Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

TENTANG SYIRIK ASHGHAR SYIRIK KECIL

TENTANG SYIRIK ASHGHAR (KECIL)

🍃Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah berkata:

"Adapun syirik kecil, maka ia adalah apa yang ada di bawah tingkatan syirik besar. Contoh: bersumpah dengan selain Allah tanpa meyakini bahwa yang dijadikan sumpah itu layak dengan keagungan sebagaimana layak diterima Allah 'Azza wa Jalla. Sehingga ia bersumpah dengan selain Allah karena mengagungkan terhadap yang dijadikan sumpah. Sekalipun begitu ia meyakini selain Allah 'Azza wa Jalla dalam pengagungan, maka yang seperti ini merupakan bentuk syirik kecil. Berdasarkan sabda Nabi ﷺ:

من حلف بغير الله فقد كفر أو أشرك

“Barangsiapa bersumpah dengan selain nama Allah maka dia telah kafir atau berbuat syirik.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi dengan sanad yang shahih dari sahabat ‘Abdullah bin Umar bin Khattab radhiallahu ‘anhuma)

Sumpah seperti ini haram, baik bersumpah dengan Nabi atau Jibril atau dengan makhluk lainnya; dan ia telah berbuat syirik kecil."

🌕🎙 Fatawa Nurun 'Alaa ad Darb kaset 124

📱http://t.me/ukhwh

أما الشرك الأصغر: فإنه ما دون الشرك الأكبر، مثل: أن يحلف بغير الله غير معتقد أن المحلوف به يستحق من العظمة ما يستحقه الله عز وجل، فيحلف بغير الله تعالى تعظيماً له، أي للمحلوف به ولكنه يعتقد أنه دون الله عز وجل في التعظيم، فهذا يكون شركاً أصغر؛ لقول النبي صلى الله عليه وسلم:  «من حلف بغير الله فقد كفر أو أشرك »، وهو محرم سواء حلف بالنبي أو بجبريل أو بغيرهما من الخلق، ويكون به مشركاً شركاً أصغر.

0 Response to "TENTANG SYIRIK ASHGHAR SYIRIK KECIL"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo