Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

HATI HATI DALAM JUAL BELI KREDIT

HATI-HATI DALAM JUAL BELI KREDIT

💺 Di Jawab oleh Al Ustadz Abu Muhammad Sarbini hafizhahullah ta'ala

Soal :
Si A membutuhkan motor second secara kredit, kemudian mencari motor bersama si B yg berencana akan membayarkannya.

Setelah mendapatkan motor yang cocok milik si C maka si B kemudian membayarnya dengan harga 5 juta, dan antara si A dan si B di tempat tersebut belum terjadi transaksi sehingga masih ada khiyar, artinya si A boleh tidak jadi membeli motor tersebut dan si B juga boleh membatalkan tidak jadi menjualnya kpd si A

Kemudian motor tersebut dibawa pulang ke rumah si B dan disitu baru ada transaksi,  dengan harga 8 juta dan dijual secara kredit/ angsuran ke A bbrp bulan/ tahun tanpa denda dan bunga.

Apakah hal tersebut boleh..❓❓

Jazaakumullahu khaira

Jawab :
Jangan, karena sepertinya hal itu tidak lepas  dari  rekayasa yang tidak  bisa membebaskan keduanya dari riba. Itu tetap riba, karena dengan menunjuknya si A ke barang yang diinginkan, maka si B hakekatnya meminjami uang kpd si A tetapi direkayasa dengan cara langsung dibelikan barang yang diinginkan oleh peminjam, dan selisih harga yg ada (3 juta) adalah sebagai ribanya. Si B tidak akan menyentuh/membeli barang itu/milik si C andaikan si A tidak menginginkan untuk membelinya. Itu hanya permainan alias rekayasa.
Wallahul musta'an.

Ana  nasehatkan agar bertobat dan berhenti dengan sistem tersebut. Jika memang mau bisnis seperti itu, maka belilah beberapa motor second yang kira-kira diminati banyak orang pada saat ini, kemudian promosikan bagi yg ingin membelinya dengan sistem kredit tanpa bunga/denda.

Wallahu a'lam

FJB_Solo

0 Response to "HATI HATI DALAM JUAL BELI KREDIT"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo