Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Kurban di Lingkungan dengan Niat Dakwah

Kurban di Lingkungan dengan Niat Dakwah

Ust Abu Ismail Muhammad Rijal

Pertanyaan:

Bismillah, ustadz, ini abu fulan, Afwan mau bertanya tadz, lebih utama mana kita berkurban di lingkungan sendiri dg kita berkurban dg di tempat ngaji? Bolehkah dalam berkurban juga kita niatkan sebagai media dakwah kepada masyarkat khususnya didesa kita? Kira2 mana yg lbh utama? Misal yang terjadi slama ini tadz, hampir tiap tahun ana ditawari untuk berkurban didesa oleh panitia desa, tapi ana jawab sudah qurban ditempat ngaji, apakah itu tidak akan mnmbulkan asumsi negatif masyarakat tadz ?

Jawab :

Ibadah kurban dengan menyembelih hewan-hewan kurban adalah amalan agung dan salah satu syiar Islam.

Menyembelih kurban dan membagi daging kurban termasuk salah satu dari keindahan islam dan bagian dari dakwah.

Antum bisa meniatkan dengan membagi daging kurban agar manusia tertarik dengan dakwah Ahlussunnah Sunnah, bahkan antum memberikan daging kepada tetangga anda yang kafir juga diperbolehkan sebagai hadiah untuk mereka agar mereka tertarik dengan Islam, bukan karena kita mencintai mereka.

Apabila pembagian di lingkungan antum sesuai dg syareat, maka kurban di lingkungan lebih afdhol insyaallah.

Apabila pelaksanaan korban dilingkungan menyelisihi syareat seperti:

1- Tukang jagal diberi upah berupa daging kurban antum,

2- Kulit daging yang antum kurbankan dijual.

Atau penyelisihan yang lain yang seringkali terjadi, antum coba memberikan masukan dengan cara yang hikmah agar penyembelihan hewan kurban sesuai dg syareat sehingga antum benar-benar bisa berkurban sesuai dg syareat.

Adapun jika penyelisihan itu sulit untuk dirubah setelah adanya nasehat sehingga mengakibatkan kurban antum dipastikan menyelisihi syareat maka lebih afdhol bagi antum untuk kurban di tempat lain yang komitmen dengan Sunnah Rasulullah shallallohu’alaihi wasallam.

Atau apabila memungkinkan antum bisa kurban dilingkungan dengan pengaturan sendiri, misal antum berkurban kambing, menyembelih sendiri atau bayar tukang jagal, kemudian kulitnya di berikan fuqoro dan daging dibagi bagi kepada lingkungan, dengan cara ini antum bisa berkurban di lingkungan dengan tetap mengikuti Sunnah Rasulullah shollallohu’alaihi wasallam.

https://t.me/problematikaumat

0 Response to "Kurban di Lingkungan dengan Niat Dakwah"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo