Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

BERBISNIS DENGAN HIZBIYYUN

BERBISNIS DENGAN HIZBIYYUN

Asy Syaikh Ubaid al Jabiri hafidzohulloh ditanya:

Semoga Allah subhanahu wa ta’ala membalas Anda dengan kebaikan dan juga menjaga Anda. Apakah boleh melakukan kerja sama dengan hizbiyyun dalam urusan dunia, misalnya dagang? Beberapa pemuda melakukan hal ini dan mereka berkata: “Saya tidak melakukan kerja sama dengan mereka kecuali dalam urusan dunia saja.”

Jawab:

Saya katakan, jika Anda mampu menjauh dari ahli bid’ah hingga Anda tidak melakukan kerja sama apapun dengan mereka, baik urusan agama maupun dunia, maka lakukanlah.

Dalam urusan agama, mereka seringnya berupaya untuk mengarahkan semua aktifitasnya kepada aktivitas dakwah. Karena itu, jangan sekali-kali kita mengakomodasi mereka. Diantaranya jangan bantu mereka dalam mendirikan masjid atau menerbitkan buku-buku mereka yang dengan itu kebid’ahan akan makin menyebar. Jangan pernah hal ini dilakukan, selamanya. Karena bila ada orang yang bekerja sama dengan mereka (dalam urusan agama) dalam keadaan ia tahu keadaan mereka, maka ia sama saja dengan mereka, baik ia menyadarinya atau tidak.

Sedangkan dalam urusan dunia, jika Anda memang dalam keadaan membutuhkan (kerjasama tersebut) dalam keadaan Anda adalah orang yang kokoh aqidahnya, kokoh dalam memegang Sunnah dan keras dalam menyikapi kebid’ahan, maka tidak mengapa untuk dilakukan (kerjasama tersebut) sekedar sesuai kebutuhan. Namun harus tetap diperhatikan untuk tidak terlalu jauh berhubungan dengan mereka. Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Seseorang itu tergantung kepada agama teman dekatnya. Maka lihatlah kepada siapa orang itu berteman.”

Ini adalah permasalahan yang berbahaya. Berapa banyak orang yang “menghilang” (dari dakwah) disebabkan masalah dunia, dia semakin jauh hingga akhirnya menjadi musuh dakwah. Atau berapa banyak orang yang kehilangan kecemburuan (ghiroh) terhadap agama, kehilangan sikap wala’ dan baro’ (disebabkan pergaulan dalam masalah dunia). Jika Anda ingin bekerja sama dengan ahli bid’ah (hizbiyyun) dalam keadaan Anda menjadikannya sebagai pekerja dan Anda menjadi atasan bagi dia, maka tidak ragu lagi bahwa hal ini lebih aman. Namun tetaplah berhati-hati dari dia dan jadikan kerjasama ini semata hanya dalam urusan dunia. Jangan sampai Anda merasa nyaman (akrab) dengannya, hingga akhirnya terbuka kesempatan bagi dia untuk mengajak Anda melakukan kerja sama yang sifat agama atau dakwah.

Jika Anda mampu untuk mencukupkan diri tidak kerja sama dengan mereka dan beralih kepada yang lain, wahai Salafiyyin, maka ini akan lebih selamat dan memuliakan Anda. Inilah yang saya peringatkan dan saya seru kepada Anda. Sesuatu yang lebih saya sukai adalah bila Anda tidak jalin kerja sama dengan hizbiyyun, orang-orang revolusioner (yang hobi mengkritik pemerintah -pent), ataupun ahli bid’ah. (Diambil dari al-Haddul Fashil Baina Muamalah Ahlus Sunnah wa Ahlil Bathil, pertanyaan no.3)

✏ Sumber:  Majalah Fiqih Islami Fawaid edisi 04/1/1435/2014 halaman 50-51

WA Salafy Kendari

Dinukil dari: http://ittibaus-sunnah.net/162/

0 Response to "BERBISNIS DENGAN HIZBIYYUN"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo