Jumat, 30 November 2018

PERMISALAN ORANG YANG BERAMAL TANPA KEIKHLASHAN DAN MENCONTOH RASULULLAH

PERMISALAN ORANG YANG BERAMAL TANPA KEIKHLASHAN DAN MENCONTOH RASULULLAH

✍🏼 Al-Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata :

العمل بغير إخلاص ولا اقتداء كالمسافر يملأ جرابه رملاً يثقله ولا ينفعه.

"Amal tanpa disertai ikhlash dan mencontoh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ibarat seorang musafir yang memenuhi kantong perbekalannya dengan pasir yang hanya membebaninya tanpa memberinya manfaat."

📚 Al-Fawaid, hlm. 49

🌍 Sumber || https://twitter.com/fzmhm12121/status/864848987047768064

⚪ WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram || http://telegram.me/ForumSalafy

💎💎💎💎💎💎💎💎💎

WASPADAI GAMBAR & SIMBOL TERLARANG PADA BAJU ANDA

FATWA ULAMA

WASPADAI GAMBAR & SIMBOL TERLARANG PADA BAJU ANDA

Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin -رحمه الله-

Pertanyaan :

Apa hukum memakai baju yang ada simbol yang berkaitan dengan musik ?

Jawaban :

🔎 Setiap pakaian yang terdapat padanya isyarat kepada yang HARAM maka HARAM untuk memakainya.

Pakaian yang ada gambar makhluk bernyawanya maka hukumnya HARAM !

Pakaian yang ada gambar alat musik juga HARAM !

Demikian pula pakaian yang ada ajakan untuk melakukan prostitusi maka hukumnya HARAM.

Karena sebagaimana yang kami dengar ada kaos yang tertulis padanya ungkapan dengan tujuan yang jelek, maka ini juga HARAM dan tidak boleh memakainya.

Demikian juga baju yang ada gambar manusianya, maka ini juga HARAM, terlebih lagi GAMBAR ORANG-ORANG KAFIR atau orang-orang yang rusak moralnya, maka ini lebih DIHARAMKAN lagi !

📚 Sumber : al-Liqa asy-Syahri 46

--------------------------------------

سئل الإمام العثيمين / سلسلة اللقاء الشهري/ شريط رقم: (46)

ما حكم لبس الأقمشة التي عليها رسومات تدل على الموسيقى؟

فأجاب: كل لباس عليه إشارة لما هو حرام فلبسه حرام، اللباس الذي فيه الصور حرام، الذي فيه صورة المعازف وآلات اللهو حرام، الذي فيه الدعوة إلى الدعارة حرام؛ لأنه يوجد كما نسمع- يوجد فنايل مكتوب عليها عبارات سيئة للغاية، هذه أيضاً حرام، لا يجوز لبسها، التي عليها صور آدميين حرام، لا سيما إذا كانت صور كفار أو أصحاب مُجون فإنه يزداد تحريمها.

•••┈••••○❁🌻❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp
Ⓚ①ⓉⒶ🌏ⓈⒶⓉⓊ
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung
🌐📲 Join Channel Ⓚ①Ⓣ
https://t.me/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan••• [ VERSI BARU❗ ]  Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia2

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

Kamis, 29 November 2018

SHALAT MENGGUGURKAN DOSA DOSA KECIL

SHALAT MENGGUGURKAN DOSA-DOSA KECIL

✍🏼 Salman al-Farisy radhiyallahu anhu berkata:

إنَّ الرجل إذا صلى جمعت خطاياه في رأسه فإذا سجد الرجل تحاتت عنه خطاياه كما تحات ورق الشجر.

"Sesungguhnya seseorang jika dia mengerjakan shalat, maka kesalahan-kesalahannya terkumpul di kepalanya, lalu jika dia bersujud maka berguguranlah kesalahan-kesalahannya tersebut sebagaimana bergugurannya daun pohon."

📚 Shahih, diriwayatkan oleh Ibnul Ja’ad, no. 548

🌍 Sumber || https://twitter.com/Arafatbinhassan/status/506721794431004672

⚪ WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram || http://telegram.me/ForumSalafy

💎💎💎💎💎💎💎💎💎

Bagaimanakah Cara Menggerakkan Jari Telunjuk Ketika Tasyahud

بسم الله الرحمن الرحيم

Bagaimanakah Cara Menggerakkan Jari Telunjuk Ketika Tasyahhud

🖊Asy Syaikh Al Muhaddits Muhammad Nashiruddin Al Albaaniy Rahimahullah

Sebagian manusia menerapkan tasyahhud dengan bentuk gerakan yang melebihi dari maknanya. Mereka menjadikannya (dengan bentuk) naik turun (telunjuknya). Ini paha saya, saya letakkan telapak tangan saya diatasnya kemudian saya genggam jari saya semuanya, namun saya bentuk lingkaran dengan jari tengah dan ibu jari, demikian. Kemudian saya angkat telunjuk ini dan saya arahkan ke Kiblat. (sebagian) Manusia, apa yang mereka lakukan ? naik turun, tanpa memperhatikan kecepatan. Saya tidak berbicara tentang kecepatan sekarang, hanyasaja saya berbicara tentang naik turun (telunjuknya), ini tidak ada asalnya, ini tidak ada asalnya (dalam syariat). Hanyasaja yang ada asalnya setelah menghadapkan jari ke Kiblat, dia menggerakkannya dalam keadaan mempertahankan dengan meninggalkan turun naik (telunjuk), dikarenakan tidak terdapat hadits, tidak satu haditspun (menyebutkan) bahwasanya Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dahulu mengangkatnya dengan turun naik (telunjuknya). Setiap yang datang (dari beliau shalallahu alaihi wasallam, menyebutkan) bahwasanya beliau mengangkatnya mengisyaratkan dengannya dan menggerakkannya, maka berkata Wail ibnu Hujr, saya melihatnya Shallallahu alaihi wasallam menggerakkannya, berdoa dengannya...
Adapun jenis gerakan maka tidak ada satu hadits pun yang menyebutkan batasannya. Maka saya berkeyakinan bahwa yang penting (yang dimaksud dengan hadits) adalah  menggerakkan, tidak tetap dan tidak adanya naik turun (pada jari telunjuknya).

تحريك الإصبع فى التشهد خفضاً و رفعاً .. لا أصل له !!!! 

يقول شيخ المحدثين فى عصره : الألبانى رحمه الله 

(( التشهد يطبقه بعض الناس تحريكاً فيه زيادة على معنى التحريك، بحيث يجعلونه خفضاً ورفعاً، هذه فخذى وضعت كفى عليها ثم قبضت أصابعى كلها لكنى حلقت بالوسطى و الإبهام هكذا، ثم رفعت السبابة هذه و وجهتها إلى القبلة، الناس ماذا يفعلون. خفضاً ورفعاً، بغض النظر عن السرعة، لا أتكلم عن السرعة الآن و إنما أتكلم عن الخفض و الرفع، هذا لا أصل له، هذا لا أصل له ! 

إنما الذى له أصل بعد توجيه الإصبع إلى القبلة هو يحركها محتفظاً بترك الخفض و الرفع لأنه لم يأتى حديث و لا واحد أن الرسول عليه الصلاة و السلام كان يرفعها خفضاً و رفعاً، و كل ماجاء أنه كان يرفعها يشير بها و يحركها، فقال وائل بن حجر رأيته يحركها يدعو بها .. 

أما نوعية التحريك فليس أيضاً هناك حديث ما لتحديد نوعية التحريك .. 

فأنا أعتقد أن المهم أن يحرك و أن لا يثبت و أن لا يرفع و يخفض ))

Sumber: 📲
http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=1546

Alih bahasa: 📱
Abu Fudhail Abdurrahman Ibnu 'umar غفر الله له

Website: 🌏
Salafycurup.com

Telegram.me/salafycurup

HADITS YANG MENAKJUBKAN TENTANG MENYAMBUNG HUBUNGAN SILATURRAHIM

HADITS YANG MENAKJUBKAN TENTANG MENYAMBUNG HUBUNGAN SILATURRAHIM

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

إن أعجلَ البِر ثوابًا لصلة الرحم

Sesungguhnya kebaikan yang paling cepat disegerakan ganjarannya ialah menyambung hubungan silaturrahim.

حتى إن أهل البيت ليكونون فَجَرَة فتنمو أموالهم ويكثر عددهم إذا تواصلوا

Hingga meskipun penghuni rumahnya adalah orang-orang fajir, maka akan tumbuh berkembang harta-harta mereka dan bertambah banyak jumlah mereka apabila mereka menyambung silaturrahim.

وما من أهل بيت يتواصلون فيحتاجون

Tidak ada satu penghuni rumah pun yang menyambung hubungan silaturrahim lalu mereka akan kekurangan.

📚(Shahihut Targhib (2/239)]

🌏 Sumber || https://telegram.me/imamalalbany

⚪ WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram ForumSalafy
◎◎◎◎◎◎◎◎◎
📖 Arsip Fawaid Ilmiyah:
https://t.me/fawaidsolo
📝 Jadwal Kajian Solo Raya:
https://t.me/salafysolo

●●●●●●●●●

RACUN DOSA

RACUN DOSA

✍ *Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,*

"Perbuatan dosa kedudukannya seperti meminum racun sedangkan taubat adalah penangkal dan obatnya.

Adapun ketaatan adalah kesembuhan dan kesehatan".

📚 *[Madarijus Salikin: 1/222].*

‏قال ابن القيم رحمه الله :

الذنب بمنزلة شرب السم والتوبة ترياقه ودواؤه والطاعة هي الصحة والعافية

مدارج السالكين [٢٢٢/١]

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

SIANG DAN MALAM SELALU MENGAMALKAN ILMU

SIANG DAN MALAM SELALU MENGAMALKAN ILMU

✍️ Diriwayatkan dari *Sufyan bin Uyainah* (wafat: 198 H) bahwasanya beliau berkata,

"Jika siangku bagaikan siang seorang yang dungu dan malamku bagaikan malam seorang yang bodoh, maka apa yang harus aku perbuat dengan ilmu yang sudah kutulis ?"

📚 *Hilyatul Awliya' li Abi Nu'aim (7/271)*

‏يُروى عن سفيان بن عيينة (ت: ١٩٨ه) أنه قال:
«إذا كان نهاري نهار سفيه، وليلي ليل جاهل فما أصنع بالعلم الذي كتبت؟».
[حلية الأولياء لأبي نعيم (٢٧١/٧)]

🌍 Sumber : *https://twitter.com/athar_fawaid/status/1057704427094765569*

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

Rabu, 28 November 2018

ADAB MEMAKAI SANDAL

ADAB MEMAKAI SANDAL

إذا انتعل أحدكم فليبدأ باليمنى, وإذا نزع فليبدأ بالشمال

Apabila salah seorang diantara kalian memakai sandal, maka dahulukanlah kaki kanan, dan jika melepas, maka dahulukanlah kaki kiri.

لتكن اليمنى أولهما تنعل، وآخرهما تنزع

Supaya kaki kanan yang lebih dahulu ketika memakai dan yang terakhir ketika melepas.

(HR. Bukhori dan Muslim - dari hadits Abu Hurairah radiyallahu 'anhu)

📘 رياض الصالحين  (728)

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

DIANTARA SEBAB YANG MENGHALANGI SESEORANG MENERIMA KEBENARAN

DIANTARA SEBAB YANG MENGHALANGI SESEORANG MENERIMA KEBENARAN

💬 Al Imam Ibnul Qayyim -rahimahullah ta'ala- berkata:

"Sebab-sebab yang menghalangi seseorang menerima kebenaran sangat banyak sekali, di antaranya ialah bodoh (tidak mengetahui) kebenaran.

Ini adalah sebab yang paling sering terjadi pada kebanyakan manusia.

Karena barangsiapa yang bodoh tentang sesuatu, niscaya dia akan memusuhi hal tersebut dan memusuhi pelakunya."

📕📘 _*Hidayatul Hayari, hal : 18*_
____________

✍ ... مـن الأسبـاب الـمانعـة مـن قـبول الـحق

📌 قـ✑ـال الإمـام ابن الـقيـم
         رحمـہ اللـہ تعالـﮯ :

❐ « الأسبـاب الـمانعـة مـن قـبول الـحق كثيرة جـداً فمنهـا : الـجهـل به ، وهـذا الـسبب هـو الـغالـب على أكـثر الـنفوس، فـإن مـن جَهِـلَ شيئـاً عـاداه وعـادى أهلـه »

📓📔 *هـدايـة الـحيـارى 【صـ (١٨) 】*
➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

Selasa, 27 November 2018

SEMOGA ALLAH MERAHMATINYA

SEMOGA ALLAH MERAHMATINYA

✍Al Imam Abdurrahman bin Nashir as Sa'di rahimahullah berkata :

"Semoga Allah Ta'ala merahmati seseorang yang bisa memanfaatkan di saat kuat dan mudanya serta segera bertaubat dan inabah (kembali kepada-Nya dengan ketaatan dan menjauhi larangan) sebelum dilipat catatan amalnya"

📙Al Fawakihah asy Syahiyyah 317

📱http://t.me/ukhwh

🔘 فرحم الله عبدا اغتنم أيام القوة و الشباب
وأسرع #بالتوبة و الإنابة  قبل طي الكتاب..!!

📚 [ الإمام_السعدي / الفواكه الشهية ٣١٧ ]

•┈┈┈●✵۞✵●┈┈┈•

INGIN MENDAPAT PUNCAK KEMULIAAN DAN KETINGGIAN DERAJAT ?

INGIN MENDAPAT PUNCAK KEMULIAAN DAN KETINGGIAN DERAJAT ?

✍Al Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :

"Jika orang-orang merasa cukup dengan dunia,
maka merasa cukuplah engkau dengan Allah Ta'ala.
Jika mereka gembira dengan dunia,
maka bergembiralah engkau dengan Allah Ta'ala.
Jika mereka merasa senang dengan orang-orang yang mereka cintai,
maka jadikanlah dirimu merasa senang dengan Allah Ta'ala.
Jika mereka mengenal raja mereka, pembesar mereka, dan mendekatkan diri kepada mereka untuk mendapat kemulian dan ketinggian melalui mereka,
maka kenalilah Allah Ta'ala dan mendekatlah kepada-Nya, niscaya akan engkau peroleh puncak kemuliaan dan ketinggian derajat."

📘 Al Fawaid 118

📱http://t.me/ukhwh

قال الإمام ابن القيم:

(إذااستغنى الناس بالدنيا؛فاستغن أنت بالله،وإذا فرحوا بالدنيا فافرح أنت بالله،وإذا أنِسوابأحبابهم فاجعل أُنسك بالله،وإذا تعرّفوا بملوكهم وكبرائهم وتقربواإليهم لينالوا بهم العزةٓ والرفعةٓ فتعرّف أنت إلى الله،وتودد إليه تنل بذلك غاية العزة والرفعة)

(الفوائد/١١٨).

 

HUKUM UCAPAN IA SAKIT DENGAN SEBAB PENYAKIT MENULAR

HUKUM UCAPAN IA SAKIT DENGAN SEBAB PENYAKIT MENULAR

▪️Syaikh Shalih bin Fauzan al Fauzan hafizhahullah

Pertanyaan :
Telah tersebar di sebagian orang, ucapan sesungguhnya fulan sakit dengan sebab penyakit menular yang ia dapati dari si fulan. Apa hukum ucapan ini ?

Jawaban :
Jika seseorang mengatakan : ia sakit dengan sebab, maka ini tidak mengapa. Tetapi jika mengatakan, ia sakit menular, maka ini tidak boleh. Karena penularan penyakit itu sebab.

🌎https://www.alfawzan.af.org.sa/ar/node/17229

📱http://t.me/ukhwh

س/ انتشر عند بعض الناس القول إن فلان مرض بسبب العدوى التي أخذها من فلان، ما حكم هذا القول؟

ج/ إذا قال: مرض بسبب فهذا لا بأس، أما إذا قال: مرض بالعدوى فهذا لا يجوز؛ لأن العدوى سبب.

KEHIDUPAN YANG BAIK

KEHIDUPAN YANG BAIK

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,

🚄 "Barang siapa yang beramal shaleh, baik laki-laki ataupun perempuan maka sungguh Kami akan persiapkan untuknya kehidupan yang baik dan sungguh Kami akan berikan kepada mereka pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka amalkan".

Imam Al Qurthubi rahimahullah ta'ala menyebutkan tentang makna __kehidupan yang baik__ yaitu :
1⃣ Rezeki yang halal.
2⃣ Sifat qona'ah (merasa cukup).
3⃣ Taufiq (bimbingan) untuk melaksanakan ketaatan-ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta'ala.
4⃣ Jannah (surga).

✅ Dan disebutkan pula bahwa makna kehidupan yang baik adalah kebahagiaan.

📚📚 _Tafsir Al Qurthubi, hal : 10/174._
=========
💡 الـحَيــَاةُ الـطـيّبـَةُ

🌱 قـال الله سبـحانه وتـعالى :

{ مـَنْ عَمـِلَ صَالِحـاً مـِّن ذَكـَرٍ أَوْ أُنثَى وَهـُوَ مـُؤْمِـنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيـَاةً طَيِّـبَةً وَلَـنَجْزِيَنَّهُـمْ أَجْرَهـُم بِأَحْسَـنِ مـَا كَانـُواْ يَعْمَلُـونَ }

✍🏻 ذكـر الـقرطـبي رحـمه الله تـعالى : 
❃ فـي مــعنى الـحياة الـطيـبة :

❶ - الـرزق الـحـلال 
❷ - الـقنـاعـة 
❸ - تـوفيقـه إلى الـطاعات
❹ - الـجنـة ، وقـيـل : هـي الـسعـادة 

📝 *[ "تفـسير القـرطبي" ص ـ (١٧٤/١٠) ].*

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

JIKA LUPA MENGUSAP TELINGA KETIKA WUDHU

JIKA LUPA MENGUSAP TELINGA KETIKA WUDHU

✍🏼 Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah

📬 Pertanyaan :

من نسي مسح أذنيه في الوضوء ؟

Bagaimana dengan orang yang lupa mengusap kedua telinga ketika wudhu ?

🔓 Jawaban :

يعيد، لأنه ترك جزءا من الرأس.

Dia harus mengulangi, karena dia telah meninggalkan bagian dari kepala.

📚 Masail al-Imam Ibnu Baz, hlm. 53 pertanyaan no. 86

⚪ WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram || http://telegram.me/forumsalafy

💎💎💎💎💎💎💎💎💎💎

Senin, 26 November 2018

TUJUH GOLONGAN YANG MENDAPATKAN NAUNGAN ALLAH PADA HARI KIAMAT

TUJUH GOLONGAN YANG MENDAPATKAN NAUNGAN ALLAH PADA HARI KIAMAT

Nabi ﷺ bersabda :

7 golongan  yang akan dinaungi oleh Allah ﷻ di hari tiada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu :

1. إمام عادل

▪ Pemimpin yang adil.

2. وشاب نشأ في عبادة الله تعالى

Pemuda yang tumbuh besar di dalam peribadatan kepada Allah ﷻ.

3. ورجل قلبه معلق في المساجد

Orang yang hatinya selalu terikat dengan masjid-masjid.

4. ورجلان تحابا في الله اجتمعا عليه, وتفرق عليه

Dua orang yang saling mencintai karena Allah ﷻ, keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah ﷻ.

5. ورجل دعته امرأة ذات منصب وجمال، فقال : إني أخاف الله

Seorang laki-laki yang dirayu untuk berzina oleh wanita yang memiliki kedudukan dan kecantikan, lalu ia berkata : "Sesungguhnya aku takut kepada Allah ﷻ".

6. ورجل تصدق بصدقة فأخفاها حتى لا تعلم شماله ما تنفق يمينه

Orang yang mengeluarkan sedekah secara sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya.

7. ورجل ذكر الله خاليا ففاضت عيناه

▪ Dan orang yang mengingat Allah di kesendiriannya lalu kedua matanya meneteskan air mata.

(HR. Al Bukhori dan Muslim).

📘 رياض الصالحين (664).

➖➖➖

🌎 WhatsApp Salafy Cirebon
⏯ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

📳 Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

BESARNYA DOSA MENINGGALKAN SHALAT BERJAMA’AH TANPA ALASAN YANG DIBENARKAN SYARI’AT

BESARNYA DOSA MENINGGALKAN SHALAT BERJAMA’AH TANPA ALASAN YANG DIBENARKAN SYARI’AT

✍ Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata :

«لأن يمتلئ أذن ابن آدم رصاصًا مذابًا، خير له من أن يسمع المنادي ثم لا يجيبه»

"Sungguh, telinga anak Adam penuh dengan timah yang meleleh, hal itu lebih baik baginya dibandingkan dia mendengar adzan namun tidak memenuhi panggilan tersebut (tidak datang ke masjid)."

📚 Shahih, diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, no. 3484

🌍 Sumber || https://twitter.com/Arafatbinhassan/status/851185022996553730

⚪ WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram || http://telegram.me/ForumSalafy

💎💎💎💎💎💎💎💎💎

Dua Pondasi dan Asas Islam

Dua Pondasi dan Asas Islam

Syaikh Ubaid al Jabiri hafizhahullahu berkata, "... Pondasi agama islam dan asasnya ada dua perkara, yaitu :

1. Perintah untuk beribadah hanya kepada Allah saja dan memotivasi ke arah situ. Bermuwalah (bersikap loyal) di dalam batasan ini dan berlepas diri terhadap orang yang meninggalkan prinsip ini.

2. Memperingatkan umat dari perbuatan syirik di dalam beribadah kepada Allah dan tegas terhadap urusan ini. Memancangkan permusuhan di dalam batasan ini dan berlepas diri dari pelaku syirik."

(Majmu'atur Rasail al Jabiriyyah [Syarhu Hadits Ittaqillaha Haitsuma Kunta], hal. 27-28, cet. Darul Miratsin Nabawi 2015)
➖➖➖
💐 Wa Sedikit Faidah Saja (SFS)
➖➖➖
💾 Arsip lama terkumpul di catatankajianku.blogspot.com dan di link telegram http://bit.ly/1OMF2xr
@SedikitFaidahSaja

#akidah

TIPS MEMILIKI HATI YANG LEMBUT DAN SIKAP WARA

PETUAH ULAMA

TIPS MEMILIKI HATI YANG LEMBUT DAN SIKAP WARA¹

🎙 Berkata Sufyan ats Tsaury rahimahullahu ta'ala,

📢 Hendaknya anda tidak banyak berbicara [yang tidak bermanfaat], niscaya hati anda akan lembut.

🔇 Dan sudah semestinya anda banyak diam, niscaya anda akan memiliki sifat wara'.

👉🏼 Dan janganlah anda sekali-kali menjadi orang yang ambisi terhadap dunia.

¹Wara : meninggalkan segala hal yang bermadhorot (membahayakan) di akhirat nanti.

📖 Sumber : Al-Hilyah hal.8/82

‏قال سفيان الثوري
رحمه الله:

عليك بقلة الكلام
يلين قلبك

وعليك بطول الصمت
تملك الورع

ولا تكونن حريصاً
على الدنيا.

الحلية-٨/٨٢

•••┈••••○❁🌻❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp
Ⓚ①ⓉⒶ🌏ⓈⒶⓉⓊ
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung
🌐📲 Join Channel Ⓚ①Ⓣ
https://t.me/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan••• [ VERSI BARU❗ ]  Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia2

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

HUKUM MEMAKAI DASI

HUKUM MEMAKAI DASI

✍🏻 Asy-Syaikh Abdul Muhsin al-Abbad ? hafizhahullah

📬 Pertanyaan :

هل من التشبه بالكفار لبس الكرفته؟

Apakah memakai dasi termasuk perbuatan tasyabbuh atau menyerupai orang-orang kafir ?

🔓 *Jawaban :*

لا شك أن لبسها من التشبه بالكفار، وكان يسميها الشيخ حماد رحمة الله عليه الغل الذي يكون في الرقبة.

"Tidak diragukan lagi bahwa memakainya termasuk perbuatan tasyabbuh dengan orang-orang kafir, dan dahulu asy-Syaikh Hammad (al-Anshary) rahimahullah menyebutnya sebagai belenggu yang berada di leher."

📚 *Syarh Sunan Abu Dawud, 22/353*

🌍 *Sumber* || https://goo.gl/u89Fhj

⚪ *WhatsApp Salafy Indonesia*
⏩ *Channel Telegram* || http://telegram.me/ForumSalafy

💎💎💎💎💎💎💎💎💎

PENGARUH ILMU YANG BERMANFAAT PADA HATI

PENGARUH ILMU YANG BERMANFAAT PADA HATI

✍ Ibnul Qoyyim Al-jauziyah rahimahullah berkata,

💡 "Sesungguhnya ilmu yang bermanfaat akan menjadikan hati lapang dan luas, sehingga lebih luas daripada dunia ini.

🔗 Adapun kebodohan akan menjadikan hati itu sempit, terkurung dan terpenjara.

✅ Semakin luas ilmu seorang hamba maka semakin lapang dan luas pula dadanya.

👉 Hal ini tidaklah ada pada semua ilmu, bahkan itu hanya ada pada ilmu yang diwarisi dari Rasulullah shalallahu alaihi wasallam yaitu ilmu yang bermanfaat.

🥇 Para pemiliknya adalah orang yang paling lapang dadanya, paling luas hatinya, paling bagus akhlaknya dan paling baik kehidupannya".

📚 *[Zaadul Ma'ad 2/23]*

‏أثر العلم النافع على القلب
"فإنه يشرح الصدرويوسعه حتى يكون أوسع من الدنيا
والجهل يورثه الضيق والحصر والحبس
فكلما اتسع علم العبدانشرح صدره واتسع،وليس هذا لكل علم،بل للعلم الموروث عن الرسولﷺوهو العلم النافع،فأهله أشرح الناس صدراوأوسعهم قلوباوأحسنهم أخلاقاوأطيبهم عيشا"

📘 *زادالمعاد2/23*

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

Sabtu, 24 November 2018

Langkahkan Kakimu Meskipun Berat

Langkah Kaki yang Berat tapi Penuh Bermanfaat

Tidak terlalu jauh tapi kok berat ya ? Rasanya malas dan tak kuasa untuk melangkah.
Ya, memang begitulah keadaannya, banyak kaum muslimin yang berat untuk melangkahkan kakinya ke masjid untuk shalat, padahal Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

مَنْ تَطَهَّرَ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِىَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

Artinya :
“Barangsiapa yang bersuci di rumahnya, kemudian dia berjalan menuju ke salah satu rumah dari rumah Allah (masjid) untuk menunaikan suatu kewajiban dari kewajiban-kewajiban Allah (shalat berjamaah), maka salah satu langkah dari langkah-langkah kakinya akan menghapuskan dosa, dan langkah kaki yang lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim dari shahabat Abu Hurairah radhiallahu anhu)

Kesimpulannya adalah :
1.Bersuci dulu di rumahnya
2.Berniat untuk menunaikan shalat fardhu berjamaah
3.Berjalan menuju ke masjid

Maka ini ganjarannya :
1.Langkah kaki yang satu akan menghapus dosanya
2.Langkah kaki yang lainnya akan menaikan derajatnya

Semoga artikel ringkas ini bisa menjadikan kita semangat untuk berjalan ke masjid dalam rangka menunaikan shalat berjamaah, terlebih dalam hadits lain Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَكُلُّ خَطْوَةٍ تَمْشِيهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ

Artinya :
“Setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah.” (HR. Muslim, dari shahabat Abu Hurairah radhiallahu anhu)

➖➖➖
💐 Wa Sedikit Faidah Saja (SFS)
➖➖➖
💾 Arsip lama terkumpul di catatankajianku.blogspot.com dan di link telegram http://bit.ly/1OMF2xr
@SedikitFaidahSaja

#ibadah

ORANG YANG PALING BAIK DAN AMALAN YANG PALING BAIK

SIAPAKAH ORANG YANG PALING BAIK, DAN AMALAN APAKAH YANG PALING BAIK ?

Abdullah bin Bisr Al Mazini berkata :

Ada dua orang Badui datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kemudian,
◻ Salah satunya berkata : Wahai Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam !
Siapakah orang yang paling baik ?

☑ Beliau menjawab : Berbahagialah orang yang panjang umurnya dan bagus amalannya.

◻ Yang lainnya berkata :
Amalan apa yang paling baik ?

☑ Beliau menjawab : Engkau meninggalkan dunia dalam keadaan lisanmu basah karena berdzikir kepada Allah.

📚 [As Silsilah As Shahihah 1836]

▪▪▪▪▪▪▪▪

*_أي الناس وأي الأعمال خير؟_*

📍 عن عبد الله بن بسر المازمي، قال: جاءَ أعرابيَّانِ إلى رسولِ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ فقال أحدُهما: يا رسولَ اللهِ! أيُّ الناسِ خيرٌ؟ قال: "طُوبَى لمن طالَ عُمُرُه، وحَسُنَ عملُه". وقال الآخرُ: أيُّ العملِ خيرٌ؟ قال: "أن تُفارِقَ الدنيا ولِسانُكَ رَطْبٌ من ذِكْرِ اللهِ".

📚 *[السلسلة الصحيحة١٨٣٦]*

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

Sayap Sayap Malaikat pun Diletakkan karena Ridho

Kalimat yang Lebih Manis daripada Madu

🍯 Al-Imam Rabi' bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah mengatakan,

"Malaikat meletakkan sayap-sayap mereka karena meridhai penuntut ilmu (syariat)." Para malaikat tidaklah meletakkan sayap mereka bagi para raja, tidak bagi para pedagang, tidak bagi para pemburu dunia, tidak pula selain mereka. Tidak bahkan bagi para ahli ibadah, tidak bagi orang-orang shalih, sampai para mujahid sekalipun, para malaikat tidak meletakkan sayap untuk mereka. Namun para malaikat meletakkan sayap bagi penuntut ilmu.

Ini adalah pemuliaan dari Allah tabaraka wa taala bagi para penuntut ilmu dan dorongan bagi mereka. Jangan kita menganggap mustahil hal itu, karena dengan perintah Allah para malaikat memberikan perlindungan kepada orang-orang yang beriman."

Marhaban Ya Thalibal Ilm hal 117

🍯

*كلام أحلى من العسل*🍯

❍ قال الشيخ الإمام ربيع بن هادي المدخلي - حفظه اللّه تعالى-:

【 *و الملائكة تضع أجنحتها رضًا لطالب العلم،* الملائكة ما تضع أجنحتها لا للملوك و لا للتجار ، و لا لطلاب الدنيا ، و لا لغيرهم ، و لا حتى للعُبَّاد ، و لا للصالحين ، حتى للمجاهدين ما تضع أجنحتها ، بل تضع أجنحتها لطالب العلم ، *هذا تكريم من اللّه - تبارك و تعالى - لطلاب العلم، و تشجيع لهم، و لا نستبعد ذلك، فإن للملائكة بأمر اللّه عناية للمؤمنين* 】

📙 مرحبا يا طالب العلم صـ (117)

bit.ly/majalahqonitah

NASEHAT BAGI WANITA YANG MEMAKAI HIJAB MODIS DAN MENARIK

NASEHAT BAGI WANITA YANG MEMAKAI HIJAB MODIS DAN MENARIK

✍🏻 Asy-Syaikh Abdul Qadir bin Muhammad al-Junaid hafizhahullah berkata :

‏شُرِع لِباس الحجاب لأجل ستر المرأة وزينتها، فإذا لبسته وكان مُجمَّلًا مُزيَّنًا مُطرَّزًا، فقد خالف الحكمة التي شُرِع لأجلها.

"Memakai hijab disyariatkan bertujuan untuk menutupi wanita dan perhiasannya, sehingga jika seorang wanita memakainya dalam keadaan dipercantik, dihiasi, dan dibordir, maka hal itu telah menyelisihi hikmah yang menjadi tujuan disyariatkannya hijab tersebut."

🌍 Sumber || https://twitter.com/aljuned77/status/842641938272739328

⚪ WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram || http://telegram.me/ForumSalafy

💎💎💎💎💎💎💎💎💎

SHOLAT JAMA'AH TANPA IZIN IMAM ROWATIB

بسم الله الرحمن الرحيم

SHOLAT JAMA'AH TANPA IZIN IMAM ROWATIB

☝🏽Tanya :
Sebuah masjid ada imam rowatib (tetap)nya. Pada sebagian kesempatan ada seseorang yang sholat mengimami jamaah tanpa seizin imam rowatib tersebut. Apakah sholatnya sah ?

👍🏽Syaikh Abdul Aziz bin Baz رحمه الله menjawab :

Jika imam rowatib terlambat dari jadwal kebiasaannya, lalu salah seorang makmum maju mengimami jamaah, maka ini tidak mengapa, sholatnya sah dan sholat mereka juga sah. Karena ketika Rosul صلى الله عليه وسلم pernah terlambat, maka Abdurrohman bin Auf maju mengimami jamaah. Dan Nabi صلى الله عليه وسلم tidak mengingkarinya. Bahkan beliau membiarkannya dan beliau ikut sholat bersama mereka rokaat yang tertinggal (akhir) dari sholat itu.

Telah pasti (shahih) bahwa dalam perang Tabuk beliau terlambat dari sholat Fajar (Shubuh) karena buang hajat. Katika tiba waktu sholat dan Nabi صلى الله عليه وسلم terlambat, dikumandangkan iqomah maka Abdurrohman bin Auf Az Zuhry رضي الله عنه (salah seorang sahabat yang diberitakan akan masuk surga) mengimami jamaah. Lalu datanglah Nabi صلى الله عليه وسلم sedangkan Abdurrohman sudah mengimami satu rokaat, maka ia hendak mundur. Tetapi Nabi صلى الله عليه وسلم mengisyaratkan agar terus melanjutkan sholatnya. Lalu Nabi صلى الله عليه وسلم langsung mengikuti satu rokaatnya yang akhir. Ketika Abdurrohman bin Auf salam dari sholatnya, maka Nabi صلى الله عليه وسلم berdiri bersama Mughiroh bin Syu'bah melanjutkan satu rokaat beliau yang kurang.

Itu menunjukkan bahwa jika imam terlambat, maka jamaah tidak boleh menelantarkan sholat. Tetapi mereka memajukan salah seorang yang baik yang mereka tunjuk untuk mengimami mereka agar jamaah tidak menelantarkan sholat. Itu yang benar.

Adapun jika sebagian orang buru buru dan mengumandangkan iqomah sebelum tiba waktu sholat (yang biasa dilaksanakan bersama imam), maka ini salah. Tidak boleh bagi seorang pun untuk maju mendahului imam rowatib sebelum tiba waktu kebiasaannya tanpa seizin dia.

______☆_______☆_______☆_______

☝🏽 Tanya :
Kalau jamaah suatu masjid menunjuk seseorang untuk maju mengimami mereka tanpa seizin imam rowatib, dan ia pun tidak berhalangan, ia juga sholat bersama mereka, apakah sholat tersebut sah ataukah tidak ?

👍🏽Syaikh Utsaimin رحمه الله menjawab:
Dalam perkara ini di kalangan para ulama ada dua penfapat :

1⃣Pendapat pertama; sholatnya sah, tetapi berdosa.

2⃣Pendapat kedua; Mereka berdosa dan sholat mereka tidak sah, maka mereka wajib mengulanginya.

Adapun yang rojih adalah pendapat pertama. Karena haramnya sholat tanpa izin imam atau tanpa udzurnya imam itu nampak jelas dari hadits dan illahnya (sebabnya).
Adapun sahnya sholat, maka hukum asalnya adalah sah sampai tegak dalil yang menunjukkan rusaknya sholat tersebut.

Haramnya mengimami jamaah di masjid yang ada imam rowatibnya tanpa seizin dia atau tanpa udzurnya ini tidak mengharuskan sholatnya menjadi tidak sah. Karena keharaman ini kembali kepada makna yang di luar sholat, yaitu melanggar haknya imam dan melancangi haknya. Maka tidak semestinya sholat menjadi batal karenanya.

📚 Syarhul Mumthi' (4/154).

~~~~☆~~~~☆~~~~☆~~~~

☝🏽Tanya :
Saya bekerja sebagai mu'adzdzin. Dan datang kepada kami seorang imam yang baru. Ketika sholat Shubuh, manakala saya hendak iqomah -karena setahu saya sudah masuk waktu kebiasaan ditunaikan sholat-, maka para jamaah menyuruh saya duduk hingga saya diizinkan oleh imam, kecuali jika waktu sudah sempit. Apakah benar bahwasanya tidak boleh saya mengumandangkan iqomah untuk sholat sebelum imam mengizinkan saya ?

👍🏽Syaikh Muhammad bin Sholih Utsaimin رحمه الله menjawab :

Mu'addzin itu yang paling berhak urusan adzan. Maka urusan adzan kembalinya kepadanya.
Adapun iqomah, sesungguhnya yang paling berhak adalah imam. Maka mu'addzin tidak boleh iqomah kecuali setelah datangnya imam dan seizin dia.

Adapun perkataan "kecuali jika waktu sudah sempit", memang demikian. Yakni jika imam terlambat (dalam sholat Shubuh) hingga matahari hampir terbit dan waktu sudah sempit, maka ketika itu mereka harus menegakkan sholat dan tidak menunggu imam.
Sedangkan jika waktu masih lonhgar, maka sesungguhnya mereka tidak boleh sholat sampai imam datang.
Tetapi seyogyanya imam menentukan batasan waktu tertentu bagi jamaah. Misal ia mengatakan: "Jika saya terlambat dari jam sekian, maka sholatlah kalian". Agar dengan demikian lebih ringan bagi mereka, lebih ringan bagi dirinya pula dan ia tidak menjatuhkan jamaah ke dalam kesusahan atau kesempitan.

📚Fatawa Nuur 'Alaad Darb (171) dari Syaikh Utsaimin

✍🏾FIK  الفقير الى عفو ربه أبو يحيى

الصلاة من غير إذن الإمام الراتب

س: هناك مسجد له إمام، وهناك رجل في بعض الأحيان يصلي ويؤم الناس بدون إذن الإمام الراتب، فهل صلاته صحيحة؟

ج: إذا كان الإمام تأخر عن الموعد المعتاد وتقدم بعض المأمومين وصلى بالناس فلا حرج، وصلاته صحيحة، وصلاتهم صحيحة؛ لأن الرسول صلى الله عليه وسلم لما تأخر صلى عبد الرحمن بن عوف بالناس، ولم ينكر عليه النبي صلى الله عليه وسلم، بل أقره على ذلك وصلى معهم ما بقي من الصلاة، فقد ثبت عنه صلى الله عليه وسلم أنه كان في غزوة تبوك في صلاة الفجر تخلف لقضاء حاجته، فلما حضر وقت الصلاة وتأخر النبي صلى الله عليه وسلم أقيمت الصلاة وصلى عبد الرحمن بن عوف الزهري رضي الله عنه - أحد العشرة المبشرين بالجنة - بالناس، فجاء النبي صلى الله عليه وسلم وقد صلى عبد الرحمن ركعة، فأراد أن يتأخر فأشار له النبي صلى الله عليه وسلم فاستمر في الصلاة، وصلى معه النبي صلى الله عليه وسلم الركعة التي بقيت، فلما سلم عبد الرحمن ابن عوف قام النبي صلى الله عليه وسلم ومعه المغيرة بن شعبة فقضيا ما فاتهما، فدل ذلك على أن الإمام إذا تأخر فإن الجماعة لا يعطلون بل يقدمون من شاءوا من أهل الخير فيصلي بهم حتى لا يتعطل الناس وهذا هو الحق، أما كون بعض الناس يتسرع ويقيم قبل أن يأتي وقت الصلاة، فهذا غلط لا يجوز وليس لأحد أن يتقدم على الإمام الراتب قبل مجيء الوقت المعتاد إلا بإذنه. ا هـ.

https://binbaz.org.sa/old/31072

 
==========================

السؤال:

دخل مجموعة من الناس إلى المسجد قبل إقام الصلاة فصلوا قبل الإقامة، فما حكم صلاتهم؟

الجواب:

لا يجوز للإنسان أن يقيم الجماعة في مسجد له إمام راتب إلا بإذن الإمام، وإذا قال هؤلاء: نحن مسافرون، لا يمكننا أن ننتظر حتى يأتي الإمام ويصلي، قلنا: الأمر واسع، إذا كنتم مسافرين فسافروا وصلوا في الطريق، أما أن تصلوا في مسجد له إمام قبل حضور إمامه فهذا لا يجوز؛ لأن النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم نهى عن ذلك فقال: «لا يؤمن الرجل الرجل في سلطانه». فسلطان المسجد هو إمامه فيجب الانتظار حتى يحضر الإمام، فإن قالوا: نحن مسافرون لا يمكننا أن نبقى، قلنا: الحمد لله، أنتم معذورون بترك الجماعة، سافروا وصلوا في أي مكان شئتم.

 

http://binothaimeen.net/content/1327

 ======================

السؤال: 

إذا أم المؤذن أو غيره المصلين قبل وقت الإقامة المعلن، ثم دخل الإمام بعد انقضاء الصلاة، هل يحق للإمام أن يعيد الصلاة، ولماذا؟ جزاكم الله خيرا.

الإجابة: 

يقول العلماء - رحمهم الله -: يحرم إقامة الصلاة قبل الإمام الراتب، إلا أن يأذن لهم الإمام، أو يكون للإمام عذر، فإن أذن أو كان عذر للإمام فتأخر عن الوقت المعتاد تأخرا يضر بالمأمومين جاز أن يتقدم من يصلي بالجماعة، فإذا كان المؤذن يعلم من الإمام إذنه، أو أن الوقت التي تقام فيه الصلاة تأخر تأخرا كثيرا فتقدم وصلى فلا مانع، فإن تقدم قبل وقت الإقامة وصلى بالجماعة وانقضت الصلاة فالأولى للإمام أن يقرهم على ذلك، ولا ينبغي له أن يستأنف الصلاة بل يقرهم على هذا الفعل، مع أن الواجب عليهم جميعا تقوى الله وأن لا يتقدموا على الإمام إلا بعذر شرعي.

https://mufti.af.org.sa/ar/content/حكم-صلاة-من-أم-الناس-غير-الإمام-الراتب-في-الصلاة

 ========================

مسألة : لو أن أهل المسجد قدموا شخصا يصلي بهم بدون إذن الإمام ، ولا عذره وصلى بهم ، فهل تصح الصلاة أو لا تصح ؟
فالجواب : في هذا لأهل العلم قولان :
القول الأول : أن الصلاة تصح ، مع الإثم .
القول الثاني : أنهم آثمون ، ولا تصح صلاتهم ، ويجب عليهم أن يعيدوها .
والراجح القول الأول : لأن تحريم الصلاة بدون إذن الإمام أو عذره : ظاهر من الحديث والتعليل ، وأما صحة الصلاة ؛ فالأصل الصحة حتى يقوم دليل على الفساد ، وتحريم الإمامة في مسجد له إمام راتب بلا إذنه أو عذره : لا يستلزم عدم صحة الصلاة ؛ لأن هذا التحريم يعود إلى معنى خارج عن الصلاة ، وهو الافتيات على الإمام ، والتقدم على حقه ، فلا ينبغي أن تبطل به الصلاة "

📖 " الشرح الممتع " (4/ 154) .

 ====================

حكم إقامة المؤذن للصلاة بدون إذن الإمام 

السؤال: أنا أعمل مؤذناً وحدث أن جاءنا إمام جديد، وعند صلاة الصبح كلما أريد أن أقيم الصلاة لعلمي بدخول الوقت يطلب مني المصلون أن أجلس حتى يأذن لي الإمام رغم أن الوقت ضيق، فهل صحيح أنه لا يجوز أن أقيم الصلاة حتى يأذن لي الإمام؟

الجواب: المؤذن أملك بالأذان فإليه يرجع الأذان، وأما الإقامة فإن الأملك بها هو الإمام، فلا يقيم مؤذن إلا بحضور الإمام وإذنه.

وأما قوله: (لضيق الوقت) فنعم، إذا تأخر الإمام حتى كادت الشمس تطلع وضاق الوقت فحينئذٍ يصلون ولا ينتظرونه، أما ما دام الوقت باقياً فإنهم لا يصلون حتى يحضر الإمام، لكن ينبغي للإمام أن يحدد وقتاً معيناً للناس، فيقول مثلاً: إذا تأخرت عن هذا الوقت فصلوا ليكون في هذه الحال أيسر لهم وأيسر له هو أيضاً، ولا يوقع الناس في حرج أو ضيق.

📖 فتاوى نور على الدرب [171]  للشيخ محمد بن صالح العثيمين

Jumat, 23 November 2018

Ngeri, Status dan Hukuman Orang yang Berani Mencela Rasulullah shallallahu alaihi wasallam

Ngeri, Status dan Hukuman Orang yang Berani Mencela Rasulullah shallallahu alaihi wasallam

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullahu berkata, "Barang siapa yang mencela atau mengolok-olok Rasulullah shallallahu alaihi wasallam maka dia kafir, baik dalam keadaan serius, main-main atau becanda Allah berfirman,

أَبِاللهِ وَءَايَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنتُمْ تَسْتَهْزِءُونَ ☆ لاَتَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُم بَعْدَ إِيمَانِكُمْ

Artinya :
Katakanlah : “Apakah dengan Allah, ayat-ayatNya dan RasulNya, engkau berolok-olok ? Tidak perlu kamu minta maaf, karena kamu telah kafir sesudah imanmu”. (At Taubah: 65-66)

Jika dia mau bertaubat maka diterima taubatnya, berdasar firman Allah taala,

 قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Artinya :
Katakanlah : "Wahai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap dirinya sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa seluruhnya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Az Zumar: 53)

Jika ada yang mencela Rasul, dan dia taubat, apakah tetap dibunuh atau tidak ?

Jika yang mencelanya adalah orang kafir maka dia tidak dibunuh, berdasar firman Allah taala,

قُلْ لِلَّذِينَ كَفَرُوا إِنْ يَنْتَهُوا يُغْفَرْ لَهُمْ مَا قَدْ سَلَفَ

Artinya :
Katakanlah kepada orang-orang kafir : "Jika mereka berhenti (dari kekafirannya), niscaya Allah akan mengampuni mereka dari dosa-dosanya yang lalu." (Al Anfal: 38).

Tapi jika yang mencelanya adalah seorang muslim maka dia telah murtad, dan pendapat yang benar adalah sebagaimana yang dipilih Ibnu Taimiyyah, yakni dia dibunuh dan diminta untuk taubat, ini sebagai balasan atas kelancangannya terhadap Rasulullah.

Jika ada yang mengatakan bahwa telah ada di zaman Rasulullah hidup orang-orang yang mencela Rasulullah, tapi mereka tidak dibunuh ?

Jawabnya benar, memang demikian. Beliau memaafkan mereka dan tidak membunuhnya. Beliau berhak memaafkan dan menghukum di saat hidupnya.

Akan tetapi di zaman setelah Rasulullah wafat, kita tidak bisa mengetahui apakah celaan dan olok-olokan yang dilakukan orang-orang itu dimaafkan atau tidak, maka jika ada yang mencela, hukumannya adalah dibunuh.

Di antara maslahat (sisi positif) dibunuhnya mereka (yang mencela Rasulullah) adalah agar orang-orang bisa menjaga lisannya untuk tidak mencela Rasulullah.

Adapun orang-orang yang telah melakukan pencelaan terhadap Nabi shallallahu alaihi wasallam dan dia ingin bertaubat, maka taubatnya diterima jika taubatnya taubat nasuha (sungguh-sungguh), dan urusannya ada di tangan Allah taala, jika mereka tidak dibunuh sekarang, besok mereka pun akan meninggal.

Ini adalah pendapat yang benar di dalam permasalahan ini."

(Dinukil dan disadur dari Al Manahil Lafzhiyyah-Syaikh Ibnu Utsaimin, hal. 87-88, cet. Dar Ibnil Jauzi 2011)

Catatan :
Yang berhak membunuh orang-orang yang mencela Nabi shallallahu alaihi wasallam adalah dari pihak pemerintah negara yang sah, bukan dari organisasi, kelompok atau individu tertentu.

➖➖➖
💐 Wa Sedikit Faidah Saja (SFS)
➖➖➖
💾 Arsip lama terkumpul di catatankajianku.blogspot.com dan di link telegram http://bit.ly/1OMF2xr
@SedikitFaidahSaja

#akidah

SETELAH BERWUDHU ADA PERBAN * MENEMPEL DI TANGAN & KAKI

FATWA ULAMA

SETELAH BERWUDHU ADA PERBAN MENEMPEL DI TANGAN & KAKI

💺 Asy Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin rahimahullah ta'ala

💧 Pertanyaan :
Apabila seseorang berwudhu & setelah wudhu menemukan PERBAN sebesar kuku  pada tangan atau kakinya. Dia memastikan bahwa air tidak bisa sampai ke kulitnya (karena terhalang perban tersebut, pent) baik sebelum shalat atau sedudahnya. Bagaimana hukumnya

💦 Jawaban :

👋🏼 Jika dia YAKIN bahwa perban itu ada sebelum wudhu, maka wudhunya TIDAK sah

📜 Hal ini berdasarkan firman Allah ta'ala :
(Wahai orang-orang yang beriman jika kalian hendak shalat, maka cucilah wajah dan tangan kalian sampai siku. Dan usaplah kepala kalian & (cucilah) kaki kalian sampai kedua mata kaki).
QS. Al Maidah : 6

⤵ Padahal apa yang berada di bawah perban tersebut tidak tercuci sehingga wudhunya tidak sah.

💬 Adapun jika dia RAGU apakah hal ini terjadi sebelum wudhu atau setelahnya, maka wudhunya tetap sah & tidak harus mengulanginya.Karena hukum asalnya, benda (perban) tersebut tidak ada.

▪Penanya :
Apakah dia harus mengulangi shalatnya

▫ Syaikh menjawab :
Jika dia yakin bahwa perban itu ada sebelum wudhu, maka dia buang lalu berwudhu & mengulangi shalatnya.

📼 Sumber : Liqo Al Bab Al Maftuh (97).

•••┈••••○❁🌻❁○••••┈•••
السؤال:
إذا توضأ الإنسان ثم وجد بعد الوضوء أن على يده أو رجله لاصق بمقدار الظفر بحيث أنه يجزم أن الماء لم يصل سواء قبل الصلاة أو بعد الصلاة، فما الحكم؟

الجواب:
الشيخ: إذا تيقن أن هذا اللاصق كان قبل الوضوء فوضوؤه لم يصح; لقول الله تعالى: ﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُؤُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ﴾[المائدة:6] وما تحت هذا اللاصق لم يغسل، فيكون وضوؤه غير صحيح، وأما إذا أشكل عليه هل حصل هذا قبل الوضوء أو بعده فوضوؤه صحيح ولا تلزمه الإعادة؛ لأن الأصل عدم وجوده.

السائل: وهل يعيد الصلاة؟
الشيخ: إذا كان قد تيقن أنه قبل الوضوء فإنه يزيله ويتوضأ ويعيد الصلاة.

📼 المصدر: لقاء الباب المفتوح [97]

•••┈••••○❁🌻❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp
Ⓚ①ⓉⒶ🌏ⓈⒶⓉⓊ
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung
🌐📲 Join Channel Ⓚ①Ⓣ
https://t.me/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan••• [ VERSI BARU❗ ]  Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia2

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

*Mungkin yg dimaksud dengan perban diatas adalah plester atau potongan plester yg biasa dipakai utk merekatkan perban, Allahu a'lam bishshawab. (Admin blog)