Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

KISAH SEORANG PENJUAL KAIN

AMALAN PENGANTAR ISTRI KE SYURGA
Bag 5⃣

Oleh Al Ustadz Abu Hafiy Abdullah hafizhahullah

KISAH SEORANG PENJUAL KAIN

Sangat urgent bercermin dan mengambil pelajaran dari kisah para wanita salihah terdahulu. Mereka adalah figur teladan dalam berinteraksi dengan suami.

Siapa yang tidak kenal al-Hasan al-Bashri? Kisah nyata ini beliau alami sendiri dengan seorang pedagang kain di Mekah.

📝 Disebutkan dalam kitab _al Mujalasah wa Jawahirul 'Ilmi karya Abu Bakr Ahmad bin Marwan bahwa al-Hasan menuturkan kisahnya.

👕 Aku pernah bertemu dengan seorang penjual kain di kota Mekah untuk membeli baju darinya. Mulailah pedagang itu memuji-muji barang dagangannya dan bahkan bersumpah. Akupun meninggalkannya. Kupikir, tidak sepantasnya membeli dari pedagang seperti itu. Akhirnya, aku memutuskan untuk membeli baju dari pedagang lain saja.

👣 2 tahun setelah peristiwa ini berlalu, aku kembali menunaikan haji dan kembali bertemu dengan pedagang tersebut. Namun, aku tidak lagi mendengarnya memuji-muji barang dagangannya dan bersumpah.

>>>   Akupun bertanya kepadanya,
'Bukankah anda orang yang pernah berjumpa dengan saya beberapa tahun yang lalu?'

●   Dia menjawab, 'Ya, benar'

>>>  'Saya melihat anda berubah, tidak seperti dahulu lagi. Apa gerangan yang membuat anda seperti ini? Saya tidak melihat anda bersumpah dan memuji-muji barang dagangan anda lagi.'

●   Si pedagang bercerita,
'Dahulu, saya punya istri yang apabila saya memberinya sedikit penghasilan, dia meremehkannya. Jika saya memberinya penghasilan yang banyak, dia pun menganggapnya sedikit. Allah Maha Melihat kondisi saya dan akhirnya Allah mewafatkan istri saya tersebut.

Kemudian, saya menikah lagi dengan seorang wanita. Dia mempunyai kebiasaan, apabila saya hendak pergi ke pasar pada pagi hari, dia pegang baju saya seraya mengatakan, 'Wahai suamiku, bertakwalah engkau kepada Allah. Janganlah engkau memberiku makan melainkan dari hasil yang baik. Jika engkau datang kepadaku dengan penghasilan yang sedikit, aku akan menganggapnya banyak. Namun, jika engkau pulang tanpa membawa hasil sedikitpun, aku akan membantumu (mencari rezeki) dengan memintal kain.' "

👆🏻💦 Subhanalllah...
Kisah ini memberikan pelajaran bahwa akhlaq seorang istri bisa mempengaruhi begitu besar terhadap karakter suaminya.

📍Istri yang tidak pandai mensyukuri kebaikan suaminya, tidak pernah merasa puas dari selalu menuntut lebih,
👉🏻 bisa mendorong sang suami menghalalkan segala cara dalam mencari rezeki.
🔥 Tidak sedikit suami yang berani melakukan penipuan, pencurian, dan berbagai perbuatan haram demi istrinya.

Pegadang tersebut memberikan banyak pujian dan sumpah untuk melariskan dagangannya, padahal Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

"Hati-hatilah kalian, jangan banyak bersumpah dalam transaksi jual beli. Sumpah memang bisa membuat laris dagangan, tetapi menghilangkan barakahnya."
(HR. Muslim)

🌻 Akhlak pedagang itu mengalami perubahan yang drastis setelah dia menikah dengan istri yang shalihah.

🛩 Lihat bagaimana istri salihah selalu mensupport suaminya dalam segala keadaan. Bahkan, sebelum suaminya melangkahkan kaki, wanita itu telah berpesan agar jangan sampai mencari rezeki dengan cara yang haram. Dia pun meminta agar sang suami tidak memberinya makan melainkan dari hasil yang halal. Ketika bekerja, suami pun termotivasi untuk senantiasa menjaga ketakwaan kepada Allah subhanahu wata'ala.

🌻 Wanita yang salihah pandai mensyukuri kebaikan dan jerih payah suaminya.
Tatkala hasilnya sedikit, dia berusaha menghibur suaminya dan merasa cukup dengan pemberian itu. Bahkan, dia menyatakan siap membantu tatkala suami tidak mendapatkan hasil sama sekali.

🏷Sumber dikutip dari:
Majalah QONITAH
Edisi 33/vol.03/1439H-2017M
Hal 60-65

~~~~~~~~~~~~~🌸
>>16 shafar 1439 H
¤ WA Syarhus Sunnah Lin Nisaa'
¤ Channel Telegram:
Https://t.me/syarhussunnahlinnisa

🌸🌿🌸🌿🌸🌿🌸🌿🌸🌿🌸
📬 Diposting ulang hari Jum'at, 21 Shafar

0 Response to "KISAH SEORANG PENJUAL KAIN"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo