Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

WEJANGAN YANG TANDAS BAGI KAUM MUSLIMIN DARI SYAIKH IBNU UTSAIMIN

WEJANGAN YANG TANDAS BAGI KAUM MUSLIMIN

🌹 berkata Asy-syeikh Ibnu Utsaimin rahimahullah:

Sesungguhnya manusia setiap kali bertambah sejahtera (kaya) dan setiap kali mereka terbuka luas atas manusia niscaya keburukan akan terbuka luas atas mereka. Sebab kesejahteraanlah yang menghancurkan seorang insan, dan seorang insan jika ia memandang kepada kesejahteraan dan memberikan kesenangan terhadap tubuhnya: niscaya ia lalai dari memberikan kesenangan terhadap hatinya, dan jadilah tujuan/fokus utamanya yang terbesar ialah ia memberikan kesenangan terhadap tubuhnya yang tempat kembalinya ialah ulat-ulat dan bau busuk ... dan inilah bencana ... dan inilah yang memudaratkan manusia pada hari ini.

Maka hampir-hampir engkau tidak mendapati seorangpun kecuali ia mengucapkan:

Apa istana kita?
Apa mobil kita?
Apa ranjang kita?

Hingga sekalipun orang-orang yang mempelajari ilmu sebagian mereka mempelajari ilmu dengan tujuan agar ia mendapatkan pangkat dan martabat yang dengannya ia berupaya sampai kepada kenikmatan dunia, seakan seorang insan tidaklah diciptakan untuk perkara yang sangat besar.

Dunia dan kenikmatannya hanyalah sarana saja.

Berkata Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah:

"Sepantasnya seorang insan ia menggunakan harta sebagaimana ia menggunakan keledai untuk berkendara, dan sebagaimana ia menggunakan toilet (jamban) untuk buang kotoran (tahi)".

Maka janganlah engkau jadikan harta sebagai tujuan/fokusmu yang terbesar... bahkan kendarailah harta, jika engkau tidak mengendarainya niscaya ia mengendaraimu, dan jadilah tujuan/fokusmu adalah dunia

Oleh karena itu kita katakan:

Sesungguhnya manusia setiap kali dunia itu terbuka luas atas mereka, dan merekapun memandang kepadanya; maka sungguh mereka merugi terhadap akhirat mereka dengan sekadar apa yang mereka mendapatkan keuntungan dari dunia mereka.

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

والله ما الفقر أخشى عليكم وإنما أخشى عليكم أن تفتح عليكم الدنيا فتنافسوها كما تنافسها من قبلكم فتهلككم كما أهلكتهم

"Demi Allah, bukanlah kemiskinan yang aku takutkan atas kalian, sesungguhnya saja yang aku takutkan atas kalian ialah dunia ini dibuka luas atas kalian lalu kalian berlomba-lomba terhadapnya sebagaimana orang sebelum kalian berlomba-lomba terhadapnya lalu dunia itu membinasakan kalian sebagaimana telah membinasakan mereka".

Dan sungguh benar beliau alahish shalatu was salam, dan yang membinasakan manusia pada hari ini ialah berlomba-lomba di dalam urusan dunia seakan mereka diciptakan untuknya, dan seakan dunia diciptakan untuk mereka lalu mereka tersibukkan dengan apa yang diciptakan untuk mereka dari apa yang mereka diciptakan untuknya, dan ini termasuk dari keterpurukan (kehinaan), kita memohon kepada Allah berupa ampunan.

📚[syarh riyadhush shalihin]

🌐 https://telegram.me/manhaj_salafy

0 Response to "WEJANGAN YANG TANDAS BAGI KAUM MUSLIMIN DARI SYAIKH IBNU UTSAIMIN"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo