Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

PENGAWASAN PADA ANAK ANAK KITA LEBIH WAJIB DIBANDING MENGAWASI PERBENDAHARAAN HARTA BENDA

PENGAWASAN PADA ANAK-ANAK KITA LEBIH WAJIB DIBANDING MENGAWASI PERBENDAHARAAN HARTA BENDA

Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al  Utsaimin _رحمه الله تعالى_ berkata :

🍃 Sesungguhnya amanah (dari Allah) mengharuskan kita (di masa ini) lebih banyak memberi pengawasan atas anak-anak dibandingkan jika tidak nampak adanya fitnah dan sedikitnya kemungkaran. Bukankah kita dalam mengurus harta kita,  jika banyak terjadi pencurian dan penipuan,membuat kita akan lebih menjaganya dan mencarikan tempat yang lebih aman ?

⚜ Maka demikian pula wajib atas kita dalam urusan anak-anak kita. Bahkan pengawasan atas anak-anak kita lebih wajib daripada mengurusi harta,  dikarenakan mengabaikan mereka merupakan sesuatu yang berbahaya bagi kita, bagi diri mereka, dan bagi seluruh generasi setelah mereka.

💭 Sesungguhnya anak-anak kitalah yang akan mengiringi kita di surga, bukan harta kita, jika mereka mengikuti kita dalam keimanan.
Allah berfirman yang artinya :
_(Dan orang-orang yang beriman serta keturunan mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami akan pertemukan mereka dengan keturunan mereka (di jannah), dan Kami tidaklah mengurangi pahala mereka sedikitpun. Setiap orang terikat dengan apa yang telah ia kerjakan.)_

Setiap manusia pasti tidak ridho jika ia diberi kenikmatan di surga sedangkan anak-anaknya diadzab di neraka.

🎖 Sungguh kita bisa memastikan bahwa jika seseorang manakala melihat api di dunia akan melahap anaknya atau kerabatnya, tentu ia akan berusaha sekuat tenaga untuk menjauhkan api tersebut darinya.Maka tidakkah dia berpikir dan membandingkan bagaimana jika ia melihat anaknya bergelimang dalam berbagai kemaksiatan yang mana kemaksiatan termasuk dari sebab-sebab masuknya seseorang ke dalam neraka kemudian ia tidak peduli dengan hal tersebut ?
Padahal ketidakpedulian terhadap anaknya mengharuskannya untuk diadzab, dikarenakan ia telah bermaksiat kepada Allah tatkala Dia berfirman:
_"Wahai orang-orang yang beriman jagalah diri-diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka,  yang dijaga oleh malaikat-malaikat yang keras lagi kasar, mereka tidak durhaka kepada Allah atas apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan kepada mereka."_

*

*🔘 ملاحظة أولادنا أوجب علينا من ملاحظة المال*

✍🏻 قال العلامة ابن عثيمين رحمه الله تعالى :

📚 إنّ الأمانة تُحتّم عليهم الرقابة أكثر مما إذا خفّت الفتن وقلت المنكرات، ألـسنا في أموالـنا إذا كثرت السرقة وكثرت الخيانة نتحـفظ فيها أكثر ونطـلب لـها المكان الأحرز،

📚فكذلك يجب علينا في أولادنا، بل ملاحظة أولادنا أوجب علينا من ملاحظة المال، لـما في إهمالـهم من الخـطر علينا وعلى أنفسهم وعلى الأجيال المقبلة كلها ،

📚 إن أولادنا وليس أموالـنا هم الذين يصحبوننا في الجنة إذا تبعونا في الإيمان : { وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُم بِإِيمَانٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَا أَلَتْنَاهُم مِّنْ عَمَلِهِم مِّن شَيْءٍ ۚ كُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ }، إن كل واحد من الناس لا يرضى أن يكون منعمـًا في الجنة وأولاده معذبين في النار .

📚إننا نجزم أن الشخص لـو رأىٰ النار في الدنيا تأكل ولده أو قريبه لـسعى بكل جهده في دفعهـا عنه، أفلا يعقل ويقيس كيف يرىٰ ولـده يسعىٰ في المعاصي التي هي أسباب دخول النار ثم لا يبالي بذلك مع أن إهماله يوجب أن يعذب عليه لأنه عاص لله حيث قال سبحانه : { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ } .

▣ [ من كتاب الضياء اللامع (٦٠٧/٨) ]

══════ ❁✿❁ ══════
📚 Sumber : Adh Dhiya'ul Laami' 8/607

✏ Alih bahasa : Setiawan Abdullah _waffaqahullah_

※※※※※※

■ *WA AN NASHOOIH AS SALAFIYYAH*

0 Response to "PENGAWASAN PADA ANAK ANAK KITA LEBIH WAJIB DIBANDING MENGAWASI PERBENDAHARAAN HARTA BENDA"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo