Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

SEORANG MUSLIM SEJATI

بسم الله الرحمن الرحيم

SEORANG MUSLIM SEJATI

📚 Dari Abdullah bin 'Amr bin al-'Ash radhiyallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah  shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

الْـمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْـمُسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ

“Seorang muslim adalah orang yang kaum muslimin selamat dari gangguan lisan dan tangannya.” (HR. al-Bukhari no. 10 dan Muslim no. 40

📚 Asy Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullahu taala menjelaskan:
“Kaum muslimin selamat dari lisannya, yaitu ia
👉🏻 tidak mencela mereka,
👉🏻 tidak melaknat,
👉🏻 tidak mengghibah dan menyebarkan namimah di antara mereka.
👉🏻 Dia tidak menyebarkan satu macam pun kejelekan dan kerusakan di antara mereka.
👍🏼 Dia benar-benar menahan lisannya.

🌻 Menahan lisan ini termasuk hal yang paling berat (paling sulit) bagi seseorang. Sebaliknya, begitu mudahnya seseorang melepaskan lisannya.”

🌱 Beliau rahimahullahu ta'ala juga menyatakan:

“Lisan termasuk anggota tubuh yang paling besar bahayanya bagi seseorang. Oleh karenanya, apabila seseorang berada di pagi hari, maka anggota tubuh yang lainnya termasuk kedua tangan, kedua kaki, kedua mata dan seluruh anggota badan yang lain, mengingkari lisan. Demikian pula kemaluan, karena pada kemaluan ada syahwat nikah dan pada lisan ada syahwat berbicara. Dan sedikit sekali orang yang selamat dari dua syahwat ini.

🍃 Seorang muslim adalah orang yang kaum muslimin selamat dari lisannya. Maksudnya, dia menahan lisannya, tidak menyebut mereka kecuali dengan kebaikan.

🙌🏻 Ia tidak mencaci, tidak mengghibah, tidak berbuat namimah, dan tidak menebarkan permusuhan di antara manusia. Dia adalah orang yang cinta kedamaian (ketentraman) kepada orang lain. Apabila dia mendengar kejelekan dia menjaga lisannya.

⚡ Tidak sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian manusia wal ‘iyadzubillah bila mendengar kejelekan saudaranya sesama muslim, ia melonjak kegirangan, kemudian segera menyebarkan dan mengumumkan kejelekan itu di negerinya. Orang seperti ini bukanlah seorang muslim (yang sempurna imannya).”

Syarh Riyadhush Shalihin, 2/60

قال الشيخ محمد بن صالح العثيمين _رحمه اللّه تعالى_: سلم المسلمون من لسانه فلا يسبهم، ولا يلعنهم، ولا يغتابهم، ولا ينم بينهم، ولا يسعى بينهم بأى نوع من أنواع الشر والفساد، فهو قد كف لسانه، و كف اللسان من أشد ما يكون على الإنسان، وهو من الأمور التي تصعب على المرء و ربما يستسهل إطلاق لسانه.

و قال رحمه اللّه: فا للسان من أشد الجوارح خطرًا على الإنسان، ولهذا إذا أصبح الإنسان فإن الجوارح:  اليدين والرجلين والعينين، كل الجوارح تكفر اللسان، و كذلك أيضًا الفرج؛ لأن الفرج فيه شهوة النكاح، و اللسان  فيه شهوة الكلام، وقلّ من سلم من هاتين الشهوتين. فالمسلم من سلم المسلمون من لسانه أى: كف عنهم ،لا يذكر هم إلا بخير، ولا يسب، ولا يغتاب، ولا ينم، ولا يحرش بين الناس، فهو رجل مسالم، إذا سمع السوء حفظ لسانه، وليس كما يفعل بعض الناس _والعياذ بالله،_ إذا سمع السوء فى أخيه المسلم طار به فرحًا، وطار به فى البلاد نشرًا و إذاعة، فإن هذا ليس بمسلم.
(شرح رياض الصالحين ابن عثيمين: ٢/ ٦١)

📚 FIK

الفقير إلى عفو ربه أبو عبيد الرحمن

t.me/forumIlmiahkaranganyar

0 Response to "SEORANG MUSLIM SEJATI"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo