Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

PILIHKAN YANG BAIK UNTUK SAUDARA KITA

بسم الله الرحمن الرحيم 🌳🕌

PILIHKAN YANG BAIK UNTUK SAUDARA KITA

🕋 Allah Ta'aalaa berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْفِقُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّاۤ اَخْرَجْنَا لَـكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ  ۗ  وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيْثَ مِنْهُ تُنْفِقُوْنَ وَلَسْتُمْ بِاٰخِذِيْهِ اِلَّاۤ اَنْ تُغْمِضُوْا فِيْهِ ۗ  وَاعْلَمُوْۤا اَنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

"Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usaha kalian yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kalian. Janganlah kalian memilih yang jelek untuk kalian infakkan, padahal kalian sendiri tidak mau mengambilnya, melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji."
(QS. Al-Baqarah; 267)

👍🏽 lmam Abdurrahman Ad Sa'di rahimahullah mengatakan;

"Allah Ta'aalaa memerintahkan hamba-hambaNya yang mukmin untuk berinfak dari hasil usaha yang baik yang Allah mudahkan bagi mereka maupun dari apa yang Allah keluarkan dari bumi manakala Allah karuniakan kepada mereka dengan dimudahkan untuk mendapatkannya.

Maka infakkanlah sebagian darinya sebagai bentuk syukur kepada Allah dan dalam rangka menunaikan sebagian hak saudara-saudara kalian atas kalian serta untuk mensucikan harta-harta kalian. Maka pilihkanlah dalam infak ini yang baik yang kalian menyukainya untuk diri kalian sendiri. Dan janganlah kalian pilihkan yang jelek yang kalian sendiri tidak menyukainya dan tidak mau mengambilnya kecuali dengan memicingkan mata ataupun meminta maaf (untuk menolaknya).

"{Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji}",
Jadi Dia itu Maha Kaya (tidak butuh) kepada kalian, dan manfaat shadaqah kalian maupun amal-amal kalian itu kembalinya kepada kalian sendiri. Bersamaan dengan itu Dia terpuji atas apa yang Dia perintahkan kepada kalian yang berupa perintah-perintah yang terpuji dan perilaku-perilaku yang lurus. Maka hendaknya kalian kerjakan perintah-perintahNya, karena itu merupakan nutrisi kalbu, kehidupan jiwa dan kenikmatan ruh.

📚 Taisirul Kariimir Rahman Fii Tafsiiri Kalaamil Mannaan.

👍🏽 Syaikh Shalih Fauzan hafidlahullah mengatakan;

Dan Dia juga tidak mau menerima dari shadaqah-shadaqah kecuali dari hasil usaha yang baik. Adapun yang jelek, maka Dia tidak mau menerimanya.

Sama saja, apakah "jelek" dalam arti jelek kondisinya, seperti yang Allah firmankan;

وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيْثَ مِنْهُ تُنْفِقُوْنَ وَلَسْتُمْ بِاٰخِذِيْهِ اِلَّاۤ اَنْ تُغْمِضُوْا فِيْهِ ۗ

"Janganlah kalian memilih yang jelek untuk kalian infakkan, padahal kalian sendiri tidak mau mengambilnya, melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya."
(QS. Al-Baqarah; 267)

Ataukah "jelek" pada dzatnya (sifat aslinya), seperti bangkai, atau khamer, atau babi.
Ataukah "jelek" dari sisi usahanya, seperti riba, atau suap, atau judi atau yang lain.

Maka jelek itu bisa jadi pada dzatnya, atau bisa jadi pada usahanya dan jalan mendapatkannya. Maka jika seseorang bershadaqah dari hasil usaha yang jelek, sesungguhnya Allah tidak mau menerimanya.

📚 Syarah Arba'in An Nawawiyah, hadits ke 10.

Semoga Allah mudahkan kita semua mendapatkan rezeki yang baik dan diberi taufik untuk menunaikan hak saudara kita atas diri kita.

✍🏾 FIK  الفقير إلى معفرة ربه أبو يحيى

t.me/forumIlmiahkaranganyar

0 Response to "PILIHKAN YANG BAIK UNTUK SAUDARA KITA"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo