JAWABAN BAGI ORANG YANG MENGINGKARI ADZAB KUBUR
Tanya❓
Bagaimana kita menjawab orang yang mengingkari adzab kubur dan ia berhujah bahwa kalau kubur itu dibongkar, maka didapati ternyata kubur itu tidak berubah, tidak menyempit dan tidak pula meluas?
الحد لله
👍🏾Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin رحمه الله menjawab:
Orang yang mengingkari adzab kubur dan berhujah bahwa kalau kubur itu dibongkar, maka didapati ternyata kubur itu tidak berubah bisa dijawab dengan beberapa jawaban. Di antaranya:
1⃣Bahwa adzab kubur telah dipastikan adanya dengan syariat.
Alloh تعالى berfirman tentang Fir'aun dan pengikutnya:
النار يعرضون عليها غدوا وعشيا، ويوم تقوم الساعة أدخلوا آل فرعون أشد العذاب
Neraka dipertunjukkan kepada Fir'aun dan pengikutnya setiap pagi dan petang hari. Dan pada hari terjadinya kiamat (diperintahkan) "Masukkanlah Fir'aun dan pengikutnya kepada adzab yang paling keras". (QS Ghofir 46).
Juga sabda Rosul صلى الله عليه وسلم:
فلو لا أن لا تدافنوا لدعوت الله أن يسمعكم من عذاب القبر الذي أسمع. ثم أقبل بوجهه فقال:
تعوذوا بالله من عذاب القبر. قالوا: نعوذ بالله من عذاب القبر، فقال: تعوذوا بالله من عذاب القبر. قالوا: نعوذ بالله من عذاب القبر.
Kalau bukan karena khawatir kalian tidak saling mengubur, niscaya aku berdoa kepada Alloh agar Dia memperdengarkan kepada kalian di antara adzab kubur yang aku dengar.
Kemudia beliau menghadapkan wajahnya (kepada kami) lalu mengatakan: "Berlindunglah kalian kepada Alloh dari adzab kubur".
Kami pun mengucapkan doa: "Kami berlindung kepada Alloh dari adzab kubur".
Beliau mengatakan lagi: "Berlindunglah kalian kepada Alloh dari adzab kubur".
Kami pun mengucapkan doa: "Kami berlindung kepada Alloh dari adzab kubur".
HR Imam Muslim no 2867.
Juga sabda Rosul (tentang nikmat kubur):
يفسح له في قبره مد بصره
Diluaskan baginya di dalam kuburnya sejauh mata memandang.
HR Imam Bukhori no 1374 dan Imam Muslim 2870.
Maupun nash nash yang lain.
Maka tidak boleh menolak nash nash ini hanya dengan dasar perkataan yang tidak jelas. Bahkan yang wajib adalah membenarkan dan tunduk kepada nash nash tersebut.
2⃣Bahwa adzab kubur itu pada asalnya mengenai roh, dan bukan perkara yang sifatnya bisa dirasakan oleh badan. Kalau saja merupakan perkara yang bisa dirasakan oleh badan, berarti tidak termasuk keimanan tentang perkara yang ghaib. Dan mengimaninya tidak ada faedahnya. Tetapi itu merupakan perkara ghaib. Selain itu, keadaan keadaan alam barzah tidak bisa dikiaskan dengan keadaan keadaan dunia.
3⃣ Bahwa, adzab, nikmat, luas dan sempitnya kubur itu hanya ditemui oleh mayit, bukan orang lain.
Contohnya kadang seseorang melihat dalam mimpinya dalam keadaan ia tidur di atas kasurnya (ia merasa) bahwa ia berdiri, pergi, pulang, memukul atau dipukul. Ia juga mimpi bahwa ia berada di tempat yang sempit dan sepi, atau di tempat yang luas nan indah. Sementara orang yang di sampingnya tidak melihat semua itu dan tidak merasakannya.
Dan wajib bagi setiap orang dalam hal-hal semisal ini untuk ia mengatakan: "Kami mendengar dan kami taat, kami beriman dan membenarkan".
مجموع فتوى للشيخ محمد ابن صالح العثيمين رحمه الله تعالى (٢\٢٩).
📚Copas dari grup:
مرحبا يا طالب العلم
*‼منكر لعذاب القبر بحجة أنه لو كشف القبر لم يلحظ تغير‼*
🔻السؤال :
كيف نجيب من ينكر عذاب القبر ويحتج بأنه لو كشف القبر لوجد لم يتغير ولم يضق ولم يتسع ؟.
الحمد لله
قال الشيخ محمد بن عثيمين رحمه الله :
" يجاب من أنكر عذاب القبر بحجة أنه لو كشف القبر لوجد أنه لم يتغير بعدة أجوبة منها :
أولاً :
أن عذاب القبر ثابت بالشرع قال الله تعالى في آل فرعون : ( النار يعرضون عليها غدواً وعشياً ويوم تقوم الساعة أدخلوا آل فرعون أشد العذاب ) غافر / 46 .
وقوله صلى الله عليه وسلم : " فلولا أن لا تدافنوا لدعوت الله أن يسمعكم من عذاب القبر الذي أسمع ثم أقبل بوجهه فقال : تعوذوا بالله من عذاب النار ، قالوا : نعوذ بالله من عذاب النار، فقال : تعوذوا بالله من عذاب القبر قالوا : نعوذ بالله من عذاب القبر" رواه مسلم 2867. وقول النبي صلى الله عليه وسلم في المؤمن : " يفسح له في قبره مد بصره " رواه البخاري 1374 ومسلم 2870 إلى غير ذلك من النصوص .
فلا يجوز معارضة هذه النصوص بوهم من القول بل الواجب التصديق والإذعان .
ثانياً :
أن عذاب القبر على الروح في الأصل ، وليس أمراً محسوساً على البدن فلو كان أمراً محسوساً على البدن لم يكن من الإيمان بالغيب ولم يكن للإيمان به فائدة لكنه من أمور الغيب ، وأحوال البرزخ لا تقاس بأحوال الدنيا .
ثالثاً :
أن العذاب والنعيم وسعة القبر وضيقه ، إنما يدركه الميت دون غيره والإنسان قد يرى في المنام وهو نائم على فراشه أنه قائم وذاهب وراجع ، وضارب ومضروب ، ويرى أنه في مكان ضيق موحش ، أو في مكان واسع بهيج ، والذي حوله لا يرى ذلك ولا يشعر به.
والواجب على الإنسان في مثل هذه الأمور أن يقول : سمعنا وأطعنا، وآمنا وصدقنا. "
▪مجموع فتاوى ابن عثيمين رحمه الله ( 2/29) .
📝FIK الفقير الى مغفرة ربه ابو يحيى
Tidak ada komentar:
Posting Komentar