Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

YANG SEHARUSNYA ANTARA SESAMA MUSLIM

بسم الله الرحمن الرحيم

YANG SEHARUSNYA ANTARA SESAMA MUSLIM

🕌 Dari  Hurairah radhiyallahu 'anhu mengatatakan, "Rasulullah ﷺ bersabda;

لَا تَحَاسَدُوا، وَلَا تَنَاجَشُوا ، وَلَا تَبَاغَضُوا، وَلَا تَدَابَرُوا ، وَلَا يَبِعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْعِ بَعْضٍ، وَكُونُوا عِبَادَ اللَّهِ إِخْوَانًا، الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ ؛ لَا يَظْلِمُهُ، وَلَا يَخْذُلُهُ ، وَلَا يَحْقِرُهُ، التَّقْوَى هَاهُنَا - وَيُشِيرُ إِلَى صَدْرِهِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ - بِحَسْبِ امْرِئٍ مِنَ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ، كُلُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ حَرَامٌ ؛ دَمُهُ، وَمَالُهُ، وَعِرْضُهُ 

Jangan kalian saling hasad (dengki), jangan pula saling najsy,  jangan pula saling benci, jangan pula saling membelakangi (berpaling), jangan pula sebagian kalian menjual atas jualan sebagian yang lain, dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara.
Setiap muslim itu saudara muslim yang lain, ia tidak mendzaliminya, tidak pula menelantarkannya dan tidak pula menganggapnya kecil (remeh). Taqwa itu letaknya di sini -sambil beliau menunjuk ke dadanya-. Cukup seseorang dikatakan jahat dengan ia menganggap remeh saudaranya yang muslim. Setiap muslim atas muslim yang lain itu haram darahnya, hartanya dan kehormatannya.
📚 HR lmam Bukhari (6064)  dan lmam Muslim (2564).

👍🏽 Keterangan Ringkas;

¤ Hasad adalah seseorang melihat orang lain mendapat nikmat dari Allah lalu ia berangan-angan agar nikmat itu hilang darinya.

¤ Najsy adalah seseorang menaikkan harga dagangan seorang penjual dalam keadaan ia tidak ingin membelinya. Tujuannya mungkin untuk menguntungkan penjual, atau merugikan pembeli atau hanya main-main saja.

¤ membelakangi itu berpaling dan menjauhi serta memutus hubungan.

¤ Menjual atas jualan sebagian yang lain maknanya bahwa seorang penjual sudah menjual suatu dagangan kepada seorang pembeli. Lalu datang penjual kedua menawarkan dagangannya kepada pembeli tadi agar ia membeli dagangannya dan agar ia membatalkan jual belinya dengan penjual pertama.  (Biasanya penjual kedua menawarkan dengan harga yang lebih murah untuk barang yang sama, atau harga yang sama untuk barang yang lebih baik - pen)

¤ mendzalimi itu melakukan pelanggaran hak dan cenderung kepada kebatilan. Macam dan bentuknya sangat banyak tidak terhitung.

¤ Menelantarkan ialah tidak menolong seorang muslim ketika ia dihina atau direndahkan atau dilanggar haknya, padahal ia mampu menolongnya.

¤ menganggap remeh seorang muslim itu kesombongan, yang jika di dalam hati ada seberat dzarrah dari sifat ini bisa menghalangi dari surga. Orang yang sombong memandang dirinya memiliki kesempurnaan dan memandang orang lain memiliki kekurangan, maka ia pun meremehkannya dan merendahkannya.

📚 Diringkas dari Taudhihul Ahkam Min Bulughil Maram.

والله أعلم بالصواب
جعلنا الله وإياكم مسلمين متآخين ومتحابين في الله وألف بين قلوبنا.
وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وأصحابه وسلم

✍🏾 FIK  الفقير إلى غفران ربه أبو يحيى

t.me/forumIlmiahkaranganyar

0 Response to "YANG SEHARUSNYA ANTARA SESAMA MUSLIM"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo