๐๐ด๐๐ด๐๐ด๐๐ด๐๐ด
APAKAH MENGKHATAMKAN AL-QUR'AN DALAM SHALAT TARAWIH ADALAH BID'AH ?
ุฎุชู
ุงููุฑุขู ูู ุงูุชุฑุงููุญ ุจุฏุนุฉุ
ุณุฆู ุงูุนูุงู ุฉ ุงูุนุซูู ูู ุฑุญู ู ุงููู ูู ุฌูุณุงุช ุฑู ุถุงููุฉ ;
ุญุฑุต ุจุนุถ ุงูุฃุฆู ุฉ ุนูู ุฎุชู ุงููุฑุขู ูู ุงูุชุฑุงููุญ ูู ูู ุจุฏุนุฉ ุฃู ุณูุฉุ
ูุฃุฌุงุจ ;
"ูุง ุฃุนูู
ู ุณูุฉ ุนู ุงูุฑุณูู ุนููู ุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู
ุ ูููู ุฃูู ุงูุนูู
ูููููู: ููุจุบู ููุฅู
ุงู
ุฃู ููุฑุฃ ุฌู
ูุน ุงููุฑุขู ูู ุตูุงุฉ ุงูุชุฑุงููุญ ู
ู ุฃุฌู ุฃู ูุณู
ุน ุงูู
ุฃู
ูู
ูู ูู ุงููุฑุขูุ ููุณุชุญุจ ุฃู ูุฎุชู
ุฎุชู
ุฉ ูู ูู ุฑู
ุถุงู."
ููุงู ุงูุดูุฎ ุงุจู ุจุงุฒ ูู ู ุฌู ูุน ูุชุงููู ุฑุญู ู ุงููู;
"ููู ูู ุฃู ูููู ู ู ุฐูู (ุงู ู ุฏุงุฑุณุฉ ุฌุจุฑูู ุนููู ุงูุณูุงู ูููุจู ุนููู ุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู ุงููุฑุขู ูู ุฑู ุถุงู) ุฃู ูุฑุงุกุฉ ุงููุฑุขู ูุงู ูุฉ ู ู ุงูุฅู ุงู ุนูู ุงูุฌู ุงุนุฉ ูู ุฑู ุถุงู ููุน ู ู ูุฐู ุงูู ุฏุงุฑุณุฉ ุ ูุฃู ูู ูุฐุง ุฅูุงุฏุฉ ููู ุนู ุฌู ูุน ุงููุฑุขู ุูููุฐุง ูุงู ุงูุฅู ุงู ุฃุญู ุฏ ุฑุญู ู ุงููู ูุญุจ ู ู ู ูุคู ูู ุฃู ูุฎุชู ุจูู ุงููุฑุขู ุ ููุฐุง ู ู ุฌูุณ ุนู ู ุงูุณูู ูู ู ุญุจุฉ ุณู ุงุน ุงููุฑุขู ููู ุ ูููู ููุณ ูุฐุง ู ูุฌุจุง ุ ูุฃู ูุนุฌู ููุง ูุชุฃูู ูู ูุฑุงุกุชู ุ ููุง ูุชุญุฑู ุงูุฎุดูุน ูุงูุทู ุฃูููุฉ ุจู ุชุญุฑู ูุฐู ุงูุฃู ูุฑ ุฃููู ู ู ู ุฑุงุนุงุฉ ุงูุฎุชู ุฉ.."
ุดู ููุงู ู ุฑุญู ู ุงููู: "ูููุฐุง ูุงู ุงูุฅู ุงู ุฃุญู ุฏ ุฑุญู ู ุงููู ูุญุจ ู ู ู ูุคู ูู ุฃู ูุฎุชู ุจูู ุงููุฑุขู".
ูููุงู ููุงุด ู ููุฏ ูู ุงูุบุงูุฉ ุจูู ุทูุจุฉ ุงูุนูู ุงูู ุดุงุฑููู ูู ุดุจูุฉ ุณุญุงุจ ุงูุณูููุฉ ูุฑุงุฌุนูู ุฅู ุดุฆุชู ... ููุง ๐
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=104408
๐๐ด๐๐ด๐๐ด๐๐ด๐๐ด
APAKAH MENGKHATAMKAN AL-QUR'AN DALAM SHALAT TARAWIH ADALAH BID'AH ?
--------------------------------
๐บ Asy-Syaikh al-Allamah al-Utsaimin rahimahullah ditanya dalam "Jalsaat Ramadhaniyyah" :
๐ Keseriusan sebagian imam dalam mengkhatamkan al-Quran dalam shalat Tarawih, apakah hal itu bid'ah ataukah sunnah?
Maka beliau rahimahulloh menjawab:
"Aku tidak mengetahui sunnahnya yang demikian dari Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam. Hanya saja para ulama mengatakan :
"Sepantasnya bagi imam utk membaca keseluruhan dari al-Quran dalam shalat Tarawih, supaya memperdengarkan seluruh al-Quran kepada para makmum. Dan disukai utk mengkhatamkan sekali khatam dalam setiap Ramadhan".
Berkata asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahulloh dalam "Majmu' Fatawa" :
"Dan memungkinkan untuk difahami dari hal itu (yaitu mudarasahnya Jibril 'alaihis salam kepada Nabi 'alaihish shalaatu was salam terhadap al-Quran di bulan Ramadhan) bahwa imam membaca al-Quran seluruhnya (mengkhatamkannya) terhadap jamaah (para makmum) di bulan Ramadhan merupakan macam dari pembelajaran (mudarasah) ini. Karena pada yg demikian ini memberikan faedah kepada mereka dari keseluruhan al-Quran.
๐ซ๐ Dan karena ini, dahulu imam Ahmad rahimahullah menyenangi bagi yg mengimami mereka untuk mengkhatamkan al-Quran.
Dan ini merupakan jenis amalan (ulama) salaf, (yaitu) dalam hal sukanya mereka mendengarkan al-Quran keseluruhannya.
Akan tetapi hal ini bukan berarti membawa kepada ketergesaan (dalam membacanya), tidak memperhatikan (kandungan) bacaannya, tidak memelihara kekhusyu'an serta tuma'ninah-nya. Bahkan memperhatikan hal-hal ini (memahami bacaan, khusyu' dan tuma'ninah) lebih utama daripada mementingkan khatam".
๐ Perhatikan ucapan beliau (asy-Syaik Ibnu Baz) rahimahullah:
"Dan karena ini, dahulu imam Ahmad rahimahullah menyenangi bagi yg mengimami mereka untuk mengkhatamkan al-Quran".
Dan disana ada dialog yg cukup berfaedah antara para penuntut ilmu yg menjadi member dalam Web Sahab as-Salafiyyah, silahkan utk diruju' .... disini๐
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=104408
ุจุงุฑู ุงููู ูููู
๐ ---Edisi Khusus Ramadhan---๐
๐ Forum Ahlussunnah Ngawi ๐
0 Response to "APAKAH MENGKHATAMKAN AL-QUR'AN DALAM SHALAT TARAWIH ADALAH BID'AH"
Posting Komentar