Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

KEUTAMAAN PUASA HARI ARAFAH

KEUTAMAAN PUASA HARI ARAFAH

✍ Berkata As-Syaikh Shaleh Al-Fawzan _hafizhahullah_:

《 Maka hari ini (yakni hari Arafah, Pent) padanya ada keutamaan yang besar, dan tatkala Nabi ﷺ ditanya tentang puasanya beliau bersabda:

*«يكفر السنة الماضية والسنة الباقية»*

_"akan menghapus satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang."_
▪️ yakni yang akan datang menjadi menghapuskan dua tahun, ini menunjukkan atas keutamaan puasa hari Arafah.

🔖 Menghapus satu tahun yang telah lalu ini jelas karena dia menghapus kesalahan-kesalahan yang ada dan terjadi; akan tetapi dia dapat menghapus satu tahun yang akan datang padahal orang itu belum berbuat apapun maka ini ada persoalan padanya, bagaimana bisa menghapuskan sesuatu yang belum terjadi?

➜ Mereka mengatakan yakni menghapus satu tahun yang akan datang maknanya: bahwa dia akan diberi taufik untuk menjauhkan diri dari kemaksiatan-kemaksiatan pada tahun yang setelahnya, atau dia sekalipun melakukan kemaksiatan maka dia akan diberi taufik untuk bertaubat maka ini makna *menghapus satu tahun yang akan datang.*

🔹 *Pertanyaan*: dan penghapusan ini apakah bagi dosa-dosa besar dan kecil atau khusus dosa-dosa kecil?

🔸 *Jawaban*: penghapusan khusus bagi dosa-dosa kecil; adapun dosa-dosa besar maka tidak akan dihapuskan kecuali dengan taubat, berdasarkan firman Allah ﷻ :

(إِنْ تَجْتَنِبُوا كَبَائِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ) [سورة النساء 31]

_"Jika kamu menjauhkan diri dari dosa-dosa besar apa yang telah kamu dilarang darinya maka Kami akan menghapuskan dari kamu kesalahan-kesalahan kamu."_ [Qs. An-Nisa: 31].

➜ Akan tetapi puasa hari Arafah hanyalah dianjurkan bagi yang tidak melakukan wukuf di Arafah, adapun bagi yang wukuf di Arafah maka dia tidak berpuasa di hari tersebut demi mencontoh Nabi ﷺ karena beliau wukuf dalam keadaan tidak berpuasa di hari ini . 》

         •┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈•

📚 Tashil Al-Ilmam (3/241).
——————————————

📝 فضل صوم يوم عرفة ، وما معنى يكفر السنة الباقية ؟ ، وهل يكفر الكبائر أم خاص بالصغائر ؟

▪️قال الشيخ صالح الفوزان -حفظه الله-:

فهذا اليوم فيه فضل عظيم ، ولما سئل ﷺ عن صيامه قال : « يكفر السنة الماضية والسنة الباقية » يعني المستقبلة يكفر سنتين ، هذا يدل على فضل صوم يوم عرفة .

يكفر السنة الماضية هذا واضح لأنه يكفر سيئات موجودة وحاصلة ولكن كونه يكفر السنة المستقبلة وهو لم يحصل منه شئ فهذا فيه إشكال ، كيف يكفر شيئا لم يحصل ؟

☜ فقالوا يعني يكفر السنة الباقية : أنه يوفق في تجنب المعاصي في السنة التي بعدها ، أو أنه إن حصلت منه معصية فإنه يوفق للتوبة فهذا معنى يكفر السنة الباقية .

🔹السؤال : وهذا التكفير للكبائر والصغائر أم خاص بالصغائر ؟

🔸الجواب : التكفير خاص بالصغائر أما الكبائر فلا تكفر إلا بالتوبة ، لقوله ﷻ : ﴿ إن تجتنبوا الكبائر ما تنهون عنه نكفر عنكم سيئاتكم ﴾ .

☜ ولكن إنما يستحب صوم يوم عرفة لغير واقف بها ، أما الواقف بعرفة فإنه يفطر في ذلك اليوم اقتداء بالنبي ﷺ فإنه وقف مفطرا في هذا اليوم .

[تسهيل اﻹلمام ٢٤١/٣]

ــــــ ❉ ❉ ❉ ❉ ❉ ــــــ


---------------------

✍  FIK

🌎http://bit.ly/Forum_ilmiyahKarangAmyar

🌷🍃🌷🍃🌷🍃

0 Response to "KEUTAMAAN PUASA HARI ARAFAH"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo