Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

BUAH KESABARAN YANG BESAR, MA SYAA ALLAH

بسم الله الرحمن الرحيم

BUAH KESABARAN YANG BESAR, MA SYAA ALLAH

🕌 Dari Atha' bin Abi Rabah rahimahullah mengatakan;
Berkata kepadaku lbnu Abbas radhiyallahu 'anhu;
"Maukah kutunjukkan kepadamu seorang wanita calon penduduk surga?"
Kukatakan, "Tentu saja".
Beliau katakan;

هَذِهِ الْمَرْأَةُ السَّوْدَاءُ، أَتَتِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَتْ : إِنِّي أُصْرَعُ، وَإِنِّي أَتَكَشَّفُ، فَادْعُ اللَّهَ لِي. قَالَ : " إِنْ شِئْتِ صَبَرْتِ وَلَكِ الْجَنَّةُ، وَإِنْ شِئْتِ دَعَوْتُ اللَّهَ أَنْ يُعَافِيَكِ ". فَقَالَتْ : أَصْبِرُ. فَقَالَتْ : إِنِّي أَتَكَشَّفُ، فَادْعُ اللَّهَ أَنْ لَا أَتَكَشَّفَ. فَدَعَا لَهَا

Itu wanita kulit hitam yang menemui Nabi ﷺ lalu mengatakan, "Sesungguhnya saya mengidap penyakit ayan. Dan sesungguhnya (saya takut) tersingkap aurat saya (jika saya kambuh). Tolonglah doakan saya kepada Allah (agar Dia menyembuhkan saya)".

Nabi ﷺ mengatakan, "Jika kamu mau sabar (dengan penyakitmu) kamu mendapatkan surga. Atau jika kamu mau, kudoakan kapada Allah agar Dia menyembuhkamu".
Wanita itu menjawab, "(Kalau begitu) saya pilih sabar". Lalu ia berkata lagi, "Tetapi (saya khawatir) aurat saya tersingkap (jika saya kambuh). Tolonglah doakan kepada Allah agar aurat saya tidak tersingkap".
Maka Nabi pun mendoakannya.

📚 HR lmam Bukhari (5652) dan lmam Muslim (2576).

👍🏽 lmam Al Hafidl lbnu Hajar Asqalani rahimahullah mengatakan, "Di dalam hadits ini terkandung (pelajaran-palajaran berikut):

1. Keutamaan orang yang mengidap penyakit ayan.

2. Sabar menerima ujian-ujian dunia bisa mendapatkan surga.

3. Mengambil pilihan yang berat lebih utama dari pada mengambil yang ringan bagi orang yang mengetahui pada dirinya ada kekuatan dan tidak lemah untuk konsisten dengan pilihan yang berat tersebut.

4. Ada dalil yang menunjukkan bolehnya tidak berobat.

5. Pengobatan semua penyakit dengan doa dan bersandar kepada Allah lebih manjur dan lebih bermanfaat dari pada pengobatan dengan obat-obatan.

6. Reaksi dan pengaruh doa pada badan lebih besar dari pada pengaruh obat-obat badaniyah.
Akan tetapi doa kesembuhan ini hanya manjur jika terpenuhi 2 hal;
- dari pihak yang sakit, yaitu sungguh-sungguh dalam niatnya.
- dari pihak yang mengobati (mendoakan), yaitu kuatnya menghadapkan diri maupun kuatnya hati dalam taqwa dan tawakkal.
Wallahu a'lam.

📚 Fathul Baari Bisyarhi Shahihil Bukhari

🤲 Semoga Allah karuniakan kepada kita kesehatan dan keselamatan di dunia sampai akhirat.

والله أعلم بالصواب
وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وأصحابه وسلم

✍🏾 FIK  الفقير إلى غفران ربه أبو يحيى

@forumIlmiahkaranganyar

0 Response to "BUAH KESABARAN YANG BESAR, MA SYAA ALLAH"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo