Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

SUNNAH ISTINTSAR SETELAH BANGUN TIDUR

SUNNAH ISTINTSAR SETELAH BANGUN TIDUR

▪️Dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwasanya Rasulullah Shallalllahu 'Alaihi wa Sallam bersabda: Jika salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya, maka berwudhulah lalu hendaknya ia istintsar sebanyak tiga kali. Karena setan bermalam pada rongga hidungnya. (Hadits riwayat Imam al Bukhari no. 3295)

🍃Syaikh 'Utsaimin rahimahullah berkata,

"Bagaimanapun juga, Allah Ta'ala menguasakan setan atas manusia. Jika seseorang tidur, dengan ijin Allah 'Azza wa Jalla setan bermalam pada rongga hidungnya. Sehingga Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memerintahkan untuk istintsar. Yakni ia istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung) kemudian istintsar (mengeluarkan air dari dalam hidung) sebanyak tiga kali dalam rangka membersihkan rongga hidung dari bekas setan.
Pemberian kekuasaan dari Allah 'Azza wa Jalla ini memiliki hikmah. Akan tetapi kita tidak mengetahui apa hikmahnya❓. Hanya saja kita yakin bahwa tidaklah diberikan kekuasaan ini melainkan untuk suatu hikmah.

Istintsar ini bukan istintsar untuk wudhu. Karena istintsar untuk wudhu termasuk rangkaian amalan wudhu. Tetapi ini adalah istintsar khusus. Bahkan seandainya diperkirakan seseorang itu berada di daratan dan ia tidak memiliki air, lalu ia hendak bertayammum sebagai pengganti wudhu. Kami katakan: Istintsarlah sebanyak tiga kali dikarenakan hikmah ini."

📘Asy Syarh al Mukhtashar Libulugh al Maram 2/50

📱http://t.me/ukhwh

📚 *حــــــ نـــبـــوي ــــــديث*📚

🌴عن أبـﮯ هريرة رضـﮯ الله عنه
أن رسول الله ﷺ قال :
*إذا استيقظ أحدُكم من منامه فتوضأ فلْيستنثرْ ثلاثًا، فإنَّ الشيطانَ يبيتُ على خَيشومِه .*
📚 صحيح البخاري ٣٢٩٥
🍃🍂🍃

🌴قال الشيخ ابن عثيمين رحمه الله تعالى : 
*"وعلى كل حال فإن الله تعالى قد يسلط الشيطان على بني آدم ، فإذا نام بات الشيطان على خيشومه بإذن الله عز وجل ، فأمر النبي - صلى الله عليه وسلم - بالاستنثار ، وهو أن تستنشق الماء ، ثم تستنثره ، ثلاث مرات ؛ تطهيرا للخيشوم من أثر الشيطان .*
*وهذا التسليط من الله عز وجل له حكمة ، لكننا لا نعلم ما هي ، إلا أننا نعلم أنه لم يسلط إلا لحكمة .*
*وهو غير استنثار الوضوء ، لأن استنثار الوضوء يكون من أعمال الوضوء ، لكن هذا استنثار خاص ، حتى لو فرض أن الإنسان في البر وليس عنده ماء ، ويريد أن يتيمم بدل الوضوء ، نقول : استنثر ثلاثا ، لهذه الحكمة"*
📚 "الشرح المختصر
لبلوغ المرام" (2/50) الشاملة .

0 Response to "SUNNAH ISTINTSAR SETELAH BANGUN TIDUR"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo