وتختتم بالتسليم خلافاً لمذهب الحنابلة وعلى هذا يجوز للإنسان أن يسجدها وغير ساتر للعورة وإلى غير القبلة ومن دون تكبير وإنما هي سجدة مجردة.

📒كتاب الطهارة من عمدة الأحكام للشيخ زكريا العدني

📚مجموعة و قناة دروس ومحاضرات مشايخ عدن📚
https://goo.gl/AmJXrW

حال كتاب علي الرياشي بعنوان الدعوة السلفية في اليمن أخطاء تتكرر، وأصول وقواعد خلفية تتجذر

سؤال وجه لشيخنا الفاضل أبي عمار علي الحذيفي _حفظه الله_:

شيخنا ما رأيكم بمقال كتبه الأخ علي الرياشي بعنوان "الدعوة السلفية في اليمن أخطاء تتكرر، وأصول وقواعد خلفية تتجذر"❓

💥 الجواب :

📌 انظر إلى عنوانه: 🌀"الدعوة السلفية في اليمن أخطاء تتكرر، وأصول وقواعد خلفية تتجذر"🌀⁉

👈🏻ألا يدل هذا على أنه يضر الدعوة بمقالاته ❓❓
لأن هذا أسلوب يوهم الناس أن الدعوة تنهار وتتآكل.

⛔ وهو لا يفهم هذا، ولا يدري أن الإخوان المسلمين لهم مواقع خاصة ينشرون مثل هذه المقالات لضرب الدعوة وتشوييهها.

👊🏻 هذا ليس بشيخ، وقد أخطأ من شيخه، وفي الفتن يكثر المتسلقون.

🚫ومنذ أن كتب هذا الرجل، وأنا أقول: ليته يترك الكتابة وصبرنا عليه لعله يرعوي.

📌 وبلغني بعض الإخوة أن عليا الرياشي سألوه من أندونيسيا عن إخوة من المشايخ السلفيين فيقول أخذوا أموالاً، ويلتقون بحزبيين، وهذا كذب على الإخوة.

⭕ فليتق الله في نفسه، وليأخذ بنصيحة إخوانه، وليترك التعالي.

📅 الخميس 30 ربيع الأول 1438ه

📚مجموعة دروس و محاضرات مشايخ عدن📚
📩للاشتراك:
☎️+967736895368
☎+967770284386
☎+967711441055
📱قناة في تيليجرام:
https://goo.gl/AmJXrW
⛔ لا يسمح بتغيير المنشور أو تعديله ⛔

مسائل في النكاح 77 نكاح الكفار 3

مسائل في النكاح 77

     🌀 نكاح الكفار 3⃣ 🌀

🔴 قال الشيخ أبو عمار #علي_الحذيفي _حفظه الله_:

🌀 ولا يحل لمسلم نكاح كافرة إلا الحرة الكتابية لقوله تعالى:
(اليوم أحل لكم الطيبات، وطعام الذين أوتوا الكتاب حل لكم وطعامكم حل لهم، والمحصنات من المؤمنات، والمحصنات من الذين أوتوا الكتاب من قبلكم، إذا آتيتموهن أجورهن محصنين غير مسافحين ولا متخذي أخدان، ومن يكفر بالإيمان فقد حبط عمله وهو في الآخرة من الخاسرين).

🌹 قال ابن قدامة في "المغني":
(ليس بين أهل العلم بحمد الله اختلاف في حل حرائر نساء أهل الكتاب، وممن روي عنه ذلك عمر وعثمان وطلحة وحذيفة وسلمان وجابر وغيرهم.

🌹قال ابن المنذر:
"ولا يصح عن أحد من الأوائل أنه حرم ذلك") أ.هـ

🌀 وقوله: "إلا الحرة" خرج بها الأمة الكتابية فإنها لا يحل نكاحها بعقد زواج وإن تزوجها عبد، وقد تقدمت هذه المسألة.

🌀وأما قوله: "الكتابية" فهم اليهود والنصارى ومن وافقهم في أصل دينهم.

🌹وأما الصابئة فقد قال الإمام أحمد: "هم من جنس النصارى". وقال في موضع آخر: "بلغني أنهم يسبتون" فألحقهم باليهود.

🌹وقال الموفق في "المغني":
(وأهل الكتاب الذين هذا حكمهم هم أهل التوارة والإنجيل ...
فأهل التوارة اليهود والسامرة وأهل الإنجيل النصارى ومن وافقهم في أصل دينهم من الإفرنج والأرمن وغيرهم، وأما الصابئون فاختلف فيهم السلف كثيرا فروي عن أحمد أنهم جنس من النصارى ونص عليه الشافعي، وعلق القول فيهم في موضع آخر، وعن أحمد أنه قال: "بلغني أنهم يسبتون فهؤلاء إذا يشبهون اليهود".
والصحيح فيهم أنهم إن كانوا يوافقون النصارى أو اليهود في أصل دينهم ويخالفونهم في فروعه فهم ممن وافقوه، وإن خالفوهم في أصل الدين فليس هم منه والله أعلم.
وأما من سوى هؤلاء من الكفار مثل المتمسك بصحف إبراهيم وشيث وزبور داود فليسوا بأهل كتاب ولا تحل مناكحتهم ولا ذبائحهم وهذا قول الشافعي وذكر القاضي فيهم وجها آخر أنهم من أهل الكتاب وتحل ذبائحهم ونكاح نسائهم ويقرون بالجزية لأنهم تمسكوا بكتاب من كتب الله فأشبهوا اليهود والنصارى) أ.هـ

📒شرح كتاب النكاح من عمدة الفقه للشيخ علي الحذيفي

📚مجموعة و قناة دروس ومحاضرات مشايخ عدن📚
https://goo.gl/AmJXrW

HUKUM KOTAK AMAL DI MASJID

FATWA ULAMA

HUKUM KOTAK AMAL DI MASJID

🔎 Asy-Syaikh al-'Allamah Robi' bin Hadi Al Madkhali hafidzahullah

☎ Pertanyaan :

🗳 Apa hukum menaruh kotak sumbangan di masjid ❓

🔓 Jawaban :
---------------------------

🗯 Syaikh bertanya :
📦 Apakah kotak sumbangan tersebut selalu ditaruh di masjid atau pada hari Jum'at saja atau kapan ❓

☎ Penanya :
Selalu ditaruh masjid.

🗯 Syaikh mengatakan :
📛 ini jalannya para Hizbiyyin bukan jalannya Ahlussunnah dan meminta-minta itu hukumnya haram. Tidak boleh meminta-minta kecuali dalam keadaan darurat -barakallahu fikum.

●⚖● Hukum asal dari meminta-minta itu diharamkan dan orang yang sering meminta-minta akan datang pada hari kiamat nanti dalam kondisi tidak ada sepotong daging pun diwajahnya,
☝ kalian mengerti ❓
maka ini adalah jalannya para hizbiyyin -barakallahu fikum- bagi yang ingin menyumbang untuk masjid tanpa kotak sumbangan, maka dipersilahkan.
☝ Adapun meminta-minta maka jangan.

✍ [ Sabkah Sahab as-Salafiyah ]

❀━━━━━━❃❃❃━━━━━━❀

حكم وضع صناديق التبرعات في المساجد "

للشيخ العلاّمة المجاهد ربيع بن هادي المدخلي – حفظه الله

السائل : ماحكم وضع صندوق التبرعات في المسجد؟

الشيخ : هل الصندوق دائما في المسجد أو يوم الجمعة أو متى؟

السائل : دائما .

الشيخ : هذه طريقة الحزبين وليست طريقة أهل السنة , والسؤال محرم ولا يجوز إلا في حالة الضرورة بارك الله فيكم , السؤال أصله محرم والذي يكثر من السؤال يأتي يوم القيامة وليس علي وجهه قطعة لحم فهمتم؟ فهذه طريقة الحزبين بارك الله فيكم , فالذي يريد أن يتبرع للمسجد بلا صندوق فليتفضل أما الشحت لا

🔘شبكة سحاب السلفية⬇️⬇️
_______________________

✍🏻WhatsApp
ⓚⓘⓣⓐ🇮🇩ⓢⓐⓣⓤ
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung.
🌐📲 Join Channel Telegram:
https://bit.ly/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

Download Audio Wasiat-wasiat dan adab-adab islami bagi penuntut ilmu

AUDIO REKAMAN KAJIAN ISLAM TEMANGGUNG

Kajian Umum Masjid Ponpes Darul Atsar Kedu Temanggung.

⏳ Rabu Malam 22 Rabiul Awal 1438 || 21 Desember 2016

🌕 Bersama Al-Ustadz Abu Haidar Harits حفظه الله

📔 Wasiat-wasiat dan adab-adab islami bagi penuntut ilmu || Syaikh Hafizh bin Ahmad Al Hakami || Pertemuan ke 4

🔹 Ilmu adalah sesuatu yang martabatnya tinggi dan akan tinggi derajat yang mempunyainya.

🔹 Ilmu merupakan tujuan yang paling berharga/maksimal dan tingkatannya yang tertinggi, maka berusahalah engkau untuk mendapatkannya wahai para pemilik semangat/cita-cita yang tinggi.

🔹 Yang dimasa mudanya semangat menuntut ilmu, maka dimasa tuanya sukses.

▶️  Durasi : [39:01] 6,5 MB
🌐  Link download: https://goo.gl/1hTycw

•••┈••••○❁❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp ⓚⓘⓣⓐ🇮🇩ⓢⓐⓣⓤ
🌐📲 Join Channel Telegram
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung.
https://bit.ly/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

MUADZIN ANAK ANAK

MUADZIN ANAK ANAK

Boleh tidak ya seorang anak menjadi muazin.....??. Ingin tahu jawabannya, simak penjelasan berikut ini.

📥 Soal:

🎙🎙 Seorang imam masjid menentukan muadzin anaknya sendiri yang berumur 12 tahun. Demikian pula anak-anak tetangga berumur antara 6-12 tahun, seluruhnya bergantian menjadi muazin di masjid itu. Azan ketika masuk waktu salat. Apakah boleh mereka menjadi muazin di umur itu? Catatan, di masjid itu tidak ada muadzin resmi.

📤 Jawab:

☝🏻️👍🏻 Yang afdhal dan sunnah, adalah seorang muazin telah mencapai usia baligh. Karena dengan azan, berarti ia memberitakan masuknya waktu salat, serta terbitnya fajar, dan tenggelamnya matahari terkait dengan puasa.

✍🏻 Adapun azannya anak-anak, apabila telah tamyiz dan sesuai arahan orang yang telah baligh, atau adzan di daerah perkotaan sehingga ia adzan ketika mendengar masjid lain dikumandangkan adzan, maka yang benar, BOLEH DAN SAH azan mereka.

✔️ Wa billahit taufik wa shalallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa aalihi wa shahbihi wa sallam.

📜 Fatwa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Ilmiyah wal Ifta (Komite tetap fatwa Saudi Arabia) No 14935

💎 Ketua: Asy Syaikh Abdullah bin Baz || Wakil: Asy Syaikh Abdurrazzak Afifi || anggota: Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Ghudayan, Asy Syaikh Shalih Al Fauzan, Asy Syaikh Abdulaziz Alu Syaikh.

📈 Dikutip dari http://tashfiyah.com/fatwa-hukum-muadzin-anak/

Tag: #fatwa #lajnah #fikih #azan #anak

📖 B A C A Ambil pelajarannya!
☝🏻️ A M A L K A N Raih pahalanya!
📲 B A G I K A N Lipatkan ganjarannya!

Tertarik berlangganan atau menjadi agen? Hubungi @pemasarantashfiyah

•••┈••••○❁❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp ⓚⓘⓣⓐ🇮🇩ⓢⓐⓣⓤ
🌐📲 Join Channel Telegram
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung.
https://bit.ly/KajianIslamTemanggung

✔️📡 Mari bergabung di
Channel Resmi Majalah Tashfiyah
https://tlgrm.me/majalahtashfiyah

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

kisah menarik fir’aun menjelang kematiannya

FIR'AUN PUN BERTOBAT

Nah, satu kisah menarik sempat terjadi pada diri Fir’aun menjelang kematiannya. Ketika ia menyadari kebenaran ajaran dan ancaman Nabi Musa ‘alaihis salam, maka menjelang kematiannya ia pun "SEMPAT MENGUMUMKAN TOBATNYA."

🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊

📖 Allah ta’ala menceritakan, “Dan Kami bantu Bani Israil menyeberang lautan. Maka Fir’aun dan bala tentaranya pun membuntutinya dengan penuh rasa zalim dan permusuhan. Hingga ketika ia hampir tenggelam, maka ia pun berseru:

‘AKU BERIMAN BAHWA TIDAK ADA SESEMBAHAN YANG SEBENARNYA SELAIN SESEMBAHANNYA BANI ISRAIL DAN AKU TERMASUK ORANG-ORANG YANG BERISLAM’.” [Q.S. Yunus: 90]

🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊

🔎 Inilah pengakuan tobat yang disampaikan oleh Fir’aun menjelang kematiannya.

"TOBAT YANG TIDAK MUNGKIN DITERIMA OLEH ALLAH."

📓 Allah sendiri yang menyatakan, “Apakah baru sekarang kamu beriman, padahal sebelumnya engkau telah bermaksiat dan temasuk orang-orang yang merusak. Maka pada hari ini Kami selamatkan jasadmu agar bisa menjadi pelajaran berharga bagi orang-orang setelahmu. Sungguh mayoritas manusia itu, mereka lalai dari ayat-ayat Kami.” [Q.S. Yunus: 91-92]

🖊 Pada ayat di atas, Allah ta’ala mempertanyakan Fir’aun dengan pertanyaan yang mengandung pengingkaran, mengapa baru saat ini ia mau beriman.

🔗 Pertanyaan ini mengindikasikan bahwa Allah sama sekali tidak menerima tobatnya.

☝🏻️🌴️ Allah ta’ala hanyalah menerima tobat seseorang yang memang benar-benar jujur dan atas kesadarannya sendiri untuk kembali kepada-Nya.

🔥❌ Bukan tobat yang dibangun di atas keterpaksaan karena tidak ada jalan lain yang bisa menyelamatkannya dari kebinasaan selain bertobat dan mengakui kebenaran ajaran Nabi Musa ‘alaihis salam.

👋🏻❗️ Tobat orang yang menjelang kematiannya adalah tobat yang tertolak dan tidak akan diterima oleh Allah ﷻ.

📜 Dikutip dari http://tashfiyah.com/saat-firaun-bertobat/
Ditampilkan dalam Majalah Tashfiyah edisi 46 "Ide Tak Cemerlang" pada rubrik Ibrah

📖 B A C A  Ambil pelajarannya!
☝🏻️ A M A L K A N  Raih pahalanya!
📲 B A G I K A N  Lipatkan ganjarannya!

✔️📡 Mari bergabung di
Channel Resmi Majalah Tashfiyah
https://tlgrm.me/majalahtashfiyah

•••┈••••○❁❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp ⓚⓘⓣⓐ🇮🇩ⓢⓐⓣⓤ
🌐📲 Join Channel Telegram
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung.
https://bit.ly/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

MULIAKANLAH SHALAT WAHAI SAUDARAKU

PERMATA SALAF

MULIAKANLAH SHALAT WAHAI SAUDARAKU

🎙 Ibnul Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata,

👉🏻 "Seorang hamba memiliki dua tempat berdiri di hadapan Allah:

1⃣ Berdiri di hadapan-Nya ketika shalat.

2⃣ Berdiri di hadapan Allah pada hari pertemuan dengan-Nya kelak (hari kiamat).

✅ Maka siapa saja yang menunaikan hak shalat dengan sebenar-benarnya pada tempat berdirinya yang pertama (shalat), pasti dimudahkan baginya tempat berdiri yang terakhir.

❌ Dan barang siapa yang meremehkan tempat berdirinya ini (shalat) dan tidak menunaikan haknya, pasti akan dipersulit tempat berdirinya yang terakhir (pada hari kiamat)."

📚 Al-Fawaid 273

~~~~~~~~~~~

قال ابن القيم -رحمه الله-:

"للعبد بين يدي الله موقفان :
موقف بين يديه في الصلاة، وموقف بين يديه يوم لقائه فمن قام بحق الموقف الأول هان عليه في الموقف الآخر، ومن استهان بهذا الموقف ولم يوفه حقه شدد عليه ذلك الموقف".

📗(الفوائد (273).

====❁••:•✦•:••❁====

✍🏻WhatsApp
ⓚⓘⓣⓐ🇮🇩ⓢⓐⓣⓤ
bagi-bagi faedah ilmiah....ayo segera  gabung.
🌐📲 Join Channel Telegram:
https://bit.ly/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

STOP MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU MASEHI

FATWA ULAMA

STOP MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU MASEHI... ❗

📌 Bersama Asy-Syaikh Al-Allamah Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah

☎   Pertanyaan :

🎉  Apa hukumnya mengucapkan selamat tahun baru sebagaimana yang banyak dilakukan oleh orang-orang seperti saling mengucapkan :

... 🔥(setiap tahun engkau senantiasa berada dalam kebaikan) atau ucapan-ucapan semisal...❓

📞   Jawaban :

📢  Ucapan selamat tahun baru bukanlah perkara yang dikenal oleh para ulama salaf. Oleh karena itu lebih baik ditinggalkan.❗️

✋🏽  Namun kalau seseorang mengucapkan selamat kepada orang lain karena pada tahun yang lalu ia telah memanfaatkannya dalam ketaatan kepada ALLAH lalu ia mengucapkan selamat karena umurnya yang ia gunakan untuk ketaatan kepada ALLAH, maka yang demikian tidak mengapa.

✅  Karena sebaik-baik manusia adalah seseorang yang panjang umurnya dan baik amalannya.

⛔  Namun ucapan selamat ini hanya berlaku pada penghujung tahun hijriyyah.

❗📅  Adapun pada penghujung tahun masehi maka " TIDAK BOLEH " mengucapkan selamat kepadanya karena itu bukan tahun yang syar’i.

🛍  Bahkan jika dia mengucapkan selamat pada hari-hari besar orang-orang kafir, maka ia berada dalam bahaya besar jika ia mengucapkan selamat pada hari-hari besar orang-orang kafir. Karena ucapan selamat kepada hari besar orang-orang kafir merupakan KERIDHOAN terhadap mereka dan bahkan lebih.

[  👎🏼  Ridha terhadap hari besar orang-orang kafir bisa mengeluarkan seorang muslim dari agama Islam sebagaimana disebutkan oleh Ibnul Qayyim dalam kitab Ahkam Ahli Dzimmah  ]

🖊   Maka kesimpulannya adalah ucapan selamat untuk tahun baru hijriyyah lebih baik ditinggalkan tanpa keraguan lagi karena itu bukan kebiasaan para ulama salaf. Namun kalau ada seseorang yang melakukannya maka ia tidak berdosa.❗️

🎉🔥  Adapun ucapan selamat untuk tahun baru masehi maka tidak boleh.

📚  [ Liqa al-Bab al-Maftuh 112 ]
_______________________

*🎉  حكم التهنئة برأس العام الجديد*

☎ السؤال:

*ما حكم التهنئة لبداية السنة? بما يفعله الناس كأن يقول أحدهم للآخر: كل عام وأنتم بخير ونحو ذلك.*

📞 الجواب:

*التهنئة برأس العام الجديد ليست معروفة عند السلف, ولهذا تركها أولى, لكن لو أن الإنسان هنأ الإنسان بناءً على أنه في العام الذي مضى أفناه في طاعة الله عز وجل فيهنئه لطول عمره في طاعة الله فهذا لا بأس به,;لأن خير الناس من طال عمره وحسن عمله, لكن هذه التهنئة إنما تكون على رأس العام الهجري. أما رأس العام الميلادي فإنه لا يجوز التهنئة به؛ لأنه ليس عاماً شرعياً بل إن هنئ به الكفار على أعيادهم. فهذا يكون الإنسان فيه على خطر عظيم أن يهنئهم بأعياد الكفر; لأن التهنئة بأعياد الكفر رضا بها وزيادة, والرضا بالأعياد الكفرية ربما يخرج الإنسان من دائرة الإسلام. كما ذكر ذلك ابن القيم رحمه الله في كتابه أحكام أهل الذمة. وخلاصة القول: أن التهنئة برأس العام الهجري تركها أولى بلا شك؛ لأنها ليست من عهد السلف, وإن فعلها الإنسان فلا يؤثم. وأما التهنئة برأس العام الميلادي فلا*.

📚  المصدر: لقاء الباب المفتوح [112]

•••┈••••○❁❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp
ⓚⓘⓣⓐ🌏ⓢⓐⓣⓤ
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung.
🌐📲 Join Channel Telegram:
https://bit.ly/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

HUKUM DOA SETELAH SHALAT JENAZAH

FATWA ULAMA

HUKUM DOA SETELAH SHALAT JENAZAH

👉🏻 Pertanyaan keempat dari fatwa Lajnah Ad Daimah no. 2251

📝 Soal:

🔹 Orang-orang berselisih dalam hal doa setelah shalat jenazah yang dilakukan langsung setelahnya, secara bersama-sama. Ada yang berpendapat bahwa itu adalah bid’ah karena tidak dikutip dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan sahabat yang mulia bahwa mereka melakukannya.

🚫 Para fuqaha juga telah menegaskan tidak bolehnya. Sebagian orang lain berpendapat bahwa itu sunnah. Siapakah yang pendapatnya benar❓

🔑 Jawab:

▪️ Doa adalah salah satu ibadah. Ibadah itu sifatnya tauqifiyah (berhenti pada dalil). Siapa pun tidak boleh beribadah tanpa syariat dari Allah ﷻ.

▪️ Tidak shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersama para sahabat mendoakan jenazah setelah selesai salat.

▪️ Yang shahih dari beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau dahulu pernah berdiri di samping kuburan setelah selesai penguburan.

✔️ Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan yang artinya,
“Mohonkanlah ampunan untuk saudara kalian dan mintalah kekokohan baginya untuk menjawab pertanyaan. Dia sekarang sedang ditanyai.”
[H.R. Abu Dawud]

✅ Berdasarkan hal tersebut, jelaslah bahwa yang benar adalah pendapat tidak bolehnya berdoa dengan cara bersama-sama setelah selesai salat jenazah. Karena, hal itu tidak diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi sallam.

🖋 Wa billahit taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad, wa alihi wa shahbihi wa sallam.

📃 Ketua: Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz || Wakil Ketua: Abdurrazzaq Afifi || Anggota: Abdullah bin Qu’ud

💻 http://tashfiyah.com/hukum-doa-setelah-salat-jenazah/

•••┈••••○❁❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp ⓚⓘⓣⓐ🌏ⓢⓐⓣⓤ
🌐📲 Join Channel Telegram
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung.
https://bit.ly/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

MERASA BUTUH KEPADA ALLAH DALAM SEGALA KONDISI

PERMATA SALAF

HENDAKNYA MERASA BUTUH KEPADA ALLAH DALAM SEGALA KONDISI

✍🏼  Berkata Ibnu Qudamah رحمه الله

❗🌊  "Ketauhilah Bahwa seseorang yang berada di tengah lautan terombang-ambing di atas sebuah papan tidaklah lebih membutuhkan kepada Allah dan kelembutan-Nya...

🏡  Daripada seseorang yang berada di rumahnya dalam kondisi tenang di tengah keluarga dan hartanya...

☝🏻  Apabila engkau telah mampu merealisasikan hal ini di dalam hatimu, maka hendaklah engkau menyandarkan dirimu kepada Allah seperti seseorang yang tenggelam dan tidak mengetahui ada yang bisa menyelamatkannya kecuali Allah.❗"

📚  al-Washiyah al-Mubarokah

•••┈••••○❁❁○••••┈•••

✍🏼  قال ابن قدامة -رحمه الله- :

❗اعلمْ أَنَّ مَنْ هو في البحرِ على لوحٍ ليس بأَحوجَ إلى اللهِ وإلى لُطفِه مِمَّن هو في بيتِه بين أَهلِه ومالِه...

فإذا حقّقتَ هذا في قلبِك فاعتمدْ على اللهِ اعتمادَ الغريقِ الذي لايَعلمُ له سببَ نجاةٍ غيرَ الله.

📚  (الوصية المباركة).

•••┈••••○❁❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp
ⓚⓘⓣⓐ🇮🇩ⓢⓐⓣⓤ
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung.
🌐📲 Join Channel Telegram:
https://bit.ly/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

DI ANTARA TANDA KEBAHAGIAAN

DI ANTARA TANDA KEBAHAGIAAN

⛵ al-Imam Rabi bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah,

🕌 "Di antara tanda kebahagiaan, engkau bersemangat terhadap al-Haq (kebenaran) dan senantiasa mencarinya. Juga engkau gembira apabila diingatkan atas kesalahanmu."

📚 Marhaban Ya Thalib al-'Ilmi, 262

#bahagia #kebahagiaan #marhaban #al-Haq #kebenaran #rabi

قال الإمام ربيع المدخلي حفظه الله

"ﻭﻣﻦ ﻋﻼﻣﺔ ﺍﻟﺴﻌﺎﺩﺓ ﺃﻧَّﻚ ﺗﺤﺮﺹ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻖ، ﻭﺗﺒﺤﺚ ﻋﻨﻪ، ﻭﺗﻔﺮﺡ ﺇﺫﺍ ﻧُﺒِّﻬﺖ ﻋﻠﻰ ﺧﻄﺌﻚ"

[📚ﻣﺮﺣﺒﺎ ﻳﺎ ﻃﺎﻟﺐ ﺍﻟﻌﻠﻢ - ص262]

•••••••••••••••••••••
🌠📝📡 Majmu'ah Manhajul Anbiya
📟▶ Join Telegram https://tlgrm.me/ManhajulAnbiya
💻 Situs Resmi http://www.manhajul-anbiya.net

~~~~~~~

MOHONLAH PENJAGAAN KEPADA ALLAH

MOHONLAH PENJAGAAN KEPADA ALLAH

🔑 al-Imam Rabi' bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah berkata,

📨 "Apabila seseorang dikokohkan oleh Allah di atas agama-Nya yang haq, di atas manhaj Allah yang haq, dan di atas aqidah shahihah, maka ini adalah nikmat dari Allah.
⚠ Sehingga janganlah dia terperdaya oleh dirinya sendiri, jangan sombong dan congkak.
🌠 Namun hendaknya dia bertawadhu' (merendahkan dirinya) kepada Allah Sang Rabbul Alamin dan bersyukur kepada-Nya atas nikmat tersebut. Memohon  kepada-Nya dengan penuh kerendahan agar senantiasa menjaga agamanya dan menjauhkan dirinya dari ketergelinciran dan penyimpangan. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi."

📚 al-Washaya al-Manhajiyyah, 10

قال الإمام ربيع المدخلي حفظه الله

"فإذا ثبت الله الإنسان على دينه الحق وعلى منهج الله الحق وعلى العقائد الصحيحة فهذه نعمة من الله فلا يغترَّ بنفسه، ويتباهى ويتطاول، وإنما يتواضع لله رب العالمين ويشكره على ذلك ويضرع إليه أن يحفظ له دينه، وأن يجنبَّه المزالق والزيغ؛ سبحانه وتعالى"

📚الوصايا المنهجية -ص10

#manhaj #kokoh #tawadhu #penjagaan #rabi
•••••••••••••••••••••
🌠📝📡 Majmu'ah Manhajul Anbiya
📟▶ Join Telegram https://tlgrm.me/ManhajulAnbiya
💻 Situs Resmi http://www.manhajul-anbiya.net

~~~~~~~

KRITIKAN TERHADAP SYAIKH AL AZHAR AHMAD AT THAYYIB

️KRITIKAN-KRITIKAN TERHADAP SYAIKH AL AZHAR AHMAD AT THAYYIB (BAG 1)

✍Ditulis oleh Asy Syaikh Al 'Allamah Robi' Bin Hadi Al Madkholy حفظه اللّٰه

بسم اللّٰه الرحمن الرحيم

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول اللّٰه وعلى آله وصحبه ومن اتبع هداه

▪️Diantara perkara yang sangat menyakitkan ialah terjatuhnya Syaikh Al Azhar dalam penyelisihan-penyelisihan dalam hal aqidah dan ibadah terhadap nash-nash Al Quran dan As Sunnah serta apa yang diyakini dan ditetapkan oleh para shahabat yang mulia terutama khalifah yang terbimbing yaitu Umar Bin Al Khaththab رضي اللّٰه عنهم أجمعين, maka ia memandang bolehnya bertabarruk (mencari berkah) dari kuburan-kuburan dan tempat-tempat ziarah para wali serta beristighatsah kepada mereka.

▪️Ia menyetujui penyelisihan-penyelisihan yang berbahaya ini dalam muqaddimah (kata pengantar) terhadap kitab yang berjudul "Al Wilayah Wan Nubuwwah 'Indas Syaikhil Akbar Muhyiddin Ibni 'Arabi"* karya Ali Syud Kifitasy (yang dengan kata pengantar tersebut berarti ia menyetujui apa yang ditulis oleh Ali Syud Kifitasy tersebut).

▪️Dan Syaikh Al Azhar menambahkan bolehnya beristighatsah kepada selain Allah, yang mana hal ini sangat disedihkan.

▪️Dan Allah menganugerahkan kepadaku untuk mengkritisi penyelisihan-penyelisihan yang berbahaya ini beranjak dari kitabullah dan sunnah Rasulullah serta dari apa yang ditetapkan oleh para shahabat yang mulia ridhwanullah 'alaihim .

〰〰〰
*Kitab ini diterjemahkan oleh Syaikh Al Azhar Ahmad At Thayyib dari bahasa Prancis ke bahasa Arab dan diberi muqaddimah (kata pengantar) olehnya. (pent).

🔥💥❌⛔️KRITIKAN-KRITIKAN TERHADAP SYAIKH AL AZHAR (BAG 2)

✍Ditulis oleh Asy Syaikh Al 'Allamah Robi' Bin Hadi Al Madkholy حفظه الله.

▪️Kepada para pembaca yang mulia berikut ini kritikan-kritikan tersebut.

♨️Syaikh Al Azhar Ahmad At Thayyib Seorang Ahli Khurofat Peringkat Satu

▪️Ia memandang bolehnya mencari berkah dari kuburan-kuburan para wali dan tempat-tempat ziarah mereka bahkan ia memandang bolehnya beristighatsah kepada mereka.

▪️Ia menukilkan ucapan Ali Syud Kifitasy dalam kata pengantarnya (hal.14) terhadap kitab "Al Wilayah Wan Nubuwwah Indasy Syaikhil Akbar Ibni 'Araby :
"Kalau demikian tidaklah benar pendapat yang menyatakan bahwa tempat-tempat di muka bumi semuanya sama, dan sebagiannya tidak mengungguli sebagian yang lain dalam hal keutamaan tertentu, namun yang benar sebagaimana pendapat Ibnu 'Arabi bahwa seorang wali dari para wali yang melewati suatu tempat atau bekas/peninggalan yang tertinggal setelah kepergiannya dari tempat tersebut bisa mendatangkan keberkahan dan bau yang harum pada tempat tersebut.
Dan beranjak dari persaksian secara langsung ini maka Syaikh Al Akbar (Ibnu 'Arabi) mengemukakan prinsip mendasar sekaligus pembenaran terhadap gambaran yang paling nampak dari gambaran bertabarruk (mencari berkah) dari kuburan para wali dan tempat-tempat ziarah mereka..".

▪️Aku (Syaikh Robi') Katakan : Sungguh Syaikh Al Azhar telah menyetujui ucapan yang batil yang muncul dari Ali Syud Kifitas ini, diantaranya ialah ucapannya :
"Kalau demikian maka tidak benar pendapat yang menyatakan bahwa tempat-tempat di bumi semuanya sama dan bahwa sebagiannya tidaklah mengungguli sebagian yang lain dalam hal keutamaan tertentu".

▪️Aku katakan :
1. Siapa yang memiliki pendapat ini ? dan yang nampak bahwa orang yang berpendapat semacam ini termasuk ahlul bida'.

2. Lihatlah bagaimana bisa ia mengambil pendapat Ibnu 'Arabi yang sesat yang menyatakan bahwa sebagian tempat bisa mengungguli tempat yang lain disebabkan para wali melewati tempat tersebut dalam keadaan ia lupa bahwa Allah menyebutkan dalam kitabNya keunggulan Ka'bah dan tempat-tempat yang disucikan, Allah berfirman :

(( جعل اللّٰه الكعبة البيت الحرام قياما للناس والشهر الحرام والهدي والفلائد..))الآية.

▪️Dan Rasulullah menyebutkan keutamaan Masjidil Haram dan diikuti oleh tempat-tempat syiar islam yang lain dan bahwasanya shalat di Masjidil Haram bernilai 100.000 shalat.
▪️Dan beliau menyebutkan bahwa shalat di masjid beliau (Nabawi) bernilai 1000 shalat atau lebih.
▪️Dan beliau menyebutkan bahwa shalat di Masjidil Aqsha bernilai 500 shalat.

▪️Beliau صلى اللّٰه عليه وسلم bersabda :

(( الصلاة في المسجد الحرام بمائة ألف صلاة، والصلاة في مسجدي بألف صلاة، والصلاة في بيت المقدس بخمسمائة صلاة )).

"Shalat di Masjidil Haram bernilai 100.000 shalat, dan shalat di masjidku bernilai 1000 shalat, dan shalat di Baitul Maqdis bernilai 500 shalat".
Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya dan Al Bazzar (422).

▪️Dan Rasulullah صلى اللّٰه عليه وسلم menyebutkan keutamaan shalat di masjid Quba'.

▪️Dan kita meyakini bahwa masjid-masjid islam yang sedemikian banyaknya lebih utama daripada tempat-tempat yang lain.
Allah Ta'ala berfirman :

(( في بيوت أذن اللّٰه أن ترفع ويذكر فيها اسمه يسبح له فيها بالغدو والآصال )).

"Di rumah-rumah yang Allah izinkan untuk ditinggikan dan disebut di dalamnya namaNya yang mana Allah disucikan di dalamnya di waktu pagi dan sore".

▪️Dalil-dalil dari Al Quran dan As Sunnah ini menunjukkan batilnya apa yang diucapkan oleh Ibnu 'Arabi dan batilnya persetujuan Syaikh Al Azhar (Ahmad At Thayyib) terhadapnya.

🔥💥❌⛔️KRITIKAN-KRITIKAN TERHADAP SYAIKH AL AZHAR AHMAD AT THAYYIB (BAG 3)

✍Ditulis oleh Asy Syaikh Al Allamah Robi' Bin Hadi Al Madkholy حفظه اللّٰه.

▪️Dan lihatlah bagaimana ia (Ahmad At Thayyib) mentaqlid (mengikuti) Ibnu 'Arabi yang berpaham wihdatul wujud dalam kesesatan ini (bertabarruk dengan kuburan dan tempat-tempat ziarah para wali), kemudian ia menyifatinya dengan Asy Syaikh Al Akbar kemudian ia menyetujui kritikan terhadap Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah terkait penjagaan beliau terhadap kedudukan tauhid dan iman.
Diantaranya ialah pengingkaran Syaikhul Islam رحمه اللّٰه terhadap amalan ziarah kubur yang mengandung kebid'ahan, dan pengingkaran beliau terhadap amalan tawassul kepada para wali serta pengingkaran beliau terhadap acara perayaan Maulid Nabi, padahal pengingkaran beliau ini merupakan kebenaran yang sesungguhnya.

▪️Kemudian Syaikh Al Azhar (Ahmad At Thayyib) menyetujui ucapan Ali Syud Kifitasy :
"Ibnu Arabi menulis ucapannya ini setelai ia sampai ke negeri Masyriq di permulaan kurun ke 13 Miladi, dan tidaklah berlalu satu kurun waktu hingga Ibnu Taimiyyah Al Jadaly Al Hambaly melancarkan peperangan yang membabi buta dengan tanpa belas kasihan terhadap amalan ziarah kubur dan perkara-perkara lain yang semisal dengannya serta ia menganggap batilnya bertawassul kepada para wali, bahkan ia menganggap batilnya bertawassul kepada Nabi صلى اللّٰه عليه وسلم, sebagaimana ia mengkritisi perayaan Maulid Nabi dan memandang acara tersebut merupakan kebid'ahan dalam agama, dan memandang maulid-maulid para wali semuanya bid'ah, hanya saja ia bukan orang pertama yang menentang perkara ini namun dialah yang paling keras penentangannya terhadap perkara ini hingga batasan yang sangat jauh dan ia membangkitkan keraguan-keraguan dan sanggahan-sanggahan seputar perkara tersebut, dan ia di sepanjang masa yang lama memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam bab ini".

▪️Saya (Syaikh Robi') katakan : Persetujuan Syaikh Al Azhar terhadap ucapan Ali Syud Kifitasy :
"Hingga Ibnu Taimiyyah Al Jadaly Al Hanbaly melancarkan peperangan yang membabi buta dengan tanpa belas kasihan terhadap amalan ziarah kubur dan perkara-perkara yang lain yang semisal dengannya", ucapan ini secara mutlak mengandung unsur menzhalimi Syaikhul Islam (Ibnu Taimiyyah) رحمه اللّٰه, maka bagaimana mungkin disetujui oleh Syaikh Al Azhar ?
Dikarenakan ziarah kubur menurut Ibnu Taimiyyah dan Ahlussunnah bermacam-macam hukumnya, diantara ziarah kubur ada yang disyariatkan dan diantara ziarah kubur ada yang mengandung kebid'ahan dan terlarang.

▪️Yang disyariatkan dari ziarah kubur ialah ziarah kubur yang sesuai dengan bimbingan Rasul yang mulia صلى اللّٰه عليه وسلم dan para sahabatnya yaitu mengucapkan salam kepada penghuni kubur dan mendoakan kebaikan terhadapnya serta memintakan ampun kepada Allah untuknya, maka jenis ini menurut Syaikhul Islam (Ibnu Taimiyyah) disyariatkan.

▪️Dan yang dilarang dari ziarah kubur ialah apa yang dilakukan oleh orang-orang sesat dari kalangan kaum Rafidhah dan kaum ekstrimis Shufiyyah berupa amalan tabarruk (mencari berkah) dari penghuni kubur dan bertawassul kepada mereka bahkan beristighatsah (meminta pertolongan) kepada mereka. Lihat "Majmu'ul Fatawa" (27/376-379) dan "Al Jawabul Bahir" hal.18 karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah.

▪️Maka tidakkah mau bertakwa kepada Allah pihak-pihak yang menggambarkan Syaikhul Islam (Ibnu Taimiyyah) dengan gambaran yang buruk ini ?!

🔥💥❌⛔️KRITIKAN-KRITIKAN TERHADAP SYAIKH AL-AZHAR AHMAD AT THAYYIB (BAG 4)

✍Ditulis oleh Asy Syaikh Al 'Allamah Robi' Bin Hadi Al Madkholy حفظه اللّٰه

1. Rasulullah صلى اللّٰه عليه وسلم bersabda :

(( إني كنت نهيتكم عن زيارة القبور فزوروها؛ فإنها تذكر الآخرة )).

"Sesungguhnya aku dulu melarang kalian dari ziarah kubur maka (sekarang) ziarohilah kuburan; dikarenakan hal itu bisa mengingatkan kalian terhadap akhirat".
Dikeluarkan oleh Ahmad dalam Musnadnya dan Muslim dalam Shahihnya.
Maka beliau صلى اللّٰه عليه وسلم menjelaskan hikmah dari diizinkannya ziarah kubur yaitu bahwa ziarah kubur akan mengingatkan terhadap akhirat, dan Rasulullah صلى اللّٰه عليه وسلم tidak menganjurkan mereka untuk bertabarruk (mencari barakah) darinya dan tidak mungkin beliau menganjurkan hal tersebut.

2. Dan Al Imam Ahmad رحمه اللّٰه dalam musnadnya (23850) meriwayatkan dengan sanadnya dari 'Umar Bin Abdirrahman bahwa ia berkata : Abu Bushrah Al Ghifary bertemu dengan Abu Hurairah dalam keadaan beliau datang dari At Thur, maka Abu Bushrah berkata : "Engkau datang darimana ?" Abu Hurairah menjawab : "Aku datang dari At Thur dan aku melakukan shalat disana", maka Abu Bushrah mengatakan : "Ketahuilah seandainya aku menjumpaimu sebelum engkau pergi ke tempat tersebut niscaya engkau tidak akan pergi, sesungguhnya aku mendengar Rasulullah صلى اللّٰه عليه وسلم bersabda :

(( لا تشد الرحال إلا إلى ثلاثة مساجد المسجد الحرام ومسجدي هذا والمسجد الأقصى )).

"Tidak boleh menyengaja safar dalam rangka beribadah kecuali ke tiga masjid : Masjidil Haram, masjidku ini dan Masjidil Aqsha".
Dan ini hadits yang shahih, dan dikeluarkan oleh Al Imam Malik dalam Al Muwaththa' (1/109) dan selainnya.

3. Dari Ma'rur Bin Suwaid berkata : "Kami keluar bersama 'Umar dalam rangka menunaikan ibadah haji maka beliau mengimami kami pada shalat fajar dengan membaca surat Al Fiil dan surat Quraisy, maka tatkala beliau menyelesaikan ibadah hajinya dan manusia bergegas kembali maka beliau berkata : "Ada apa ini ?" Maka mereka mengatakan : "Ada masjid yang pernah Nabi صلى اللّٰه عليه وسلم shalat di dalamnya, maka beliau berkata :

"هكذا هلك أهل الكتاب اتخذوا آثار أنبيائهم بيعا من عرضت له منكم فيها الصلاة فليصل ومن لم يعرض له منكم فيه الصلاة فلا يصل".

"Demikianlah ahlul kitab mereka menjadikan bekas-bekas peninggalan para Nabi mereka sebagai tempat-tempat ibadah".
Berkata Al Albany dalam Tahdzirus Sajid : "Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dan sanadnya shahih sesuai dengan syarat Al Bukhari dan Muslim".
Saya (Syaikh Robi') katakan : Lihatlah kepada pengingkaran Abu Bushrah terhadap kepergian Abu Hurairah ke At Thur untuk melakukan shalat padanya dan Abu Bushrah berdalil dengan hadits : "Tidak boleh menyengaja safar dalam rangka beribadah kecuali ke tiga masjid...".
Dan lihatlah kepada ketundukan Abu Hurairah terhadap hadits ini dan terhadap nasihat saudaranya Abu Bushrah.
Dan jika Ath Thur termasuk tempat dimana Allah mengajak bicara Nabi Musa di tempat tersebut maka apakah Syaikh Al-Azhar (Ahmad At Thayyib) akan menyepakati dua shahabat Nabi yang mulia ini ataukah ia akan menyelisihi keduanya dan mendahulukan ucapan orang-orang yang sesat diantaranya ialah Ibnu 'Arabi ?

2-Lihatlah kepada pengingkaran khalifah yang terbimbing Umar رضي الله عنه terhadap sekelompok orang yang bergegas menuju suatu tempat yang mana Rasul yang paling mulia صلى الله عليه وسلم pernah melakukan shalat di tempat tersebut dan lihatlah ucapan beliau رضي الله عنه : "Demikianlah Ahlul kitab mereka menjadikan peninggalan-peninggalan para Nabi mereka sebagai tempat-tempat ibadah".
Maka beliau memandang bahwa mencari-cari peninggalan-peninggalan Rasul صلى الله عليه وسلم akan mengantarkan kepada kebinasaan yang serupa dengan kebinasaan yang ditimpa oleh orang-orang Yahudi dan Nashara disebabkan mereka mencari-cari peninggalan-peninggalan para Nabi mereka.
Apakah kaum muslimin akan mengikuti khalifah yang terbimbing ini dan orang-orang yang bersama beliau dari kalangan para shahabat dalam hujjah ini ataukah mereka akan mengikuti orang-orang yang sesat semisal Ibnu Arabi ?

🌎Sumber : http://rabee.net/ar/articles.php?cat=8&id=328

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿
telegram.me/dinulqoyyim