Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Sebab Hilangnya Ilmu Tergesa-Gesa Dalam Berfatwa

🌘 Sebab Hilangnya Ilmu 🌒
_________________________

📝 Tergesa-Gesa Dalam Berfatwa📝

👍 Adalah Nabi صلى الله عليه والسلام ketika ada perkara yang beliau blm ada ilmu padanya dan blm ada wahyu dari Allah maka beliau berhenti padanya.

💡 Demikian pula malaikat Jibril dan para malaikat yang mulia, mereka tidak berbicara kecualia yang ada padanya ilmu.

ﻋَﻦْ ﻣُﺤَﻤَّﺪِ ﺑْﻦِ ﺟُﺒَﻴْﺮِ ﺑْﻦِ ﻣُﻄْﻌِﻢٍ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻴﻪِ َﻥَّ ﺭَﺟُﻼً ﺃَﺗَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻰَّ -ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺃَﻯُّ ﺍﻟْﺒُﻠْﺪَﺍﻥِ ﺷَﺮٌّ ﻗَﺎﻝَ ﻓَﻘَﺎﻝَ ‏« ﻻَ ﺃَﺩْﺭِﻯ ‏» . ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﺃَﺗَﺎﻩُ ﺟِﺒْﺮِﻳﻞُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻗَﺎﻝَ ‏« ﻳَﺎ ﺟِﺒْﺮِﻳﻞُ ﺃَﻯُّ ﺍﻟْﺒُﻠْﺪَﺍﻥِ ﺷَﺮٌّ ‏». ﻗَﺎﻝَ ﻻَ ﺃَﺩْﺭِﻯ ﺣَﺘَّﻰ ﺃَﺳْﺄَﻝَ ﺭَﺑِّﻰ ﻋَﺰَّ ﻭَﺟَﻞَّ. ﻓَﺎﻧْﻄَﻠَﻖَ ﺟِﺒْﺮِﻳﻞُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﺛُﻢَّ ﻣَﻜَﺚَ ﻣَﺎ ﺷَﺎﺀَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺃَﻥْ ﻳَﻤْﻜُﺚَ ﺛُﻢَّ ﺟَﺎﺀَ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻳَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺇِﻧَّﻚَ ﺳَﺄَﻟْﺘَﻨِﻰ ﺃَﻯُّ ﺍﻟْﺒُﻠْﺪَﺍﻥِ ﺷَﺮٌّ ﻓَﻘُﻠْﺖُ ﻻَ ﺃَﺩْﺭِﻯ ﻭَﺇِﻧِّﻰ ﺳَﺄَﻟْﺖُ ﺭَﺑِّﻰ ﻋَﺰَّ ﻭَﺟَﻞَّ ﺃَﻯُّ ﺍﻟْﺒُﻠْﺪَﺍﻥِ ﺷَﺮٌّ ﻓَﻘَﺎﻝَ َﺳْﻮَﺍﻗُﻬَﺎ

✏:
Dari Muhammad bin Jubair bin Muth’im dari ayahnya, sesungguhnya ada seorang yang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, “Wahai rasulullah tempat apakah yang paling buruk? ”.Jawaban Rasul, “Aku tidak tahu ”. Ketika Jibril datang menjumpai Nabi, beliau bertanya kepada Jibril, “ Wahai Jibril, tempat apakah yang paling buruk? ”. Jibril berkata, “Aku tidak tahu.Kutanyakan dulu kepada Rabbku azza wa jalla”. Jibril lantas pergi.Setelah beberapa waktu lamanya, Jibril datang dan berkata, “Wahai Muhammad, engkau pernah bertanya kepadaku tentang tempat yang paling buruk lalu jawabku adalah aku tidak tahu. Hal itu telah kutanyakan kepada Rabbku azza wa jalla, ‘Tempat apakah yang paling buruk? ’ FirmanNya, “ Pasar ”. (HR Ahmad no 16790

👆 Lihatlah 2 contoh diatas, manusia yang paling mulia, dan malaikat pembawa wahyu sama-sama mengatakan 'tidak tahu' dari perkara yang mereka berdua tidak mengetahuinya.

📎 Apa ruginya bagi bagi seseorang untuk menjawab: saya tidak tahu, saya tidak punya ilmu padanya, dari perkara-perkara yang tidak dia ketahui❓
Dalam keadaan imamnya, contohnya adalah malikat Jibril, Rasullah dan para malaikat❗

📎 Berkata Ibnu Mas'ud:
Barang siapa yang memiliki ilmu hendaknya dia berkata dan barang siapa yang tidak memiliki ilmu maka hendaknya dia mengatakan:
الله أعلم
Karena Allah mengatakan kepada Nabinya:

قل ما أسألكم عليه من أجر وما أنا من المتكلفين

Berkata ibnu Abbas dan juga Ibnu Mas'ud:
👉 Barang siapa yang berfatwa kepada manusia dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan kepadanya maka dia adalah orang gila.

💡 Berkata Huaitsum:
aku menyaksikan imam Malik ditanya dengan 48 pertanyaan, dan menjawab pada 32 pertanyaan dgn jawaban: ''saya tidak tahu"

📃 Assya'bi ditanya tentang suatu masalah dan beliau menjawab:
aku tidak tahu.
kemudian dikatakan: apakah engkau tidak malu dgn ucapanmu aku tidak malu wahai imam, dalam keadaan engkau adalah orang yang faqih dari 'roq?

Dgn tegas beliau menjawab:
Sesungguhnya malaikat tidak malu ketika mengatakan:
لا علم لنا إلا ما علمتنا
Kami tidak memiliki ilmu kecuali yang Engkau ajarkan kepada kami. [al baqoroh]

bersambung,,,,,,,,
_______________________

Alih bahasa:
abu zain

🌴🌴🌴 -WBF- 🌴🌴🌴

✅ Turut Memublikasikan

🍃🌾 Salafy Sumatera 🌿🍃

0 Response to "Sebab Hilangnya Ilmu Tergesa-Gesa Dalam Berfatwa"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo