Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Satu Diantara Hak Hak Sesama Muslim

Satu Diantara Hak-Hak Muslim

Berbicara tentang hak-hak seorang muslim sangatlah banyak, tidak cukup satu, dua atau tiga pertemuan untuk membahasnya, dikarenakan sangatlah banyak hak-hak muslim yang semestinya kita tunaikan.

Belum lagi muslim tersebut masih saudara kita, dan juga tetangga kita, akan menjadi sangat besar dan banyak hak yang harus kita tunaikan

Namun dari sekian banyak hak-hak muslim, ada lima atau enam hak yang sering manusia melalaikannya atau melupakannya. Enam hak muslim itu ada dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam sohihnya dari sahabat Abu Hurairah

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ الَّه صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم قَالَ :
حَقُّ الْمُسْلِمِ سِتٌّ : إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّه فَشَمِّتْهُ . وَإِذَا مرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذَا مَاتَ فَاصحبه

"Hak seorang muslim terhadap sesama muslim itu ada enam: jika kamu bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, jika ia mengundangmu maka penuhilah undangannya,  jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah ia nasihat, jika ia bersin dan mengucapkan: ‘Alhamdulillah’ maka do’akanlah dengan Yarhamukallah, jika ia sakit maka jenguklah, dan  jika ia meninggal dunia maka iringilah (jenazahnya)."(HR. Muslim)

Dari enam hak muslim yang tersebut dalam hadits tersebut kita akan ambil satu pembahasan, yaitu menjenguk muslim yang sakit.

Pada hadits yang kita sebutkan tadi terdapat anjuran untuk menjenguk muslim yang sakit.

Menjenguk orang yang sakit bukan hanya memberi manfaat untuk saudara kita yang sakit, tetapi sang penjenguk juga mendapatkan kemanfaatan darinya.
Dalam sebuah hadits yang dikeluarkan oleh Imam Abu Dawud, Tirmidzi, dan juga Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani رحمه الله Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda;

من عاد مريضا غدوة صلى عليه ألف ملك حتى يمسي ومن عاد عشية صلى عليه سبعون ألف ملك حتى يصبح

"Barang siapa yang menjenguk saudaranya yang sakit di pagi hari, maka akan bershalawat untuknya seribu malaikat sampai sampai sore hari. Dan barang siapa menjenguk di sore hari akan bershalawat untuknya tujuhpuluh ribu malaikat sampai hingga waktu subuh."

Malaikat bershalawat untuk manusia maknanya adalah mereka mendoakan untukmu, dan doa malaikat adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Pahala, dan keutamaan yang amat sangat besar yang mungkin kita pandang kecil dimata kita.

❗Namun perlu diingat, hendaknya niat dan tujuan kitacdaei menjenguk saudara muslim yang sakit adalah semata-mata mengharap keridhaan Allah تعالى, tidak untuk mendapatkan pujian atau ucapan terima kasih dari manusia, atau yang lainnya.

Niatkan untuk menunaikan hak sesama muslim, mengharap pahala serta doakan kesembuhan untuk saudaramu yang sakit selama ajalnya belum menjemputnya.

مَنْ عَادَ مَرِيضًا لَمْ يَحْضُرْ أَجَلُهُ فَقَالَ: أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ سبع مرات إِلَّا شفاه اللَّهُ مِنْ ذَلِكَ الْمَرَضِ

"Barangsiapa yang mengunjungi orang sakit yang belum datang ajalnya kemudian ia mengucapkan (doa) di sebelahnya sebanyak tujuh kali: AS ALULLAAHAL 'AZHIIM RABBAL 'ARSYIL 'AZHIIM AN YASYFIYAKA (aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan Arsy yang Agung semoga Dia menyembuhkanmu), maka Allah akan menyembuhkannya dari penyakit tersebut."

Kemanfaatan menjenguk bukan hanya untuk orang yang sakit namun juga untuk mereka yang menjenguk saudaranya yang sakit.


📚Sumber:
Syarah Adabul Mufrod karya Syaikh Muhammad bin Sa'id bin Ruslan (5/4018) cet Darul Furqon Mesir

┄┄┉┉✽̶»̶̥🌼»̶̥✽̶┉┉┄┄
Bergabunglah bersama kami di chanel telegram pada link berikut ini
📮 http://bit.ly/penuhduniailmu
💻Untuk faedah lain kunjungi www.jendelasunnah.com
---------------------------------------
  🖼Jendela Sunnah🖼
---------------------------------------

0 Response to "Satu Diantara Hak Hak Sesama Muslim"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo