Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

ARTI DARI KATA HAMBA (ٌعٙبْد)

*TANYA JAWAB KE-3*
--------------------------------

🌴🕋🌴 ARTI DARI KATA HAMBA (ٌعٙبْد)

[معنى العبد]
س: ما معنى العبد؟

Pertanyaan:

Apa arti dari kata hamba?

جـ: العبد إن أريد به المعبد أي المذلل المسخر، فهو بهذا المعنى شامل لجميع المخلوقات من العوالم العلوية والسفلية: من عاقل وغيره، ورطب ويابس، ومتحرك وساكن، وظاهر وكامن، ومؤمن وكافر، وبر وفاجر، وغير ذلك.

Jawaban:

🌾 Kata hamba, apabila yang dimaukan denganya adalah _yang dihambakan, yaitu yang direndahkan dan ditundukkan,_ maka dengan arti ini, _kata hamba mencakup seluruh makhluk,_ baik makhluk yang ada di langit ataupun yang ada di bumi, dari makhluk-makhluk yang berakal dan yang tidak berakal, yang basah dan yang kering, yang bergerak dan yang diam, yang nampak dan yang tersembunyi, yang beriman dan yang kafir, yang baik dan yang keji, dan selainnya.

الكل مخلوق لله عز وجل، مربوب له، مسخر بتسخيره، مدبر بتدبيره، ولكل منها رسم يقف عليه، وحد ينتهي إليه، كل يجري لأجل مسمى لا يتجاوزه مثقال ذرة {ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ} [الأنعام: ٩٦] وتدبير العدل الحكيم.

🌍 Semuanya adalah makhluk (ciptaan) Allah _'azza wajalla,_ milik Allah, tunduk dengan penundukan Allah dan diatur dengan pengaturan Allah _'azza wajalla._

🛣 Setiap dari makhluk tersebut memiliki garis hidup yang ia berjalan di atasnya dan batas hidup yang ia berakhir padanya.

⏱ Semuanya berjalan sampai batas waktu yang telah ditentukan. Tidak akan ada yang melampauinya sedikitpun walau hanya sebutir debu sekalipun.

🕌 (Itulah ketetapan Allah Yang Maha mulia lagi Maha mengetahui). QS. Al An'am: 96.

🌅 Dan itulah pengaturan Allah Yang Maha adil dan Maha bijaksana.

وإن أريد به العابد المحب المتذلل خص ذلك بالمؤمنين الذي هم عباده المكرمون وأولياؤه المتقون الذين لا خوف عليهم ولا هم يحزنون.

🌷 Dan apabila yang dimaukan dengan kata hamba tersebut adalah _orang yang beribadah (menghambakan diri) kepada Allah, orang yang mencintai Allah dan orang yang merendahkan dirinya di hadapan Allah,_ maka kata hamba tersebut _dikhususkan untuk orang-orang yang beriman yang mereka adalah hamba-hamba Allah yang dimuliakan dan untuk para wali Allah yang bertakwa yang tidak ada kekhawatiran atas mereka dan mereka tidak akan bersedih.

==========
📚📚 200 Tanya Jawab Masalah Aqidah Islam

Oleh: Asy Syaikh Hafidz bin Ahmad Al Hakami rahimahullahu ta'ala.

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon
🖥 *Website Salafy Cirebon :*
www.salafycirebon.com

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

0 Response to "ARTI DARI KATA HAMBA (ٌعٙبْد)"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo