Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

BEKERJA DI SUATU PERUSAHAAN YANG TIDAK MEMUNGKINKAN BAGINYA SHALAT JUM'AT

BEKERJA DI SUATU PERUSAHAAN YANG TIDAK MEMUNGKINKAN BAGINYA SHALAT JUM'AT, APAKAH HUKUMNYA BAGI PERKARA ITU ❓

▪Asy syeikh Al_allamah Ubaid Al jabiri حفظه الله ditanya:

pertanyaan:

Saya bekerja di salah satu perusahaan dan tidak memungkinkan saya menunaikan shalat jum'at pada setiap pekan, akan tetapi setiap pekan kedua memungkinkan saya pergi (untuk shalat jumat), maka apakah hukum bagi perkara itu?

⭕jawab:

"Pertama...: saya menenangkan engkau dengan firman Allah ta'ala:

لا يكلف الله نفسا إلا وسعها

" tidaklah Allah membebani suatu jiwa kecuali sesuai dengan kesanggupannya".

Dan firman-Nya:

فاتقوا الله ما استطعتم

"Maka bertakwalah kalian kepada Allah semampu kalian".

Dan dengan sabda beliau shallallahu alaihi wasallam:

"Dan jika aku perintahkan kalian dengan suatu perintah maka datangilah darinya semampu kalian".

Beliau shallallahu alaihi wasallam bersabda kepada Imran bin Hushain radhiyallahu anhu ketika ia terkena penyakit bawasir:

"Shalatlah dengan berdiri, jika engkau tidak mampu maka shalatlah dengan duduk, jika engkau tidak mampu maka shalatlah dengan berbaring".

Di dalam riwayat yang lain: "dengan engkau berbaring".

Perintah-perintah itu dimaafkan dari seseorang apa yang ia lemah darinya, berbeda dengan larangan-larangan, maka ia adalah penekanan dari Allah, oleh karena itu Beliau shallallahu alahi wasallam bersabda di dalam hadits yang terdahulu:

"apa yang aku larang kalian darinya maka jauhilah".

Di sana juga ada suatu perkara yang saya memberikan perhatian kepadamu, apakah pada tempat perusahaan ini terdapat mesjid bagi para pekerja muslim yang memungkinkan mereka shalat jumat padanya?

jika jawabannya ya, maka istiqomahlah kalian dan berupayalah mendekat, walaupun shalat jumat diantara kalian dengan silih berganti (rolling) wahai segenap kaum muslimin, ini pertama.

Kedua: apakah mesjid-mesjid yang engkau sukai pergi untuk shalat padanya, apakah memungkinkan bagimu mendengarkan adzan darinya? Ataukah ia jauh yang engkau membutuhkan mobil? Jika jawabannya  adalah yang pertama, maka sebagaimana saya katakan kepada kalian istiqomahlah kalian dan berupayalah mendekat, selama kalian mendengarkan seruan yakni adzan maka minta tolonglah kepada Allah walaupun sekelompok dari kalian pergi (untuk shalat jumat) pada setiap pekan.

Dan jika kalian tidak mendengarkan itu (adzan), dan tidak memungkinkan kalian sampai kepadanya kecuali dengan kesulitan dan memakai mobil, maka perkaranya luas, walilahil hamd.

Bertekadlah di atas niat yang jujur, dan bahwa seandainya mudah bagi kalian shalat jumat bersama kaum muslimin niscaya kalian menunaikannya, dan bergembiralah, beliau shallallahu alahi wasallam bersabda: "tidaklah seorang muslim memiliki suatu amalan (yang menjadi kebiasaannya) lalu ia bersafar atau ia sakit, melainkan Allah mencatat baginya apa yang ia amalkan dalam keadaan ia sehat lagi mukim".

Dan beliau shallallahu alahi wasallam bersabda tentang orang-orang yang ketinggalan darinya pada perang tabuk, dan itu pada tahun ke - 9 H beliau bersabda: "Sesungguhnya ada orang-orang dibelakang kita di madinah tidaklah kalian memotong lembah dan tidaklah kalian menempuh lereng melainkan mereka bersama kalian". (Bukhari no 2839). Di dalam riwayat yang lain "mereka dihalangi oleh sakit".

Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan kemudahan bagi kita dari urusan kita lalu Dia tidak membebankan kepada kita apa yang kita tidak mampu melakukannya".

sumber:
http://www.miraath.net/quesdownload.php?id=4019

يعمل في شركة ولا يمكنه أداء صلاة الجمعة كل أسبوع؛فما حكم ذلك؟

▪سُئل الشَّـيخ العلّامــة عُبَيْد بنُ عَبدُ الله الجَابِرِي -حـَفِظَهُ الله-:

❪❫ السُّــــ☟ـــؤَالُ:
• أنا أعمل في إحدى الشركات ولا يمكنني أداء صلاة الجمعة كلّ أسبوع، ولكن كلّ ثاني أسبوع يمكنني الذهاب؛ فما حكم ذلك؟

❪❫ الجَـــ☟ـــوَابُ:
” ... أولًا: أطمئنك بقول الله تعالى: {لاَ يُكَلِّفُ اللّهُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا}، وقوله: {فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ}، وبقوله – صلى الله عليه وسلّم – ((وَإِذَا أَمَرْتُكُمْ بِأَمْرٍ فَأْتُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتم))، وقال - صلى الله عليه وسلّم – لعمران بن حصين – رضي الله عنه – حين أصابته بواسير: ((صَلِّ قَائِمًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ)) وفي رواية ((على جَنبك)).

•• الأوامر معفوٌّ عن المرء ما عجز عنه منها، بخلاف النّواهي، فهي عزم من الله، ولهذا قال - صلى الله عليه وسلّم – في الحديث السّابق ((ما نهيتُكم عنه فاجتنبوه))، بارك الله فيك.

••هناك أمرٌ أيضًا أنبّهك إليه، هل في محل الشركة هذا للعمال المسلمين مسجد يمكن أن يُصلّوا الجمعة فيه؟

•• فإن كان الجواب نعم، فسَدِّدوا وقاربوا، لو تكون الجمعة بينكم يا معشر المسلمين بالتناوب، هذا أولًا.

● وثانيًا: هل المساجد التي تحبّ أن تذهب للصلاة فيها، هل يمكنك سماع الأذان منها؟ أو هي بعيدة تحتاج إلى سيارة؟ فإن كان الجواب الأول، فكما قلت لكم سدِّدوا وقاربوا، ما دمتم تسمعون النداء- الأذان- فاستعينوا بالله، ولو يذهب كلّ أسبوع طائفة منكم.

•• وإن كنتم لا تسمعون ذلك، ولا يمكنكم الوصول إلا بمشقة واستخدام سيارة؛ فالأمر فيه سَعَة ولله الحمد.

•• اعزموا على النيّة الصادقة، وأنّه لو تيسّر لكم صلاة الجمعة مع المسلمين لأدّيتموها، وابشروا، قال - صلى الله عليه وسلّم –: ((ما من مسلمٍ كان له عمل، فسافر أو مرض، إلا كتب الله له ما كان يعمل صحيحًا مقيمًا))،

•• وقال - صلى الله عليه وسلّم – في رجالٍ تخلّفوا عنه غزوة تبوك، وهي في السنة التاسعة من الهجرة، قال: )) إن رجالًا خلفنا بالمدينة ما قطعتم واديًا، ولا سلكتم شعبًا إلا كانوا معكم)) صحيح البخاري رقم ( 2839) وفي رواية حبسهم المرض. فالحمد لله الذي جعل لنا من أمرنا يسرا فلم يكلفنا ما لا نطيق“.

http://tlgrm.me/salafykolaka

0 Response to "BEKERJA DI SUATU PERUSAHAAN YANG TIDAK MEMUNGKINKAN BAGINYA SHALAT JUM'AT"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo