Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

HIKMAH NABI ﷺ MENYEBUT NAMA MALAIKAT JIBRIL, MIKAIL DAN ISRAFIL DALAM DOA ISTIFTAH DAN HIKMAH PEMBERIAN TUGAS KEPADA MALAIKAT

HIKMAH NABI ﷺ MENYEBUT NAMA MALAIKAT JIBRIL, MIKAIL DAN ISRAFIL DALAM DOA ISTIFTAH DAN HIKMAH PEMBERIAN TUGAS  KEPADA MALAIKAT

✍Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah berkata,

"Para ulama berkata: Tiga malaikat yang Nabi ﷺ membaca doa istiftah di saat shalat malam dengan Rububiyah Allah Ta'ala terhadap mereka dimana Beliau mengucapkan:

اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرَائِيلَ، وَمِيكَائِيلَ، وإسْرَافِيلَ، فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالأرْضِ، عَالِمَ الغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ، أَنْتَ تَحْكُمُ بيْنَ عِبَادِكَ فِيما كَانُوا فيه يَخْتَلِفُونَ، اهْدِنِي لِما اخْتُلِفَ فيه مِنَ الحَقِّ بإذْنِكَ، إنَّكَ تَهْدِي مَن تَشَاءُ إلى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ.

‘Ya Allah, rabb bagi Jibril, Mikail dan Israfil, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui hal yang ghaib dan yang nampak, engkaulah yang menetapkan keputusan diantara para hamba dalam berbagai hal yang mereka perselisihkan, berilah aku petunjuk untuk mengetahui kebenaran dalam hal hal yang diperselisihkan dengan izin-Mu sesungguhnya engkau itu memberi petunjuk kepada siapa saja yang Engkau kehendaki untuk menuju jalan yang lurus’ [Hadits riwayat Imam Muslim no. 770 dari hadits 'Aisyah radiyallahu 'anha].

🍃 Para ulama berkata: Sesungguhnya Nabiﷺ membaca doa istiftah dengan menyebut ketiga malaikat ini karena masing-masingnya bertugas dengan hal yang mengandung kehidupan. Malaikat Jibril bertugas dengan hal yang terkandung padanya kehidupan hati yaitu wahyu. Israfil bertugas dengan hal yang terkandung padanya kehidupan badan yaitu akhir kehidupan dengan ia meniup sangkakalanya. Mikail bertugas dengan hal yang terkandung padanya kehidupan bumi yaitu menurunkan hujan dan menumbuhkan tanaman. Namun ini semua tidak berarti Allah 'Azza wa Jalla dzat yang lemah. Allah 'Azza wa Jalla jika berkehendak tinggal mengucapkan: Jadilah, maka jadilah segala hal. Akan tetapi ini semua untuk menunjukkan kebijaksanaan dan kuatnya kekuasaan serta Ia 'Azza wa Jalla memiliki tentara-tentara yang hanya diketahui Allah 'Azza wa Jalla, lalu Allah 'Azza wa Jalla memberitahukan kepada kita sesuai yang dikehendakinya."

🏡 Liqa' al Bab al Maftuh 96

🌎http://binothaimeen.net/content/3906

📱http://t.me/ukhwh

وقالوا: إن هؤلاء الثلاثة هم الذين كان النبي صلى الله عليه وسلم يستفتح في صلاة الليل بربوبية الله تعالى لهم حيث يقول: (اللهم رب جبرائيل وميكائيل وإسرافيل فاطر السماوات والأرض عالم الغيب والشهادة أنت تحكم بين عبادك فيما كانوا فيه يختلفون، اهدني لما اختلف فيه من الحق بإذنك إنك تهدي من تشاء إلى صراط مستقيم) قالوا: إنما كان يستفتح بهؤلاء الثلاثة؛ لأن كل واحد موكل بما فيه الحياة، فجبريل موكل بما فيه حياة القلوب وهو الوحي، وإسرافيل موكل بما فيه حياة الأبدان الحياة النهائية وهي النفخ في الصور، وميكائيل موكل بما فيه حياة الأرض وهو القطر والنبات، وهذا لا يعني: أن الله عز وجل عاجز، الله عز وجل لو شاء لقال: كن فيكون في كل شيء، لكن هذا لإظهار الحكمة وإظهار قوة السلطان وأنه جل وعلا له جنود لا يعلمها إلا هو عز وجل ويعلمنا ما شاء منها

0 Response to "HIKMAH NABI ﷺ MENYEBUT NAMA MALAIKAT JIBRIL, MIKAIL DAN ISRAFIL DALAM DOA ISTIFTAH DAN HIKMAH PEMBERIAN TUGAS KEPADA MALAIKAT"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo