Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

KENDUR SEMANGAT PASCA RAMADHAN

KENDUR SEMANGAT PASCA RAMADHAN

Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rohimahulloh pernah ditanya :

_Fadhilatusy Syaikh, apakah lesu dan tidak bersemangat untuk melakukan amalan shalih setelah berlalu bulan Ramadhan itu merupakan tanda bahwa amalannya selama bulan Ramadhan isebenarnya tidak diterima oleh Allah?Aku merasa semangatku mengendur, dan aku takut jika Allah tidak menerima amalan ku selama Ramadhan_.

🌺Beliau menjawab :
Bukan,mengendurnya semangat itu bukanlah pertanda bahwa Allah tidak menerima amalanmu. Akan tetapi itu hanyalah pertanda akan lemahnya tekad dan motivasi ibadah.Maka dari itu wajib bagi setiap manusia untuk berusaha bersabar terhadap dirinya sendiri, serta berusaha untuk membawa dirinya agar senantiasa beramal shalih.Karena Ramadhon ini adalah madrasah yang aktual (sebenar benarnya tempat menerpa diri).Sebanyak 30 atau 29 hari pada bulan Ramadhan telah berlalu, dan engkau telah memakai pakaian ibadah yang beraneka rupa. Hal itu tentu meninggalkan bekas pada hatimu dan perjalanan kehidupan dan ibadah mu.Maka ambil dan rampaslah peluang berharga ini.Adapun jika kami harus mengatakan : "Barangsiapa yang kembali melakukan maksiat setelah bulan Ramadhan, maka itu adalah pertanda bahwa amalannya selama bulan Ramadhon tidak diterima."
Maka kami merasa tidak sanggup untuk mengatakan perkataan tersebut.

📖 Al Liqo' Asy Syahri -Ibnu Utsaimin 22/42.

🌐 Sumber kutipan  :https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=113897

🥒🌴🥒🌴🥒🌴🥒

السؤال :فضيلة الشيخ هل الفتور في عمل الصالحات بعد رمضان دليل على عدم القبول، أنا أحس بفتور وأخشى ألا يكون اللهقد تقبل مني؟

الجواب:لا. ليس دليلا على أن الله لم يقبل منك، لكنه دليل على ضعف الهمة وعدم الرغبة، ولذلك ينبغي للإنسان أن يصبر نفسه وأن يحملها على العمل الصالح؛ لأن رمضان مدرسة في الواقع، ثلاثون يوما أو تسعة وعشرون يوما تمضي وأنت متلبس بالعبادات المتنوعة، لا بد أن يؤثر على قلبك وعلى مسيرك، فاغتنم هذه الفرصة.أما أن نقول: إن من عاد إلى المعاصي بعد رمضان، فإنه علامة على عدم القبول.فلا نستطيع أن نقول هكذا.

اللقاء الشهري - ابن عثيمين - (42 / 22)

☆-☆-☆-☆-☆

©PAKLIK

📨 *WA AN NASHOOIH AS SALAFIYYAH*

0 Response to "KENDUR SEMANGAT PASCA RAMADHAN"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo