Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Hukum Meletakkan Pembatas/Sutrah Ketika Shalat di Masjid

FATWA LAJNAH DAIMAH SAUDI

Hukum Meletakkan Pembatas (Sutrah) Ketika Shalat di Masjid

📜Pertanyaan Pertama dari Fatwa Nomor:2613

📩Pertanyaan 1:

Saya melihat sebagian pengajar ketika di masjid, masing-masing mereka meletakkan kayu di depannya sebagai pembatas (ketika salat). Tingginya kira-kira setengah meter. Mereka berkata bahwa orang yang tidak melakukannya akan berdosa. Lalu saya bertanya kepada mereka, "Jika saya tidak mendapati sesuatu sebagai pembatas seperti yang anda lakukan?" Mereka menjawab, "Harus (dilakukan)!"

📉Jawaban 1:

Meletakkan pembatas ketika salat merupakan sunnah baik itu dalam keadaan perjalanan atau tidak, salat fardhu atau sunnah, di masjid atau di tempat lapang. Hal ini berdasarkan keumuman hadits, "Jika salah seorang di antara kalian akan salat, maka salatlah menghadap tirai (penghalang yang di letakkan di sebelah kiblat) dan (salatlah) agak dekat darinya!" (HR. Abu Dawud dengan sanad yang baik). Hal ini juga berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Abu Juhaifah رضي الله عنه, "Nabi صلى الله عليه و سلم menancapkan sebatang kayu pendek. Beliau melangkah maju dan mengerjakan salat zuhur (diqasar) dua rakaat. Keledai dan anjing lewat di depan beliau tanpa dicegah." Muslim meriwayatkan dari Thalhah bin Ubaidillah yang berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda, "Apabila salah seorang dari kalian sudah meletakkan seperti kayu pelana unta di hadapannya, maka salatlah dan jangan pedulikan siapa saja yang melintas di belakang tanda penghalang itu."
Disunnahkan mendekat ke tirai pembatasnya sesuai dengan hadits tersebut. Para sahabat رضي الله عنهم ketika masuk masjid langsung menuju tiang untuk shalat sunnah menghadap tiang tersebut. Hal itu mereka lakukan ketika shalat di masjid. Akan tetapi, dikalangan para sahabat tidak dikenal orang yang meletakkan kayu di hadapannya sebagai pembatas ketika shalat di masjid. Mereka hanya diketahui shalat menghadap tembok dan dinding. Oleh karena itu, kita tidak perlu menyusah-nyusahkan diri dalam hal ini. Syariat Islam sungguh memberikan berbagai kelapangan. Tidaklah seseorang memberat-beratkan diri dalam beragama melainkan ia akan dikalahkan oleh dirinya sendiri. Perlu diketahui bahwa perintah untuk meletakkan pembatas hanyalah sunnah, bukan wajib. Ini berdasarkan hadits, "Nabi صلى الله عليه و سلم shalat bersama orang-orang di Mina tanpa ada dinding (di hadapan beliau)." Dalam hadits ini tidak disebutkan bahwa beliau meletakkan pembatas. Hal ini juga berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh imam Ahmad, Abu Dawud, dan Nasa'i dari hadits Ibnu Abbas رضي الله عنهما yang berkata, "Rasulullah صلى الله عليه و سلم shalat di lapangan terbuka dan tidak ada sesuatu pun di hadapan beliau."
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa sallam.

📚Al-Lajnah ad-Daimah Lilbuhutsil Ilmiyyah wal Ifta' | Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa

🌴Ketua: Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

🌈WHATSAPP AL-UKHUWWAH

وضع السترة
السؤال الأول من الفتوى رقم ( 2613 )
س1: إنني شاهدت بعض المرشدين ينصبون كل منهم أمامه في المسجد سترة لوحا من الخشب طوله نصف متر تقريبا، ويقولون: من لم يفعل ذلك عليه إثم، فقلت لهم: وإذا لم أجد هذه السترة التي تنصبونها أمامكم، قالوا: لازم لازم؟
ج1: الصلاة إلى سترة سنة في الحضر والسفر، في الفريضة والنافلة، وفي المسجد وغيره؛ لعموم حديث .. إذا صلى أحدكم فليصل إلى سترة وليدن منها .. 1 رواه أبو داود بسند جيد ولما روى البخاري ومسلم من حديث أبي جحيفة رضي الله عنه « أن النبي صلى الله عليه وسلم ركزت له العنزة فتقدم وصلى الظهر ركعتين يمر بين يديه الحمار والكلب لا يمنع  2 وروى مسلم من حديث طلحة بن عبيد الله قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم « إذا وضع أحدكم بين يديه مثل مؤخرة الرحل فليصل ولا يبال من مر وراء ذلك 3
ويسن له دنوه من سترته لما في الحديث المذكور، وقد كان الصحابة رضي الله عنهم يبتدرون سواري المسجد ليصلوا إليها
__________
(1) أخرجه مالك 1 / 154، والبخاري 1 / 480-481 في سترة المصلي، باب يرد المصلي من مر بين يديه، ومسلم برقم (505) وأبو داود برقم (697) والنسائي 2 / 66 .
(2) أخرجه البخاري 1 / 475، ومسلم برقم 503 وأبو داود برقم (688 والنسائي1 / 87.
(3) أخرجه مسلم برقم (499) وأبو داود برقم (685) والترمذي برقم (335).

النافلة، وذلك في الحضر في المسجد، لكن لم يعرف عنهم أنهم كانوا ينصبون أمامهم ألواحا من الخشب لتكون سترة في الصلاة بالمسجد، بل كانوا يصلون إلى جدار المسجد وسواريه، فينبغي عدم التكلف في ذلك، فالشريعة سمحة، ولن يشاد الدين أحد إلا غلبه، ولأن الأمر بالسترة للاستحباب لا للوجوب، لما ثبت من « أن النبي صلى الله عليه وسلم صلى بالناس بمنى إلى غير جدار » (1) ولم يذكر في الحديث اتخاذه سترة، ولما روى الإمام أحمد وأبو داود والنسائي من حديث ابن عباس رضي الله عنهما قال: « صلى رسول الله صلى الله عليه وسلم في فضاء وليس بين يديه شيء » (2)
وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو ... عضو ... نائب الرئيس ... الرئيس
عبد الله بن قعود ... عبد الله بن غديان ... عبد الرزاق عفيفي ... عبد العزيز بن عبد الله بن باز
__________
1 ''أخرجه البخاري 1 / 27، 126، 209، ومسلم 1 / 361 برقم 504  وليس عنده : ''إلى غير جدار ''، والبيهقي 2 / 273 .''
(2) أخرجه أحمد 1 / 224، وأبو داود 1 / 459 برقم 718، والبيهقي 2 / 273، 278

✆ WA Al Istifadah ※ WALIS ✆
✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧
الموقع الرسمي للمجموعة:
🛅➠http://walis-net.blogspot.com/p/depan.html
🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

0 Response to "Hukum Meletakkan Pembatas/Sutrah Ketika Shalat di Masjid"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo