Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

MAKNA HADIST 'SAMPAIKAN DARIKU MESKIPUN SATU AYAT' DAN SIAPA YANG DIBEBANI DENGANNYA

MAKNA HADIST 'SAMPAIKAN DARIKU MESKIPUN SATU AYAT' DAN SIAPA YANG DIBEBANI DENGANNYA

🎙Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullahu Ta'ala

معنى "بلغوا عني ولو آية" ومن المكلّف بها؟
السؤال
قول الرسول ﷺ: بلغوا عني ولو آية هل هي خاصة بطالب العلم؟
الجواب
لا، حتى غيره، كل مؤمن يستطيع يبلغ ولو آية، طالب العلم وكل مؤمن.
س: بعض الناس يفهم أن بلغوا عني ولو آية على ظاهره، ويخرج إلى القرى وإلى الدول ويدعو الناس ثم يتعرض إلى الفتاوى الكبرى بحيث ممكن يقع في حرج؟
الشيخ: إذا عَلَّم الناس القرآن، إذا خرج يعلّم القرآن فلا حرج، لكن لا يجوز له يدخل فيما لا يعنيه، لا يجوز له يتكلم في العلم وهو على غير بصيرة، لكن يعلّمهم القرآن، يعلّمهم الفاتحة، يعلّمهم المُفَصّل، جزاه الله خيرًا يعلمهم، تعليم القرآن متيسّر ولو ما كان عنده علم، يعلمهم القرآن، يقول النبيﷺ: خيركم من تعلم القرآن وعلمه. تعلّمنا على ناس لا يعرفون شيئًا من العلم، لكن أخذنا عنهم القرآن ونحن صغار، فيهم خير وفيهم بركة غفر الله لهم، صبروا على التعليم وصبروا على توجيه الطلبة ولو ما كان عندهم علم، لكن عندهم صبر على تعليم الناس القرآن وتردداه عليهم وتفقيههم فيه حتى يحفظوه، هذا عمل شرعي، يقول عثمان  عن النبي ﷺ: خيركم من تعلم القرآن وعلمه بلغوا عني ولو آية.
س: الآية هنا: الحكمة، أو آية القرآن؟
الشيخ: آيات القرآن.

Pertanyaan:
Sabda Rasul ﷺ: Sampaikan dariku meskipun satu ayat. Apakah ini khusus santri penuntut ilmu?

Jawaban: Tidak khusus, bahkan selainnya. Semua orang mukmin bisa menyampaikan meskipun satu ayat, santri penuntut ilmu dan semua mukmin.

Pertanyaan: Beberapa orang memahami 'sampaikan dariku meskipun satu ayat  berdasarkan yang tertera pada teks (tekstual) hadits dan keluar menuju ke kampung-kampung dan negeri-negeri kemudian dihadapkan kepada fatwa dalam masalah yang besar dimana ia mungkin jatuh pada kesalahan?

Syekh: Jika ia mengajarkan al Qur'an, jika ia keluar mengajarkan al Qur'an tidak mengapa, namun tidak boleh baginya masuk pada perkara yang bukan urusannya, tidak boleh baginya berbicara tentang ilmu syar'i dalam kondisi tidak di atas bashirah (pengetahuan), namun hendaknya ia mengajarkan al Qur'an, mengajarkan al Fatihah, mengajarkan surat mufashshal (surat Qaf sampai an Nass), semoga Allah membalasnya dengan kebaikan, ia mengajarkan kepada mereka pengajaran al Qur'an yang mudah, meskipun ia tidak memiliki ilmu syar'i ia ajarkan al Qur'an. Karena Nabi ﷺ bersabda, sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajaru al Qur'an dan mengajarkannya.

Kami pernah belajar kepada orang-orang yang tidak mengetahui sedikitpun ilmu syar'i, tetapi kami mengambil dari mereka al Qur'an saat kami kecil. Ada pada mereka kebaikan dan ada pada mereka berkah, semoga Allah mengampuni mereka. Mereka sabar mengajari dan sabar membimbing murid-murid, meskipun mereka tidak memiliki ilmu. Namun mereka memiliki kesabaran mengajari orang-orang al Qur'an, mengulang-ulangnya, dan memahamkan mereka terhadapnya hingga mereka menghafalnya. Ini adalah sebuah amalan syar'i. Sahabat Utsman radhiyallahu 'anhu berkata dari Nabi ﷺ, sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al Qur'an dan mengajarkannya, sampaikan dariku meskipun satu ayat.

Pertanyaan: Ayat dalam hadits ini maksudnya hikmah atau ayat al Qur'an?

Syekh: Ayat-ayat al Qur'an.

Fatawa ad Durus

t.me/ukhwh

0 Response to "MAKNA HADIST 'SAMPAIKAN DARIKU MESKIPUN SATU AYAT' DAN SIAPA YANG DIBEBANI DENGANNYA"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo