Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

BACA QUR'AN & FAHAMI 1

بسم الله الرحمن الرحيم 🌳🕋

📖 BACA QUR'AN & FAHAMI 1

🕋 Allah Ta'aalaa berfirman:

كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ اِلَيْكَ مُبٰرَكٌ لِّيَدَّبَّرُوْۤا اٰيٰتِهٖ وَلِيَتَذَكَّرَ اُولُوا الْاَلْبَابِ

"Kitab (Al-Qur'an) yang Kami turunkan kepadamu penuh berkah agar mereka mentadabburi (menghayati) ayat-ayatnya dan agar orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran."
(QS. Sad : 29)

👍🏽 lmam Abdurrahman As Sa'di rahimahullah mengatakan dalam Tafsirnya:

"{ Kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh berkah }, yakni di dalamnya terdapat banyak kebaikan dan ilmu yang melimpah ruah. Di dalamnya ada segala petunjuk dari kesesatan, ada obat dari penyakit, ada cahaya yang bisa menerangi dalam kegelapan, ada segala hikmah yang dibutuhkan oleh hamba-hamba, di dalamnya ada dalil-dalil qath'i (yang pasti) atas segala yang dicari, yang dengannya Al Quran ini menjadi kitab paling mulia yang menunjuki jalan-jalan mahluk sejak Allah meciptakan mahlukNya.

{ agar mereka mentadabburi ayat-ayatnya }, inilah hikmah (tujuan) diturunkannya. Yakni agar manusia menghayati ayat-ayatnya, lalu mengambil ilmunya, memperhatikan rahasia-rahasianya dan hikmah-hikmahnya.
Karena dengan mentadabburinya, memperhatikan makna-maknanya dan mengulang-ulang dalam memikirkannya, maka akan didapat barakahnya dan kebaikannya.

Dan itu semua menunjukkan adanya motivasi untuk mentadabburi Al Quran, dan menunjukkan bahwa itu merupakan amalan paling utama. Juga menumjukkan bahwa membacanya disertai dengan tadabbur itu lebih utama dari pada membaca dengan cepat yang dengannya tidak dicapai tujuan tersebut (yakni tadabbur).

{ dan agar orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran }, yakni dengan  mentadabburinya orang-orang yang berakal sehat bisa mendapat pelajaran segala ilmu dan apa yang diinginkan.
Maka ini menunjukkan bahwasanya sesuai kadar sehatnya hati dan akalnya manusia bisa memperoleh pelajaran darinya dan memetik manfaat dengan kitab Al Quran tersebut".

📚 Taisirul Kariimir Rahmaan Fii Tafsiiri Kalamil Mannaan.

~~~~~~~~~~~~~~~

Semoga Allah sempurnakan iman kepada Al Quran dan Dia karunikan kepada ilmu tentang makna-maknanya serta taufiq untuk mengamalkannya.

✍🏾 FIK  الفقير إلى عفو ربه أبو يحيى

_____________________________

▶️📱https://t.me/forumIlmiahkaranganyar
🌳🌻🌳🌻🌳🌻🌳🌻🌳🌻

0 Response to "BACA QUR'AN & FAHAMI 1"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo