Minggu, 25 Januari 2015

Lelaki yang Mencela Ulama Sunnah

Al-'Allamah Muqbil bin Hadi al-Wadi'i -rahimahulloh- :

-----******

❌ Apabila engkau melihat seorang lelaki mencela Ulama Sunnah.

❗Maka ketahuilah !! bahwasanya ia maftuun¹ dan sungguh hizbiyyah² telah membelenggu hatinya.

🚫 Walaupun seolah-olah menampakkan dirinya seorang sunni (Ahlussunnah).

••••••
¹maftuun ialah orang yang terfitnah.

²hizbiyyah ialah sikap fanatik pada kelompok atau orang tertentu.
_________
💽 dari kaset 'As'ilah min Bariithooniya' 'anil jihaad (1-10/170)
------******
🌿🌾🌿🌾

📊✏ WA Fawwaz bin Ali al-Madkhali
___________

Kamis, 22 Januari 2015

Tidak Menonton Televisi Apakah Ekstrim ?

------------------

📺❌🔥👊 HUKUM NONTON TELEVISI 👊

🔊 asy-Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah
--------------------------

Pertanyaan :
"Sebagian orang yang baik,  memasukkan televisi ke rumah mereka.  Dengan alasan karena dia tidak ingin dituduh sebagai orang yang ekstrim.
Bagaimana bimbingan Anda? "

📜 Jawab :
"Meninggalkan televisi bukanlah sikap ekstrim.  Namun itu adalah tindakan berhati-hati (demi menjaga keselamatan) agama,  keluarga, anak-anaknya. Jadi, meninggalkan televisi adalah TINDAKAN MENJAUHI SEBAB-SEBAB KEMUDHARATAN (hal-hal yang membahayakan dan merugikan, pen).
👉📺❌ Karena keberadaan televisi menyebabkan BAHAYA terhadap anak-anak dan para wanita,  BERBAHAYA juga terhadap pemilik rumah. Siapakah yang dirinya terjamin aman dari fitnah??!

Setiap kali seseorang selamat dari sebab-sebab fitnah,  maka itu akan lebih baik baginya baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang.

✅ Meninggalkan televisi bukanlah sikap ekstrim, namun itu adalah bentuk penjagaan."

---------------------------

📚 al-Muntaqa min al-Fatawa,  Samahah asy-Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah (1/225)

•••••••••••••••
🌠📝 WhatsApp Manhajul Anbiya

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Donlot Gratis Kitab Ulama Salaf

📚💥📥⤵ Unduh pdf kitab2 salaf

📥 Fathul Majid
http://tinyurl.com/fathulmajid

📥 Fiqh Al Muyassar
http://tinyurl.com/fiqhalmuyassar

📥 Al Wajibat
http://tinyurl.com/alwajibat

📥 Lum'atul I'tiqod
http://tinyurl.com/lumatul-itiqod

📥 Mulakhos Mufid Fi Ilmi Tajwid
http://tinyurl.com/ilmitajwid

📥 Ushul Sunnah
http://tinyurl.com/ushulsunnah

📥 Al Qolus sadid syarh kitab tauhid
http://tinyurl.com/alqoulussadid

📥 Riyadhus Sholihin
http://tinyurl.com/riyadhussholihin

📥 Fadhlu Majalis Ahlul Ilmi Wa Dzikri
http://tinyurl.com/fadhlumajalis

📥 Fadhlu ittibais sunnah
http://tinyurl.com/fadhlu-ittibaissunnah

📥 Taisirul Allam Syarh umdatul ahkam
http://tinyurl.com/taisirul-allam

📥 Adabul usroh
http://tinyurl.com/adabul-usroh

📥 Ash showarifu anil haq
http://tinyurl.com/ashshowarifuanilhaq

📥 Muyassar Fi Ilmi Nahwi
http://tinyurl.com/muyassarfi-ilminahwi

📥 Durusullughoh jilid 1
http://tinyurl.com/lughoh-jilid1

📥 Durusullughoh jilid 2
http://tinyurl.com/lughoh-jilid2

📚 WA THOLIBUL ILMI CIKARANG

Senin, 19 Januari 2015

MENJAUHI KEMUNGKARAN Saat Piknik

WAJIBNYA MENJAUHI KEMUNGKARAN DALAM SETIAP KEADAAN

❌⛔ Ikhtilath ( bercampur baur laki-laki dan perempuan) di musim liburan

☑ Pertanyaan: Pada musim liburan sering terjadi iktilath dan berdesak desakan antara laki-laki dan wanita di Taman-taman Umum. Apakah ada arahan dari anda -semoga Alloh membalas kebaikan anda-❓

✅ Jawaban: Ini adalah musibah, orang-orang menganggap bahwa musim liburan berarti boleh di dalamnya ikhtilat dalam segala hal, dibolehkan (bermain) alat musik, dan dibolehkan ( melakukan) perkara-perkara yang diharamkan. Jelas ini tidak boleh. ( Musim liburan)  juga dianggap boleh bagi wanita untuk tidak berhijab, membiarkan terbuka ( hijabnya) dan berikhtilat.
🔥Ini semua perkara-perkara yang diharamkan, tidak boleh dilakukan dimusim liburan atau selainnya. Dan yang wajib bagi kaum muslimin untuk menjauhi kemungkaran-kemungkaran ini, baik dimusim liburan atau pun di selainnya

✏📜 Alihbahasa: al Ustadz Abu Hamzah Yusuf حفظه الله

➖➖
🌠💡 Sumber: http//forumsalafy.net/?p=9493

====================

الاختلاط في الإجازة.

السؤال: 
يكثر في الإجازة الاختلاط والمزاحمة في الحدائق العامة نساء ورجالا، فهل من توجيه لكم أثابكم الله؟
الجواب: هذه مصيبة يعتبرون العطلة أنها مباح فيها كل شيء اختلاط، يباح فيها ملاهي، يباح فيها أمور محرمة هذا لا يجوز، يباح فيها أيضا عدم الحجاب للنساء وتكون كاشفة وتختلط هذه محرمات لا يجوز لا في العطلة ولا في غيرها، والواجب على المسلمين أن يتجنبوا هذه المنكرات في العطلة وفي غيرها.

📚 http://alfawzan.af.org.sa/node/14741

🔸🔹🔸🔹🔸🔹🔸🔹

Senin, 12 Januari 2015

KEDUDUKAN HADITS MENGADZANI BAYI SETELAH LAHIR

KEDUDUKAN HADITS MENGADZANI BAYI SETELAH LAHIR

Pertanyaan di group al-I’tishom sebelumnya:

Bagaimana kedudukan hadits mengadzani bayi setelah lahir?

💡Jawaban:

Hadits mengadzani bayi setelah lahir memiliki 3 jalur periwayatan utama.

✅Riwayat jalur pertama:

عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي رَافِعٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَذَّنَ فِي أُذُنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ حِينَ وَلَدَتْهُ فَاطِمَةُ بِالصَّلَاةِ

Dari Ubaidillah bin Abi Rofi’ dari ayahnya beliau berkata: Saya melihat Rasulullah shollallahu alaihi wasallam adzan di telinga al-Hasan bin ‘Ali ketika dilahirkan Fathimah, dengan (adzan) sholat (H.R Ahmad, atTirmidzi, dan lainnya).

Jalur riwayat ini memiliki perawi bernama ‘Ashim bin Ubaidillah. Dia adalah perawi yang lemah menurut para Ulama. Abu Zur’ah dan Abu Hatim menyatakan dia adalah munkarul hadits. Sufyan bin Uyainah menyatakan: para syaikh menghindari hadits dari ‘Ashim bin Ubaidillah. Namun, Syu’bah bin al-Hajjaj meriwayatkan hadits darinya. Syu’bah bin al-Hajjaj dikenal sebagai seorang yang sangat selektif dalam mengambil periwayatan hadits. Al-Imam Malik heran dengan sikap Syu’bah bin al-Hajjaj yang mengambil periwayatan dari ‘Ashim bin Ubaidillah padahal dia adalah perawi yang lemah. Ibnu Hibban menyatakan bahwa ia lemah karena lemahnya hafalannya sehingga banyak salah. Ibnu ‘Adi menyatakan bahwa ia meski lemah, namun haditsnya ditulis (untuk dicari jalur penguat lainnya, pent). Al-‘Ijliy menyatakan bahwa ia tidak mengapa. Dimaklumi bahwa al-‘Ijliy termasuk Ulama yang bermudah-mudahan dalam penilaian terhadap perawi.

✅Riwayat jalur kedua:

عَنْ حُسَيْنٍ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ وُلِدَ لَهُ وَلَدٌ فَأَذَّنَ فِي أُذُنِهِ الْيُمْنَى وَأَقَامَ فِي أُذُنِهِ الْيُسْرَى لَمْ تَضُرَّهُ أُمُّ الصِّبْيَانِ

Dari Husain beliau berkata: Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang dilahirkan untuknya seorang anak, kemudian dia mengadzani di telinga kanan dan iqomat di telinga kiri, maka tidak akan memudhorotkannya Ummus Shibyaan (Jin yang mengikutinya atau hembusan angin)(H.R Abu Ya’la)

Di dalam sanad riwayat ini terdapat perawi yang bernama Marwan bin Salim al-Ghiffary yang dinyatakan matruk (ditinggalkan) oleh al-Haytsamiy dalam Majmauz Zawaaid. Ibnu Abi Hatim pernah bertanya kepada ayahnya, Abu Hatim tentang Marwan bin Salim al-Ghiffariy ini. Abu Hatim menyatakan: munkarul hadits jiddan, dhaiful hadits. Maka Ibnu Abi Hatim bertanya: Apakah haditsnya ditinggalkan? Abu Hatim menyatakan : Tidak. Tapi haditsnya ditulis (sebagai pertimbangan jika ada jalur penguat lain, pent)(al-Jarh wat Ta’diil (8/275)). 

✅Riwayat jalur ketiga:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  أَذَّنَ فِي أُذُنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ يَوْمَ وُلِدَ فَأَذَّنَ فِي أُذُنِهِ الْيُمْنَى وَأَقَامَ فِي أُذُنِهِ الْيُسْرَى

Dari Ibnu Abbas bahwa Nabi shollallahu alaihi wasallam adzan di telinga al-Hasan bin ‘Ali pada hari kelahirannya. Beliau adzan di telinga kanan dan iqomat di telinga kiri (H.R al-Baihaqiy dalam Syuabul Iman dan beliau menyatakan bahwa sanad hadits ini lemah)

Jalur periwayatan ini memiliki perawi yang bernama Muhammad bin Yunus al-Kudaimiy. Ibnu Hibban menyatakannya sebagai pemalsu hadits. Demikian juga Abu Dawud mengkategorikannya sebagai pendusta. Sedangkan Ahmad bin Hanbal menyatakan bahwa dulunya Muhammad bin Yunus al-Kudaimiy adalah dikenal baik dan haditsnya baik. Tidaklah didapati ada cela darinya kecuali karena ia bersahabat dengan Sulaiman asy-Syaadzakuuniy (Tahdziibut Tahdziib karya al-Hafidz Ibn Hajar (9/476)). Sedangkan Sulaiman asy-Syaadzakuuniy dikenal sebagai pendusta.

📄🔹Ketiga jalur periwayatan di atas masing-masingnya lemah. Namun yang menjadi perbedaan pendapat para Ulama adalah : bisakah ketiga jalur itu saling menguatkan sehingga paling tidak sampai derajat hasan? Syaikh al-Albaniy awalnya menghasankan hadits itu dalam Sunan atTirmidzi, namun setelah beliau mengkaji ulang beliau menilai bahwa riwayat Abu Rofi’ (jalur riwayat pertama) tidak bisa dikuatkan dengan jalur lain karena perawi-perawi yang pendusta. Beliau kemudian melemahkannya dalam Silsilah ad-Dhaifah. Syaikh Abdul Muhsin al-Abbad sepertinya cenderung pada pendapat Syaikh al-Albany yang terakhir ini dalam syarh Sunan Abi Dawud.

Sedangkan sebagian Ulama’ menyatakan bahwa adzan di telinga kanan bayi yang baru lahir bisa diamalkan. Jalur – jalur periwayatan yang ada bisa menguatkan.

Ulama yang berpendapat demikian di antaranya: atTirmidzi, al-Hakim, anNawawiy, Ibnu Qudamah, Ibnul Qoyyim, al-Mubarokfuriy penulis Tuhfatul Ahwadzi, asy-Syaukaaniy dalam Tuhfatudz Dzaakiriin, Syaikh Muhammad bin Ibrohim (mufti Saudi terdahulu), Syaikh Abdullah bin Abdil Aziz bin ‘Aqiil, Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin, Syaikh Abdul Aziz arRaajihiy. Sepertinya pendapat para Ulama ini adalah pendapat yang rajih, karena memang jalur-jalur periwayatan tersebut bisa menguatkan.

Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin dalam salah satu fatwanya berpendapat bahwa adzan di telinga bayi adalah sunnah, sedangkan iqomat tidak. Beliau menyatakan:

الأذان عند ولادة المولود سنة وأما الإقامة فحديثها ضعيف فليست بسنة ولكن هذا الأذان يكون أول ما يسمع المولود وأما إذا فات وقت الولادة فهي سنة فات محلها فلا تقضى

Adzan ketika kelahiran anak adalah sunnah sedangkan iqomat haditsnya lemah, bukan sunnah. Akan tetapi adzan ini adalah pertama kali yang didengar oleh anak yang dilahirkan. Adapun jika terlewat waktu kelahirannya, sunnah tersebut tidaklah diqodho’ (diganti di waktu lain) (Fataawa Nuurun Alad Darb (228/9)).

Wallaahu A’lam.

(Abu Utsman Kharisman)

🔸🔸🔷🔶🔹🔹
WA al-I'tishom

Minggu, 11 Januari 2015

MENYIKAPI ORANG-ORANG YANG MEMUJI PENDIRI DAN PEMIKIR SELAIN MANHAJ SALAFIYAH

MENYIKAPI ORANG-ORANG YANG MEMUJI PENDIRI DAN PEMIKIR SELAIN MANHAJ SALAFIYAH

💺📚 ASY-SYAIKH SHALIH BIN FAUZAN BIN 'ABDILLAH AL-FAUZAN HAFIZHAHULLAAH.

❓ السؤال: (٥١)

◻🍀  من خالف أصول السلف ممن هم حولنا، وناصر المناهج اﻷخرى؛ بأن مدح مؤسسيها ومفكريها، هل يجب نسبته إليهم ليحذره الناس، وﻻ يغتروا به وبمنهجه ؟

❓PERTANYAAN 5⃣1⃣

◻🍀 Orang yang menyelisihi dasar-dasar Salafiyah dari orang-orang yang ada disekitar kita dan membantu manhaj-manhaj yang lain dengan memuji para pendiri pendiri dan pemikir-pemikirnya, apakah orang-orang tersebut digolongkan kepada mereka, agar manusia berhati-hati dengannya, dan tidak tertipu dengannya dan dengan manhajnya?
------🌾💐🌾-------

✅💐 الجواب:

❌⚡ من خالف منهج السلف، ومدح المناهج المخالفة لمنهج السلف، ومدح أهلها، فإنه يعتبر من أهل المناهج المخالفة، تجب دعوته و مناصحته، فإن رجع إلى الحق و إﻻ فإنه يهجر ويقاطع.

🍃☀ وما أظن أن في هذه البلاد التي نشأت على التوحيد ومنهج السلف من يفعل ذلك- إن شاء الله -،

🌴🔪و لكن قد يكون فيها من يحسن الظن ببعض أصحاب الإتجاهات المخالفة، وهو ﻻ يعلم حقيقة ما هم عليه، فإذا بين له الحق بطر يقة سليمة، فإنه سيقبله- بإذن الله-.

👣❕و أوصي بعدم التسرع في الحكم على الناس، و رميهم بالمخالفة، وتنفرهم.

------🌾💐🌾-------

✅💐 JAWABAN

❌⚡ Orang yang menyelisihi manhaj Salaf dan memuji manhaj-manhaj lain yang menyelisihi manhaj Salaf dan memuji orang-orangnya sesungguhnya dia dianggap termasuk pemilik manhaj-manhaj yang menyelisihi. Maka wajib mendakwahi dan menasihatinya, jika dia kembali kepada kebenaran (maka itu yang diharapkan) dan jika tidak maka diboikot dan diputus hubungan.

🍃☀ Dan aku menganggap bahwa di negeri yang di bangun di atas tauhid dan manhaj salaf ini (yakni Saudi Arabia, pen) tidak ada yang melakukan hal itu, Insya Allah.

🔪🌴Akan tetapi, kadang-kadang ada yang berprasangka baik kepada orang-orang yang memiliki tujuan-tujuan yang menyimpang, sedangkan dia tidak mengetahui keadaan mereka yang sesungguhnya. Maka jika dijelaskan kepadanya kebenaran dengan cara yang baik, dengan ijin Allah dia akan menerimanya.

👣❕Dan aku berwasiat agar tidak tergesa-gesa dalam menghukumi manusia, dan menuduh mereka menyimpang dan membuat manusia lari dari mereka.
--------🌾💐🌾--------

📚 SUMBER: AL-AJWIBAH AL-MUFIDAH 'AN AS-ILAH AL-MANAHIJ AL-JADIDAH; SOAL KE-51; MAKTABAH DAAR AS-SALAF
---------------------

📝Alih Bahasa: Miqdad al-Ghifary hafizhahullaah.

➖➖➖➖➖➖➖
🌎  WhatsApp Riyadhul Jannah

💐🌾💐🌾💐🌾💐

JAMA'AH KAUM MUSLIMIN TIDAK MUNGKIN BERKUMPUL DIATAS KEBATILAN

JAMA'AH KAUM MUSLIMIN TIDAK MUNGKIN BERKUMPUL DIATAS KEBATILAN

Oleh: Asy Syaikh Sholeh Al-Fauzan -hafizhahullah-

❓هل من الممكن أن تجتمع جماعة المسلمين على الباطل ، وهل في هذا الزمان للمسلمين جماعة ؟

❓وهذا يسأل - حفظكم الله - يقول : أشهد الله على حبي لك فيه ، يا شيخ هل من الممكن أن تجتمع جماعة المسلمين على الباطل

❔، وكيف نجمع بين قول الرسول صلى الله عليه وسلم :

💬 "يد الله مع الجماعة ومن شذ شذ في النار" وبين قول الله تعالى :

(وَإِنْ تُطِعْ أَكْثَرَ مَنْ فِي الْأَرْضِ يُضِلُّوكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ) ؟

❓ وهل في هذا الزمان للمسلمين جماعة ؟
*******
☑الجواب :

💬نعم . المسلمون لهم جماعة في كل زمان ، والحمدلله ، لكن الجماعة قد تقل وتكثر ،

🌾 الجماعة قد تقل وتكثر ، وهي التي أوصى بها النبي - صلى الله عليه وسلم - بقوله : "فإن يد الله على الجماعة"

🌿 ، الجماعة التي على الحق ، وليس معناه الكثرة

،🍄 الجماعة ولو كانوا قليلين على الحق هم الجماعة ،

⛳ ولو كانوا اثنين أو ثلاثة ، حتى لو كان واحد على الحق يقال له الجماعة فيُتبع ،

📝 فهذا معنى قوله - صلى الله عليه وسلم -

💬 "إن يد الله على الجماعة"
🌻 ، أي الذين على الحق هم الجماعة ولو كانوا قليلين

⚡ ، وأما من كانوا على الباطل فليسوا هم الجماعة ولو كانوا كثيرين

🍁 ، ينبغي أن يُعرف هذا ، الضابط هو الحق

🌐 ،وأما الإجماع فالأمة لا تُجمع على ضلالة والحمدلله ، لاتُجمع أمتي على ضلالة

🌱 ، هذا جاء فيه حديث :

💬 "لا تُجمع أمتي على ضلالة" ، يعني أمة الإسلام ، أمة الحق ، ماهي الأمة العشوائية والأمة المتخبطة ، المراد أن أهل الحق لا يجتمعون على ضلالة ، أهل الحق لا يجتمعون على ضلالة ،

💥 أما أهل الباطل فيجتمعون على الضلال ،

✏فالضابط هو الإجتماع على الحق فهم الجماعة وهؤلاء لا يُجمعون على ضلالة . نعم .
🌵Soal:

❓Ada yang bertanya –wahai syaikh semoga Allah menjaga anda, Saya mempersaksikan kepada Allah atas kecintaanku kepada anda karena-Nya.-Wahai Syaikh, apakah mungkin jamaah kaum muslimin berkumpul di atas kebatilan?

❔Dan bagaimana kita mengkompromikan antara sabda Nabi-shallallâhu alaihi wa sallam,

💬“Tangan Allah bersama Jamaah, dan barangsiapa menyimpang, akan menyimpang ke neraka”, dengan firman Allah Ta’âlâ,

وَإِنْ تُطِعْ أَكْثَرَ مَنْ فِي الأرْضِ يُضِلُّوكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ

💬“Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah.”[Al-An’âm: 116]

❓Dan apakah di zaman ini ada di tengah kaum muslimin itu jamaah?

*************
☑Jawab:

💬Ya. Kaum muslimin, mereka semua adalah suatu jamaah sepanjang zaman –segala puji bagi Allah-, akan tetapi terkadang berkurang dan terkadang bertambah.

🌾Jamaah itu bisa berkurang dan bisa bertambah banyak, inilah yang diwasiatkan Nabi-shallallâhu alaihi wa sallam, dalam sabdanya,

💬“Sesungguhnya tangan Allah bersama dengan jamaah.”

🌿Jamaah yang berada di atas kebenaran, dan bukanlah artinya jumlah yang banyak.

🍄 Jamaah walaupun jumlahnya sedikit namun di atas kebenaran, maka mereka itulah jamaah.

⛳ Walaupun mereka hanya dua atau tiga orang, bahkan walaupun hanya satu orang saja, tapidi atas kebenaran maka ia dikatakan sebagai jamaah yang diikuti.

📝 Inilah makna dari sabda Nabi-shallallâhu alaihi wa sallam,

💬“Sesungguhnya tangan Allah itu bersama dengan jamaah.”

🌻Maksudnya orang-orang yang berada di atas kebenaran, merekalah jamaah walaupun jumlahnya sedikit,

⚡Adapun mereka yang berada di atas kebatilan kesesatan, mereka bukanlah jamaah, walaupun mereka jumlahnya banyak.

🍁Perkara ini selayaknya diketahui, ukurannya adalah kebenaran.

🌐Adapun ijma’, maka umat ini tidaklah pernah ijma’ di dalam kesesatan –segala puji bagi Allah-, tidak akan berkumpul umat dalam kesesatan.

🌱 Hal ini berdasarkan hadits,

💬“Tidaklah berkumpul umatku dalam kesesatan,” yakni umat Islam, umat kebenaran, tidak termasuk umat yangtercampur baur (para pelaku kesesatan dan non muslim; penj.), yang diinginkan adalah ahlul haq (orang-orang yang berada di atas kebenaran) itu tidaklah akan berkumpul dalam kesesatan, ahlul haq tidaklah berkumpul dalam kesesatan.

💥Adapun ahlul batil (orang-orang yang berada di atas kebatilan) mereka berkumpul dalam kesesatan.

✏Ketentuannya adalah persatuan di atas kebenaran itulah jamaah, merekalah yang tidak akan pernah berkumpul dalam kesesatan.

↪Sumber:
🌏http://www.alfawzan.af.org.sa/node/2379
________________________
🗻❈WhatsApp Minhajus Sunnah
[Ikhwan_NangaNanga Kendari] ❀ ❀ ❀
✺منتدى المعهد منهاج السنة الكنداري

••••••••••••••••••
🌎 WhatsApp Riyadhul Jannah.

INILAH JALAN YANG DI SIAPKAN UNTUK AHLUSSUNNAH

INILAH JALAN YANG DI SIAPKAN UNTUK AHLUSSUNNAH🌌🌌

✽✺※✽✺※✽✺※✽✺

🌠🔹ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻘﻴّﻢ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ

⭕💥 ‏"ﻓﻤﺴﺦ ﺍﻟﻤﺨﺘﻠﻔﻮﻥ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﺟﻌﻠﻮﺍ ﺍﻟﺴﻮﺍﺩ ﺍﻷﻋﻈﻢ ﻭﺍﻟﺤﺠﺔ ﻭﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻫﻢ ﺍﻟﺠﻤﻬﻮﺭ، ﻭﺟﻌﻠﻮﻫﻢ ﻋﻴﺎﺭﺍ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻨﺔ، ﻭﺟﻌﻠﻮﺍ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﺑﺪﻋﺔ ﻭﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ﻣﻨﻜﺮﺍ، ﻟﻘﻠﺔ ﺃﻫﻠﻪ ﻭﺗﻔﺮﺩﻫﻢ ﻓﻲ ﺍﻷﻋﺼﺎﺭ ﻭﺍﻷﻣﺼﺎﺭ، ﻭﻗﺎﻟﻮﺍ

❗ﻣﻦ ﺷﺬ .. ﺷﺬ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺎﺭ!،

✔💥 ﻭﻣﺎ ﻋﺮﻑ ﺍﻟﻤﺨﺘﻠﻔﻮﻥ ﺃﻥ ﺍﻟﺸﺎﺫ ﻣﺎ ﺧﺎﻟﻒ ﺍﻟﺤﻖ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻛﻠﻬﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﻻ ﻭﺍﺣﺪﺍ ﻣﻨﻬﻢ ﻓﻬﻢ ﺍﻟﺸﺎﺫﻭﻥ، ﻭﻗﺪ ﺷﺬ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻛﻠﻬﻢ ﺯﻣﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﺇﻻ ﻧﻔﺮﺍ ﻳﺴﻴﺮﺍ ﻓﻜﺎﻧﻮﺍ ﻫﻢ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻭﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻘﻀﺎﺓ ﺣﻴﻨﺌﺬ ﻭﺍﻟﻤﻔﺘﻮﻥ ﻭﺍﻟﺨﻠﻴﻔﺔ ﻭﺃﺗﺒﺎﻋﻪ ﻛﻠﻬﻢ ﻫﻢ ﺍﻟﺸﺎﺫﻭﻥ ﻭﻛﺎﻥ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﺣﺪﻩ ﻫﻮ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ،

📌💥 ﻭﻟﻤﺎ ﻟﻢ ﻳﺘﺤﻤﻞ ﻫﺬﺍ ﻋﻘﻮﻝ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻗﺎﻟﻮﺍ ﻟﻠﺨﻠﻴﻔﺔ ﻳﺎ ﺃﻣﻴﺮ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﺃﺗﻜﻮﻥ ﺃﻧﺖ ﻭﻗﻀﺎﺗﻚ ﻭﻭﻻﺗﻚ ﻭﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﻭﺍﻟﻤﻔﺘﻮﻥ ﻛﻠﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺒﺎﻃﻞ ﻭﺃﺣﻤﺪ ﻭﺣﺪﻩ ﻫﻮ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻖ! ﻓﻠﻢ ﻳﺘﺴﻊ ﻋﻠﻤﻪ ﻟﺬﻟﻚ ﻓﺄﺧﺬﻩ ﺑﺎﻟﺴﻴﺎﻁ ﻭﺍﻟﻌﻘﻮﺑﺔ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺤﺒﺲ ﺍﻟﻄﻮﻳﻞ! ﻓﻼ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ! ﻣﺎ ﺃﺷﺒﻪ ﺍﻟﻠﻴﻠﺔ ﺑﺎﻟﺒﺎﺭﺣﺔ!

☝💢☑ ﻭﻫﻲ ﺍﻟﺴﺒﻴﻞ ﺍﻟﻤﻬﻴﻊ ﻷﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻭﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﺣﺘﻰ ﻳﻠﻘﻮﺍ ﺭﺑﻬﻢ ﻣﻀﻰ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺳﻠﻔﻬﻢ ﻭﻳﻨﺘﻈﺮﻫﺎ ﺧﻠﻔﻬﻢ

🌿🍂{ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﺭِﺟَﺎﻝٌ ﺻَﺪَﻗُﻮﺍ ﻣَﺎ ﻋَﺎﻫَﺪُﻭﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻓَﻤِﻨْﻬُﻢْ ﻣَﻦْ ﻗَﻀَﻰ ﻧَﺤْﺒَﻪُ ﻭَﻣِﻨْﻬُﻢْ ﻣَﻦْ ﻳَﻨْﺘَﻈِﺮُﻭَﻣَﺎ ﺑَﺪَّﻟُﻮﺍ ﺗَﺒْﺪِﻳﻠًﺎ}

ﻭﻻ ﺣﻮﻝ ﻭﻻ ﻗﻮﺓ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﻠﻲ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ‏

📚 ‏[ﺍﻋﻼﻡ ﺍﻟﻤﻮﻗﻌﻴﻦ ٢/ ٣٥٠-٣٥١ ‏]

🌠🔹Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:

⭕💥 "Orang-orang penyelisih telah merubah dan menganggap golongan
terbanyak hujjah dan jama’ah adalah jumhur (mayoritas) dan menjadikannya bukti atas salahnya as sunnah, menjadikan sunnah bid’ah, ma’ruf jadi munkar, hanya karena minimnya pengemban sunnah dan bersendirinya dia di setiap waktu dan tempat, seraya mereka mengatakan:

❗“Barangsiapa yang menyendiri (syadz) niscaya Allah akan menyendirikannya di neraka !

✔💥Padahal para penyelisih tidak tahu bahwa syadz itu adalah apa-apa yang menyelisihi kebenaran walaupun seluruh manusia berada di atasnya kecuali satu orang dari mereka, maka mereka (mayoritas yang menyelisihi kebenaran) itulah yang syadz. Orang-orang pada zaman Imam Ahmad telah syadz kecuali beberapa orang saja, sedang para hakim, mufti pemerintah dan pengikutnya, semuanya syadz, Imam Ahmad sendirilah yang jama’ah (bersama jama’ah atau al haq).

📌💥 Tatkala akal-akal mereka tidak mampu memahaminya. Akhirnya mereka katakan kepada khalifah: “Wahai Amirul mukminin apakah anda para hakim anda, bawahan, orang-orang faqih serta para mufti anda semuanya berada di atas kebatilan. lantas Ahmad sendirilah yang berada di atas kebenaran? Sangat disesalkan ilmunya tidak menggapai hal itu akhirnya dia mendera Imam Ahmad dan menyiksanya, setelah menahannya dalam jangka waktu yang cukup lama ! Dan tidak ada ilah yang berhak di sembah kecuali Allah !, sungguh mirip malam ini dengan kemarinnya !

☝💢☑ INILAH JALAN YANG DI SIAPKAN UNTUK AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH, sampai mereka bertemu Rabb mereka, para salaf mereka telah menempuhnya
dan yang datang setelah mereka tengah menunggunya

﴿ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﺭِﺟَﺎﻝٌ ﺻَﺪَﻗُﻮﺍ ﻣَﺎ ﻋَﺎﻫَﺪُﻭﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻓَﻤِﻨْﻬُﻢْ ﻣَﻦْ ﻗَﻀَﻰ ﻧَﺤْﺒَﻪُ ﻭَﻣِﻨْﻬُﻢْ ﻣَﻦْ ﻳَﻨْﺘَﻈِﺮُ ﻭَﻣَﺎ ﺑَﺪَّﻟُﻮﺍ ﺗَﺒْﺪِﻳﻠًﺎ ﴾ ‏[ﺍﻷﺣﺰﺍﺏ 23‏].

🌿🍂 “Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati janji mereka kepada Allah, Maka di antara mereka ada yang gugur. dan di antara mereka ada (pula) yang tengah menunggu (janji Allah) dan mereka tidak merubah (janji mereka) sedikitpun.” [Al- Ahzab: 23].

ﻭﻻ ﺣﻮﻝ ﻭﻻ ﻗﻮﺓ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﻠﻲ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ

📚I'lamul Muwaqqi'in 2/350-351

🔗🔗🔗

📃➧ASAF

📜✪WhatsApp Syarhus Sunnah
🔰✪منتدى شرح السنة

Manfaatkan lima Hal Sebelum Menyesal

Manfaatkan lima Hal Sebelum Menyesal

قال النبي صلي الله عليه و سلم:

"اغتنم خمسا قبل خمس: حياتك قبل موتك، وصحتك قبل سقمك، وفراغك قبل شغلك، وشبابك قبل هرمك، وغناك قبل فقرك."

🍃قال الإمام المناوي رحمه الله تعالي:

🍂"(اغتنم خمسا قبل خمس) أي افعل خمسة أشياء قبل حصول خمسة أشياء

🌻(حياتك قبل موتك) يعني اغتنم ما تلقى نفعه بعد موتك فإن من مات انقطع عمله وفاته أمله وحق ندمه وتوالى همه فاقترض منك لك

🌈(وصحتك قبل سقمك) أي اغتنم العمل حال الصحة فقد يمنع مانع كمرض فتقدم المعاد بغير زاد

🍄(وفراغك قبل شغلك) أي اغتنم فراغك في هذه الدار قبل شغلك بأهوال القيامة التي أول منازلها القبر فاغتنم فرصة الإمكان لعلك تسلم من العذاب والهوان

🌼(وشبابك قبل هرمك) أي اغتنم الطاعة حال قدرتك قبل هجوم عجز الكبر عليك فتندم على ما فرطت في جنب الله

☔(وغناك قبل فقرك) أي اغتنم التصدق بفضول مالك قبل عروض جائحة تفقرك فتصير فقيرا في الدنيا والآخرة فهذه الخمسة لا يعرف قدرها إلا بعد زوالها

🌷Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

اغتنم خمسا قبل خمس: حياتك قبل موتك، وصحتك قبل سقمك، وفراغك قبل شغلك، وشبابك قبل هرمك، وغناك قبل فقرك

"Manfaatkanlah lima perkara sebelum datang lima perkara: masa hidupmu sebelum matimu, masa sehatmu sebelum sakitmu, masa senggangmu sebelum masa sibukmu, masa mudamu, sebelum.tuamu, dan masa kayamu sebelum fakirmu
[HR. Al-Hakim dan selainnya. Dari shahabat Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma.Dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam shahihul Jami' no.1077]

🔦Al-Imam Al-Munawi rahimahullahu ta'ala berkata:

🚲"Lakukanlah lima perkara sebelum mendapatkan lima perkara.

💡'Hidupmu sebelum matimu yakni pergunakan hidupmu pada apa yang akan memberi manfaat setelah matimu, karena orang yang mati telah terputus amalannya, pupus harapannya, datang penyesalannya serta beruntun kesedihannya. Maka gadaikanlah dirimu untuk kebaikanmu.

🚑'Dan masa sehatmu sebelum sakitmu' yakni gunakan masa sehat untuk beramal, karena terkadang datang penghalang seperti sakit sehingga kamu mendatangi akhirat tanpa bekal.

⌚'Dan masa senggangmu sebelum masa sibukmu yakni manfaatkan kesempatan senggangmu di dunia ini sebelum tersibukkan dengan kedahsyatan hari kiamat yang awal persinggahannya adalah kubur. Manfatkanlah kesempatan yang diberikan, semoga kamu selamat dari adzab dan kehinaan.

⚽'Dan masa mudamu sebelum tuamu', yakni lakukan ketaatan di saat kamu mampu sebelum kelemahan usia lanjut menghinggapimu, sehingga kamu akan menyesali apa yang telah kamu sia-siakan dari kewajiban terhadap Allah ta'ala.

💰'Dan masa kayamu sebelum fakirmu" yakni manfaatkan untuk bersedekah dengan kelebihan hartamu sebelum dipaparkan kepada musibah yang menjadikanmu fakir, jika demikian kamu akan fakir di dunia dan akhirat.

👓Kelima hal ini tidak diketahui kadar besarnya kecuali setelah tidak ada.

📚Faidhul Qadir, 2/21

📊WhatsApp Al-Ukhuwwah

🌿🍀🌿🍀🌿🍀̣

Sabtu, 10 Januari 2015

Keterkaitan Sikap Tawakkal kpd ALLAH dg Tindakan Operasi Caesar

 Keterkaitan Sikap Tawakkal kpd ALLAH dg Tindakan Operasi Caesar 

Oleh:
Asy Syaikh Muhammad bin Sholih Al 'Utsaimin -RahimahuLLAH-

📜 Pertanyaan:
Fadhilatus Syaikh..
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dlm surat 'Abasa, (yg ma'nanya) "Kemudian jalan tsb, Dia yg memudahkannya" [Q.S. 'Abasa:20]
Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menjamin untuk memudahkan kelahiran ini. Namun, didapati kebanyakan manusia baik kaum lelaki maupun wanita tergesa-gesa melakukan tindakan yg disebut dg Operasi Caesar. Apakah hal ini termasuk lemahnya sikap bertawakkal kpd Allah Subhanahu wa Ta'ala?

📜 Jawaban:
Saya berpendapat -BaarakaLLAHU fiik- bahwa tindakan yang dilakukan oleh manusia sekarang ini, yakni tatkala seorang wanita merasakan sakit hendak melahirkan, pergi ke rumah sakit kemudian terburu ditangani dengan operasi caesar, saya berpendapat hal ini termasuk hasutan syaithan. Dan kerugian yang ada lebih banyak daripada manfaatnya.

💞 Karena seorang wanita itu, mau tidak mau musti merasakan sakit saat bersalin. Namun dengannya dia dapat mengambil beberapa pelajaran:

 1. Sebagai penghapus dosa-dosanya.

 2. Meninggikan derajatnya. Tentunya jika dia bersabar dan ihtisab (mengharap pahala).

 3. Dia semakin mengerti akan kedudukan sang ibunda, yang dahulunya juga tertimpa apa yang menimpanya.

 4. Dia semakin mengerti pula akan nilai nikmat yg Allah berikan kepadanya, berupa al-'Afiyah (kesehatan).

 5. Akan menambah rasa sayangnya kepada sang anak. Karena mendapatkan sesuatu dg susah payah, maka tabiat jiwa lebih menyayanginya serta lebih merindukannya.

 6. Sang bayi keluar dari jalan lahirnya yang telah umum diketahui. Dan padanya terdapat kebaikan bagi si bayi tsb serta bagi sang ibu.

 7. Adanya kekhawatiran bahaya operasi caesar tsb. Karena tindakan operasi tsb akan memperlemah jaringan rahim, dsb. Terkadang dijumpai adanya robekan. Juga, adakalanya berhasil, adakalanya tidak.

 8. Seorang wanita yang biasa bersalin dg cara caesar ini, hampir-hampir dia tidak dapat kembali melahirkan secara normal. Mustahil. Dikhawatirkan bekas lukanya, rebok kembali.

 9. Bahwasanya dg melakukan operasi ini, dapat mempersedikit keturunan. Jika perut itu digunting tiga kali pada sisi yang berbeda-beda, akan menjadi lemah dan rapuh. Akibatnya, kehamilan berikutnya pun menjadi membahayakan.

 10. Operasi caesar ini termasuk gaya hidup bermewah-mewahan. Sementara, gaya hidup mewah itu menyebabkan kehancuran. Sebagaimana Allah berfirman menyifati golongan kiri, (yg maknanya) "Sesungguhnya mereka sebelum itu hidup bermewah-mewahan." [QS. Al-Waqi'ah: 45]
 🌿  🌿  🌿  🌿
 Maka, hendaknya seorang wanita itu bersabar, ber-ihtisab (mengharap ajr dari Allah.-pent) dan tetap melahirkan dg persalinan normal. Inilah yang lebih bagus baginya, baik sekarang maupun kesudahannya nanti.

 Juga bagi para suami, hendaknya diri-diri mereka mewaspadai hal ini. Kita tidak tahu.. mungkin saja para musuh kita lah yang memudahkan cara-cara ini bagi kita. Sehingga maslahat-maslahat tsb terlewatkan serta kita terperosok dalam berbagai kerugian ini.

📙 Si Penanya:
Apa yang difahami dari 'bermewah-mewah' di sini?

📕 Beliau menjawab:
Bermewah-mewah, yakni menghindari rasa nyeri pada persalinan normal. Ini termasuk bermewah-mewah.
Sementara, jika sikap bermewah-mewah itu tidak membantunya dalam ketaatan kepada Allah, maka tercela. Atau minimalnya, mubah.

📚 [ Terjemah bebas dari Majelis Asy Syaikh Ibnu 'Utsaimin yg berjudul "Liqa' Al-Bab Al-Maftuh" yg ke-86 ]

⚫🔹🔸🔷🔸🔹⚫

Setiap Orang Yang Bermaksiat itu Bodoh

Setiap Orang Yang Bermaksiat itu Bodoh

قال الإمام ابن رجب الحنبلي رحمه الله تعالي:

💥 فإن كل من عصى الله فهو جاهل،

🌻وكل من أطاعه فهو عالم،

💎وبيانه من وجهين:

👓أحدهما: أن من كان عالماً بالله تعالى وعظمته وكبريائه وجلاله فإنه يهابه ويخشاه، فلا يقع منه مع استحضار ذلك عصيانه، كما قال بعضهم: لو تفكر الناس في عظمة الله تعالى ما عصوه.

🍦والثاني: أن من آثر المعصية على الطاعة فإنما حمله على ذلك جهله وظنه أنها تنفعه عاجلاً باستعجال لذتها، وإن كان عنده إيمان فهو يرجو التخلص من سوء عاقبتها بالتوبة في آخر عمره،

📛وهذا جهل محض، فإنه يتعجل الإثم والخزي، ويفوته عز التقوى وثوابها ولذة الطاعة، وقد يتمكن من التوبة بعد ذلك، وقد يعاجله الموت بغتة، فهو كجائع أكل طعاماً مسموماً لدفع جوعه الحاضر، ورجا أن يتخلص متن ضرره بشرب الترياق بعده،

🔆وهذا لا يفعله إلا جاهل.

✏Berkata Al-Imam Ibnu Rajab al-Hanbali rahimahullahu ta'ala:

⚡"Semua orang yang bermaksiat kepada Allah ta'ala berarti dia BODOH,

🌈dan semua orang yang taat kepada Allah ta'ala berarti dia BERILMU.

💡Penjelasannya dari dua sisi:

➡1. Orang yang berilmu/mengenal Allah ta'ala, tahu keagungan, kebesaran, dan kemuliaan-Nya, maka dia akan segan dan takut kepada-Nya. Dengan demikian, tidak akan terjadi kemaksiatan darinya selama dia menghadirkan pengetahuan tersebut. Hal ini seperti ucapan sebagian orang yang berilmu, " Seandainya manusia  memikirkan tentang keagungan Allah ta'ala, niscaya mereka tidak akan memaksiati-Nya."

➡2. Yang membawa orang untuk mendahulukan maksiat daripada ketaatan adalah kebodohan dan anggapannya bahwa maksiat itu memberinya manfaat dengan segera karena kenikmatannya yang bisa segera dirasakan. Jika ia masih punya iman, diharapkan ia selamat dari akibat buruk maksiat dengan bertobat di akhir umurnya.

👎Ini adalah nyata kebodohan. Karena lebih memilih berbuat dosa dan kehinaan, luputlah darinya kemuliaan takwa dan pahalanya, serta kenikmatan taat. Bisa jadi , setelah itu dia bertobat, namun bisa jadi pula kematian tiba-tiba menjemputnya sebelum sempat bertobat.

💬Ibaratnya, dia seperti orang yang lapar lalu melahap makanan beracun guna menghilangkan rasa lapar yang menyerangnya. Bisa jadi dia selamat dari bahaya racun tersebut dengan meminum penawarnya, dan bisa jadi pula tidak.

💭Tentu hal ini tidak akan dilakukan selain oleh orang yang bodoh.

📚Lathaif al-Ma'arif fima al- Mawasim al-'Am minal Wazhaif hlm. 577-584

📊WhatsApp Al-Ukhuwwah

🌴🌴🌴🌴🌴🌴

Hadits "Sesungguhnya Allah Memiliki Hamba-Hamba Tempat Kembali Orang-Orang Untuk Memenuhi Kebutuhan Mereka

Hadits "Sesungguhnya Allah Memiliki Hamba-Hamba Tempat Kembali Orang-Orang Untuk Memenuhi Kebutuhan Mereka."

🍀السؤال السادس من الفتوى رقم ( 4029 ) :

🌷س6: أفتونا في صحة هذا الحديث: « إن لله عبادا يفزع الناس إليهم في حوائجهم وهم الآمنون يوم القيامة » ؟

🌿ج6: ذكر السيوطي في [الجامع الصغير] أن الطبراني رواه في [الكبير] عن ابن عمر رضي الله عنهما بلفظ:

« إن لله عبادا اختصهم بحوائج الناس، يفزع الناس إليهم في حوائجهم، أولئك الآمنون من عذاب الله »

ورمز له براموز الحسن،

🍄وذكر المناوي في [فيض القدير]: أن لفظ رواية الطبراني فيه:

"خلقا خلقهم لحوائج الناس" بدل: "عبادا اختصهم"

🌺وقال: قال الهيثمي : فيه شخص ضعفه الجمهور وأحمد بن طارق الراوي عنه لم أعرفه، وبقية رجاله رجال الصحيح، وهذا يدل على ضعف الحديث سندا،

🌼وعلى فرض صحته يستفاد منه الحث على قضاء حوائج الناس، من بذل مال وتعليم علم وإرشاد سائل وإغاثة ملهوف، وإنما يكون ذلك من الأحياء لا من الأموات، وفيه مشروعية الاستعانة بالأحياء في قضاء المصالح ودفع المكروه؛ أخذا بالأسباب العادية مع التوكل على الله،

⛔وليس فيه دلالة على الفزغ إلى الأموات واللجوء إليهم في قضاء الحاجات وكشف الكربات؛ للنصوص الدالة على أن ذلك شرك بالله تعالى.

وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد، وآله وصحبه وسلم.

🍂اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

🌸عضو ... عضو ... نائب رئيس اللجنة ... الرئيس
عبد الله بن قعود ... عبد الله بن غديان ... عبد الرزاق عفيفي ... عبد العزيز بن عبد الله بن باز

📩Pertanyaan Keenam dari Fatwa Nomor4029

📬Pertanyaan 6:

💡Harap beri kami penjelasan tentang kesahihan hadits ini:

"Sesungguhnya Allah memiliki hamba-hamba, tempat kembali orang-orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mereka adalah orang-orang yang aman pada hari Kiamat kelak."

📝Jawaban 6:

📄Imam Suyuti menyebutkan dalam kitab "al-Jami` ash-Shaghir" bahwasanya Thabarani meriwayatkannya dalam kitab "Al-Kabir" dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma dengan redaksi,

"Sesungguhnya Allah memiliki hamba-hamba yang Dia khususkan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang. Orang-orang mendatangi mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mereka adalah orang-orang yang aman dari siksa Allah". dan ia memberi simbol bahwa hadis tersebut hasan.

⌛Al-Munawi dalam kitab "Faidhul Qadir" menyebutkan, "Bahwa redaksi riwayat Thabarani berbunyi,

"Makhluk yang diciptakan oleh Allah untuk memenuhi kebutuhan manusia," bukan "Hamba-hamba yang diistimewakan atau dikhususkan oleh Allah." Dia berkata, " Al-Haitsami berkata, 'Perawinya ada yang dianggap lemah oleh mayoritas ulama, dan perawi Ahmad bin Thariq tidak saya ketahui serta perawi-perawi lainnya adalah perawi hadits shahih." Ini menunjukkan kelemahan hadits ini dari segi sanad (perawi).
🔓Dengan mengasumsikannya shahih, maka hadits tersebut dapat dijadikan sebagai dalil untuk
menganjurkan memenuhi kebutuhan orang lain, seperti memberi uang, mengajarkan ilmu, membimbing orang yang bertanya, dan membantu orang yang sangat memerlukan bantuan. Amal perbuatan itu hanya berlaku bagi orang yang hidup, bukan orang yang sudah mati.

💐Dalam hadits itu juga terdapat anjuran untuk meminta pertolongan kepada orang yang masih hidup dalam memenuhi kebutuhan dan menghindari sesuatu yang tidak disukai, dengan mengambil sebab-sebab yang lumrah dilakukan dan bertawakal kepada Allah.

📛Hadits tersebut bukanlah dalil yang menyuruh untuk pergi ke tempat orang-orang sudah mati dan mengadu kepada mereka agar memenuhi kebutuhan-kebutuhannya dan menghilangkan berbagai kesedihannya, berdasarkan kepada teks-teks dalil yang menunjukkan bahwa perbuatan itu adalah syirik kepada Allah Ta`ala.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

📚Al-Lajnah ad-Daimah Lilbuhutsil Ilmiyyah wal Ifta'

🌴Ketua: Samahatusy Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Wakil: Asy-Syaikh Abdurrazzaq 'Afifi

Anggota: Asy-Syaikh Abdullah bin Ghudayyan, Asy-Syaikh Abdullah bin Qu'ud

📊WhatsApp Al-Ukhuwwah

📗📕📘📙📕📗

Jumat, 09 Januari 2015

PENJELASAN HAKEKAT SYAHADAT BAHWA MUHAMMAD RASULULLAH SHALALLAHU A'LAIHI WA SALAM DENGAN DALIL

PENJELASAN HAKEKAT SYAHADAT BAHWA MUHAMMAD RASULULLAH SHALALLAHU A'LAIHI WA SALAM DENGAN DALIL

📝 Adapun hakekat Syahadat bahwa Muhammad Rasulullah Shalallahu a'laihi wa salam maka syahadat tersebut mengandung beberapa perkara , Puncaknya dan Asasnya beriman dengan nya dan demikian dengan iman dan yakin diantara kesempurnaan bahwasanya beliau utusan Allah yang benar

{ محمد رسول الله } سورة الفتح : 29
{ Muhammad adalah utusan Allah }

Dan bahwa risalah nya umum untuk semua manusia , Arab dan selain arab ,
Allah ta’ala berfirman :

{ قل يأيها الناس إننى رسول الله إليكم جميعا } سورة الأعراف : 158
{ Katakanlah wahai manusia sesungguhnya aku adalah UTUSAN ALLAH kepada kalian seluruh nya }

Dan beliau shalallahu a'laihi wa salam bersabda : ((.. Dan dahulu Nabi diutus kepada kaum nya khusus dan Saya diutus kepada manusia seluruhnya )) Bukhari muslim .
Dan beliau shalallahu a'laihi wa salam juga bersabda : (( Demi yang jiwa Muhammad ada ditangan nya
Tidak seorangpun yang mendengarkan Aku (diutus) dari umat ini baik yahudi dan nasrani
Kemudian meninggal  dan tidak beriman dengan yang Aku diutus dengan nya
Kecuali dia termaksud penghuni neraka ))
Riwayat Muslim .

📕Bahkan risalah beliau Shalallahu a'laihi wa salam juga untuk keumuman jin :
Surat al ahqof : dari ayat 29 sampai 32 :
{ Dan (ingatlah) ketika Kami hadapkan serombongan jin kepadamu yang mendengarkan Al Quran, maka tatkala mereka menghadiri pembacaan(nya) lalu mereka berkata: "Diamlah kamu (untuk mendengarkannya)". Ketika pembacaan telah selesai mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan }
Sampai ayat 32....

📗 Dan diantara beriman dengan nya :
Beriman bahwasanya Shalallahu a'laihi wa salam seorang HAMBA tidak disembah dan (rasul)Utusan tidak didustakan .
Dan diantara beriman dengan nya :
Beriman bahwasanya beliau shalallahu a'laihi wa salam penutup para nabi dan para rasul dan bahwa kitabullah Al Qur’an Al Kariim adalah Akhirul kutub yang di turunkan oleh Allah kepada nabi shalallahu a'laihi wa salam dan syariat shalallahu a'laihi wa salam telah menghapus syariat syariat sebelum nya :

📖 (Al-'Aĥzāb):40 - { Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu } .
Juga di surat (Al-'A`rāf):157 -
{ (Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma'ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka itulah orang-orang yang beruntung }

📖 Juga surat ('Āli`Imrān):85 -
{ Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi } .

♻ Dan Sungguh telah sepakat kaum muslimin demikian ini , dan beriman disisi kaum muslimin di antara aqidah aqidah yang tetap harus di yakini

Dan beriman dengan Rasul Shalallahu a'laihi wa salam
Sungguh telah datang dengannya ayat ayat yang jelas qothia' ..... :

{ Wahai manusia Sungguh telah datang kepada kalian Rasul dengan Al haq dari robb kalian maka kalian beriman karena baik bagi kalian .....} An Nisaa : 170 .

(Al-'A`rāf):158 - { Katakanlah: "Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk". }

{ Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan Al kitab yang telah turun kepada Rasul-Nya ....} An Nisaa : 136 .
[9/1 15:39] أبو محمد بن عبد الحميد: Bahkan Allah mengambil perjanjian kepada para nabi untuk beriman kepada Muhammad shalallahu a'laihi wa salam dan menolongnya dan tidak ada keluasan diantara mereka walaupun mereka hidup dizaman setelah beliau shalallahu a'laihi wa salam diutus kecuali mereka mengikuti syariat Muhammad shalallahu a'laihi wa salam :

('Āli `Imrān):81 - { Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi: "Sungguh, apa saja yang Aku berikan kepadamu berupa kitab dan hikmah kemudian datang kepadamu seorang rasul yang membenarkan apa yang ada padamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya". Allah berfirman: "Apakah kamu mengakui dan menerima perjanjian-Ku terhadap yang demikian itu?" Mereka menjawab: "Kami mengakui". Allah berfirman: "Kalau begitu saksikanlah (hai para nabi) dan Aku menjadi saksi (pula) bersama kamu".
82 - { Barang siapa yang berpaling sesudah itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.}

👍👍 Bersambung

📚 Rujukan kitab:

حقيقة شهادة أن محمداً رسول الله صلى الله عليه وسلم
للشيخ عبد العزيز بن عبد الله آل الشيخ ، ص : 60 - 64 .

📱Sumber :

🌏 Group Arkanul islam

مجموعة أركان الإسلام

🇸🇦 Madinah Jum'at 18 rabiul awal 1436هـ
Bertepatan 9 jan 2015

DAKWAH TAUHID DAN MANHAJ SALAF MENYATUKAN BARISAN KAUM MUSLIMIN

DA'WAH TAUHID DAN MANHAJ SALAF MENYATUKAN BARISAN KAUM MUSLIMIN

💺📚 ASY-SYAIKH SHALIH BIN FAUZAN BIN 'ABDILLAH AL- FAUZAN HAFIZHAHULLAAH.

❓ س ٤٩:

🌈 قد كثر- ولله الحمد- الدعوة إلى منهج السلف والتمسك به، ولكن هناك من يقول:

〽🌿 إن هذه الدعوة إنما هي لشق الصف وتمزيقه، وضرب المسلمين بعضهم ببعض ليستغلوا بأنفسهم عن عدوهم الحقيقي، فهل هذا صحيح وما هو توجيهكم؟

🍃 الجواب:

💿📚  هذا من قلب الحقائق، ﻷن الدعوة إلى التوحد ومنهج  السلف الصالح تجمع الكلمة، وتوحد الصف، كما قال الله -تعالى-:

💦🌂 واعتصموا بحبل الله جميعا وﻻ تفرقوا

📖 ( سورة آل عمران: ١٠٣)

💎🎀《 إن هذه أمتكم أمة وحدة و أنا ربكم فاعبدون》

📖 ( سورة اﻷنبياء: ٩٢)

🍀🌷 فلا يمكن للمسلمين أن يتحدوا إﻻ  على كلمة التوحد  ومنهج السلف، وإذا سمحوا للمناهج المخالفة لذلك تفرقوا واختلفوا، كما هو الواقع.

👍 فالذي يدعو إلى التوحيد، ومنهج السلف؛ هو الذي يدعو إلى اﻻجتماع، والذي يدعو إلى خلافه، هو الذي يدعو إلى الفرقة واﻻختلاف.

🌾🍄 و إذا اجتمع المسلمون على التوحد ومنهج السلف، وقفوا في وجه عدوهم صفا واحدا، وإذا تفر قوا إلى مناهج لم يستطيعوا الوقوف في وجه عدوهم.
-------------------

❓PERTANYAAN 4⃣9⃣

🌈 Sungguh telah menyebar-ALHAMDULILLAH-seruan kepada manhaj salaf dan berpegang teguh denganya, akan tetapi ada orang yang mengatakan:

〽🌿"Sesungguhnya da'wah salafiyah ini tidak lain hanyalah akan memecah belah barisan muslimin dan mencerai-beraikan, serta menjadikan sebagian mereka memerangi sebagian yang lain-Sehingga mereka sibuk dengan urusan mereka sendiri dan meninggalkan memerangi musuh-musuh yang sebenarnya. Apakah hal ini benar, lalu bagaimana arahan anda?

🍃 JAWABAN:

💿📚 Ini adalah pemutarbalikan fakta, karena sesungguhnya berda'wah kepada tauhid dan manhaj salaf ash-sholih itulah yang mampu menyatukan kalimat, dan menyatukan barisan muslimin,
sebagaimana firman Allah Ta'ala:

💦🌂 واعتصموا بحبل الله جميعا وﻻ تفرقوا

"Dan berpegang teguhlah kalian dengan tali agama Allah secara keseluruhan, dan jangan kalian berpecah belah."

📖 (Ali 'Imran: 103)

📚 Dan firman-Nya:

💎🎀 إن هذه أمة واحدة و أنا ربكم فاعبدون

"Sesungguhnya ini adalah agama kamu semua, agama yang satu dan Aku adalah Rabbmu maka beribadahlah kepada-Ku"

📖 (al-Anbiya': 92).

🌷🍀 Maka tidak mungkin kaum muslimin bisa bersatu kecuali di atas kalimat tauhid dan manhaj salaf, karena apabila mereka di perbolehkan memilih manhaj-manhaj yang menyelisihi manhaj salaf maka bercerai berai dan berselisihlah mereka, sebagaimana kenyataannya demikian.

👍 Siapa yang menyeru kepada tauhid dan manhaj salaf, itulah orang menyeru kepada persatuan, sedangkan orang yang menyeru umat untuk menyelisihi manhaj salaf maka dialah yang menyeru kepada perpecahan dan perselisihan.

🌾🍄Apabila kaum muslimin di atas tauhid dan manhaj salaf, maka mereka berdiri di depan musuh, dalam satu barisan. Dan apabila mereka berpecah belah  dalam berbagai manhaj  maka mereka tidak akan mampu menghadapi musuh mereka.

-----------------------
📚 Sumber: al-Ajwibah al-Mufidah 'An As-ilah al-Manahij al-Jadidah, soal ke-49; Maktabah Daar as-Salaf
------------------------

📝Alih Bahasa: Miqdad al-Ghifary hafizhahullaah.

➖➖➖➖➖➖➖➖
🌎  WhatsApp Riyadhul Jannah

🍃💐🍃💐🍃💐🍃

HUKUM HAJR/BOIKOT DALAM SYARIAT ISLAM 5

HUKUM HAJR/BOIKOT DALAM SYARIAT ISLAM

🔅Bagian Kelima🔅

📋 Dalil-dalil Dari Amalan Salaf
Seputar Permasalahan Hajr

📎 1. Dari Sa'id bin Jubair, bahwa kerabat dekat Abdullah bin Mughaffal sedang main ketapel, lantas dia melarang kerabatnya tersebut seraya berkata, "Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang ini (main ketapel), beliau bersabda: "Sesungguhnya itu tidak dapat membunuh hewan buruan dan tidak pula dapat mengalahkan musuh, ia hanya dapat mematahkan gigi dan membutakan mata." Sa'id bin Jubair berkata, "Ketika kerabatnya tersebut mengulangi perbuatannya, maka Abdullah bin Mughaffal pun berkata, "Aku sampaikan kepadamu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang dari perbuatan ini namun kamu masih mengulanginya lagi, sungguh aku tidak akan mengajakmu berbicara lagi selama-lamanya!" [HR. Muslim]

🔊 Berkata al-Imam an-Nawawi rahimahullah: "Didalam hadits ini memberikan faedah syariat hajr/boikot kepada ahlul bid'ah, orang-orang fasiq dan orang-orang yang menyelisihi sunnah dalam keadaan dia mengilmuinya. Boleh menghajr mereka terus-menerus (tanpa ada batasan). Larangan menghajr (saudaranya) lebih dari tiga hari, hanyalah terkait dalam masalah pribadi dan masalah materi duniawi. Adapun menghajr para pelaku kebid'ahan dan semisal mereka berlaku terus-menerus (tanpa ada batasan). Hadits ini diperkuat dengan hadits kisah Ka'ab bin Malik dan yang lainnya." [Syarah an-Nawawi: 13/106]

📎 2. Dari Salim bin Abdullah, bahwa Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhuma berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah kalian menghalangi istri-istri kalian ke masjid apabila mereka meminta izin kepadanya." Perawi berkata, "Bilal bin Abdullah berkata, 'Demi Allah, sungguh kami akan melarang mereka'." Perawi berkata, "Maka Abdullah menghadapnya, lalu mencelanya dengan celaan yang jelek yang aku tidak pernah mendengarnya mencelanya seperti itu sama sekali, seraya dia berkata, 'Aku mengabarkan kepadamu dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tetapi kamu malah (menentang) dengan berkata, 'Demi Allah, kami akan menghalangi mereka'." [HR. Muslim]

Dalam riwayat al-Imam Ahmad: "Maka Abdullah tidak mengajaknya bicara (anaknya) hingga beliau meninggal dunia."

🔊 Berkata an-Nawawi rahimahullah: Dalam hadits ini terdapat bolehnya mencerca orang yang memprotes sunnah dan melawan sunnah dengan akalnya. Padanya terdapat pula bolehnya bagi orang tua mencerca anaknya, meskipun sudah besar." [Syarah an-Nawawi: 4/162]

🔊 Berkata Ibnu Hajar rahimahullah: "Padanya bolehnya mendidik adab anak dengan cara menghajrnya." [Fathul Bari: 2/349]

📎 3. Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud, suatu ketika beliau mengamati seseorang yang sedang tertawa saat mengiringi jenazah, maka beliau berkata kepada orang tersebut: "Kamu tertawa dalam keadaan mengiringi jenazah, sungguh aku tidak akan mengajakmu berbicara selama-lamanya." [Kitabuz Zuhud lil Imam Ahmad hal. 133]

📎 4. Dari Qatadah rahimahullah, ia berkata: "Ibnu Sirin pernah menceritakan sebuah hadits dari Nabi sallallahu 'alaihi wa sallam kepada seseorang, lalu orang tersebut berkata: 'Si Fulan pernah berkata begini dan begini', maka Ibnu Sirin berkata: 'Aku menceritakan hadits dari Nabi sallallahu 'alaihi wasallam kepadamu, terus kamu malah mengatakan telah berkata si Fulan! aku tidak akan berbicara denganmu selama-lamanya'." [HR. Ad-Daarimi]

💝 Demikianlah diantara dalil-dalil dari amalan Salaf seputar masalah hajr. Semoga apa yang kami sampaikan dari dalil-dalil Al-Qur'an, As-Sunnah dan amalan Salaf tentang disyariatkannya hajr/boikot kepada para pelaku kebid'ahan, kemaksiatan yang terang-terangan, penentang sunnah dan yang semisal dengan mereka, dapat membuka wawasan kita tentang pentingnya permasalahan ini. Wallaahul muwaffiq.

---------------------------------------
✒ Ditulis oleh Abu 'Ubaidah Iqbal bin Damiri al-Jawy, 19 Rabiul Awal 1436/ 10 Januari 2015_di Kota Ambon Manise.

📩 Silahkan kunjungi blog kami untuk mendapatkan artikel kami yang lainnya dan mengunduh PDF-nya serta 2 aplikasi android Forum KIS di:
www.pelajaranforumkis.com atau www.pelajarankis.blogspot.com
---------------------------------------

📚 WA. FORUM KIS 🎓

SIKAP AHLUS SUNNAH TERHADAP TRAGEDI PEMBUNUHAN DI KANTOR SURAT KABAR DI PARIS

SIKAP AHLUS SUNNAH TERHADAP TRAGEDI PEMBUNUHAN DI KANTOR SURAT KABAR DI PARIS

As-Syaikh Ubaid Al-Jabiry ditanya tentang pembunuhan yang terjadi di Paris, bagaimana sikap salafy terhadap perbuatan tersebut?
Sebagaimana tidak samar atas anda wahai syaikh kami semoga Alloh menjagamu, telah dibunuh sebelum zawal pada hari rabu 12 orang, diantara mereka ada para wartawan dan polisi, dikantor surat kabar di Paris, orang-orang yang melakukan kejahatan ini mereka berdalih membalas dendam untuk Rasululloh, dan sekarang semua telunjuk mengarah kepada kaum muslimin dan semalam ada api yang dilemparkan ke masjid-masjid dan bahkan dilemparkan bom ke sebagianya
❓Pertanyaan:Bagaimana sikap salafy terhadap tindakan teroris ini, dan apa nasehat umum anda terhadap kaum muslimin di Perancis juga para da'i dan para khotib salafiyin?
✔Jawab:
✅ Yang pertama:
Amalan ini bukan amalan ahlis sunnah bahkan dia adalah tindakan para perusak dari kalangan Khawarij dan orang yang berjalan diatas jalan mereka meskipun mereka menisbahkan diri kepada islam.
✅ Yang kedua:
Aku katakan kepada para tetangga kalian dari kalangan orang kafir di Perancis dan selain mereka di Eropa dan Amerika,  kalian tidak akan mendapati seorang yang berilmu ahlus sunnah mengakui tindakan-tindakan ini, dan mendukungnya,  bahkan ahlus sunnah, ulama-nya, para penuntut ilmu,  juga yang awamnya mengingkari tindakan kekacauan ini, orang yang melakukanya maka bisa jadi dia seorang khawarij atau orang yang bodoh yang tidak mengenal sunnah dan tidak mengetahui bagaimana ahlus sunnah berinteraksi bersama para tetangganya yang non muslim. Ahlus sunnah bertetangga dengan baik,  menjaga perjanjian dan tidak mengakui berbagai tindakan kekacauan yang rendah ini.
▶ Dan sebagai penutup ucapan,  aku nasehatkan pada anak-anakku dari kalangan kaum muslimin baik mereka para khotib, para guru, para dai agar mengumumkan baro' (berlepas diri) dari tindakan-tindakan rendahan ini dan agar menciptakan rasa aman dan segala yang mereka sanggupi untuk hal itu.
Semoga Alloh memberi taufiq pada semuanya, pada apa yang diridhai-Nya dan shalawat serta salam semoga terlimpahkan atas nabi kita Muhammad dan atas keluarga dan sahabatnya semua.

Didiktekan oleh:
Ubaid bin Abdillah bin Sulaiman Al-Jabiry mantan dosen di Universitas Islam Madinah
pada pagi hari Jum'at bertepatan tanggal18 robi'ul awal 1436 bertepatan tanggal 9 januari 2015.

🌱  كــلام الشَّــيخُ العلّامــة/
عُــبيد الجَــابِري -حَــفظُﮧُ الله - حول ما جرى مؤخرا في باريس .

ــــــ ❁ ❁ــــــ❁ ❁ ــــــــ

📌سئل الشيخ عبيد الجابري حفظه الله عما جرى في باريس من قتل ، فما هو موقف السلفي من هذه الأعمال ؟

كما ﻻ يخفــى عليكم شيخنا -حفظك الله- قتل قبل زوال يوم الأربعاء 12شخصا منهم صــحفين وشرطة بمقر جريدة بــاريس والذين قاموا بهذه الجريمة زعموا أنّهم انتقموا للرسول صلى الله عليه وسلم والان الأصابع تشير للمسلمين والبارحة أطلق النار على المساجد ورُميت قنبلة في بعضها .

السؤال: فمــا الموقف السلفي من هذه الأعمــال الإرهابية فما نصيحتكم العامة للمسلمين في فرنسا والدعــاة والخطباء السلفين خاصة؟.

📄 الــجَــوابُ:

«بسم الله والحمد لله وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.

☝أوﻻ: ليس هذا العمل من عمل أهــل السنة بل هو من عمل المخربين من الخوارج ومن يسير في فلكهم وإن كانوا ينتسبون للإسلام.

👈وثانيا: أقــول لجيرانكم من الكفار من فرنسين وغيرهم في أوروبا وأمريكا لن تجدوا عالمــاً صاحب سنة يقرّ هذه الأعمال ويشجعونها بل أهل السنة علمائهم وطلاب العلم وعوامهم يستنكــرون هذه الأعمال الفوضوية ومــن نفّــذها فهو إما خارجي أو جاهل ﻻ يعرف السنة وﻻ يعرف كيف يتعامل أهل السنة مع جيرانهم من غير المسلمين .
أهل السنة يحسنون الجوار ويحفظون العهد وﻻ يقرون هذه الأعمال الفوضوية الهمجية .

⬅ وختام القول أنصح أبنائنا من المسلميــن سواءً كانوا خطباء أو مدرسين أو دعــاة بأن يعلنوا براءتهم مــن هذه الأعمــال الهمجــيّة وأن يُشعــروا الأمن وكل ما يستطيعون بذلك .
وفق الله الجميع لما فيه مرضاته وصل الله وسلم على نبينا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين .

🔗أملاه 
✒عُــبيد بن عـبـد الله بن سليــمان الجَــابِري المدرس بالجامعة الإسلامية سابقا
وكان ذلك صباح الجمعة
الموافق 18-ربيع الأول-1436
الموافق  9-يناير-2015 »

http://www.sounnah-publication.com/2015/01/la-position-de-la-salafiyya-face-aux.html?m=1

📜 Alih bahasa : Ustadz Ahmad Santoso

🍂🍂 F.S.S 🍂🍂

📜✪WhatsApp Syarhus Sunnah
🔰✪منتدى شرح السنة