Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

HADIRKAN HATIMU SAAT MENGUCAPKAN SALAM

HADIRKAN HATIMU SAAT MENGUCAPKAN SALAM

🎙Syekh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah berkata :

"Mayoritas orang saat  mengucapkan salam yang  teringat pada benaknya adalah salam itu sebatas penghormatan saja. Yang seperti ini tidak sepantasnya, tetapi yang sepantasnya adalah engkau mengingatnya sebagai doa keselamatan kepada orang lain dari musibah atau penyakit. Karena jika engkau hanya mengingat salam sebatas ucapan penghormatan saja, maka jadilah salam itu tidak ada bedanya dengan ucapanmu ahlan wa sahlan. Bahkan salam penghormatan ahlan wasahlan, marhaban wahai aba fulan, hayyakallah, bayyakallah, dan kata-kata sambutan selamat datang lainnya lebih sering diucapkan dari pada ucapan salam, sehingga inilah yang sepantasnya kita peroleh, selama seperti ini apa yang engkau memaksudkan makna yang ditujukan syariat, maka akan menjadi hanya lafaz saja. Maka, seharusnya bagi kita, saat mengucapkan salam kepada seseorang untuk kita mengingat dalam benak, bahwa kita sedang mendoakan keselamatan dari musibah atau penyakit. Oleh karenanya jika engkau mengucapkan setiap kalimat ucapan selamat datang, maka tidaklah kalimat itu
bisa menjadi kalimat doa yang engkau mendoakannya dengan keselamatan. Jadi, apa yang disebutkan al Akh Khalid benar. Bahwa mayoritas orang mengucapkan 'Assalamualaikum' sebatas sapaan penghormatan saja."

📚 Tafsir Surah al Ahzab

http://t.me/ukhwh

🇸🇦Teks Arab

أكثر الناس عندما يسلم يستحضر أنها تحية فقط وهذا ما ينبغي بل الذي ينبغي أن تستحضر بأنها دعاء له بالسلامة من الآفات لأنك إذا كنت لا تستحضر إلا أنها تحية صارت لا فرق بينها وبين قولك أهلا ًوسهلاً بل ربما تكون التحية بأهلاً وسهلاً ، مرحباً يا أبا فلان ، حياك الله وبياك وما أشبه ذلك من الكلمات الترحيبية تكون أبلغ من هذا ولهذا ينبغي لنا ما دام ما نويت المعنى الذي قصده الشارع صار لفظاً مجرداً فينبغي لنا إذا سلمنا على أحد أن نستحضر أننا ندعوا له بالسلامة من الآفات ولهذا لو أتيت بكل ترحيب ما قابل هذه الجملة الدعائية أن تدعو الله له بالسلامة فالحاصل أن ما ذكره الأخ خالد صحيح أن أكثر الناس يقولون السلام عليكم من باب التحية فقط .

0 Response to "HADIRKAN HATIMU SAAT MENGUCAPKAN SALAM"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo