Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Kebiasaan makan dan minum yang mempercepat resiko Osteoporosis

بسم الله الرحمن الرحيم

Kamis, 12 dzulqo'dah 1436H/  27 Agustus 2015

Kebiasaan  makan dan minum yang  mempercepat resiko Osteoporosis

  
      🔎Osteoporosis secara umum dikenal  dengan pengeroposan tulang.

👉Selama ini sebagian kita mungkin hanya tahu osteoporosis disebabkan faktor kurang kalsium dan usia yang sudah lanjut.  Padahal ada beberapa kebiasaan kita sehari-hari, terutama dalam hal makanan dan minuman, yang bisa menambah faktor resiko osteoporosis.

👇Berikut makanan & minuman yang menyebabkan osteoporosis;
➖➖➖➖➖

🍭 GULA TINGGI

🍩🍹 Kandungan gula dalam makanan maupun minuman yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menghambat penyerapan kalsium pada tulang, bahkan dari hasil penelitian gula juga bisa menghilangkan kandungan mineral, fosfor dan zat penting lainnya yang bisa membantu penyerapan kalsium pada tulang.

☝ Sehari cukup 3-6 sendok makan.

🍖 PROTEIN TINGGI

🍖〰 Konsumsi protein yang berlebihan menyebabkan defisiensi kalsium dan osteoporosis. Saat asam amino dibentuk dalam jumlah besar, darah menjadi asam dan membutuhkan kalsium untuk menetralisasinya. Dengan demikian, konsumsi protein yang berlebihan akan menyebabkan berkurangnya kalsium.

Tubuh kita sangat memerlukan kadar fosfor yang tinggi dan darah harus menjaga rasio kalsium dengan fosfor antara 1:1 dan 1:2.

Makanan yang meningkatkan jumlah fosfor akan menyebabkan tubuh mengambil kalsium dari gigi dan tulang untuk menjaga keseimbangan. sekalipun Tubuh memiliki banyak fosfor dan kalsium, tapi tubuh  tidak dapat menyerap senyawa yang membentuk kalsium fosfat,maka senyawa in dikeluarkan dan menambah semakin berkurannya kalsium sehingga tubuh rentan terhadap Osteoporosis.

☝Sehari cukup 3 porsi protein hewani, dan 3 porsi protein nabati.

🌀 GARAM dan MAKANAN YG BERSODIUM TINGGI

🔬📃 Hal tersebut diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari National Osteoporosis Foundation, dr. Cosman. Dalam penelitiannya Cosman menemukan fakta bahwa makanan yang memiliki kadar sodium tinggi dapat membuang kadar kalsium yang diserap oleh tubuh melalui ginjal.

☝Konsumsi garam sebaiknya tidak lebih dari 1 sendok teh sehari.


☕ KOPI

🔎 Minuman yang mengandung kafein memang bisa memberikan manfaat yang sehat terhadap tubuh, namun hal tersebut terjadi jika di konsumsi dengan takaran yang tepat. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan minuman yang mengandung kafein bisa melarutkan asupan kalsium dari tulang sehingga dapat menyebabkan tulang menjadi lemah.

☝Jika ingin minum kopi sebaiknya tidak lebih dari 3 gelas sehari. ❗

🍻 SODA

🚫 Minuman ringan yang dikonsumsi secara berlebihan ini mengandung karbon yang menghambat penyerapan zat kalsium.

🔬Para pakar peneliti menyebut jika mengkonsumsi minuman bersoda 7 kali dalam seminggu atau lebih sangat beresiko atas pengeroposan tulang. Bahkan dari hasil penelitian menyebut jika resiko tersebut bisa menyebabkan patah tulang.

🍺 ALKOHOL

❌📊 Alkohol merusak tulang dan menyebabkan pola makan yang tidak teratur sehingga timbul gangguan kecukupan zat gizi dalam makanan.

↪ Alkohol mengganggu penyerapan kalsium dan vitamin D, yang keduanya dibutuhkan untuk pembentukan tulang.
Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menghancurkan osteoblas, sel-sel pembuat tulang, sehingga dapat menurunkan kepadatan dan menghambat penyembuhan tulang.

🌻Semoga bisa memberi manfaat dan bisa merubah kebiasaan kita sehari-hari. Dan juga tidak lupa untuk melakukan pencegahan-pencegahan lainnya, seperti konsumsi kalsium dan vitamin D yang cukup dan olahraga teratur.

📌Catatan:

☝❌Alkohol sudah jelas haramnya. Yang tertulis di artikel ini sebagai pengetahuan tambahan saja akan salah satu mudharatnya pada kesehatan.

والله أعلم بالصواب

-----------------📝🌻📝
Oleh:
✒dr. Sophia Um Ahmad
Telah dikoreksi dr. Agustin Aisyah, Sp. PK, M. Kes

🍯 Majmu'ah BIKUM 🍯

0 Response to "Kebiasaan makan dan minum yang mempercepat resiko Osteoporosis"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo