Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

TANDA KEBAHAGIAAN SEORANG HAMBA

TANDA KEBAHAGIAAN SEORANG HAMBA

👉🏾 lmam Abu Ali Al Hasan bin Ali Al Jauzajani rahimahullah mengatakan;

🔹ﻣﻦ ﻋﻼﻣﺎﺕ اﻟﺴﻌﺎﺩﺓ ﻋﻠﻰ اﻟﻌﺒﺪ ﺗﻴﺴﻴﺮ اﻟﻄﺎﻋﺔ ﻋﻠﻴﻪ، ﻭﻣﻮاﻓﻘﺔ اﻟﺴﻨﺔ ﻓﻲ ﺃﻓﻌﺎﻟﻪ، ﻭﺻﺤﺒﺘﻪ ﻷﻫﻞ اﻟﺼﻼﺡ، ﻭﺣﺴﻦ ﺃﺧﻼﻗﻪ ﻣﻊ اﻹﺧﻮاﻥ، ﻭﺑﺬﻝ ﻣﻌﺮﻭﻓﻪ ﻟﻠﺨﻠﻖ، ﻭاﻫﺘﻤﺎﻣﻪ ﻟﻠﻤﺴﻠﻤﻴﻦ، ﻭﻣﺮاﻋﺎﺗﻪ ﻷﻭﻗﺎﺗﻪ)

Di antara tanda kebahagiaan bagi seorang hamba adalah ia dimudahkan mengamalkan ketaatan, mencocoki tuntunan Sunnah Nabi dalam perbuatan-perbuatannya, berteman dengan orang shalih, baik ahlaqnya kepada saudara-saudaranya, mencurahkan kebaikannya kepada sesama hamba dan memperhatikan kaum muslimin serta menjaga waktu-waktunya".

📚 Kitab Al l'tisham karya lmam Asy Syathibi (1/154).

👉🏾 lmam lbnul Qayyim  rahimahullah mengatakan;

🔹محبة اﻟﻌﻠﻢ ﻣﻦ ﻋﻼﻣﺎﺕ اﻟﺴﻌﺎﺩﺓ ﻭﺑﻐﺾ اﻟﻌﻠﻢ ﻣﻦ ﻋﻼﻣﺎﺕ اﻟﺸﻘﺎﻭﺓ ﻭﻫﺬا ﻛﻠﻪ ﺇﻧﻤﺎ ﻫﻮ ﻓﻲ ﻋﻠﻢ اﻟﺮﺳﻞ اﻟﺬﻱ ﺟﺎﺅا ﺑﻪ ﻭﻭﺭﺛﻮﻩ ﻟﻻﻣﺔ ﻻ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻣﺎ ﻳﺴﻤﻰ ﻋﻠﻤﺎ ﻭاﻳﻀﺎ ﻓﺈﻥ ﻣﺤﺒﺔ اﻟﻌﻠﻢ ﺗﺤﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﺗﻌﻠﻤﻪ ﻭاﺗﺒﺎﻋﻪ ﻭﺫﻟﻚ ﻫﻮ اﻟﺪﻳﻦ ﻭﺑﻐﻀﻪ ﻳﻨﻬﻰ ﻋﻦ ﺗﻌﻠﻤﻪ ﻭاﺗﺒﺎﻋﻪ ﻭﺫﻟﻚ ﻫﻮ اﻟﺸﻘﺎء ﻭاﻟﻀﻼﻝ.

"Mencintai ilmu syari itu termasuk di antara tanda-tanda kebahagiaan, sedangkan membenci ilmu syar'i itu termasuk di antara tanda-tanda kesengsaraan. Dan semua itu hanyalah terdapat pada ilmu para rasul yang mereka bawa dan mereka wariskan kepada umat. Tidak terdapat pada semua apa yang diistilahkan ilmu.
Selain itu, sesungguhnya mencintai ilmu syari itu meliputi mempelajarinya dan mengikutinya (mengamalkannya). Dan itulah agama lslam (yaitu dengan ilmu dan amal). Sedangkan membenci ilmi syari itu menghalangi seseorang dari mempelajarinya dan mengikutinya. Itulah kesengsaraan dan kesesatan.

📚 Kitab Miftah Daaris Sa'aadah (1/136).

👉🏾 Imam Abdurrahman As Sa'di rahimahullah mengatakan tentang Tafsir firman Allah Ta'aalaa:

اِنَّا كَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ

"Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik."
(QS. As-Saffat; 105)

Kata Beliau:

🔹ﻓﻮﻋﺪ اﻟﺒﺎﺭﻱ ﺃﻥ ﻛﻞ ﻣﺤﺴﻦ ﻓﻲ ﻋﺒﺎﺩﺗﻪ ﻣﺤﺴﻦ ﺇﻟﻰ ﻋﺒﺎﺩﻩ ﺃﻥ اﻟﻠﻪ ﻳﺠﺰﻳﻪ اﻟﺜﻨﺎء اﻟﺤﺴﻦ ﻭاﻟﺪﻋﺎء ﻣﻦ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﺑﺤﺴﺐ ﺇﺣﺴﺎﻧﻪ، ﻭﻫﺬا ﺛﻮاﺏ ﻋﺎﺟﻞ ﻭﺁﺟﻞ، ﻭﻫﻮ ﻣﻦ اﻟﺒﺸﺮﻯ ﻓﻲ اﻟﺤﻴﺎﺓ اﻟﺪﻧﻴﺎ، ﻭﻣﻦ ﻋﻼﻣﺎﺕ اﻟﺴﻌﺎﺩﺓ.

"Maka Allah Al Baari (Yang Maha Pencipta) menjanjikan bahwa setiap orang yang berlaku baik dalam beribadah kepada Allah dan berlaku baik dalam berinteraksi dengan hamba-hamba Allah, maka Allah akan membalasnya dengan pujian yang baik dan doa kebaikan dari para mahluk sesuai dengan kadar kebaikannya. Itu merupakan pahala di dunia maupun di akhirat. Dan itu termasuk dari berita gembira dalam kehidupan dunia dan termasuk dari tanda-tanda kebahagiaan".

📚 Taisirul Lathiifil Manaan Fii Khulaashati Tafsiiril Qur'an (214).

Semoga Allah karuniakan kepada kita semua kecintaan kepada ilmu syari, mempelajarinya dan mengamalkannya sehingga menjadi sebab kebahagiaan kita di dunia sampai akhirat. Aamiin.

FIK  الفقير إلى عفو ربه أبو يحيى

t.me/forumIlmiahkaranganya

0 Response to "TANDA KEBAHAGIAAN SEORANG HAMBA"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo