Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Imam Bukhori dan Uang Seribu Dinar

SEPENGGAL KISAH IMAM BUKHORI

من قصص البخاري

ذكر الإمام عبد السلام المباركفوري -رحمه الله- في كتابه (سيرة البخاري):

أن الإمام البخاري ركب البحر مرة في أيام طلبه وكان معه ألف دينار
(وكانت الألف دينار مبلغ طائل في ذاك الزمان) ، فجاءه رجل من أصحاب السفينة، وأظهر له حبه ومودته وأصبح يقاربه ويجالسه فلما رأى الإمام حبه وولاءه مال اليه وبلغ الأمر أنه بعد المجالسات أخبره عن الدنانير الموجودة عنده .
وذات يوم قام صاحبه من النوم فأصبح يبكي ويعول ويمزق ثيابه ويلطم وجهه ورأسه ، فلما رأى الناس حالته تلك أخذتهم الدهشة والحيرة وأخذو يسألونه عن السبب ، وألحوا عليه في السؤال ، فقال لهم :

عندي صرة فيها ألف دينار وقد ضاعت!.

فأصبح الناس يفتشون ركاب السفينة واحدا واحدا ،وحينئذ أخرج البخاري صرة دنانيره خفية وألقاها في البحر ، ووصل المفتشون إليه وفتشوه أيضا حتى انتهوا من جميع ركاب السفينة ، ولم يجدوا شيئا فرجعوا إليه ولاموه ووبخوه توبيخا شديدا .
ولما نزل الناس من السفينة جاء الرجل الى الإمام البخاري وسأله ماذا فعل بصرة الدنانير؟ .

فقال: ألقيتها  في البحر !.

قال : كيف صبرت على ضياع هذا المال العظيم ؟.

فقال له الإمام : ياجاهل ...أتدري أنني أفنيت حياتي كلها في جمع حديث رسول الله صلى الله عليه وسلم ، وعرف العالم ثقتي ، فكيف كان ينبغي لي أن أجعل نفسي عرضة لتهمة السرقة؟..
وهل الدرة الثمينة (الثقة والعدالة) التي حصلت عليها في حياتي أضيعها من أجل دراهم معدودة..

📒[(سيرة الإمام البخاري [مج 1 ،ص 122-123

👍🏾 Disebutkan oleh Imam Abdus Salam Al Mubarokfury rohimahulloh di dalam kitabnya Sirotul Bukhory:

Pernah Imam Bukhory mengarungi lautan sekali dalam perjalanan beliau menuntut ilmu. Ketika itu beliau membawa bekal uang seribu dinar. Dan zaman itu 1000 dinar itu bernilai sangat besar.
Maka beliau didatangi oleh seorang lelaki di antara penumpang kapal. Ia menampakkan kecintaan dan kesenangannya kepada beliau hingga ia mendekat kepada beliau dan menjadi teman duduk beliau.
Manakala Imam Bukhori melihat kecintaannya dan kesetiaannya, beliau pun cenderung (senang) kepadanya. Dan keadaannya sampai beliau menceritakan uang dinar yang ada pada beliau kepadanya setelah ia menjadi teman duduknya.

Pada suatu hari, lelaki ini bangun dari tidurnya di pagi hari dalam keadaan menangis. Manakala orang orang melihat keadaannya, mereka terpana dan bingung. Mulailah mereka bertanya kepadanya apa gerangan yang menyebabkan ia menangis? Mereka terus mengulang ulang pertanyaannya.

Akhirnya ia berkata kepada mereka: "Saya punya sebuah kantong yang berisi uang 1000 dinar dan sekarang hilang".
Maka orang orang menggeledah para penumpang satu persatu. Dan di saat itu Imam Bukhory secara diam diam mengeluarkan kantong dinarnya itu lalu beliau melemparkannya ke laut.
Sampailah para pengeledah itu kepada Imam Bukhory dan mereka juga mengeledah beliau. Hingga mereka menggeledah semua penumpang tetapi mereka tidak menemukan apa apa. Merekapun kembali kepada lelaki itu seraya mencelanya dan mencemohnya dengan keras.

Manakala orang orang turun dari kapal, lelaki itu mendatangi Imam Bukhori dan bertanya kepada beliau; apa yang telah beliau lakukan terhadap kantong uang dinar itu?
Beliau menjawab: "Kulemparkan ke laut".
Katanya: "Bagaimana kamu bisa sabar untuk kehilangan uang sebanyak itu?"
Jawab Imam Bukhori: "Hai tolol... Apa kamu tahu bahwa aku menghabiskan seluruh umurku untuk mengumpulkan hadits Rosululloh صلى الله عليه وسلم. Dan manusia mengenal ketsiqohanku. Lalu apa pantas bagiku untuk menjerumuskan diriku ke dalam tuduhan pencurian? Apakah mutiara yang mahal harganya ini (yakni ketsiqohan dan kejujuran) yang aku peroleh sepanjang hidupku itu aku buang sia sia hanya demi dirham yang terhitung?"

📕Sirotul Imamil Bukhori (j 1 hal122 - 123)

📚Copas dari grup
مرحبا يا طالب العلم
📝Alih bahasa
F I K     الفقير الى عفو ربه أبو يحيى

0 Response to "Imam Bukhori dan Uang Seribu Dinar"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo