PUASA ADALAH PERISAI BAGI HAMBA DARI API NERAKA
قال الشيخ عبدالعزيز بن عبدالله بن باز رحمه الله تعالى :
والحديث الثالث حديث أبي سعيد عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «من صام يوماً في سبيل اللَّه بعّد اللَّه عن وجهه النار سبعين خريفاً»
هذا معناه واللَّه أعلم في سبيل اللَّه: يعني في طاعة اللَّه، أي من صام يوماً يبتغي وجه اللَّه والدار الآخرة، فله هذا الأجر العظيم، وهو من أسباب بعده من النار، والسلامة من دخول النار، والصيام من أفضل الأعمال، ومن أفضل القرب، وهو جُنّة للعبد من النار إذا صامه ابتغاء وجه اللَّه، لا رياءً ولا سمعة، ولا لمقصود آخر، بل ابتغاء وجه اللَّه، فله هذا الأجر العظيم
قال بعضهم: معناه في سبيل اللَّه، أي في الجهاد، ولكن ليس بظاهر؛ لأن الجهاد مأمور فيه بالإفطار, المجاهد مأمور بالإفطار، لأنه أقوى له على الجهاد: جهاد الأعداء, إذا أفطر يكون أقوى له على جهاده
لكن المراد - واللَّه أعلم - أن الإنسان إذا صام يوماً في سبيل اللَّه، أي في طاعة اللَّه، وابتغاء مرضاته، لا رياءً، ولا سمعة، ولا لمقاصد أخرى، بل صامه ابتغاء وجه اللَّه، فهذا من أسباب دخول الجنة، وصوم التطوع فيه خير كثير، وفضل كبير, أما الواجب، فرمضان فقط، والكفارات كذلك فريضة، لكن إذا صام يوماً في سبيل اللَّه في طاعة اللَّه نفلاً، فله أجرٌ عظيم، وهو من أسباب السلامة من النار.
الإفهام في شرح عمدة الأحكام - ص٤٢٩
Syaikh Abdul Aziz bi Abdillah bin Baaz rahimahullah berkata :
Hadits ketiga yakni hadits Abu Sa''id رضي الله عنه dari Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:
من صام يوما في سبيل الله بعد الله عن وجهه النار سبعين خريفا
"Siapa berpuasa satu hari saja di jalan Alloh, niscaya Alloh akan menjauhkan neraka dari wajahnya sejauh 70 musim".
Hadits ini maknanya -Allohu a'lam- (makna kalimat di jalan Alloh) adalah di dalam ketaatan kepada Alloh. Artinya "Siapa yang berpuasa satu hari saja dalam rangka mencari wajah Alloh (ihlash) dan negeri akhirat, maka ia akan mandapat pahala besar ini. Dan itu termasuk di antara sebab sebab yang menjauhkan dia dari neraka dan keselamatan dari masuk ke dalam neraka.
Dan puasa termasuk amal paling utama dan pendekatan diri yang paling baik. Puasa merupakan perisai bagi hamba dari api neraka jika ia berpuasa dalam rangka mencari wajah Alloh. Bukan karena riya' atau sum'ah. Bukan pula karena tujuan lain. Tetapi hanya untuk mencari wajah Alloh. Maka ia akan mendapatkan pahala besar ini.
Sebagian ulama mengatakan bahwa makna "di jalan Allah" adalah dalam jihad (perang). Tetapi makna ini tidak nampak dengan jelas. Karena dalam jihad justru diperintah untuk berbuka (tidak puasa). Seorang mujahid diperintah untuk berbuka karena itu lebih kuat baginya dalam berjihad melawan musuh. Jika ia berbuka itu akan lebih kuat baginya dalam jihadnya.
Sehingga yang dimaksud "di jalan Alloh" -wallohu a'lam- bahwasannya jika seseorang berpuasa satu hari di jalan Alloh yakni di dalam ketaatan kepada Alloh dan mencari keridhoan Alloh semata, bukan karena riya', bukan sum'ah, bukan pula maksud yang lain, tetapi murni mencari wajah Alloh, maka ini merupakan salah satu di antara sebab sebab masuk jannah.
Dan pada puasa tathowwu' (sunnah) ada banyak kebaikan dan keutamaan yang besar. Adapun puasa yang wajib hanya Romadhon saja. Puasa kafaroh (tebusan) juga fardhu. Tetapi jika seseorang berpuasa sunnah sehari di jalan Alloh yakni dalam rangka ketaatan kepada Alloh, ia akan mendapat pahala besar. Dan itu di antata sebab keselamatan dari neraka.
📚الإفهام في شرح عمدة الإحكام ص ٤٢٩
الفقير الى مغفرة ربه ابو يحيى
@forumilmiahkaranganyar
__________________
PUASA ADALAH PERISAI BAGI HAMBA DARI API NERAKA
قال الشيخ عبدالعزيز بن عبدالله بن باز رحمه الله تعالى :
والحديث الثالث حديث أبي سعيد عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «من صام يوماً في سبيل اللَّه بعّد اللَّه عن وجهه النار سبعين خريفاً»
هذا معناه واللَّه أعلم في سبيل اللَّه: يعني في طاعة اللَّه، أي من صام يوماً يبتغي وجه اللَّه والدار الآخرة، فله هذا الأجر العظيم، وهو من أسباب بعده من النار، والسلامة من دخول النار، والصيام من أفضل الأعمال، ومن أفضل القرب، وهو جُنّة للعبد من النار إذا صامه ابتغاء وجه اللَّه، لا رياءً ولا سمعة، ولا لمقصود آخر، بل ابتغاء وجه اللَّه، فله هذا الأجر العظيم
قال بعضهم: معناه في سبيل اللَّه، أي في الجهاد، ولكن ليس بظاهر؛ لأن الجهاد مأمور فيه بالإفطار, المجاهد مأمور بالإفطار، لأنه أقوى له على الجهاد: جهاد الأعداء, إذا أفطر يكون أقوى له على جهاده
لكن المراد - واللَّه أعلم - أن الإنسان إذا صام يوماً في سبيل اللَّه، أي في طاعة اللَّه، وابتغاء مرضاته، لا رياءً، ولا سمعة، ولا لمقاصد أخرى، بل صامه ابتغاء وجه اللَّه، فهذا من أسباب دخول الجنة، وصوم التطوع فيه خير كثير، وفضل كبير, أما الواجب، فرمضان فقط، والكفارات كذلك فريضة، لكن إذا صام يوماً في سبيل اللَّه في طاعة اللَّه نفلاً، فله أجرٌ عظيم، وهو من أسباب السلامة من النار.
الإفهام في شرح عمدة الأحكام - ص٤٢٩
Syaikh Abdul Aziz bi Abdillah bin Baaz rahimahullah berkata :
Hadits ketiga yakni hadits Abu Sa''id رضي الله عنه dari Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:
من صام يوما في سبيل الله بعد الله عن وجهه النار سبعين خريفا
"Siapa berpuasa satu hari saja di jalan Alloh, niscaya Alloh akan menjauhkan neraka dari wajahnya sejauh 70 musim".
Hadits ini maknanya -Allohu a'lam- (makna kalimat di jalan Alloh) adalah di dalam ketaatan kepada Alloh. Artinya "Siapa yang berpuasa satu hari saja dalam rangka mencari wajah Alloh (ihlash) dan negeri akhirat, maka ia akan mandapat pahala besar ini. Dan itu termasuk di antara sebab sebab yang menjauhkan dia dari neraka dan keselamatan dari masuk ke dalam neraka.
Dan puasa termasuk amal paling utama dan pendekatan diri yang paling baik. Puasa merupakan perisai bagi hamba dari api neraka jika ia berpuasa dalam rangka mencari wajah Alloh. Bukan karena riya' atau sum'ah. Bukan pula karena tujuan lain. Tetapi hanya untuk mencari wajah Alloh. Maka ia akan mendapatkan pahala besar ini.
Sebagian ulama mengatakan bahwa makna "di jalan Allah" adalah dalam jihad (perang). Tetapi makna ini tidak nampak dengan jelas. Karena dalam jihad justru diperintah untuk berbuka (tidak puasa). Seorang mujahid diperintah untuk berbuka karena itu lebih kuat baginya dalam berjihad melawan musuh. Jika ia berbuka itu akan lebih kuat baginya dalam jihadnya.
Sehingga yang dimaksud "di jalan Alloh" -wallohu a'lam- bahwasannya jika seseorang berpuasa satu hari di jalan Alloh yakni di dalam ketaatan kepada Alloh dan mencari keridhoan Alloh semata, bukan karena riya', bukan sum'ah, bukan pula maksud yang lain, tetapi murni mencari wajah Alloh, maka ini merupakan salah satu di antara sebab sebab masuk jannah.
Dan pada puasa tathowwu' (sunnah) ada banyak kebaikan dan keutamaan yang besar. Adapun puasa yang wajib hanya Romadhon saja. Puasa kafaroh (tebusan) juga fardhu. Tetapi jika seseorang berpuasa sunnah sehari di jalan Alloh yakni dalam rangka ketaatan kepada Alloh, ia akan mendapat pahala besar. Dan itu di antata sebab keselamatan dari neraka.
📚الإفهام في شرح عمدة الإحكام ص ٤٢٩
الفقير الى مغفرة ربه ابو يحيى
@forumilmiahkaranganyar
__________________
0 Response to "PUASA ADALAH PERISAI BAGI HAMBA DARI API NERAKA"
Posting Komentar