Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

PENDIDIKAN ANAK TANGGUNG JAWAB TERBESAR

🌹🌷بسم الله الرحمن الرحيم🌷🌹

PENDIDIKAN ANAK TANGGUNG JAWAB TERBESAR

Tanya :

Wahai Syaikh Yang Mulia. Anda tahu bahwa sebagian orang tua sibuk dengan pekerjaannya. Kadang tidak sempat untuk menanyai anak anaknya tentang taraf pendidikan mereka atau dengan siapa mereka berteman. Apakah ini termasuk menterlantarkan hak mereka ❓

👍🏽Syaikh Muhammad Utsaimin رحمه الله menjawab:

🔹 Perkataan bahwa "orang tua sibuk dengan pekerjaannya", kita jawab: Pekerjaan yang paling besar adalah mengurusi putra putrinya. Dan tanggung jawab terhadap putra putrinya ini lebih besar dari tanggung jawab bisnisnya. Coba kita tanya: apa yang ia inginkan dari bisnisnya ? Tiada lain yang ia inginkan darinya adalah menafkahi dirinya dan keluarganya. Dan itu hanya nutrisi badan. Yang lebih penting darinya adalah nutrisi hati dan nutrisi ruh, penanaman iman dan amal sholih dalam jiwa putra dan putrinya.

🔸Kemudia ketahuilah bahwa Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda :

إذا مات الإنسان انقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح يدعو له

Jika orang mati maka terputus amalannya kecuali dari 3 perkara; yaitu shodaqoh jariyah atau ilmu yang dimanfaatkan atau anak sholih yang mendoakannya.

♦ Jadi, anak sholih itu bermanfaat bagi ayahnya dan ibunya, semasa hidupnya maupun setelah matinya. Maka itu lebih berhak diperhatikan daripada harta. Harta itu jika pemiliknya kaya, ia bisa memperkerjakan pegawai untuk mengurusi bisnisnya. Adapun jika ia bukan orang kaya, sesungguhnya Alloh تعالى  berfirman :

ومن يتق الله يجعل له مخرجا ويرزقه من حيث لا يحتسب

Siapa bertaqwa kepada Alloh, Dia menjadikan jalan keluar untuknya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka sangka. (QS Ath Thalaq 2 - 3).

📚Chanel الدر الثمين لابن عثيمين

✍🏾FIK الفقير الى عفو ربه ابو يحيى

🔴 تربية الأبناء من أعظم المسئوليات

السؤال: 

تعلم يا فضيلة الشيخ أن بعض الآباء ينشغل في أعماله، وقد لا يتمكن من سؤال أبنائه عن مستواهم الدراسي أو من يصحبون، فهل هذا تضييع لحقوقهم؟

◾️ جواب الشيخ العثيمين رحمه الله:

قوله إنه ينشغل بأعماله نقول: من أكبر أعماله أبناؤه وبناته، ومسئوليتهم أعظم من مسئولية تجارته، ولنسأل ماذا يريد من تجارته؟ إنه لا يريد منها إلا أن ينفق على نفسه وأهله، وهذا غذاء البدن، وأهم منه غذاء القلب، غذاء الروح، زرع الإيمان والعمل الصالح في نفوس الأبناء والبنات.

⬅️ ثم ليعلم أن النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم قال: «إذا مات الإنسان انقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية، أو علم ينتفع به، أو ولد صالح يدعو له».

⚠️ فالولد الصالح ينفع أباه وأمه في الحياة والممات، فهو أولى من مراعاة المال، فالمال إن كان صاحبه ذا غنى كثير أمكنه أن يجعل فيه عاملين يعملون بالتجارة، وإن كان دون ذلك فإن الله يقول: ﴿وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجاً * وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ﴾ [الطلاق:2-3].

http://binothaimeen.net/content/1313

0 Response to "PENDIDIKAN ANAK TANGGUNG JAWAB TERBESAR"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo