Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Beramal Sunnah Jangan Melalaikan yang Wajib

AMALAN - AMALAN YANG DISUKAI ALLAH DI 10 AWAL DZULHIJJAH

❓ Pertanyaan
° amalan - amalan apa yang disenangi di 10 hari awal bulan Dzulhijjah?

*****

🔰 Syaikh Prof.Dr Sulaiman bin Salimullah Ar Ruhaili hafidzahullah menjawab:

♻ Beramal dengan semua amalan kebajikan.Beramal baiklah anda di 10 hari awal Dzulhijjah,itu lebih disukai Allah dibanding jihad fi sabilillah sekalipun.Kecuali jika jihadnya mengorbankan semua jiwa hartanya dan keduanya tak kembali.

⏺ Yang terbesar dari semua amalan di 10 hari awal Dzulhijjah adalah menjaga amalan-amalan wajib.Banyak yang betul-betul perhatian pada amalan yang sunnah tapi teledor dari amalan amalan wajib.Anda bisa dapati ada yang semangat puasa sunnah dan ini bagus,  tapi ogah-ogahan menunaikan sholat jamaah.Saat shalat jamaah tiba,dia malah tertidur.Kalau begini dia malah menelantarkan sesuatu yang wajib.Terkadang juga mendatangi sholat dengan keadaan yang tidak semangat.Anda tanyai dia saat bertemu:
"Mas,kami kok ndak lihat kamu ya tadi pas sholat asar?"

"Aduh ketiduran tadi,wallahi saya ini emang lagi puasa." , begitu jawabnya.

✴ Perkara -perkara wajib adalah ibadah yang paling agung.Maka yang terbaik adalah engkau kerjakan sholat dengan sungguh-sungguh di hari-hari ini melebihi sholatmu di hari yang lain.Kalau engkau biasanya datang ke masjid bertepatan iqomah dan langsung dapat takbiratul ihram,maka di 10 hari awal ini anda harusnya datang lebih cepat dari biasanya.Sholatnya juga harus lebih khusyu' dan lebih menghadirkan hati dalam mengingat Allah tatkala shalat.Demikianlah,karena amalan amalan shalihmu di hari-hari ini lebih dicintai Allah dibandingkan di hari yang lain.

🅾 Dan di antara amalan kebajikan yang lain misalnya:
• berbakti pada ibu bapak
• silaturrahmi dengan sanak saudara
• memperbanyak dzikir pada Allah
• berpuasa sunnah,sebagaimana yang sudah kami sebut tadi.
• berbuat baik pada sesama dengan berbagai macam jenisnya.Bisa berbuat baik dalam urusan lisan,tebar senyuman,harta,dan yang lainnya.

✳ Perkara - perkara di atas masuk dalam kategori kebaikan dan Allah Azza wa Jalla menyukainya.Ini pula yang masuk keumuman sabda Rasulullah shalallahu alaihi wasallam :
ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام– يعني أيام العشر – قالوا : يا رسول الله ولا الجهاد في سبيل الله ؟ قال ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله ثم لم يرجع من ذلك بشيء
Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun.

⭕ Saya rasa ini mencukupi.Wallahu a'lam , wa shalallahu ala nabiyyina wasallam.

-------
🗜 alih bahasa: Abu Mas'ud Jarot bin Narto

📲 Unduh audio hanya di WA An Nashooih As Salafiyyah

0 Response to "Beramal Sunnah Jangan Melalaikan yang Wajib"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo