Kamis, 28 Februari 2019

MEMBACA BASMALAH JIKA HENDAK MEMBUANG AIR PANAS

MEMBACA BASMALAH JIKA HENDAK MEMBUANG AIR PANAS

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Pertanyaan ditujukan kepada Syaikh Zaid Al-Madkhali (rahimahullah ta'ala)

📬 Pertanyaan:

هل صحيح أنه ينبغي لنا أن نقول بسم الله عند صبّ الماء الساخن في المجاري حتى لا نحرق الجن في المجاري ؟

Apakah benar, sebaiknya kita membaca basmalah ketika hendak membuang air panas di saluran air, sehingga kita tidak membakar jin di saluran air tersebut?

🔓 Jawaban:

على كل حال لايصب الماء الحار لافى المجاري ولا على الأرض لايصب الماء الحار؛ لان الأرض مملوءة بالسكان فربما يقع على عالم الجن أو على صغارهم فيحصل الإنتقام منهم فيصرع

Bagaimanapun, air panas tidak boleh dituangkan ke saluran air dan tidak pula di tanah, tidak boleh menuangkan air panas padanya. Karena bumi ini penuh dengan penghuni, terkadang air panas tersebut mengenai alam jin atau anak-anak mereka, sehingga mereka membalas dendam hingga terjadilah kesurupan.

لذا إذا أراد ان يصب الانسان ماءاً حاراً فليبرده بالماء حتى يكون بارداً لايؤذى ويصبه سواءاً فى المجارى أو في غيرها.

Oleh karena itu jika seseorang hendak menuangkan air panas, hendaknya ia mendinginkan dulu dengan (dicampur) air sampai menjadi air dingin yang tidak mengganggu lalu ia membuangnya, apakah di saluran air ataukah selainnya.

📚 *Sumber* || https://goo.gl/1HqY4b

🌏 *Kunjungi* || http://bit.ly/2xrd3nH

⏩ *Channel Telegram* ||
📲Yuk Share
Http://t.me/salafysala3

💎💎💎💎💎💎💎💎💎

Turut BERBAGI

https://t.me/dapoerikhwansalafiyyin

https://dapoerikhwansalafiyyindis.000webhostapp.com/

🍔🥦🥦🥦🥦🥦🥦🥦🍔

HUKUM BERSIWAK KETIKA MENDENGAR KHUTBAH

HUKUM BERSIWAK KETIKA MENDENGAR KHUTBAH

🎙Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin –rahimahullah-

PERTANYAAN:

“Kapan ditekankan untuk menggunakan siwak? Dan apa hukum bersiwak bagi yang menunggu (tegaknya shalat) saat khatib berkhutbah?”

JAWABAN:

“Ditekankan untuk bersiwak ketika bangun dari tidur, awal masuk ke dalam rumah, ketika wudhu’ saat berkumur, dan ketika berdiri untuk shalat.

✍🏻 Dan tidak mengapa melakukannya bagi yang menunggu shalat.

❗NAMUN dalam keadaan (khatib) sedang khutbah maka ia tidak bersiwak, karena menyibukkannya(dari menyimak khutbah).

👉🏻 KECUALI ia dalam kondisi mengantuk maka ia bersiwak untuk mengusir kantuknya.”

📖 *Fataawa Arkaanil Islam, al-‘Utsaimin, hal. 214.*

💧✍🏼 Fikih Thaharah Dan Shalat https://t.me/fikihthaharahdanshalat

 •••┈••••○❁ ✍ ❁○••••┈•••

🌐 Kunjungi : http://salafyngawi.or.id
✈ Join Chanel Telegram :
http://t.me/Salafy_Ngawi

📻 Dengarkan Kajian Islam Ilmiyyah di Rasyidah 105.1 FM Ngawi
📲 Siaran radio online via Android :
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia

📝 *Forum Ahlussunnah Ngawi* 📚

BAHAYA ROKOK TERHADAP KESEHATAN

PETUAH ULAMA

BAHAYA ROKOK TERHADAP KESEHATAN

☝️💬 Berkata Syaikh Utsaimin rahimahullah :

💦 Seseorang yang merokok tidak diragukan lagi bahwa dia telah menjerumuskan dirinya ke dalam mara bahaya.

✅ Para dokter telah sepakat bahwa rokok itu berbahaya karena rokok bisa menyebabkan kanker tenggorokan dan sakit paru paru. Sehingga bahaya yang ditimbulkan rokok adalah perkara yang sangat jelas.

✍️ Sumber :
Al Liqoo' Asy Syahri : 41

شارب الدخان لا شك أنه عرض نفسه للخطر؛ لأن الأطباء اتفقوا على أن الدخان  ضار، وأنه سبب لسرطان الحلق والرئة وضرره أمر واضح،

اللقاء الشهري 41

•••┈••••○❁🌻❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp
Ⓚ①ⓉⒶ🌏ⓈⒶⓉⓊ
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung
🌐📲 Join Channel Ⓚ①Ⓣ
https://t.me/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan••• [ VERSI BARU❗️ ]  Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia2

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

APA YANG DILAKUKAN JIKA MENGETAHUI ADA BAGIAN ANGGOTA WUDHU YANG TIDAK TERKENA AIR SETELAH SHALAT

APA YANG DILAKUKAN JIKA MENGETAHUI ADA BAGIAN ANGGOTA WUDHU YANG TIDAK TERKENA AIR SETELAH SHALAT

✒📁 Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin

📬 Pertanyaan: Jika seseorang berwudhu ketika hendak shalat, namun setelah shalat dia mendapati ada sedikit bagian tangannya yang tidak terkena air, maka apakah yang harus dia lakukan?

🔓 Jawaban: Hendaknya dia mengulangi wudhu dan shalatnya, karena adanya sesuatu yang menghalangi sampainya air ke anggota badan yang wajib disucikan, jadi anggota badan tersebut belum suci. Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila kalian hendak mengerjakan shalat maka basuhlah wajah kalian.” (QS. Al-Maidah: 6)

👋🏻 Jadi jika di wajah ada sesuatu yang menghalangi sampainya air, maka ini teranggap hanya membasuh sebagian wajahnya saja. Demikan juga hal ini berlaku pada seluruh anggota badan yang lain.

✋🏻 Oleh karena inilah para ulama mensyaratkan sahnya wudhu dengan menghilangkan hal-hal yang menghalangi sampainya air, seperti adonan tepung, minyak, gibs, dan semisalnya.

📚 Sumber artikel: Fataawaa Nuurun Alad Darb, III/95, pertanyaan no. 1424

⚪ WhatsApp Salafy Indonesia http://forumsalafy.net
⏩ Channel Telegram : http://telegram.me/forumsalafy

🔹🔹🔹🔹🔹

BAHASA APA YANG DIGUNAKAN OLEH MANUSIA PADA HARI KIAMAT?

BAHASA APA YANG DIGUNAKAN OLEH MANUSIA PADA HARI KIAMAT?

📨 Tanya:
Dengan bahasa apakah manusia berbicara pada hari kiamat? Dengan bahasa apakah mereka mendengar pembicaraan Allah?

📮 Jawab:

✍ Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

"Tidak diketahui dengan bahasa apakah manusia berbicara ketika itu, tidak pula diketahui dengan bahasa apakah mereka mendengar pembicaraan Allah, karena Allah tidak memberitakan kepada kita sedikitpun tentang hal ini, tidak pula Rasul-Nya alaihis sholatu wassalam.

🔖 Beliau juga mengatakan:

🔰 "Kami tidak mengetahui adanya perselisihan dalam permasalahan ini di antara para sahabat Radhiallahu anhum.

☑ Bahkan mereka seluruhnya menahan diri untuk berbicara dalam masalah ini, karena membahas permasalahan seperti ini termasuk ucapan yang sia-sia. Kemudian beliau menyebutkan ucapan sebagian orang-orang belakangan dan perselisihan mereka, kemudian beliau menyatakan: Semua ucapan ini tidak ada di sisi pemiliknya satu hujjahpun, baik dari sisi akal ataupun penukilan, bahkan semuanya hanyalah dugaan-dugaan yang kosong dari dalil-dalil.

📚 Majmu'ul Fatawa, Jilid 4 Hal 300-301.

#سؤال: بأي لغة يتكلم الناس يوم القيامة ؟ وبأي لغة يسمعون خطاب الله جل وعلا  ؟

*📌قال شيخ الإسلام إبن تيمية رحمه الله:*

لا يعلم بأي لغة يتكلم الناس يومئذ ولا بأي لغة يسمعون خطاب الرب جل وعلا، لأن الله تعالى لم يخبرنا بشيء من ذلك ولا رسوله عليه الصلاة والسلام.
وقال:
ولا نعلم نزاعا في ذلك بين الصحابة رضي الله عنهم، بل كلهم يكفون عن ذلك، لأن الكلام في مثل هذا من فضول القول.
ثم ذكر كلام بعض المتأخرين وخلافهم، ثم قال:
وكل هذه الأقوال لا حجة لأربابها لا من طريق عقل ولا نقل، بل هي دعاوى عارية عن الأدلة.

مجموع الفتاوى (4/300-301).

نتعاون على السنة
السنة سفينة نوح من ركبها نجا ومن تخلف عنها هلك

🌏 Sumber : telegram/Nataouan

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon
🖥 *Website Salafy Cirebon :*
www.salafycirebon.com

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

APAKAH ORANG YANG TERBEBAS DARI DOSA SYARAT MENJADI ORANG YANG BERTAQWA ??

APAKAH ORANG YANG  TERBEBAS DARI DOSA SYARAT MENJADI ORANG YANG BERTAQWA ??

🌷 ✍🏻 Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata :

"Bukanlah termasuk syarat menjadi orang-orang bertakwa dan semisalnya, agar seseorang tidak terjatuh dalam dosa dan terbebas dari kesalahan dan dosa.

Karena jika demikian, niscaya tidak ada seorangpun yang bertakwa di umat ini.

Akan tetapi barangsiapa bertaubat dari dosa-dosanya maka dia termasuk orang-orang bertakwa dan barangsiapa mengerjakan amalan yang akan menghapuskan kesalahan-kesalahannya, maka dia juga termasuk orang-orang bertakwa."

📑 📚 *Minhajus Sunnah* _7/82_

▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪

🌷 ✍🏻 ‏قال شيخ الإسلام ابن تيمية:

"وليس من شرط المتقين ونحوهم أن لا يقع منهم ذنب، ولا أن يكونوا معصومين من الخطأ والذنوب. فإن هذا لو كان كذلك لم يكن في الأمة متق، بل من تاب من ذنوبه دخل في المتقين، ومن فعل ما يكفر سيئاته دخل في المتقين".

📑 📚 [منهاج السنة (٨٢/٧)]

👉🏻 https://t.co/mS8j1D2asI‎

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon
🖥 *Website Salafy Cirebon :*
www.salafycirebon.com

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

Rabu, 27 Februari 2019

DUA NIKMAT ALLAH, BANYAK YANG RUGI

بسم الله الرحمن الرحيم

DUA NIKMAT, BANYAK YANG RUGI

☝🏽 TANYA:
Saya berharap Syaikh yang mulia menjelaskan perkataan:

 نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ؛ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

"Ada 2 nikmat yang banyak orang rugi padanya; yaitu sehat dan longgar".
Dan anda meyakini bahwa itu hadits

👍🏽 Syaikh Abdul Aziz bin Baz رحمه الله menjawab:

Benar, itu hadits shahih. Nabi صلى الله عليه وسلم mengatakan:

 نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ؛ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

"Ada 2 nikmat yang banyak orang rugi padanya; yaitu sehat dan longgar" HR Imam Bukhori dan lmam Muslim.

Maknanya bahwa banyak orang menyia nyiakan kondisi sehatnya dan longgarnya tanpa faedah. Sehat afiat badannya dan waktunya sempat, tetapi tidak dia gunakan semua itu dalam perkara yang bermanfaat baginya, mendekatkan dirinya kepada Alloh dan yang bermanfaat baginya dalam urusan dunia. Maka ia rugi pada kedua nikmat tersebut.

Yang semestinya bagi seorang mukmin agar menyibukkan nikmat tersebut dalam perkara yang Alloh ridhoi, atau yang bermanfaat baginya, seperti berdagang atau usaha apa saja yang halal. Dan agar memperbanyak puasa dan sholat, dzikir, amal amal ketaatan, membesuk yang sakit, amar ma'ruf dan nahi munkar, berdakwah mengajak manusia kepada Alloh عز وجل maupun kebaikan kebaikan yang lain.

Seorang mukmin itu menyibukkan (memenuhi) kedua nikmat tersebut dengan apa yang Alloh ridhoi, dengan apa yang bermanfaat baginya dalam urusan dunia dari yang halal. Jika ia hanya membiarkan dua nikmat ini (berlalu tanpa faedah), tidak ia gunakan dalam perkara yang bermanfaat, berarti ia benar benar rugi.

Dan kerugian ini kadang menjadi haram, dan kadang tidak memudhorotkannya. Jika ia tidak menggunakannya dalam kemaksiatan kepada Alloh, dan tetap menunaikan kewajibannya, kerugian ini tidak memudhorotkannya.
Adapun jika sehatnya ia gunakan dalam kemaksiatan kepada Alloh, hal itu memudhorotkannya. Atau waktu longgarnya  ia gunakan dalam kemaksiatan kepada Alloh, hal itu memudhorotkannya.

Jika tidak demikian, yakni tidak ia gunakan dalam kemaksiatan kepada Alloh, tetapi juga tidak ia gunakan untuk memperbanyak amal kebaikan yang sunnah, tidak ia gunakan sehat dan longgarnya untuk perkara yang manfaat baginya dalam urusan dunia, karena ia memiliki apa yang mencukupi kebutuhannya dan kebutuhan keluarganya sehingga ia tidak harus bekerja dan yang semisalnya, maka ini tidak memudhorotkannya, tetapi termasuk di antara jenis kerugian.

Kalau saja ia gunakan sehatnya dalam perkara yang manfaat yang berupa dzikir, amal amal ketaatan yang disyariatkan atau untuk bekerja yang halal dan baik sehingga ia bisa bersedekah dan membantu orang lain tentulah itu lebih baik baginya.

Jazaakumulloh khoiron.

وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم
والحمد لله رب العالمين

📚 Fatawa Nuur 'Alad Darbi 2515

✍🏾 FIK الراجي الى رحمة ربه ابو يحيى

|[ شرح حديث نعمتان مغبون فيمها ]|

❍ فضيلة الشيخ الإمام/
عبد العزيز بن باز رحمه الله تعالى

*❪✵❫ السُّـــ↶ــؤَال ُ:*

ترجو من سماحتكم شرح هذا القول: « نعمتان مغبون فيهما كثيرٌ من الناس: الصحة والفراغ » وتقول: أعتقد أنّ هذا حديث؟

*❪✵❫ الجَــ↶ـــوَاب ُ:* 

نعم، هذا حديث صحيح يقول النبي صلى الله عليه وسلم: « نعمتان مغبون فيهما كثيرٌ من الناس الصحة، والفراغ »، يعني كثيرٌ من الناس تضيع صحته، وفراغه بغير فائدة، صحيح الجسم معافى في بدنه، وعنده فراغ، ولكن لا يستعمل ذلك فيما ينفعه، وفيما يقربه من الله، وفيما ينفعه في الدنيا،

فهذا مغبون في هاتين النعمتين، وإنما ينبغي للمؤمن أن يستغل هذه النعمة فيما يرضي الله، وفيما ينفعه كالتجارة، وأنواع الكسب الحلال، والاستكثار من الصوم والصلاة، والذكر والطاعات، وعيادة المرضى، والأمر بالمعروف والنهي عن المنكر، والدعوة إلى الله -عز وجل- إلى غير هذا من وجوه الخير،

فالمؤمن يشغلهما بما يرضي الله، وبما ينفعه في دنياه من الحلال، فإذا ترك هاتين النعمتين، لم يستعملها فيما ينفعه فقد غبن، وهذا الغبن قد يكون محرماً، وقد يكون لا يضره، فإذا لم يستعملها في معاصي الله، وأدى الواجب، لم يضره هذا الغبن،

أما إذا كانت الصحة مستعملة في معاصي الله؛ ضره ذلك، أو الفراغ مستعمل في معاصي الله ضره ذلك، أما إذا كان، لا، لم يستعمل ذلك في معاصي الله، ولكن لم يستكثر في الحسنات المستحبة، ولم يستعمل هذا الفراغ والصحة فيما ينفعه في دنياه، ولكنه عنده ما يقوم بحاله و ويقوم بحال عائلته وليس مضطراً إلى الكسب ونحو ذلك، فإن ذلك لا يضره ولكنه نوع من الغبن،

لو استعمل الصحة فيما ينفعه، من الذكر والطاعة، وأنواع الطاعات المشروعة، وفي المكاسب الحلال الطيبة يتصدق منها، ويحسن لكان خيراً له. جزاكم الله خيراً

◉  ــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــ 

▣ المَـصْــدَر مِـنْ هُنــ↶ـا : 

[http://binbaz.org.sa/noor/2515]

HUKUM SHALAT DI BELAKANG IMAM YANG BACAAN AL QUR'ANNYA SERING SALAH

HUKUM SHALAT DI BELAKANG IMAM YANG BACAAN AL-QUR'ANNYA SERING SALAH

💺 Mufti: al-Imam Ibnu Baz _rahimahullah_

❓ Pertanyaan:

"Kami berada di desa yang terpencil. Yang menjadi imam shalat di tengah-tengah kami adalah seorang pria yang tidak pernah mendapatkan sedikit pun pengajaran yang dengannya imamah bisa diserahkan kepadanya. Dimana dia mengimami shalat dengan melihat mushhaf al-Qur'an, melakukan kesalahan pada setiap ayat al-Qur'an. Dan tidaklah berlebihan bila aku katakan tidaklah dia melewati satu ayat al-Qur'an tanpa ada kesalahan. Padahal dia seorang imam shalat rawatib (lima waktu). Sedangkan kami tidak terelakkan untuk shalat di belakangnya, karena tidak ada orang selainnya. Maka apakah shalat kami sah? Atau bagaimana? Berikanlah kami faidah, semoga Allah memberikan kebaikan pada anda."

📌 Jawaban:

"Perkara ini ada perincian padanya. *Apabila kesalahan itu tidak merubah makna, maka tidak mengapa.* Shalatnya sah. Dan tidak ada dosa dalam masalah ini. *Akan tetapi seyogyanya mencari orang yang lebih baik darinya, yang lebih utama darinya dalam kekokohan hafalan al-Qur'an.* Adapun shalatnya sah.

*Adapun bila kesalahan itu mengubah dan mengganti maknanya, maka tidak boleh mempertahankannya (sebagai imam). Dan tidak boleh shalat di belakangnya.* Seperti bila dia membaca:
(إياكِ نعبد)
_Iyyaki na'budu_

Dengan mengkasrahkan kaf
وإياكِ نستعين
_Wa iyyaki nasta'in_

Khithab ini untuk wanita, ini tidak boleh. Ini merubah makna. Atau dia membaca

صراط الذين أنعمتِ عليهم

_Shirothol ladzina an'amti 'alayhim_

Atau

صراط الذين أنعمتُ عليهم

_Shirothol ladzina an'amtu 'alayhim_
Ini merubah dan mengganti maknanya. Maka seperti ini tidak boleh. *Wajib mengingkarinya dan wajib memecatnya* kecuali dia sadar diri (mengakui kekurangan), mau menerima nasehat dan bimbingan, serta mau memperbaiki, maka tidak mengapa.

Adapun lahn (kesalahan) yang tidak merubah makna, lahn yang artinya tidak berubah karenanya, maka tidak memudharatkan. Seperti bila dia membaca:

الحمدَ لله رب العالمين

_Alhamdalillahi Rabbil 'alamin_

Atau:

الحمدِ لله رب العالمين

_Alhamdilillahi Rabbil 'alamin_

Atau membaca:

الرحمنَ الرحيم

_Ar-Rahmanar Rahim_

Atau:

الرحمنُ الرحيم

_Ar-Rahmanur Rahim_

Ini tidak merubah maknanya. Maka tidak membahayakan, akan tetapi hendaknya diberitahu.

🎙 Pembawa acara: "Barakallahu fiykum, akan tetapi pada keadaan kedua yang telah anda isyaratkan terkait ketika bacaan itu merubah makna (al-Qur'an), apakah mereka meninggalkannya dan shalat sendiri-sendiri, atau apa yang hendaknya mereka lakukan?"

📌 Asy-Syaikh: "Jangan, memungkinkan untuknya diberitahu. Hendaknya mereka memberitahu (kesalahan-kesalahan tersebut) kepadanya.
Jika dia membaca:
أنعمتِ

_An'amti_

Atau
أنعمتُ

_An'amtu_

Maka katakan padanya:

صراط الذين أنعمتَ

_Shirothol ladzina an'amta_

Jika dia membaca (seperti itu) permasalahannya pun selesai.
*Jika dia tidak mau menerima, maka shalatnya tidak sah.* Hendaknya mereka shalat sendiri-sendiri. Atau menyuruh selainnya untuk maju. *Hendaknya mereka menyuruh salah satu dari mereka untuk mengimami mereka. Yang wajib hendaknya mereka menyuruh salah satu dari mereka untuk mengimami.*

... (Sampai disini yang kami terjemahkan. Adapun fatwa selanjutnya tidak diterjemahkan karena yang dibutuhkan fatwa terkait shalat di belakang imam yang sering salah)

Catatan kaki:

Pada fatwa yang  lain, beliau mengatakan dengan penjabaran yang hampir sama dengan fatwa di atas, lalu beliau berkata:

وهكذا في الآيات الأخرى خارج الفاتحة يراعى فيها المعنى، فإن كان اللحن لا يغير المعنى فالأمر في هذا واسع وغيره أفضل منه ممن يقيم الألفاظ، أما إذا كان يحيل المعنى فإن الواجب عزله وإبداله بمن يصلح للإمامة...

"Demikian pula pada ayat-ayat yang lain selain al-Fatihah, hendaknya diperhatikan maknanya. Apabila lahn (kesalahan)nya tidak merubah makna, maka masalah ini perkaranya lapang (tidak masalah). Tetapi hendaknya mengganti dengan orang yang lebih utama darinya (imam tersebut) dari orang yang lebih lurus bacaannya. *Adapun apabila kesalahan itu sampai merubah makna, maka yang wajib adalah memecatnya dan menggantinya dengan orang yang lebih pantas untuk mengimami*...

Lihat:https://binbaz.org.sa/fatwas/17057/حكم-الصلاة-خلف-امام-لا-يجيد-قراءة-القران

🍋 Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)

🔎 Muraja'ah: al-Ustadz Syafi'i al-'Aydarus

🗓 21 J. Akhirah 1440 H
       27 Februari 2019

🇸🇦 Arabic

نحن في قريةٍ بعيدة، ويقوم على إمامة الصلاة فينا رجل لم ينل شيئاً من التعليم ليؤلهه للإمامة، حيث أنه يقرأ من المصحف نظراً في الصلاة، ويخطئ في كل آية من القرآن، ولا أبالغ إن قلت إنه لا تمر آية من دون خطأ، وهو إمام راتب، ولا مناص لنا من الصلاة خلفه؛ لعدم وجود غيره، فهل الصلاة صحيحة، أم ماذا؟ أفيدونا أفادكم الله؟.

ج:هذا فيه التفصيل إذا كان الخطأ لا يغير المعنى فلا بأس الصلاة صحيحة ولا حرج في ذلك ، ولكن ينبغي أن يلتمس من خيرٌ منه من هو أفضل منه في إتقان القرآن ، أما الصلاة فصحيحة ، أما إذا كان الغلط يحيل المعنى ويغير المعنى فهذا لا يجوز بقائه ولا تجوز الصلاة خلفه مثل لو قال: (إياكِ نعبد) بكسر الكافر وإياكِ نستعين هذا الخطاب للمرآة ما يجوز هذا يحيل المعنى، أو قال: صراط الذين أنعمتِ عليهم أو صراط الذين أنعمتُ عليهم هذا يحيل المعنى يغير المعنى فلا يجوز هذا ، يجب الإنكار عليه ويجب أن يعزل إلا أن يتعدل الإنسان إلا أن يقبل النصيحة ويقبل التوجيه ويعدل فلا بأس. أما اللحن الذي لا يغير المعنى ، اللحن الذي لا يتغير به المعنى فهذا لا يضر مثل لو قال : الحمدَ لله رب العالمين أو الحمدِ لله رب العالمين أو قال: الرحمنَ الرحيم أو قال الرحمنُ الرحيم هذا لا يضر المعنى، فلا يضره لكن يعلم. المقدم: بارك الله فيكم ، لكن في الحالة الثانية التي أشرتم إليها سماحتكم بالنسبة لما يحيل المعنى فهل يتركونه ويصلون وحدهم فرادى أم ماذا يفعلون؟ الشيخ: لا ، يمكن أن يعلم، ويفتحون عليه، إذا قال: أنعمتِ وإلا : أنعمتُ يقال له: صراط الذي أنعمتَ فإذا قالها انتهى الموضوع، وإذا لم يستجب لم تصح الصلاة ، يصلون لوحدهم ، أو يقدمون غيره ، يقدمون واحد يصلي بهم. الواجب يقدمون واحد يصلي بهم. المقدم: أثابكم الله ، وبالنسبة للقراءة في المصحف نظراً في الصلوات الجهرية؟ الشيخ: الصلاة صحيحة، لكن الأولى أن يقرأ حفظاً ، أن يحفظ الفاتحة ويعتني بها وإن تيسر معها ، ولكن إن لم يتيسر معها إلا من إنسان يقرأ من المصحف صحت الصلاة في النفل والفريضة ، وقد كان ذكوان مولى عائشة يصلي بها من المصحف. فالحاصل أنه يصح على الصحيح القراءة بالمصحف والإمامة من المصحف في الفرض والنفل عند الحاجة. بارك الله فيكم.
https://binbaz.org.sa/old/28562

PERBEDAAN ORANG FAQIH DAN BODOH

BEDANYA ORANG FAQIH DAN BODOH

🎙 مجاهد بن جبر رحمه الله

✅ *"الفقيه من يخاف الله وإن قل علمه". "والجاهل من يعصي الله وإن كثر علمه".*

📚 « البداية والنهاية ٩/٢٥٥
°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°

🎙 Mujahid Ibnu Jabr رحمه الله تعالى

Orang yang faqih adalah orang yang takut kepada Allah meskipun ilmunya sedikit. Sedangkan orang yang bodoh adalah orang yang bermaksiat kepada Allah meskipun ilmunya banyak.

📚 Al-Bidayah wa Nihayah :9/255
______________________________________
✒️ *F I K*

📲http://bit.ly/Forum_ilmiyahKarangAnyar

🖥www.almaroni.blogspot.com

🌿🌾🌿🌾🌿🌾🌿🌾🌿🌾🌿🌾

KEMATIAN SELALU MENGINTAI

KEMATIAN SELALU MENGINTAI

✍ Imam Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata,

"Hendaknya masing-masing dari kita mengetahui bahwasannya akan datang hari yang dia berangan-angan agar pada catatan amalannya terdapat tambahan kebaikan atau dikuranginya kejelekan. Dan tidaklah hari tersebut jauh dari kita.

☑ Seorang manusia bisa saja berjalan kemudian terjatuh meninggal. Bisa saja seorang yang tidur di atas ranjangnya kemudian tidak ada yang membangunkannya kecuali orang yang akan memandikan.

🛡 Maka, hendaknya seorang bertakwa kepada Allah dan menyelamatkan dirinya."

📚 Fatawa Sual Alal Hatif, Jilid 1/518.

‏🔴  قال الإمام ابن عثيمين رحمه الله:

وليعلم كل واحد منَّا أنه سيأتي اليوم الذي يتمنى أن يكون في كتابه زيادة حسنة أو نقص سيئة وما ذلك اليوم ببعيد الإنسان يمشي فيسقط ميّتًا ينام على فراشه فلا يقيمُه إلا الغاسل
فليتقِ اللهَ امرؤٌ وليُنْجِ نفسَه

(🎤فتاوى سؤال على الهاتف ١ /  ٥١٨)

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon
🖥 *Website Salafy Cirebon :*
www.salafycirebon.com

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

Senin, 25 Februari 2019

BERGEMBIRALAH DENGAN KEUTAMAAN DAN RAHMAT-NYA INI

BERGEMBIRALAH DENGAN KEUTAMAAN DAN RAHMAT-NYA INI

✍🏻 _Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah -rahimahullah- :

📖 Allah -ta'ala- berfirman :

قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوا ...

Katakanlah: "Dengan keutamaan Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira... (Yunus:58)

📜✍🏻 Maka yang dimaksud dengan keutamaan Allah dan rahmat-Nya adalah : Al Qur'an dan keimanan."

📘📕 Majmu' Fatawa 16/ 49
_____

‏شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله :
قال تعالى {قل بفضل الله وبرحمته فبذلك فليفرحوا} فـ فضلُ الله ورحمته : القرآن والإيمان .
~
مجموع الفتاوى ١٦/ ٤٩

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon
🖥 *Website Salafy Cirebon :*
www.salafycirebon.com

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

Siapakah Yazid bin Abi Sufyan

PERBEDAAN ANTARA YAZID BIN MUAWIYAH DAN YAZID BIN ABI SUFYAN

✍ Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah berkata,

🌈 "Terkadang tersamarkan antara Yazid bin Muawiyah dengan pamannya yaitu Yazid bin Abi Sufyan.

✅Yazid bin Abi Sufyan beliau termasuk dari para sahabat.

✅dan beliau termasuk dari para sahabat yang terbaik.

✅Beliau adalah yang terbaik dari keluarga harb.

✅Beliau salah satu penguasa negeri syam yang diutus oleh Abu Bakr As Siddiq Radhiallahu anhu dalam penaklukan negeri syam."

📚 Al Fatawa, jilid 3/413.

✍ Beliau juga mengatakan di dalam Al Fatawa Jilid 4:

📍"Adalah Muawiyah lebih baik keislamannya dibandingkan dengan bapaknya menurut kesepakatan ahlul ilmi. Sebagaimana saudaranya yaitu Yazid bin Abi Sufyan beliau lebih utama dari Muawiyah dan bapaknya. Oleh karenanya Abu Bakr As Siddiq Radhiallahu Anhu melibatkannya untuk memerangi orang-orang Nasrani dalam penaklukan negeri Syam."

[📍الفرق بين يزيد بن معاوية ويزيد بن أبي سفيان]

📌قال شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله:

(وقد يشتبه يزيد بن معاوية بعمه يزيد بن أبي سفيان، فإن يزيد بن أبي سفيان كان من الصحابة، وكان من خيار الصحابة، وهو خير آل حرب، وكان أحد أمراء الشام الذين بعثهم أبو بكر رضي الله عنه في فتوح الشام).

                الفتاوى (3/413).

📌وقال أيضا كما في الفتاوى ج (4):

(وكان معاوية أحسن إسلامًا من أبيه باتفاق أهل العلم، كما أن أخاه يزيد بن أبي سفيان كان أفضل منه ومن أبيه؛ ولهذا استعمله أبو بكر الصديق رضي اللّه عنه على قتال النصارى حين فتح الشام).

نتعاون على السنة
السنة سفينة نوح من ركبها نجا ومن تخلف عنها هلك

https://t.me/Nataouan

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon
🖥 *Website Salafy Cirebon :*
www.salafycirebon.com

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

Minggu, 24 Februari 2019

RENDAHNYA DUNIA

PERMATA SALAF

RENDAHNYA DUNIA

📢 Berkata Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu:

👉🏼 Dunia ini adalah bangkai dan para pencarinya adalah anjing-anjing.

💥 “Siapa saja yang menginginkan bangkai, maka dia harus mampu bersabar untuk berbaur dengan anjing-anjing.”

📚 Al Amali Al Khomisiyah 1763

------------------

، قَالَ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ عَلَيْهِ السَّلَامُ : " الدُّنْيَا جِيفَةٌ وَطُلَّابُهَا كِلَابٌ ، فَمَنْ أَرَادَ الْجِيفَةَ فَلْيَصْبِرَّنَ عَلَى مُخَالَطَةِ الْكِلَابِ " .
الامالي الخميسية ١٧٦٣

•••┈••••○❁🌻❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp
Ⓚ①ⓉⒶ🌏ⓈⒶⓉⓊ
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung
🌐📲 Join Channel Ⓚ①Ⓣ
https://t.me/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan••• [ VERSI BARU❗ ]  Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia2

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

Dibuatkan Rumah di Surga

Dibuatkan Rumah di Surga

Ingin dibuatkan rumah di dunia? Itu mah angan-angan biasa.. Nah, ini ya akhi, dibuatkan rumah di surga, baru namanya, angan-angan luar biasa..

Simak sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ini,

مَنْ ثَابَرَ عَلَى ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنَ السُّنَّةِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ
Artinya:
"Barangsiapa yang merutinkan shalat sunnah dua belas raka’at di dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga, (yakni):
Empat raka’at sebelum  zhuhur
Dua raka’at sesudah zhuhur
Dua raka’at sesudah maghrib
Dua raka’at sesudah ‘Isya
Dan dua raka’at sebelum shubuh."

(HR. Tirmidzi dari Aisyah radhiallahu 'anha dan hadits ini dishahihkan oleh Imam Al Albani hafizhahullahu)

Teorinya mudah, tapi masyaallah susah mengamalkannya ya. Oleh karenanya, mari kita sisipkan di antara lantunan doa-doa kita, untuk diberi kemudahan oleh Allah dalam mengamalkannya.

➖➖➖
💐 Wa Sedikit Faidah Saja (SFS)
➖➖➖
💾 Arsip lama di catatankajianku.blogspot.com dan di link telegram http://bit.ly/1OMF2xr
@SedikitFaidahSaja

#ibadah

Sabtu, 23 Februari 2019

3 KEBAIKAN SEJATI

PERMATA SALAF

3 KEBAIKAN SEJATI

☝💬 Bertanya Ibnu Umar kepada Tubayyi' bin 'Amir :

Wahai Tubayyi', beritahukan kepada kami apa itu tiga kebaikan

Maka beliau menjawab:
1. Lisan yang senantiasa jujur.
2. Hati yang senantiasa bertaqwa.
3. Dan wanita yang shalihah.

Sumber : as Siyar 4/413

🌿🌸  ‏قال ابن عمر لتُبيع بن عامر :

يا تُبيع أخبرنا عن الخيرات الثلاث ؟

قال : اللسان الصدوق ، وقلبٌ تقيّ ، وامرأةٌ صالحة " .

📙السير413/4

_________

✍🏻WhatsApp
Ⓚ①ⓉⒶ🌏ⓈⒶⓉⓊ
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung
🌐📲 Join Channel Ⓚ①Ⓣ
https://t.me/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan••• [ VERSI BARU❗ ]  Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia2

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

HUKUM MENYUMBANGKAN Donor ANGGOTA BADAN

FATWA ULAMA

HUKUM MENYUMBANGKAN ANGGOTA BADAN

💺 Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah

📬 Pertanyaan :

Apakah boleh menyumbangkan sebagian anggota badan❓

📭 Jawaban :

👋🏼 Adapun menyumbangkan bagian anggota badan milik mayit, maka ini hukumnya HARAM dan tidak boleh.

💦 Karena Allah azza wa jalla telah menjadikan fisik seorang manusia sebagai amanah baginya. Allah azza wa jalla berfirman :

“Janganlah kalian membunuh diri-diri kalian.”

✋🏼 Dan tidak ada perbedaan antara hukum menyumbang bagian anggota badan milik orang yang hidup dengan yang sudah mati.

•••┈••••○❁🌻❁○••••┈•••

📬 السؤال :
  وهل التبرع بالأعضاء جائز؟

📭الجواب:
أما  التبرع بأعضاء الميت- فهذا حرام ولا يجوز؛ لأن الله سبحانه وتعالى جعل جسم الإنسان أمانة عنده، فقال عز وجل: ﴿وَلا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ﴾ [النساء:29] ولا فرق في التبرع بالأعضاء بين الحياة والموت،

•••┈••••○❁🌻❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp
Ⓚ①ⓉⒶ🌏ⓈⒶⓉⓊ
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung
🌐📲 Join Channel Ⓚ①Ⓣ
https://t.me/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan••• [ VERSI BARU❗ ]  Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia2

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

KEUTAMAAN ILMU ATAS HARTA

KEUTAMAAN ILMU ATAS HARTA

✍🏼 Abban bin Muslim rahimahullah berkata:

كلمةُ حِكمةٍ لكٙ من أخيـك خيرٌ  من مال يُعطيـك؛ لأن المال يُطغيـك والكلمة تٙهديـك.

"Sebuah kalimat hikmah yang engkau dapatkan dari saudaramu, lebih baik dibandingkan dengan harta yang dia berikan kepadamu, karena sesungguhnya harta akan membuatmu melampaui batas, sedangkan kalimat tersebut akan membimbingmu."

📚 Adabul Mujalasah wa Hamdul Lisan, hlm. 32

🌍 Sumber || https://twitter.com/fzmhm12121/status/860044515041783808

⚪ WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram || http://telegram.me/ForumSalafy

💎💎💎💎💎💎💎💎💎

DUNIA YANG DIRAIH SEORANG MUKMIN MENGURANGI KESEMPURNAAN DERAJATNYA DI AKHIRAT

DUNIA YANG DIRAIH SEORANG MU'MIN MENGURANGI KESEMPURNAAN DERAJATNYA DI AKHIRAT

✍🏼 Umar bin al-Khaththab radhiyallahu anhu berkata:

لا يصيب أحدٌ من الدنيا إلا نقص من درجاته عند الله وإن كان عليه كريمًا.

"Tidaklah seorangpun meraih sesuatu dari dunia, kecuali akan mengurangi derajatnya di sisi Allah, walaupun dia tetap mulia di sisi Allah."

📚 Shahih, dikeluarkan oleh Hannad bin as-Sarry dalam kitab az-Zuhd, no. 557

🌍 Sumber || https://twitter.com/Arafatbinhassan/status/615842815050805248

⚪ WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram || http://telegram.me/ForumSalafy

💎💎💎💎💎💎💎💎💎

Jumat, 22 Februari 2019

SYAFAAT HANYA BAGI YANG IKHLAS DAN TAWAKAL KEPADA ALLAH

SYAFAAT HANYA BAGI YANG IKHLAS DAN TAWAKAL KEPADA ALLAH

💬 Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata :

🛣 💎 "Setiap kali seseorang menyempurnakan keikhlasannya kepada Allah, maka ia semakin berhak mendapatkan syafaat.

🏛 🔥 Adapun orang yang menggantungkan hatinya kepada satu makhluk, lalu ia berharap dan takut kepadanya, maka inilah orang yang paling jauh dari syafaat."

📕📘 Iqtidho'us Shirotil Mustaqimi Li mukholafati Ashabil Jahim - halaman 552
____

📌 قال شيخ الاسـلام ابن تيمــة رحمـہ اللـہ

❏ كلما كان الرجل أتم إخلاصا لله كان أحق بالشفاعــة، وأما من علق قلبـہ بأحد المخلوقين يرجوه ويخافــہ فهذا من أبعــد الناس عن الشفاعة"

📓📔 اقتضاء الصراط المستقيم لمخالفة أصحاب الجحيم  (صـ ٥٥٢)

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

TATKALA ANAK HARUS MEMILIH

PERMATA SALAF

TATKALA ANAK HARUS MEMILIH

🔊 Berkata Ibnul Qoyyim dari gurunya ibnu Taimiyyah rahimahumulloh:

📜 "Dahulu ada orang tua yang berselisih mengenai hak asuh anaknya di depan seorang hakim."

💭 Maka sang hakim mempersilahkan anak itu untuk memilih antara keduanya.

👉🏼 Akhirnya anak itu lebih memilih ayahnya.

Berkata ibunya:

💬 "tanyakan kepada anak itu kenapa dia lebih memilih ayahnya?"

Maka hakim bertanya kepada anak tersebut lalu dia menjawab:

✍🏻 "Ibuku setiap hari membawaku kepada para penulis dan ahli fikih mereka selalu memukuliku!"

🛴 "Sedangkan ayahku membiarkan aku bermain dengan anak-anak yang lain."

Maka hakim tersebut menetapkan hak asuh untuk sang ibu seraya berkata:

☝🏻 "kamu lebih pantas mengasuhnya"

📚 Zadul Maad 475

------------------------

🌿🌸 ابن القيم رحمه الله :
سمعت شيخنا -ابن تيمية- يقول

تنازع أبوان صبيًا عند بعض الحكام فخيّره بينهما؛ فاختار أباه؛
فقالت الأم: سله،لأي شيء اختار أباه؟
فسأله، فقال الصبي:
أمي تبعثني كل يوم للكُتَّاب، والفقيه يضربني!
وأبي يتركني ألعب مع الصبيان.
فقضى به للأم، وقال: أنتِ أحقُّ به.

📙 زاد المعاد / 475

•••┈••••○❁🌻❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp
Ⓚ①ⓉⒶ🌏ⓈⒶⓉⓊ
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung
🌐📲 Join Channel Ⓚ①Ⓣ
https://t.me/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan••• [ VERSI BARU❗ ]  Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia2

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

TUNAIKAN HAK JALAN WAHAI SAUDARAKU

MUTIARA HADIST

TUNAIKAN HAK JALAN WAHAI SAUDARAKU

📜 Dari Abu Said Al Khudri radhiyallahu anhu berkata, bahwa Nabi ﷺ bersabda :

🔊 “Janganlah kalian duduk-duduk ditepi pinggir-pinggir jalan umum,”

para sahabat berkata,

💺 ”Sesungguhnya kami butuh untuk duduk-duduk sambil berbincang-bincang.”

Maka beliau berkata,

☝🏻 ”Jika kalian memang harus duduk-duduk, maka tunaikanlah hak jalan tersebut,”

mereka bertanya,

💭 ”Apa hak jalan itu, wahai Rasulullah?”

Beliau menjawab,

📢 ”Menundukkan pandangan, tidak mengganggu orang, menjawab salam, memerintahkan kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar.”

📚 HR. Al Bukhari & Muslim

--------------------

عنْ أَبِي سَعيدٍ الْخُدْرِيِّ عن النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: إِيَّاكُم وَالْجُلُوسَ في الطُّرُقاتِ، فقَالُوا: يَا رسَولَ اللَّه، مَا لَنَا مِنْ مَجالِسنَا بُدٌّ، نَتحدَّثُ فِيهَا، فَقَالَ رسولُ اللَّه ﷺ: فَإِذَا أَبَيْتُمْ إِلَّا الْمَجْلِس فَأَعْطُوا الطَّريقَ حَقَّهُ، قالوا: ومَا حَقُّ الطَّرِيقِ يَا رسولَ اللَّه؟ قَالَ: غَضُّ الْبَصَر، وكَفُّ الأَذَى، ورَدُّ السَّلامِ، وَالأَمْرُ بالْمَعْروفِ، والنَّهْيُ عنِ الْمُنْكَرِ متفقٌ عَلَيهِ.

•••┈••••○❁🌻❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp
Ⓚ①ⓉⒶ🌏ⓈⒶⓉⓊ
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung
🌐📲 Join Channel Ⓚ①Ⓣ
https://t.me/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan••• [ VERSI BARU❗ ]  Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia2

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

Kamis, 21 Februari 2019

SEBAB SEMPITNYA HATI

SEBAB SEMPITNYA HATI

✍ Ibnul Qayyim Rahimahullah berkata,

"Diantara sebab terbesar sempitnya hati seorang hamba adalah berpaling dari Allah ta'ala, bergantungnya hati kepada selain-Nya dan lalai dari mengingat-Nya."

📚 Zaadul Ma'ad, Jilid 2/22.

‏يقول ابن القيم رحمه الله:

"وَمِنْ أَعْظَمِ أَسْبَابِ ضِيقِ الصّدْرِ: الْإِعْرَاضُ عَنْ اللّهِ تَعَالَى وَتَعَلّقُ الْقَلْبِ بِغَيْرِهِ وَالْغَفْلَةُ عَنْ ذِكْرِهِ".

📚 [زاد المعاد 2 / 22]

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

SEGERALAH BERTAUBAT KEPADA ALLAH, JANGAN KAU TUNDA!

SEGERALAH BERTAUBAT KEPADA ALLAH, JANGAN KAU TUNDA!

عَنْ أَبِي مُوسَى عَنْ النَّبِيِّ ﷺَ قَالَ ؛ «إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَبْسُطُ يَدَهُ بِاللَّيْلِ لِيَتُوبَ مُسِيءُ النَّهَارِ وَيَبْسُطُ يَدَهُ بِالنَّهَارِ لِيَتُوبَ مُسِيءُ اللَّيْلِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا» رواه مسلم.

Dari Abu Musa Al-Asy'ari radhiyallahu 'anhu, dari Nabi ﷺَ, beliau bersabda, "Sesungguhnya Allah 'azza wa jalla membentangkan tangan-Nya pada malam hari, untuk menerima taubat pelaku dosa di siang hari dan demikian pula Allah 'azza wa jalla membentangkan tangan-Nya pada siang hari, untuk menerima taubat pelaku dosa di malam hari, hingga matahari terbit dari arah tenggelamnya." (HR. Muslim)

✍ Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin rahimahullah berkata :

Hadits ini memiliki faidah bahwa Allah subhanahu wa ta'ala menerima taubat seorang hamba walaupun taubatnya diakhirkan. Akan tetapi, bersegera dalam bertaubat itulah yang wajib. Karena manusia tidak mengetahui, kadang maut menjemput dengan tiba-tiba, akhirnya ia mati sebelum bertaubat. Maka yang wajib adalah segera bertaubat. Walaupun demikian, seandainya taubat diakhirkan maka pasti Allah tetap menerima taubat seorang hamba.

📚 Syarh Riyadhush Shalihin (1/105)

قال الشيخ محمد بن صالح العثيمين رحمه الله :
وفي هذا الحديث: أن الله -سبحانه وتعالي- يقبل توبة العبد وإن تأخرت، لكن المبادرة بالتوبة هي الواجب؛ لأن الإنسان لا يدري، فقد يفجأه الموت فيموت قبل أن يتوب. فالواجب المبادرة، لكن مع ذلك، لو تأخرت تاب الله على العبد.

📚 شرح رياض الصالحين (١.٥/١)

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

Rabu, 20 Februari 2019

PERBANYAK AMAL SHALIH SECARA RAHASIA

PERMATA SALAF

PERBANYAK AMAL SHALIH SECARA DIAM-DIAM

🎙 Berkata Imam Malik bin Anas rahimahullaah :

🤲🏽 Barangsiapa yang suka agar :

🔖 Dilapangkan hatinya…

🔖 Serta terselamatkan dari kesengsaraan menjelang kematian…

🔖 Dan kengerian hari kiamat…

👋🏼 Maka hendaklah amalan kebaikannya secara sembunyi-sembunyi lebih banyak daripada amal kebaikannya secara terang-terangan.

🗃 Tartiibul Madaarik 1/2

•••┈••••○❁🌻❁○••••┈•••

🎙 قال الإمام مالك رحمه الله:
  من أحب أن تفتح له فرجة في قلبه وينجو من غمرات الموت وأهوال القيامة فليكن عمله في السر أكثر منه في العلانية"

🗃[ ترتيب المدارك ٢-١]

•••┈••••○❁🌻❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp
Ⓚ①ⓉⒶ🌏ⓈⒶⓉⓊ
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung
🌐📲 Join Channel Ⓚ①Ⓣ
https://t.me/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan••• [ VERSI BARU❗ ]  Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia2

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

Selasa, 19 Februari 2019

HUKUM MELIPAT BAJU ATAU CELANA dalam Shalat

FATWA ULAMA

HUKUM MELIPAT BAJU ATAU CELANA

KOMITE TETAP URUSAN FATWA & PEMBAHASAN ILMIYAH SAUDI ARABIA

Pertanyaan :

✍🏻 Apakah melipat lengan baju termasuk hal yang dilarang oleh syari'at, dan jikalau hal tersebut termasuk yang terlarang, apakah berbeda hukumnya seandainya aku melipat lengan baju sebelum memulai sholat, yaitu aku tidak melipatnya ketika sedang sholat atau sama hukumnya?

Jawab:

🖐🏻 Tidak boleh melipat atau menahan lengan baju agar supaya tidak terkena tanah disaat sedang sujud baik sebelum maupun ketika sholat berdasarkan sabda Nabi ﷺ :

“Aku diperintahkan supaya sujud di atas tujuh tulang dan agar tidak melipat lengan baju dan menguncir rambut”

📚 "HR. Al Bukhori dan Muslim"

📄 Sumber
Fatawa Al Lajnah Ad Daimah (7/35)

---------------------

:هل يعدّ تشمير الأكمام من الكفت المنهي عنه في الصلاة ، وإذا كان من الكفت فهل يختلف حكمه لو أني دخلت في الصلاة كنت على هيئة التشمير هذه قبل أن أدخل فيها أي أني لم أفعل هذا التشمير في أثناء الصلاة أم أنهما سواء ؟
فأجابوا :
لا يجوز تشمير الأكمام بكفها أو ثنيها لئلا تقع على الأرض عند السجود ، في أثناء الصلاة ، ولا قبل الصلاة لقول النبي صلى الله عليه وسلم : ( أمرت أن أسجد على سبعة أعظم وأن لا أكف شعرا ولا ثوبا ) رواه البخاري ومسلم "
"فتاوى اللجنة الدائمة" (7/35)

•••┈••••○❁🌻❁○••••┈•••

✍🏻WhatsApp
Ⓚ①ⓉⒶ🌏ⓈⒶⓉⓊ
Bagi-bagi faedah ilmiahnya....ayo segera  bergabung
🌐📲 Join Channel Ⓚ①Ⓣ
https://t.me/KajianIslamTemanggung

📻📡 Dengarkan••• [ VERSI BARU❗️ ]  Kajian Islam dan Murotal al-Quran setiap saat di Radio Islam Indonesia
http://bit.ly/AplikasiRadioIslamIndonesia2

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈