Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Seni Budaya Komunis via Taring Padi

AYO KUNJUNGI ‼

http://antikomunisme.com/
CABUT Komunisme Hingga ke Akarnya
🔹🔸🔹🔸🔹🔸🔹

🔴 ANTIKOMUNISME.COM. Seni budaya salah satu pilar pengembangan ideologi sosialisme-komunisme. Tak terkecuali di Indonesia. Ada Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra) yang berafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Realisme sosialis atau “seni untuk rakyat” jadi doktrin. Andalan untuk menuntut persamaan kelas. Menurut mereka, seni adalah alat perjuangan. Kritik terhadap gaya hidup kaum borjuis. Perlawanan atas sifat elitis penguasa dan kaum agamawan.

Aktivis Lekra dalam banyak karyanya – tersebar dalam novel, cerpen, puisi, drama, lukisan – kerap mengangkat tema ketidakadilan sosial. Rakyat menjadi objek agitasi dan provokasi agar benci pada kalangan borjuis (baca: orang kaya). Tanpa disadari, karya yang demikian menjadi bensin pemantik konflik horisontal.

Lekra didirikan oleh Dipa Nusantara Aidit, Nyoto, MS Ashar dan AS Dharta pada 17 Agustus 1950. Pasca pemberontakan PKI, 30 September 1965, semua kegiatan organisasi sayap partai kiri itu dilarang.

Banyak kemudian seniman Lekra ditangkap. Sebagiannya diasingkan ke Pulau Buru, termasuk novelis terkenal Pramoedya Ananta Toer, dan sastrawan Hersri Setiawan. Belakangan, muncul film dokumenter Pulau Buru Tanah Air Beta. Mengisahkan fragmen kehidupan Hersri dan rekannya, Tedjabayu Sudjojono. Film tersebut memicu kontroversi. Alhamdulillah, aparat keamanan melarang pemutaran perdananya yang akan ditonton secara massal, beberapa waktu lalu.

Sampai hari ini, doktrin realisme sosialis tetap mengilhami pegiat seni dan budaya di tanah air. Konsep “seni untuk rakyat” masih aktif diusung para seniman dan budayawan. Di antaranya bahkan tak segan memakai nama Lembaga Budaya Kerakyatan – mirip kepanjangan Lekra. Mewujud dalam organisasi “Taring Padi”, yang dideklarasikan pada 21 Desember 1998 di Yogyakarta.

Tak ingin masyarakat teracuni pemikiran sosialisme-komunisme, yayasan Asy Syariah Yogyakarta, mengadakan program tebar majalah edisi khusus: Awas, Komunisme Bangkit Kembali!

➡ Lanjutkan membaca di: http://antikomunisme.com/
_CABUT Komunisme Hingga ke Akarnya_

0 Response to "Seni Budaya Komunis via Taring Padi"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo